2019, AFTECH (Asosiasi FinTech Indonesia) dukung Program Pemerintah 75% Inklusi Keuangan di Indonesia

Beberapa waktu lalu Bank Dunia dan International Finance Corporation (IFC) mengeluarkan data yang menyebutkan bahwa di Indonesia terdapat lending gap sebesar $165 miliar. Munculnya peer to peer lending dalam beberapa tahun terakhir semakin membuktikan adanya gap tersebut, dimana data yang dikeluarkan oleh OJK menyebutkan pada tahun 2018, perusahaan-perusahaan fintech (financial technology) sudah menyalurkan Rp13.8 triliun ke masyarakat. Hal ini semakin membuktikan bahwa Indonesia membutuhkan lebih banyak akses ke kredit.


Pada 2019, pemerintah menargetkan inklusi keuangan sebesar 75%, sebagai asosiasi yang menaungi perusahaan fintech (financial technology), AFTECH sangat mendukung perkembangan peer to peer lending sehingga dapat berpartisipasi dalam mewujudkan target 75% inklusi keuangan tersebut. Salah satu hal yang menjadi perhatian AFTECH adalah adanya isu negatif beberapa waktu lalu yang menimpa beberapa fintech (financial technology), sehingga menimbulkan stereotip negatif fintech (financial technology) oleh masyarakat. Terkait hal ini AFTECH sudah menetapkan Code of Conduct yang wajib ditandatangani oleh fintech peer to peer lending yang menjadi anggota AFTECH, dimana Code of Conduct tersebut dijadikan acuan dalam kegiatan operasionalnya. Adanya pelanggaran terhadap Code of Conduct akan mengakibatkan keanggotaannya dicabut dari AFTECH.


JULO, sebagai salah satu peer to peer lending, berkomitmen untuk terus memberikan akses pinjaman kepada masyarakat dengan mengikuti regulasi yang ditetapkan oleh OJK dan AFTECH, dan mendukung program pemerintah 75% inklusi keuangan dengan meningkatkan jumlah penyaluran dana ke masyarakat. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan jumlah disbursement setiap bulannya. JULO juga berkomitmen untuk terus memberikan pinjaman dengan bunga ringan mulai dari 0.1% per hari atau setara dengan 3-4% per bulan. Angka ini jauh lebih rendah dibanding pemain sejenis yang menerapkan bunga 1% per hari dan tenor lebih singkat. 

Baca juga: Bukan Rentenir Online, Bunga Fintech Ini Mulai dari 0.1% Per Hari

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-05-17   |   

Tenor Pinjaman, Apakah Itu?

Bagi JULOvers yang pernah mengajukan kredit ke bank maupun non-bank, kamu pasti pernah mendengar istilah tenor. Tenor…

2022-05-17   |   

Beli Sekarang Bayar Nanti, Yuk Belanja Murah di JULO SHOP!

JULO SHOP - Ada yang terbaru dari JULO Kredit Digital! Selain bisa belanja di e-commerce ternama pilihan kamu, sekarang…