Apa Itu Julo-Julo dan Hubungannya dengan JULO Kredit Digital?

Apa Itu Julo-Julo dan Hubungannya dengan JULO Kredit Digital?

Pernahkah kamu mendengar istilah Julo-Julo? Sekarang pertanyaannya diubah, tahukah kamu apa itu Julo-Julo? Anda yang tinggal di daerah Sumatera, khususnya Pekanbaru, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara, pasti sering mendengar istilah Julo-Julo dan kemungkinan besar pasti paham apa itu Julo-Julo. 

Julo-julo adalah pinjaman atau kredit yang diberikan oleh pemilik modal kepada orang yang membutuhkan pinjaman, biasanya para pedagang tradisional. Di Padang, Julo-julo ini sering digunakan oleh para pedagang tradisional di Pasar Raya Padang.

Julo-julo juga sering disebut sebagai arisan, hal ini dikarenakan para peminjam tidak dikenakan bunga.

Julo-Julo tidak dikenakan bunga, lalu bagaimana sistem pengembalian pinjamannya?

Apa Itu Julo-Julo dan Hubungannya dengan JULO Kredit Digital?
(source: Shutterstock)

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Julo-Julo tidak akan dikenakan bunga. Namun, pemilik modal akan mendapat jasa 10% dari total uang yang dipinjam oleh peserta Julo-Julo. Adapun sistem pengembaliannya adalah biasanya peserta Julo-Julo akan membayar pinjaman yang diterima dari pemilik modal per hari selama 110 hari.

Misalnya, kamu meminjam uang Rp 3 juta dari pemilik modal Julo-Julo. Kamu akan membayar Rp 30 ribu per harinya kepada pemilik modal tersebut selama 110 hari. Di akhir periode, total yang kamu bayarkan adalah Rp3.300.000. Artinya pemilik modal Julo-Julo mendapat jasa 10% dari uang yang dipinjam oleh peserta Julo-Julo.

Nah, sekarang kamu sudah cukup paham dong apa itu Julo-Julo. Dilihat dari penjelasan diatas, kamu pasti merasa cukup familiar dengan sistem yang ditetapkan karena saat ini terdapat institusi keuangan yang juga menerapkan sistem yang mirip dengan sistem Julo-Julo, yakni layanan kredit digital. Salah satu layanan kredit digital tersebut adalah JULO.

Apa Itu Julo-Julo dan Hubungannya dengan JULO Kredit Digital?

Mengapa JULO, apakah sistem yang diterapkan oleh JULO sama dengan sistem Julo-Julo?

Apa Itu Julo-Julo dan Hubungannya dengan JULO Kredit Digital?

JULO adalah salah satu fintech yang menyediakan layanan kredit digital. Apakah JULO menerapkan sistem yang digunakan oleh sistem Julo-Julo? Jawabannya, JULO tidak menerapkan sistem yang sama persis dengan sistem Julo-Julo. Penamaan JULO memang terinspirasi dari Julo-Julo yang banyak ditemukan di daerah Sumatera, mengingat pendiri JULO berasal dari Sumatera. Namun sistem yang diterapkan cukup berbeda, yakni JULO menetapkan bunga rendah dari 0,1% per hari.

Baca Juga: JULO Kredit Digital, Yuk Kenal Lebih Jauh dengan Produknya!

Nah, itu penjelasan tentang apa itu Julo-Julo dan apa hubungannya dengan JULO Kredit Digital. Sebagai catatan, jika kamu ingin mengajukan kredit pilihlah institusi/lembaga terpercaya yang kegiatan operasionalnya diawasi oleh pemerintah seperti JULO, untuk menghindari hal-hal yang mungkin merugikan kamu.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Yudhistira
A digital marketer 'in the making' with some experiences in copywriting and beverage craft as Barista. Loves to travel and write some tips & lifestyle updates on JULO blog.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…