Staycation, Tren Healing Kala Pandemi Menyerang

Staycation - istilah yang satu ini pastinya tidak asing di telinga JULOvers. Seiring dengan munculnya New Normal di tengah gelombang pandemi, kegiatan yang satu ini menjadi suatu tren di kalangan masyarakat untuk melepas penat. Terutama ketika kegiatan berlibur (vacation) ke luar kota dan ke luar negeri menjadi suatu hal yang sulit dilakukan.

Lantas apa itu staycation? Untuk JULOvers yang belum familiar, kegiatan satu ini merupakan gabungan dari dua kata yang merujuk ke stay dan vacation yang kemudian digabungkan. Dilansir dari Cambridge Dictionary, staycation memiliki arti sebagai liburan yang dilakukan di dekat rumah dibanding bepergian ke tempat lain. Sederhananya, JULOvers menjadi wisatawan di kota sendiri.

Jika sebelum pandemi sangat lazim bagi setiap orang untuk berlibur di luar kota, sekarang trennya sudah berbeda di tengah pembatasan kegiatan yang ada. Sebagai contoh, banyak warga Jakarta yang mencari hiburan serta menginap di Jakarta dan demikian halnya dengan penduduk kota lainnya di Indonesia.

Baca Juga: 6 Spot Wisata Viral di Daerah Pantai Indah Kapuk 2

This image has an empty alt attribute; its file name is Conversion_-_Family_-_Cermati_847x142.png

4 Manfaat Utama Staycation

Staycation

Staycation (source: Pexels)

Walaupun sekilas terdengar kurang menyenangkan untuk berlibur di kota sendiri, kegiatan yang satu ini ternyata memiliki beragam manfaat yang cukup signifikan. Ini dia 4 manfaat utama yang sudah JULO rangkum spesial untuk JULOvers:

1. Staycation Mengurangi Level Stress

Staycation

Staycation (source: Pexels)

Dengan kemunculan pandemi dan pembatasan kegiatan yang ada, banyak orang yang pada akhirnya menjalankan kegiatan Work From Home (WFH) dan cenderung hanya berdiam diri di rumah. Rutinitas yang ada menjadi semakin terbatas - dari awalnya ada perjalanan dari rumah ke kantor menjadi hanya sebatas di rumah. Hal ini tentunya dapat membuat banyak orang menjadi lebih rentan terhadap stress.

Di tengah keterbatasan yang ada, staycation bisa menjadi 'pengganggu' rutinitas yang cukup efektif dengan adanya pergantian suasana. Walaupun terhitung sebagai liburan di kota sendiri, kegiatan ini ternyata sangat efektif untuk melepas penat karena menjadi kegiatan baru yang tidak pernah terpikirkan untuk dilakukan sebelumnya.

2. Staycation Mendukung Ekonomi Lokal

Staycation

Staycation (source: Pexels)

Kemunculan pandemi selama hampir 2 tahun ini cukup memengaruhi dan mengurangi pendapatan di hampir setiap sektor. Pada akhirnya, banyak usaha yang masuk ke mode bertahan dan berusaha mengurangi setiap biaya yang ada. Hal ini termasuk pengurangan karyawan dan gaji yang semakin melemahkan kemampuan beli masyarakat - yang turut membuat ekonomi lokal terpuruk.

Dengan melakukan staycation, tanpa sadar kamu ikut berkontribusi dalam mengakhiri lingkaran setan tersebut dan mendukung usaha sekitar melalui setiap pembelian yang dilakukan. Jika dilakukan secara terus menerus, bukan tidak mungkin bahwa ekonomi lokal dapat bangkit kembali seperti sedia kala layaknya sebelum masa pandemi.

Baca Juga: Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Lakukan 6 Ide Mudah Ini!

3. Belajar Menikmati Keindahan yang Ada

This image has an empty alt attribute; its file name is pexels-quark-studio-2507007.jpg

Staycation (source: Pexels)

Sebelum pandemi menyerang, rasanya kita selalu dituntut untuk bergerak cepat dan melihat jauh ke depan. Tanpa sadar, kebiasaan seperti ini juga ikut terbawa ke cara kita menyusun rencana liburan kita. Setiap kali membuat list travelling, kita selalu menyasar luar kota atau luar negeri dan tidak pernah terpikirkan untuk berwisata di kota sendiri.

Dengan adanya kondisi pandemi seperti sekarang ini, kita pun seolah dipaksa untuk berhenti sejenak dan fokus ke hal-hal kecil di sekitar kita. Ide staycation yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan pada akhirnya bisa kita lakukan - seperti merasakan menginap di kota sendiri bersama teman atau eksplorasi museum di sekitar rumah kita. Tentunya kegiatan tersebut bisa membuat kita belajar menikmati setiap keindahan yang ada dan lebih bersyukur dengan setiap hal kecil yang kita miliki.

4. Lebih Sederhana dan Murah

This image has an empty alt attribute; its file name is pexels-pixabay-207983-2.jpg

Staycation (source: Pexels)

Pernah merasakan stress yang sebelum liburan karena harus menyusun rencana perjalanan? Dengan melakukan staycation, kamu tidak perlu merasa tertekan memikirkan hal tersebut. Jarak yang lebih dekat tentunya membuat JULOvers bisa lebih merasa santai dan tidak perlu pusing dengan banyaknya persiapan. Bahkan terkadang kegiatan ini bisa dilakukan secara dadakan lho JULOvers!

Tidak hanya itu, keunggulan yang lainnya adalah biaya yang jauh lebih murah karena tidak ada biaya perjalanan. Otomatis, biaya yang kamu keluarkan akan lebih sedikit dan kamu bisa lebih berhemat - terutama di tengah masa sulit seperti ini.

Ngebet ingin staycation tapi belum gajian? Kamu juga bisa mengajukan limit kredit di JULO Kredit Digital. Dengan bunga rendah dari 0,1% per harinya dan tenor pengembalian fleksibel sampai 9 bulan, kamu bisa membayar segala keperluan staycation tanpa pusing karena biaya yang dikeluarkan pastinya tidak terlalu besar.

This image has an empty alt attribute; its file name is Conversion_-_Bisnis_-_Cermati_847x142.png

4 Cara Menikmati Staycation

Staycation

Staycation (source: Pexels)

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat yang bisa kamu dapatkan. Lalu bagaimana caranya agak bisa menikmati staycation dengan lebih maksimal? Berikut 4 cara ampuh yang bisa JULOvers ikuti:

1. Matikan Notifikasi Ponsel Selama Staycation

Staycation

Staycation (source: Pexels)

Kegiatan Work From Home (WFH) yang dilakukan semasa pandemi seringkali membuat batasan antara rumah dan kantor menjadi kabur dan saling bercampur. Ditambah lagi dengan adanya fitur notifikasi dan messenger yang membuat pekerjaan bisa datang kapanpun. Pada akhirnya, banyak orang yang terjebak di budaya gila kerja dan mengalami kelelahan akut pada akhirnya.

Tentunya jangan sampai hal tersebut ikut menimpamu, terutama ketika kamu sedang melakukan staycation. Jika ada pekerjaan, pastikan kamu menyelesaikannya terlebih dahulu dan komunikasikan kepada kolega kerja bahwa kamu tidak bisa diganggu selama masa liburan. Selanjutnya, tinggal matikan notifikasi smartphone-mu dan kamu pun bisa menjalani liburan tanpa gangguan pekerjaan. Ingat bahwa tubuhmu juga perlu proses recharge, terutama di tengah masa pandemi seperti sekarang.

2. Manfaatkan Waktu Staycation di Alam Terbuka

This image has an empty alt attribute; its file name is pexels-andrea-piacquadio-3771836.jpg

Staycation (source: Pexels)

Pernah merasa lebih senang ketika beraktivitas atau berolahraga di luar? Perubahan suasana hati tersebut sebenarnya disebabkan pelepasan hormon Serotonin dari otak yang dipicu oleh sinar matahari. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang memilih untuk menghabiskan liburan dengan bepergian ketimbang harus berdiam di rumah seharian.

Cara ini tentunya bisa JULOvers lakukan ketika sedang staycation. Setelah beristirahat dengan nyaman di hotel pilihanmu, kamu dapat mengisi harimu dengan berkegiatan di luar ruangan - seperti contohnya bersepeda, jogging atau eksplorasi kuliner jalanan dan museum di kotamu. Selain lebih aman dari risiko tertular virus, dijamin suasana hatimu akan jauh lebih membaik apalagi jika ditemani oleh orang-orang terdekat.

Baca Juga: Omicron, 8 Cara Ampuh untuk Mencegah Penularan Virus!

3. Lakukan Hobi yang Kamu Suka

Staycation

Staycation (source: Pexels)

Jika sehari-hari kamu sudah sibuk dengan pekerjaan dan sulit menekuni hobimu, maka staycation ini bisa menjadi kesempatan emas kamu untuk menyelami minat yang kamu punya. Tentunya sedikit disayangkan bila kamu hanya menghabiskan waktu staycation untuk bersantai seharian penuh dan tidak melakukan apapun.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menikmati masa liburan yang kamu miliki. Seperti contohnya mengikuti kelas masak, pottery atau barista. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencoba kegiatan yang sedikit out of the box seperti mencoba rage room - di mana kamu bisa meluapkan kekesalan dengan menghancurkan setiap barang di dalam satu ruangan yang sudah disiapkan. Pengalaman-pengalaman seperti itu pastinya bisa membuat kamu lebih merasa senang dan siap untuk menjalani hari kembali.

4. Pesan Makanan Sesuai dengan Keinginan

Staycation

Staycation (source: Pexels)

Food is the way to a man's heart. Ungkapan yang satu ini benar-benar menjelaskan bagaimana makanan lezat dapat meningkatkan mood seseorang dengan cepat. JULOvers tentunya bisa menggabungkan ini dengan kegiatan staycation yang kamu lakukan.

Ketika berkegiatan di luar ruangan, kamu juga bisa menyelipkan wisata kuliner di dalam jadwal. Datangi setiap tempat makanan yang sudah kamu idam-idamkan dari dulu dan pesan menu yang kamu inginkan. Takut uangnya tidak cukup? Jangan khawatir karena ada JULO Kredit Digital yang bisa kamu gunakan untuk tarik tunai atau pembayaran dengan e-wallet. Beli sekarang bayar nanti, pastinya bikin kegiatan liburanmu makin asyik!

This image has an empty alt attribute; its file name is Conversion_-_Family_-_Cermati_847x142.png

Itu dia beberapa manfaat dan cara yang bisa kamu ikuti untuk menikmati staycation dengan lebih maksimal. Untuk persiapan staycation yang lebih bebas dan optimal, kamu juga bisa download dan mengajukan limit di JULO Kredit Digital lebih dulu.

Dengan limit kredit maksimal 15 juta rupiah dan bunga rendah dari 0,1% per harinya, JULOvers bisa menikmati tenor fleksibel sampai 9 bulan. Ditambah dengan tanggal cicilan yang bisa disesuaikan dengan tanggal gajian, pastinya bisa bikin kegiatan pembayaran kamu jadi semakin mudah.

Selain itu, JULOvers juga bisa menikmati beragam kemudahan fitur JULO Kredit Digital dalam satu aplikasi kala staycation, seperti:

  • Tarik Dana
  • Bayar Kartu Pascabayar
  • Kirim Dana
  • Bayar Tagihan Listrik
  • Isi Dompet Digital
  • Bayar Pulsa
  • Bayar e-commerce

Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital dan kegiatan staycation!

 

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-05-17   |   

Tenor Pinjaman, Apakah Itu?

Bagi JULOvers yang pernah mengajukan kredit ke bank maupun non-bank, kamu pasti pernah mendengar istilah tenor. Tenor…

2022-05-17   |   

Beli Sekarang Bayar Nanti, Yuk Belanja Murah di JULO SHOP!

JULO SHOP - Ada yang terbaru dari JULO Kredit Digital! Selain bisa belanja di e-commerce ternama pilihan kamu, sekarang…