Syarat & Ketentuan

  1. Definisi

  2. 1.1. PT Julo Teknologi Finansial, selanjutnya disebut JULO, adalah perusahaan di bidang teknologi finansial yang beroperasi sebagai penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016.

    1.2. Anda adalah Pemberi Pinjaman, Penerima Pinjaman, pengguna, pengunjung atau setiap orang yang menggunakan Sistem Elektronik JULO.

    1.3. Sistem Elektronik JULO adalah aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone ataupun situs yang dapat dikunjungi melalui perangkat elektronik Anda.

    1.4. Layanan adalah pengadaan sarana melalui Sistem Elektronik JULO milik PT Julo Teknologi Finansial yang digunakan untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, untuk melaksanakan kegiatan pinjaman secara langsung atau peer-to-peer lending.

    1.5. Penerima Pinjaman adalah Anda yang menggunakan Layanan JULO atas nama perseorangan, badan usaha mikro, kecil atau menengah, yang bermaksud untuk menerima pinjaman melalui JULO.

    1.6. Pemberi Pinjaman adalah Anda yang menggunakan Layanan JULO atas nama perseorangan, badan usaha, institusi, perusahaan yang menyediakan dana sebagai Pinjaman, yang disalurkan oleh JULO ke Penerima Pinjaman atas persetujuan Pemberi Pinjaman melalui JULO.

    1.7. Pinjaman adalah dana yang diberikan Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman melalui JULO.

    1.8. Konten Anda adalah data pribadi, segala materi dan informasi yang Anda berikan, unggah, publikasikan, sediakan, kirimkan dan tampilkan pada Sistem Elektronik JULO.

    1.9. Hukum adalah undang-undang, peraturan, surat keputusan dan kebijakan yang memiliki kekuatan hukum, baik di daerah, provinsi, wilayah, kotamadya, kabupaten, pusat maupun pemerintahan regional, otoritas gabungan pemerintahan dan swasta; baik dari pemerintah Republik Indonesia dan yuridiksi terkait lainnya, termasuk kementerian, departemen, komisi, biro, dewan, administratif dan/atau lembaga atau badan lainnya.

    1.10. Surat Perjanjian Hutang Piutang adalah perjanjian pinjam meminjam antara Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman, dimana Penerima Pinjaman berjanji akan membayar kembali semua Pinjaman beserta bunga dalam kurun waktu yang telah disetujui kedua belah pihak.



  3. Layanan JULO

  4. 2.1. Layanan JULO bersifat administratif dan JULO bertindak sebagai penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (peer-to-peer lending).

    2.2. JULO tidak memihak siapapun, baik Penerima Pinjaman maupun Pemberi Pinjaman, dalam perjanjian pinjam meminjam.

    2.3. JULO memegang wewenang tunggal dan absolut untuk menerima dan menolak Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman. Apabila Anda ditolak, JULO tidak akan menyediakan Layanan atau kewajiban apapun kepada Anda.

    2.4. Ketentuan Layanan JULO tunduk pada Hukum dan Syarat dan Ketentuan Umum ini. JULO tidak bertanggung jawab atas tindakan yang diambil oleh pihak manapun dalam rangka mematuhi Hukum dan Syarat dan Ketentuan Umum ini, kecuali memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari pihak JULO.

    2.5. JULO tidak akan menyediakan layanan simpanan atau deposito dalam bentuk apapun, dan/atau layanan penyimpanan/penghimpunan dana, dan/atau mengadakan kegiatan perbankan, pasar modal atau kegiatan lainnya seperti yang diatur oleh OJK dan BI

    2.6. Layanan yang disediakan oleh JULO dapat termasuk memfasilitasi Pinjaman dan/atau jenis layanan produk pinjaman lain yang dapat ditambahkan sewaktu-waktu.

    2.7. PT Julo Teknologi Finansial didirikan berdasarkan Hukum Republik Indonesia dan merupakan badan hukum yang belum diatur dan/atau diawasi oleh OJK.

    2.8 Apabila terdapat pertentangan atau perbedaan antara Syarat dan Ketentuan Umum ini dan Perjanjian lainnya, maka yang berlaku adalah Perjanjian atau Syarat dan Ketentuan yang berlaku secara spesifik.



  5. Penggunaan Umum

  6. Dengan mengunduh dan menggunakan Layanan JULO, Anda menyatakan dan mengakui bahwa:

    3.1. Anda telah membaca, memahami dan menyetujui semua yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini.

    3.2. Anda adalah pengguna Layanan JULO yang berusia di atas 21 tahun.

    3.3. Perangkat yang Anda gunakan untuk mengunduh, menggunakan, mengisi dan mengajukan pinjaman melalui Sistem Elektronik JULO adalah: (1) perangkat milik Anda pribadi dan digunakan untuk kebutuhan Anda sehari hari, atau (2) perangkat yang bukan milik Anda pribadi, namun digunakan untuk kebutuhan Anda sehari-hari sehingga data dalam perangkat tersebut adalah data Anda.

    3.4. Anda tidak diperbolehkan untuk memanfaatkan Layanan JULO untuk keperluan-keperluan yang bertentangan dengan Hukum.

    3.5. Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan, mengakses, mengumpulkan dan/atau mengambil data pada Sistem Elektronik JULO.

    3.6. Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan sarana dan/atau program otomatis apapun untuk mengakses Sistem Elektronik JULO dan/atau mengumpulkan informasi dari Sistem Elektronik JULO

    3.7. Anda tidak diperbolehkan untuk mengunggah, mempublikasikan, mengirim email dan menyediakan iklan, promosi, junk mail, spam dan/atau segala bentuk apapun lainnya baik untuk komersial ataupun non-komersial, pada Sistem Elektronik JULO dan/atau pihak manapun.

    3.8. Anda tidak diperbolehkan untuk mengubah tampilan pada Sistem Elektronik JULO.

    3.9. Anda tidak diperbolehkan untuk membuat pop-up untuk setiap akses terhadap Sistem Elektronik JULO.

    3.10. Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan hal-hal lain yang dapat merugikan JULO dan/atau fasilitas dalam Sistem Elektronik JULO.

    3.11. Anda sepakat bahwa apabila terdapat pelanggaran yang Anda lakukan atas Syarat dan Ketentuan Umum ini, atau terhadap Hukum yang berlaku, maka JULO dapat menghapus akun Anda pada Sistem Elektronik JULO secara sepihak dan tanpa pemberitahuan, serta membatasi atau melarang Anda menggunakan Sistem Elektronik JULO dan mengakhiri Layanan kepada Anda. Anda sepakat bahwa segala kerugian materiil maupun non-materiil yang timbul dari penghapusan akun dan/atau pembatasan akses Anda sebagaimana dimaksud diatas merupakan sepenuhnya tanggung jawab Anda.



  7. Persetujuan Terhadap Penggunaan Transaksi Elektronik

  8. 4.1. Dengan menggunakan Sistem Elektronik JULO, Anda memahami dan menyetujui bahwa segala bentuk komunikasi dari JULO berkaitan dengan Layanan kepada Anda melalui Sistem Elektronik JULO, akan diberikan secara elektronik baik melalui sms, email, WhatsApp, WhatsApp Call, in-app chat, telepon atau publikasi (push notification) dari Sistem Elektronik JULO.

    4.2. Anda sepakat untuk memberikan dan menerima seluruh dokumen, pemberitahuan dan perjanjian secara elektronik yang timbul atas penggunaan Layanan dan Sistem Elektronik JULO, termasuk Layanan sebagai Pemberi Pinjaman dan/atau sebagai Penerima Pinjaman. Segala persetujuan dari Anda terhadap setiap dokumen, pemberitahuan dan perjanjian secara elektronik yang timbul karena penggunaan Layanan dan Sistem Elektronik JULO, diberikan dengan melakukan tanda tangan secara elektronik.

    4.3. Seluruh persetujuan yang telah Anda berikan secara elektronik melalui Sistem Elektronik JULO adalah sepenuhnya tanggung jawab Anda dan mengikat Anda selaku pengguna Layanan, baik hal maupun kewajiban yang timbul atas persetujuan tersebut.



  9. Konten Anda dan Perlindungan Privasi

  10. 5.1. Perangkat yang Anda gunakan untuk mengunduh, menggunakan, mengisi dan mengajukan Pinjaman melalui Sistem Elektronik JULO adalah (1) perangkat milik Anda pribadi yang Anda gunakan untuk kebutuhan Anda sehari-hari, atau (2) perangkat yang bukan milik Anda, namun Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan data yang terdapat dalam perangkat tersebut adalah data Anda. Anda secara sukarela dan bertanggung-jawab sepenuhnya atas segala materi dan informasi yang Anda kirimkan, berikan, unggah, publikasikan, sediakan atau tampilkan pada Sistem Elektronik JULO (“Konten Anda”).

    5.2. Dengan menggunakan Layanan JULO, Anda memberikan hak pada JULO untuk mengumpulkan, menyimpan, menyalin, memproses, memformat ulang, membuka informasi, mengakses, mentransfer, mengaji, mengungkap dan menggunakan Konten Anda untuk tujuan lain dan/atau terkait dengan penggunaan Sistem Elektronik JULO, secara terus-menerus, sesuai Hukum yang berlaku.

    5.3. Anda berhak untuk menarik Konten Anda setiap saat. Apabila Anda menarik Konten Anda dari Sistem Elektronik JULO, segala hak yang telah Anda berikan pada JULO sebagaimana dimaksud diatas, masih tetap berlaku.

    5.4. Anda berhak untuk meminta JULO untuk menghapus data yang Anda kumpulkan terkait dengan pengajuan permohonan Pinjaman Anda. Anda dapat menghubungi JULO melalui berbagai media komunikasi termasuk telepon, chat, dan email. JULO bertanggungjawab untuk menghapus data-data terkait dalam waktu 15 hari kerja

    5.5. Dengan menggunakan Layanan JULO, Anda secara sukarela menyetujui dan memberikan hak kepada JULO untuk memproses pengajuan Pinjaman Anda dengan menggunakan Konten Anda yang diperoleh melalui cara yang termasuk, namun tidak terbatas pada:

    1. Informasi dan formulir pengajuan Pinjaman.

    2. Seluruh dokumen yang diunggah dan dikumpulkan, termasuk namun tidak terbatas pada foto-foto.

    3. Informasi dari media sosial seperti Facebook dan/atau referensi pihak ketiga lainnya.

    4. Informasi mengenai tempat usaha, tempat bekerja dan tempat tinggal Anda berdasarkan teknologi GPS (Global Positioning System).

    5. Informasi pada perangkat Anda yang dikumpulkan saat Anda menggunakan Sistem Elektronik JULO.

    6. Informasi yang didapatkan pada pihak ketiga dan/atau sumber relevan lainnya mengenai Anda, yang sesuai dengan Hukum yang berlaku, yang dapat digunakan oleh JULO untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh JULO terkait fasilitas Pinjaman yang diberikan.

    7. Informasi dan data mengenai Penerima Pinjaman dan rekening-rekeningnya, dan/atau kartu kredit yang dimiliki (jika ada), dan/atau informasi lain yang dipandang penting oleh JULO di:
      1. Kantor perwakilan dan cabang, dan/atau perusahaan atau perusahaan asosiasi terkait Penerima Pinjaman, pada yuridiksi manapun;
      2. Pemerintah atau badan pemerintahan atau badan otoritas;
      3. Setiap calon pengalihan hak Penerima Pinjaman dan/atau pihak yang telah atau dapat memiliki hubungan kontraktual dengan Penerima Pinjaman dalam kaitannya dengan fasilitas Pinjaman;
      4. Biro kredit, termasuk anggota biro kredit tersebut;
      5. Setiap pihak ketiga, suami, istri, keluarga, teman, atasan, bawahan, rekan kerja, penyedia jasa, agen, dan/atau partner bisnis (termasuk, tidak terbatas pada, referensi kredit atau agen evaluasi) dimanapun situasinya mungkin terjadi; dan
      6. Kepada pihak yang membuka informasi yang diperbolehkan oleh Hukum untuk membuka informasi.


    5.6. Anda memahami bahwa Anda tidak wajib untuk memberikan akses ke data akun media sosial maupun akses ke data-data di perangkat Anda. Anda diperkenankan untuk melanjutkan pengajuan Pinjaman tanpa data tersebut. Namun, dengan memberikan akses ke data akun media sosial dan data-data perangkat Anda, Anda akan meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan produk Pinjaman lebih baik dari JULO. Data-data tersebut mendukung Konten Anda termasuk, namun tidak terbatas pada:

    1. Verifikasi identitas

    2. Mitigasi risiko penipuan identitas.

    3. Penilaian risiko kredit untuk proses underwriting Pinjaman

    4. Analisis statistik/kuantitatif

    5. Melakukan kontrol regulasi.

    6. Memberikan informasi dan menjawab pertanyaan

    7. Mencegah penipuan, pencucian uang dan kegiatan kriminal lainnya.


    5.7. JULO tidak akan berbagi dan/atau menjual data Anda secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak ketiga yang tidak berkepentingan melalui proses Pinjaman kepada JULO.

    5.8. Penggunaan Konten Anda yang dikumpulkan melalui Sistem Elektronik JULO dimaksudkan untuk beberapa tujuan yang dapat dipertanggung-jawabkan:

    1. Memverifikasi dan mengesahkan identitas Anda untuk tujuan pencegahan penipuan/fraud.

    2. Menaksir sejarah kredit, menguji kelayakan, reputasi kredit dan kemampuan simpan pinjam Anda.

    3. Mengkonfirmasi pekerjaan Anda.

    4. Mengelola akurasi dan memverifikasi informasi mengenai Anda, sesuai dengan pertimbangan tunggal dan absolut JULO jika dianggap perlu.

    5. Memformulasikan data statistik mengenai Anda melalui tindakan penjelajahan dan pola pemakaian perangkat Anda.

    6. Menghubungi pihak ketiga, misalkan atasan tempat Anda bekerja, suami/istri, keluarga, teman, yang telah Anda ajukan untuk mengkonfirmasi tentang diri Anda.

    7. Membuat analisa dan meningkatkan model statistik JULO untuk memperkirakan risiko Pinjaman.

    8. Mengidentifikasi Anda ketika Anda menghubungi JULO dan/atau menggunakan Sistem Elektronik JULO.

    9. Mengidentifikasi produk JULO atau rekan JULO yang menarik bagi Anda.

    10. Mencegah dan mendeteksi penipuan.

    11. Menghubungi Anda terkait dengan permintaan Anda.

    12. Memutakhirkan model statistik dan Sistem Elektronik JULO guna memenuhi kebutuhan pengguna di masa mendatang.

    13. Memastikan bahwa konten pada Sistem Elektronik JULO disajikan dengan penyajian yang paling efektif untuk Anda.

    14. Mengizinkan Anda berpartisipasi dalam berbagai fitur Layanan yang ditawarkan oleh JULO.

    15. Mengevaluasi keefektifan dari pemasaran produk JULO, untuk pengecekan berkala dan riset pemasaran.

    16. Memberitahu Anda tentang perubahan Layanan.

    17. Mengizinkan badan keuangan, badan otoritas, dan/atau pihak ketiga yang berwenang guna mengadakan pengecekan terbatas pada status Anda dalam database atau Layanan JULO.

    18. Yang pada akhirnya untuk keperluan bisnis JULO secara umum, yaitu memroses transaksi Pinjaman, membuat keputusan dan memberi fasilitas Pinjaman yang sesuai untuk Anda sesuai dengan keputusan dari Pemberi Pinjaman.


    5.9. JULO menyetujui, merahasiakan, menjaga dan menghormati privasi Konten Anda. JULO tidak pernah dan tidak akan pernah menjual Konten Anda ke pihak manapun yang tidak berkepentingan. Namun, dengan ketentuan bahwa hal tersebut diatas tidak berlaku untuk Konten Anda yang: (1) terjadi pengakuan secara sah atas kepemilikannya terhadap Konten Anda sebelum pengungkapan oleh pihak tersebut; (2) Konten Anda telah diketahui publik dan waktu itu belum diketahui pelanggaran Hukum yang berlaku; (3) Konten Anda diketahui publik melalui tanpa adanya kesalahan pihak tersebut; (4) Konten Anda diperoleh secara sah oleh pihak tersebut tanpa larangan kerahasiaan dari sumber-sumber lain; (5) Konten Anda disyaratkan untuk diungkap oleh perintah pengadilan dan/atau menurut Hukum yang berlaku; atau (6) Konten Anda diungkapkan dalam proses litigasi apapun.

    5.10. Konten Anda disimpan dengan aman. JULO memberikan Anda (atau Anda telah memilih) sebuah kata sandi yang memudahkan Anda untuk mengakses bagian tertentu dari Sistem Elektronik JULO, dan Anda bertanggung-jawab untuk memberlakukan sandi tersebut sebagai sesuatu yang sangat rahasia dan tidak membagi sandi tersebut kepada pihak yang tidak berkepentingan.

    5.11. Pengiriman informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Meskipun JULO telah melakukan hal yang terbaik untuk melindungi Konten Anda, JULO tidak dapat menjamin keamanan Konten Anda yang dikirim melalui Sistem Elektronik JULO. Pengiriman apapun adalah tanggung jawab Anda. Ketika JULO menerima informasi Anda, JULO akan menggunakan prosedur yang ketat dan fitur keamanan sebagai usaha untuk mencegah akses yang tidak bertanggung jawab.

    5.12. Sistem keamanan JULO telah memenuhi/melampaui standar industri dan JULO senantiasa mengamati perkembangan teknologi guna memastikan sistem JULO berkembang seperti yang disyaratkan. JULO juga melakukan tes terhadap sistem secara berkala untuk memastikan mekanisme keamanan JULO selalu mutakhir. JULO tunduk kepada hukum perlindungan privasi data di Indonesia dan sepenuhnya mematuhi serta memberikan rasa hormat terbesar.

    5.13. Anda memahami dan menyetujui bahwa JULO berhak, namun tidak berkewajiban, atas kebijakannya sendiri, meninjau dan/atau menghapus (tanpa pemberitahuan) segala Konten Anda termasuk, namun tidak terbatas pada, Konten Anda yang atas kebijakan JULO digolongkan sebagai pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan umum, bertentangan dengan Hukum yang berlaku, dan/atau dapat melanggar atau membahayakan hak dan keamanan pengguna lain.

    5.14. JULO sewaktu-waktu dapat melakukan modifikasi data Penerima Pinjaman yang terdapat dalam database. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada, pembaruan informasi Penerima Pinjaman, Konten Anda, dan mengunggah dokumen tambahan yang berkaitan dengan data Penerima Pinjaman.



  11. Keakuratan Data

  12. 6.1. Anda setuju bahwa dengan mengakses Sistem Elektronik JULO dan menggunakan Layanan, Anda menjamin keaslian dan keakuratan seluruh data yang Anda berikan melalui Sistem Elektronik JULO. Seluruh data yang Anda berikan adalah data yang benar, akurat, lengkap, terbaru dan tidak menyesatkan.

    6.2. Anda memahami kewajiban Anda seperti:

    1. Memperbarui dan menginformasikan kepada JULO atas setiap data yang mengalami perubahan, segera setelah perubahan tersebut.

    2. Menjaga sandi dan data pribadi Anda.

    3. Apabila JULO menemukan, baik langsung maupun tidak langsung, di kemudian hari bahwa data-data yang Anda berikan tidak benar, diduga palsu dan/atau tidak akurat, maka JULO berhak untuk melarang akses Anda terhadap Sistem Elektronik JULO. Anda akan bertanggung jawab penuh terhadap setiap kerusakan yang timbul maupun yang akan timbul, baik materiil maupun non materiil, atas setiap ketidakakuratan data yang Anda berikan. JULO bisa mencatat hal tersebut ke dalam sejarah kredit Anda dan mungkin membagikan informasi tersebut ke badan hukum yang tepat atau pihak yang berwenang dan/atau agensi pencegah penipuan.


  13. Pernyataan dan Jaminan dari Penerima Pinjaman

  14. 7.1. Penerima Pinjaman adalah individu atau pelaku usaha yang didirikan berdasarkan Hukum di Indonesia.

    7.2. Perangkat yang digunakan Penerima Pinjaman untuk mengunduh, menggunakan, mengisi dan mengajukan Pinjaman melalui Sistem Elektronik JULO adalah: (1) perangkat milik Penerima Pinjaman sendiri dan digunakan untuk kebutuhan Penerima Pinjaman sehari-hari, atau (2) perangkat yang bukan milik Penerima Pinjaman, namun digunakan untuk kebutuhan Penerima Pinjaman sehari-hari, sehingga data yang terdapat dalam perangkat tersebut adalah data-data Penerima Pinjaman sendiri.

    7.3. Penerima Pinjaman mampu membayar hutang dan tidak ada alasan yang menyatakan bahwa Penerima Pinjaman tidak mampu membayar hutangnya ketika jatuh tempo.

    7.4. Penerima Pinjaman memiliki kapasitas hukum dan telah memperoleh perizinan dan/atau persetujuan yang diperlukan berdasarkan Hukum dan/atau perjanjian lain, dimana Penerima Pinjaman terikat pada Syarat dan Ketentuan umum dan melaksanakan kewajiban yang tertera pada Syarat dan Ketentuan Umum dan perjanjian lain yang terkait. Selanjutnya, Penerima Pinjaman harus sudah mengambil langkah yang diperlukan untuk mengikatkan dirinya dalam Syarat dan Ketentuan umum dan perjanjian lain yang terkait.

    7.5. Kewajiban yang diasumsikan mengikat Penerima Pinjaman dalam Syarat dan Ketentuan umum dan perjanjian lain yang terkait, dianggap legal, sah, mengikat dan dapat ditegakkan kepada Penerima Pinjaman.

    7.6. Semua informasi dan dokumen-dokumen yang diberikan Penerima Pinjaman kepada JULO adalah benar, akurat, asli, resmi dan sah secara materi dan sesuai dengan tanggal dokumen diberikan atau tanggal tertera pada dokumen.

    7.7. Tidak ada tindakan hukum, gugatan, atau proses hukum atau didepan pengadilan, sidang, badan pemerintahan, agensi atau badan resmi atau arbitrator (baik dalam proses atau akan diajukan) yang dapat berdampak pada legalitas, keabsahan, atau penegakan Syarat dan Ketentuan umum ini atau perjanjian lain yang terkait, atau mempengaruhi kemampuan Penerima Pinjaman untuk menjalankan kewajiban.



  15. Pembayaran oleh Penerima Pinjaman

  16. 8.1. Pinjaman melalui Sistem Elektronik JULO adalah sah dan mengikat. Hubungan pinjam-meminjam antara Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman diatur dalam Surat Perjanjian Hutang Piutang yang disepakati oleh para pihak dan merupakan hubungan keperdataan.

    8.2. Dinyatakan dalam KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Perdata) Pasal 1754 KUH, bahwa Penerima Pinjaman harus mengembalikan Pinjaman kepada Pemberi Pinjaman.

    8.3. Setelah menandatangani Surat Perjanjian Hutang Piutang, Penerima Pinjaman setuju untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dan dokumen lain yang terkait fasilitas Pinjaman dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Pembayaran kembali Pinjaman, dengan bunga, harus dilakukan secara berkala dan tepat waktu.

    8.4. Penerima Pinjaman setuju bahwa kegagalan dalam mengikatkan diri dalam perjanjian atau dokumen lain terkait dalam jangka waktu tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada gagal bayar, berakibat pada Penerima Pinjaman wajib membayar denda keterlambatan. Skema pembayaran kembali Pinjaman dapat di-restrukturisasi sesuai dengan peraturan yang ada.

    8.5. JULO sebagai fasilitator Pinjaman, dapat menggunakan jasa pihak ketiga untuk melakukan penagihan dan dapat melakukan tindakan hukum dalam proses penyelesaian.

    8.6. Penerima Pinjaman memahami dan setuju untuk mematuhi dan membayar setiap pengaturan fasilitas Pinjaman, biaya lain-lain dalam melakukan pengaturan dan administratif fasilitas Pinjaman dan Surat Perjanjian Hutang Piutang terkait. Sebagai tambahan, Penerima Pinjaman sepakat untuk membayar semua denda, biaya keterlambatan, biaya penagihan, dan biaya lainnya.



  17. Pernyataan dan Jaminan dari JULO

  18. 9.1. JULO terdaftar dengan nama PT Julo Teknologi Finansial di negara Republik Indonesia dan telah mendaftarkan kantor di 88@Kasablanka Tower A Lt. 10E, Jalan Casablanca Raya Kav. 88, Jakarta Selatan.

    9.2. JULO adalah sebuah perusahaan yang didirikan secara sah dan diatur menurut Hukum Indonesia dan mematuhi semua Hukum yang berlaku

    9.3. JULO adalah penyedia Sistem Elektronik JULO yang melakukan kegiatan sebagai penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (peer-to-peer lending) sesuai dengan Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016. Dalam hal ini, Pinjaman langsung diberikan oleh Pemberi Pinjaman kepada Penerima Pinjaman, dan JULO bertindak hanya sebagai penyedia sarana.

    9.4. Pinjaman yang terdapat dalam Sistem Elektronik JULO adalah berdasarkan Surat Perjanjian Hutang Piutang dan tidak dianggap sebagai dampak sebagaimana yang dimaksud dalam UU No.8 Th.1995 tentang Pasar Modal. Oleh karena itu, penawaran atas Pinjaman yang terdapat dalam Sistem Elektronik JULO juga bukan merupakan suatu penawaran sebagaimana yang dimaksud dalam UU No.8 Th.1995 tentang Pasar Modal, melainkan hanya merupakan penawaran bersifat perdata.

    9.5. JULO tidak melakukan tindakan penghimpunan maupun pengelolaan dana masyarakat, baik untuk simpanan dan/atau investasi.

    9.6. JULO tidak memberikan janji, pernyataan dan jaminan mengenai hasil apapun yang dapat diperoleh melalui penggunaan Sistem Elektronik JULO. Segala keputusan yang diambil oleh Anda dalam menggunakan Layanan pada Sistem Elektronik JULO adalah sepenuhnya keputusan Anda.



  19. Hak Kekayaan Intelektual

  20. 10.1. Hak kekayaan intelektual dalam situs dan Sistem Elektronik JULO seluruhnya merupakan kepemilikan JULO. Hak kekayaan intelektual ini meliputi hak cipta, hak basis, paten, merek dagang, desain terdaftar dan juga semua hak cipta yang terdapat pada konten Sistem Elektronik JULO.

    10.2. Merek dagang JULO (baik terdaftar ataupun tidak), gambar grafis, logo, desain, header, halaman, ikon, tulisan dan nama layanan milik JULO yang ditampilkan pada Sistem Elektronik JULO adalah aset milik JULO yang secara tegas dilindungi oleh JULO dan/atau pihak ketiga yang relevan.

    10.3. Semua produk, data, asumsi, model, model statistik, formula, angka/ranking/score, machine learning dan semua pembelajaran sebagai hasil dari proses uji kelayakan underwriting secara saintifik, seluruh statistik dan teknologinya, merupakan aset milik JULO yang secara tegas dilindungi oleh JULO dan/atau pihak ketiga yang relevan.

    10.4. Akses pada konten Sistem Elektronik dan Layanan JULO tidak dianggap sebagai pemberian, sehingga apabila menginginkan pengerjaan/pengembangan/penggunaan konten tersebut, diharuskan untuk meminta persetujuan tertulis terlebih dahulu dari JULO dan/atau pihak ketiga yang relevan.

    10.5. Penggunaan nama dan merek dagang JULO, termasuk dalam iklan, publisitas atau sebagai hyperlink, harus dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari JULO dan/atau pihak ketiga yang relevan. Segala hal yang berhubungan dengan JULO merupakan aset milik JULO yang secara tegas dilindungi oleh JULO dan/atau pihak ketiga yang relevan.

    10.6. Nama domain untuk situs JULO merupakan hak milik JULO dan pengadopsian dan/atau penggunaan kembali nama domain tersebut sama sekali tidak diizinkan.

    10.7. Akses serta penggunaan Sistem Elektronik JULO untuk mengunduh dan/atau mencetak salinan dari bagian manapun dari Sistem Elektronik JULO untuk penggunaan pribadi, diperbolehkan selama tidak melanggar hak kekayaan intelektual milik JULO. Anda wajib memelihara semua hak cipta atau memberitahu kepemilikan dari salinan dan/atau unduhan tersebut. Status JULO sebagai penulis konten pada Sistem Elektronik JULO harus selalu diakui.

    10.8. Lisensi terbatas saat mengakses Sistem Elektronik JULO ini sewaktu-waktu dapat dibatalkan tanpa pemberitahuan atau alasan. Penggunaan Sistem Elektronik tanpa izin tertulis dari JULO dan/atau pihak ketiga yang relevan, sangat dilarang dan lisensi yang diberikan dalam Syarat dan Ketentuan Umum harus diakhiri. Penggunaan tidak sah tersebut melanggar Hukum yang berlaku, termasuk undang-undang hak cipta dan merek, peraturan dan undang-undang komunikasi yang berlaku, yang dapat dituntut secara hukum kepada Anda.

    10.9. Penggunaan merek, Sistem Elektronik dan Layanan JULO yang melanggar Syarat dan Ketentuan Umum, akan dikenakan sanksi berupa pemberhentian penggunaan. Anda berkewajiban untuk mengembalikan dan/atau memusnahkan materi yang telah Anda salin.



  21. Ganti Rugi

  22. 11.1. Anda sepakat untuk melepaskan, membebaskan dan mengganti kerugian JULO, afiliasinya, pemegang sahamnya, direktur, komisaris, karyawan, subkontraktor, pemasok, agen, dari segala bentuk tuntutan, gugatan, klaim, kerugian, ganti rugi, termasuk kerugian, pajak, biaya, biaya hukum dan kewajiban (saat ini, akan datang, kontingensi dan/atau apapun yang berbasis ganti rugi), yang diderita oleh JULO sebagai hasil atau hubungan dari pelanggaran Syarat dan Ketentuam Umum dan/atau perjanjian lain yang terkait, yang dilakukan oleh Anda, dan/atau tindakan yang dilakukan oleh JULO ketika terjadi pelanggaran Syarat dan Ketentuan Umum dan/atau perjanjian lain yang terkait oleh Anda.



  23. Tanggung Jawab JULO

  24. 12.1. JULO menjunjung tinggi tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.

    12.2. Dengan misi inklusi finansial, JULO menguji kelayakan kredit Penerima Pinjaman yang tidak termasuk dalam cakupan bank dan seringkali termasuk ke dalam cakupan rentenir, agar Penerima Pinjaman mempunyai kesempatan untuk menperoleh Pinjaman dengan biaya yang layak, dengan tujuan untuk meningkatkan status sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

    12.3. Dengan menggunakan teknologi, formula, model statistik dan informasi yang diterima, JULO menguji kelayakan kredit Penerima Pinjaman dan hanya meminjamkan kepada Anda yang mampu dan mau untuk membayar kembali hutangnya.

    12.4. JULO bertanggung jawab penuh kepada Anda dengan memberikan informasi, peraturan dan perjanjian Pinjaman secara jelas dan transparan, serta memberikan Layanan kepada Anda secara adil, jujur dan hormat.

    12.5. JULO memberikan informasi secara jelas dan transparan kepada Penerima Pinjaman mengenai jumlah total biaya Pinjaman dan biaya lainnya (jika ada). Penerima Pinjaman tidak dibebankan biaya apapun yang tidak terdapat dalam Surat Perjanjian Hutang Piutang.

    12.6. JULO memberikan kebebasan kepada Penerima Pinjaman untuk dapat melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo, tanpa pengurangan ataupun penambahan biaya (tanpa penalti).

    12.7. JULO berkomitmen untuk bekerjasama dengan Penerima Pinjaman apabila Penerima Pinjaman belum dapat membayar sesuai dengan tanggal jatuh tempo, dan memberikan konseling secara cuma-cuma apabila Penerima Pinjaman menginginkan Layanan tersebut.

    12.8. JULO berkomitmen untuk tidak pernah dan tidak akan pernah menjual Konten Anda kepada pihak manapun yang tidak berkepentingan, karena JULO menjunjung tinggi privasi Anda.

    12.9. JULO berkomitmen untuk tidak menggunakan metode kriminal atau quasi-pidana kepada konsumen pada saat penarikan dan/atau penagihan pinjaman.



  25. Batasan Tanggung Jawab

  26. 13.1. Sebagai penyedia Sistem Elektronik JULO, tanggung jawab JULO hanya sebatas memfasilitasi kebutuhan dan keluhan antara pengguna (antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman). JULO menyediakan fasilitas customer service untuk melayani pengguna dalam Layanan yang diberikan melalui Sistem Elektronik JULO.

    13.2. JULO dan afiliasinya, pemegang saham, direktur, komisaris, karyawan, subkontraktor, pemasok, agen, tidak bertanggung jawab secara kontraktual ketika terjadi pelanggaran pada Surat Perjanjian Hutang Piutang (termasuk kelalaian dan/atau pelanggaran kewajiban), untuk (1) terjadinya kehilangan keuntungan, bisnis dan/atau pendapatan, (2) setiap biaya atau beban, atau secara tidak langsung ataupun langsung, diderita atau disebabkan oleh Penerima Pinjaman sebagai hasil atau hubungan dengan ketentuan penyedia Layanan.



  27. Perubahan Atas Syarat dan Ketentuan Umum

  28. 14.1. JULO berhak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan Umum sewaktu-waktu atas kebijakan sendiri, dan memberikan pemberitahuan kepada Penerima Pinjaman atas terjadinya amendemen, perubahan, revisi, tambahan, dan/atau perubahan lain melalui surat, surat elektronik, dan/atau cara lain yang dianggap sesuai oleh JULO.

    14.2. Segala perubahan atas Syarat dan Ketentuan Umum akan berlaku sejak tanggal yang ditentukan dalam pemberitahuan, atau apabila tanggal tersebut tidak ditulis, maka berlaku sejak tanggal terjadinya pemberitahuan.

    14.3. Tanpa mengurangi ketentuan sebelumnya, dimulainya/berlanjutnya Layanan setelah terjadi perubahan, akan dianggap sebagai persetujuan dari Penerima Pinjaman atas pemberlakuan perubahan tersebut.



  29. Hukum yang Berlaku

  30. 15.1. Syarat dan Ketentuan Umum dan ketentuan lain yang ditetapkan oleh JULO, diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia.

    15.2. Anda sepakat bahwa tindakan hukum apapun dan/atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, penggunaan Sistem Elektronik JULO, akan tunduk pada yuridiksi Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) dan diselesaikan secara non-eksklusif, baik dalam yuridiksi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Republik Indonesia atau pengadilan manapun di setiap yuridiksi yang kompeten.



  31. Hubungi JULO

  32. 16.1 Untuk informasi lebih lanjut, hubungi JULO melalui email: info@julofinance.com.

Pinjaman Cerdas Dari Smartphone Anda