Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
5 Intrumen Investasi untuk Pemula yang Minim Risiko
Reksadana
Emas 
P2P Lending
Deposito
Surat Berharga Negara (SBN)
Dapatkan Modal Berinvestasi dengan Ajukan Pinjaman Online di JULO

5 Jenis Investasi untuk Pemula yang Wajib Dicoba!

jenis investasi untuk pemula

Dunia investasi untuk pemula bisa terasa kompleks dan menakutkan, bahkan mungkin terasa rumit. Walaupun investasi sering kali dianggap menjadi langkah penting dalam merencanakan masa depan untuk menuju kekayaan finansial. 

Namun, dengan pemahaman yang baik dan langkah-langkah yang tepat, bukan berarti para pemula tidak bisa memulai untuk berinvestasi. Bahkan dengan modal minim, kamu sudah mulai bisa berinvestasi.

JULO Kredit Digital akan bantu kamu di sini, untuk cari tahu contoh investasi untuk pemula yang bisa dicoba dengan modal minim.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

5 Intrumen Investasi untuk Pemula yang Minim Risiko

Bagi kamu yang belum pernah berinvestasi, di bawah ini ada beberapa instrumen investasi yang ramah bagi pemula.

Reksadana

Ada Reksadana yang cocok sebagai investasi untuk pemula, karena terbilang minim risiko, aman, dan tidak ribet. Mereka mengumpulkan dana dari berbagai investor untuk diinvestasikan kembali dalam diversifikasi portofolio.

Reksadana yang dimaksud mencakup portofolio saham, obligasi, dan instrumen keuangan lainnya. Keuntungan utama reksadana adalah risiko yang terbagi secara merata dan pengelolaan portofolio yang profesional.

Untuk kamu yang masih pemula, pilihlah reksadana yang sesuai dengan tujuan keuanganmu. Seperti, reksadana saham untuk pertumbuhan jangka panjang dan reksadana pendapatan tetap untuk pendapatan stabil. 

Emas 

Investasi untuk pemula lainnya yang bisa dicoba ialah, emas. Investasi emas atau logam mulia dapat menjadi perlindungan terhadap ketidakpastian ekonomi, karena emas dikenal sebagai aset safe haven. Harga emas cenderung naik, selama periode ketidakpastian ekonomi. Hal ini, menjadikan emas menjadi salah satu aset yang aman. 

Meskipun nilainya dapat fluktuatif, investasi emas sering dianggap sebagai lindung nilai yang baik. Selain memiliki sifat likuiditas yang tinggi, jenis investasi untuk pemula yang satu ini dapat dengan mudah dijual atau diuangkan menjadi uang tunai tanpa mengalami penurunan nilai yang signifikan. 

Baca juga: 5 Alasan Kamu Harus Investasi Emas

P2P Lending

Dengan perkembangan teknologi keuangan, investasi untuk pemula jenis peer-to-peer lending menjadi semakin populer. Platform p2p lending menghubungkan peminjam dengan investor, memberikan kesempatan bagi pemula untuk mendapatkan pengembalian investasi yang menguntungkan. 

Intrumen ini cocok sebagai investasi untuk pemula, karena bisa dimulai dari modal Rp 100 ribu. Namun, penting untuk memahami risiko yang terkait, seperti kemungkinan peminjam gagal membayar dan sebagainya.

Lalu, dari mana keuntungan yang didapatkan melalui p2p lending? Nantinya, kamu yang berstatus sebagai pemilik dana atau investor, akan menerima dana investasi dengan imbal hasilnya ketika pendanaan sudah selesai. 

Deposito

Instrumen jenis investasi deposito ini, memiliki karekteristik yang relatif aman dan stabil. Deposito memiliki risiko yang lebih rendah, dibandingkan beberapa jenis investasi lainnya. 

Sebagai bentuk simpanan di bank, deposito menawarkan keamanan modal yang relatif tinggi, karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Sehingga, bagi pemula yang baru mencoba untuk berinvestasi merasa lebih nyaman dengan tingkat risiko yang lebih terkendali.

Deposito menawarkan tingkat bunga yang tetap dan dapat diantisipasi. Meskipun tingkat pengembalian deposito mungkin lebih rendah dibandingkan investasi berisiko tinggi, namun pemula akan menemukan nilai dalam stabilitasnya yang dapat membantu membangun dasar finansial yang kokoh. 

Ambil promo: Bebas Cicilan 1 Bulan!

Surat Berharga Negara (SBN)

Satu lagi investasi untuk pemula yang harus dicoba yaitu investasi Surat Berharga Negara (SBN). Sebagai surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah, SBN dianggap memiliki risiko kredit yang rendah karena pemerintah dianggap sebagai peminjam yang sangat tepercaya.

SBN memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas yang tinggi bagi pemula. Pemerintah seringkali mengeluarkan berbagai jenis SBN dengan tenor yang beragam, sehingga kamu sebagai investor dapat memilih instrumen yang sesuai dengan tujuan keuangan dan preferensi risiko.

Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

Itulah beberapa jenis beberapa jenis instrumen investasi untuk pemula. Kalau kamu tertarik coba yang mana?

Dapatkan Modal Berinvestasi dengan Ajukan Pinjaman Online di JULO

Mau mulai investasi tapi terkendala modal? Tenang, JULO siap bantu wujudkan keinginan kamu. Cukup ajukan pinjaman dana tarik tunai di JULO sekarang. Caranya:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di  Home Page.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Selain bisa memulai berbagai jenis investasi untuk pemula, kamu juga akan mendapatkan keuntungan limit maksimal pinjaman sampai dengan Rp 50 juta, lho! Durasi tenor maksimal 9 bulan, dan pembayarannya bisa menyesuaikan tanggal gajianmu.

Hanya Di JULO! Cicil Biaya Kesehatan di Puluhan Ribu Faskes se-Indonesia!

Dengan lebih dari 25.000 fasilitas kesehatan, kamu bisa bayar berbagai kebutuhan. Tagihan rumah sakit, klinik, dokter gigi, apotek hingga biaya cek di laboratorium. Cukup bayar lewat JULO dan bisa kamu cicilan pembayarannya!

Artikel Lainnya