Daftar Isi
Berapa Biaya Grooming Kucing?
Mengapa Harus Mengeluarkan Uang Lebih untuk Grooming Kucing?
Manfaat Grooming Kucing
1. Bebas dari Bakteri dan Ektoparasit
2. Mencegah Bulu Rontok
3. Mencegah Iritasi Kulit
4. Terhindar dari Stres
Seberapa Sering Kamu Harus Memandikan Kucingmu?
Daftar Isi
Berapa Biaya Grooming Kucing?
Mengapa Harus Mengeluarkan Uang Lebih untuk Grooming Kucing?
Manfaat Grooming Kucing
1. Bebas dari Bakteri dan Ektoparasit
2. Mencegah Bulu Rontok
3. Mencegah Iritasi Kulit
4. Terhindar dari Stres
Seberapa Sering Kamu Harus Memandikan Kucingmu?

Anggaran Biaya Grooming Kucing Kesayangan di Tahun 2022

biaya grooming kucing

Apakah JULOvers memelihara kucing di rumah? Jika iya, pasti kamu rutin melakukan grooming pada kucing kesayangan. Grooming yaitu kegiatan memandikan kucing agar bulunya menjadi lebih bersih, wangi, dan terbebas dari kotoran dan kutu. Biaya grooming kucing bervariasi, tergantung pada kategori serta ukuran tubuh kucing. 

Agar JULOvers bisa mendapatkan gambaran mengenai biayanya, kamu bisa menyimak uraian di bawah ini. 

Berapa Biaya Grooming Kucing?

Berapa Biaya Grooming Kucing

Sumber: Pexels

Layanan grooming kucing di pet shop atau salon dilakukan secara profesional menggunakan peralatan khusus. Hasilnya pun biasanya memuaskan ketimbang melakukan grooming sendiri di rumah. Lantas, berapa biaya untuk grooming kucing tersebut? Perhatikan rincian biayanya di bawah ini.

  • Kategori mandi biasa untuk kucing kecil dan kucing besar, rentang biayanya yaitu Rp50.000 - Rp120.000.
  • Untuk kategori mandi anti kutu kucing kecil dan kucing besar, biaya yang diperlukan antara Rp75.000 - Rp.150.000.
  • Untuk kategori mandi anti jamur dengan ukuran kucing kecil dan kucing besar, biayanya yaitu Rp75.000 - Rp150.000.
  • Kategori mandi kombinasi biayanya sekitar Rp100.000 Rp200.000.
  • Biaya kategori mandi maintenance yaitu Rp200.000 untuk kucing kecil dan Rp325.000 untuk kucing besar.

 

Besaran biaya grooming kucing sangat dipengaruhi oleh kategori grooming dan ukuran kucing tersebut. Namun, jika diperhatikan biayanya cukup terjangkau. Meski begitu, besaran harga tersebut bisa saja berbeda pada beberapa tempat lain. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu membawa dana lebih untuk berjaga-berjaga.bayar tagihan online Julo

Mengapa Harus Mengeluarkan Uang Lebih untuk Grooming Kucing?

Mengapa Harus Mengeluarkan Uang Lebih untuk Grooming Kucing

Sumber: Pinimg

Grooming termasuk perawatan terbaik untuk kucing, lantaran tidak hanya membuat bulunya lebih bersih, tetapi juga kucing jadi lebih sehat. Apalagi kalau kamu memilih melakukan grooming di pet shop yang memiliki banyak pilihan kategori grooming. 

Sebenarnya, grooming kucing bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, memandikan kucing tidak hanya sekadar membasahi tubuhnya dan memberi sampo, lalu dibilas menggunakan air mengalir. Itu saja tidak cukup, karena di pet shop kamu bisa memilih kategori mandi jamur atau anti kutu untuk kesehatan kucing kesayanganmu. 

Jadi, lebih baik membayar lebih untuk melakukan grooming di pet shop, daripada dilakukan sendiri tetapi tidak maksimal.Pasalnya, beberapa kucing memiliki masalah atau penyakit yang bila dibiarkan akan bertambah buruk. 

Salah satu proses penyembuhannya bisa dilakukan dengan melakukan grooming secara teratur. Alhasil kucing kesayanganmu dapat terhindar dari penyakit yang berpotensi menyerangnya.

Manfaat Grooming Kucing

Manfaat Grooming Kucing

Sumber: Freepik

Melakukan grooming secara rutin sesuai anjuran tentu bertujuan supaya kucing selalu dalam keadaan bersih dan bebas bau. Namun tidak itu saja, terdapat berbagai manfaat lain dari grooming kucing yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Bebas dari Bakteri dan Ektoparasit

Bebas dari Bakteri dan Ektoparasit

Sumber: Pexels

Ektoparasit merupakan parasit yang hidup di luar tubuh inang, seperti kutu dan tungau. Salah satu penyakit serius yang sering terjadi pada kucing akibat parasit yaitu anemia. Hal ini terjadi karena parasit tersebut menelan banyak darah kucing. Maka dari itu, lakukan grooming dengan berkala supaya kucing Anda terhindar dari bakteri dan ektoparasit tersebut.

2. Mencegah Bulu Rontok

Mencegah Bulu Rontok

Sumber: Pexels

Kucing yang tidak dirawat dengan baik akan melahirkan banyak parasit seperti kutu. Hal ini bisa mengakibatkan kucing terus menggaruk dan berimbas pada bulu yang rontok. Setiap pemilik kucing tentu tidak menginginkan hal ini terjadi. Untuk itu, rutin lakukan grooming supaya kucing selalu dalam keadaan sehat.

3. Mencegah Iritasi Kulit

Mencegah Iritasi Kulit

Sumber: Pexels

Saat melakukan grooming, biasanya ada tahapan dimana bulu kucing ini dibersihkan dengan cara menyikat dan menyisir. Kegiatan ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, menghindari iritasi, dan mencegah kerutan pada kulit kucing.

4. Terhindar dari Stres

Terhindar dari Stres

Sumber: Pexels

Kucing yang selalu dalam keadaan bersih, secara alami akan terhindar dari stres. Bahkan kucing akan merasa lebih baik, lantaran tidak terganggu dengan bakteri, virus, parasit, atau hal lainnya yang mengakibatkan kucing merasa tidak nyaman dan terus menggaruk. 

Seberapa Sering Kamu Harus Memandikan Kucingmu?

Seberapa Sering Kamu Harus Memandikan Kucingmu

Sumber: Pexels

Kucing dikenal sebagai hewan yang bisa membersihkan diri sendiri menggunakan lidah yang memiliki duri kecil dan bertindak seperti kuas. Meski bisa membersihkan diri sendiri, bukan berarti kucing tidak perlu mandi.

Menurut National Cat Groomers of America, mereka merekomendasikan kucing untuk dimandikan setidaknya 4 - 6 minggu sekali agar bulunya tidak kusut dan tetap sehat. JULOvers tidak perlu khawatir dengan biaya grooming kucing, karena cukup terjangkau dan bisa dibayar menggunakan aplikasi paylater dari JULO. 

Namun, terdapat beberapa kondisi yang mewajibkan JULOvers harus segera melakukan grooming pada kucing. Kondisi tersebut seperti kucing yang terlalu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan serta bulu kucing yang terlalu panjang. 

Selain itu, lakukan grooming rutin pada kucing yang memiliki bentuk tubuh yang agak gemuk. Pasalnya, kucing tersebut tidak bisa menjangkau semua bagian tubuhnya saat membersihkan diri. Maka dari itu, kucing tersebut perlu dimandikan secara rutin supaya bulunya lebih wangi dan bersih.

Kucing yang sangat aktif juga perlu sering dimandikan. Kemudian, kucing yang mengalami berbagai masalah kesehatan seperti iritasi kulit, kutu, dan tinja yang encer memerlukan perhatian lebih, salah satunya bisa dengan melakukan grooming. 

Supaya kucing kesayanganmu selalu dalam keadaan sehat, jangan lupa memandikan kucing sesuai saran yang diberikan ya. Untuk biaya grooming kucing sendiri dapat disesuaikan dengan kategori grooming dan ukuran kucing kamu, apakah termasuk kucing kecil atau kucing besar.

Gunakan aplikasi paylater dari JULO untuk membayar biaya grooming tersebut. Proses pembayarannya pun anti ribet dengan menggunakan JULO Kredit Digital. Untuk membayar biaya cicilannya, kamu bisa bayar pada saat tanggal gajian tiba. Sangat menguntungkan bukan? Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasi JULO sekarang juga dan masukkan kode promo hidupkan untuk mendapatkan penawaran menarik lainnya.

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan