Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Rincian Biaya Masuk SMP?
Hal-hal yang Termasuk Biaya Masuk SMP
Tips Mempersiapkan Biaya Masuk SMP
1. Tentukan Pilihan Sekolah dan Cari Informasinya
2. Buat Rencana Anggaran Sekolah
3. Pilih Instrumen yang Sesuai untuk Menyiapkan Biaya Masuk SMP
4. Pikirkan Biaya Tambahan

Biaya Masuk SMP serta Tips Mempersiapkannya

biaya masuk smp

Berapa persiapan biaya masuk SMP yang harus dipersiapkan? Pendidikan merupakan bagian penting dalam pertumbuhan anak yang tidak bisa ditoleransi. Sebagai orang tua, kamu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati. Persiapan pendidikan anak harus dimulai sejak sedini mungkin, jangan sampai pendidikan anak menjadi terhambat karena kita lalai dalam menyiapkan biayanya.

Persiapan dana pendidikan yang matang akan menghindarkan kamu dari risiko utang pendidikan di masa depan, termasuk persiapan biaya masuk SMP anak. Untuk mengetahui rinciannya, silakan simak penjelasan detail mengenai biaya masuk SMP berikut ini.

Bagaimana Rincian Biaya Masuk SMP?

Bagaimana Rincian Biaya Masuk SMP

Biaya masuk SMP tentu akan berbeda, tergantung dengan kebijakan sekolah yang dituju. Jumlahnya pun sangat bervariasi, tergantung kualitas dan letak sekolahnya. Namun, diperkirakan harganya ada di rentang Rp3 juta sampai Rp10 juta.

Sementara itu, untuk SPP yang harus dibayar, berkisar antara Rp150 ribu – Rp1 juta per bulan. Jika tidak menghitung inflasi, maka biaya masuk SMP dan SPP per bulan hingga lulus akan berada di angka Rp8,4 juta – Rp46 juta.

Karena biaya pendidikan perlu disiapkan sedini mungkin, maka perkiraan biaya harus menyertakan kemungkinan inflasi yang terjadi setiap tahun. Inflasi sendiri nilainya akan terus berbeda setiap tahun, jadi hitunglah sesuai dengan estimasi nilai inflasi terbaru.

Hitunglah jarak antara persiapan dana pendidikan dengan waktu anak masuk SMP, biasanya biaya pendidikan naik 6-20% per tahun. Jika kita ambil perkiraan biayanya naik 10% per tahun, dan anak kamu baru masuk SMP tiga tahun lagi, maka biaya masuk SMP akan berada di angka Rp11,18 juta – Rp 61,2 juta sampai lulus.

Hal-hal yang Termasuk Biaya Masuk SMP

Hal-hal yang Termasuk Biaya Masuk SMP

Selain biaya awal masuk dan SPP per bulan, biaya untuk sekolah SMP juga meliputi banyak hal lain, seperti seragam, buku, pelepasan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagai perkiraan, berikut ini adalah rincian biaya pendidikan SMP di salah satu sekolah di kota besar. Biaya ini tentu akan berbeda di setiap lokasi, tergantung letak dan kualitas sekolahnya.

  • SPP (1 Tahun): Rp3.600.000
  • OSIS & Pramuka: Rp700.000
  • Pengembangan Pendidikan: Rp700.000
  • Infaq: Rp1.000.000
  • Dana Kegiatan Sosial: Rp300.000
  • Pengembangan Diri: Rp720.000
  • Ujian Semester: Rp600.000
  • Kartu SPP & Pelajar: Rp175.000
  • Buku Rapor & Sampul: Rp250.000
  • Bet & Dasi: Rp85.000
  • MOS: Rp360.000
  • Kaos Training: Rp200.000
  • Batik: Rp100.000
  • Perpisahan: Rp250.000
  • Total: Rp9.040.000

Rincian biaya tersebut merupakan uang yang harus dikeluarkan pada tahun pertama. Setelahnya, biaya tahunan mungkin akan berkurang karena tidak akan dibebankan oleh biaya seragam, mos, buku rapor, dan sebagainya.

 

Untuk mendapatkan biaya masuk SMP yang lebih akurat, maka sebagai orang tua kamu harus datang ke sekolah yang dituju untuk menanyakan informasi seputar biaya sekolah di sana. Semakin dini dana pendidikan anak dipersiapkan, maka akan makin siap juga kamu dengan beban biaya pendidikan anak di masa depan.bayar tagihan online Julo

Tips Mempersiapkan Biaya Masuk SMP

Tips Mempersiapkan Biaya Masuk SMP

Mengelola keuangan keluarga, terutama bagi kamu yang sudah memiliki anak, memang cukup menantang. Berbagai kebutuhan mulai dari anggaran bulanan, dana darurat, hingga dana pendidikan anak harus sudah dirinci dan disiapkan sejak anak masih dini. Agar memudahkan kamu untuk mempersiapkan biaya masuk SMP, silakan ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Tentukan Pilihan Sekolah dan Cari Informasinya

Tentukan Pilihan Sekolah dan Cari Informasinya

Dalam perencanaan dana pendidikan anak untuk masuk SMP, kamu perlu menentukan pilihan dengan jelas ke mana nantinya anak kamu akan bersekolah. Baik swasta maupun negeri, saat ini sudah tersedia banyak sekali pilihan SMP yang bisa anak masuki.

Jika bingung memilihnya, kamu bisa membandingkan beberapa aspek sekolah dengan sekolah lainnya, seperti lokasi sekolah dari rumah, kurikulum pendidikan, kelengkapan fasilitas sekolah, tenaga pengajar, dan rincian biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan sekolah di sana.

Jangan sungkan untuk datang, berkeliling, dan bertanya dengan pihak calon sekolah mengenai berbagai informasi tersebut. Kalau kamu sudah menentukan SMP mana yang cocok untuk sang buah hati, kamu bisa melanjutkan persiapan biaya masuk SMP yang selanjutnya.

2. Buat Rencana Anggaran Sekolah

Buat Rencana Anggaran Sekolah

Jika kamu sudah mengumpulkan informasi detail mengenai biaya yang diperlukan agar anak bisa sekolah di SMP tujuan hingga selesai, maka kamu perlu segera membuat rencana anggaran sekolah. Sama seperti rincian biaya yang sudah diberikan sebelumnya, kamu juga perlu memperhatikan inflasi ketika menyiapkan biaya masuk SMP.

Menurut data BPS, akibat inflasi, biaya pendidikan di Indonesia naik 10-15% per tahun. Di samping itu, standar pendidikan setiap sekolah juga dapat memengaruhi uang pangkal dan iuran yang dibebankan.

Setelah mendapatkan informasi lengkap, segera hitung keperluan uang agar anak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP. Masukan angka tersebut ke perkiraan biaya masuk SMP anak kamu seperti yang sudah dicontohkan sebelumnya. Lalu, buatlah tabungan secara terpisah agar dana pendidikan anak tidak terpakai untuk keperluan lain.

3. Pilih Instrumen yang Sesuai untuk Menyiapkan Biaya Masuk SMP

Pilih Instrumen yang Sesuai untuk Menyiapkan Biaya Masuk SMP

Dalam menyiapkan biaya masuk SMP, kamu bisa memilih beberapa instrumen seperti tabungan, asuransi, atau bahkan investasi. Semua jenis instrumen yang ada menawarkan kekurangan dan kelebihannya masing-masing, Kamu bisa memilih sesuai toleransi risiko yang bisa ditanggung.

Kalau kamu ingin biaya masuk SMP anak tanpa risiko, maka bisa memilih tabungan sebagai instrumen pilihan. Namun, jika mencari instrumen tabungan sekaligus investasi, kamu bisa memilih asuransi atau investasi dengan risiko rendah sebagai pilihan.

4. Pikirkan Biaya Tambahan

Pikirkan Biaya Tambahan

Selama menempuh pendidikan, anak pastinya ingin mencoba berbagai macam hal untuk menemukan minat mereka. JULOvers sebagai orangtua tentu ingin mendukung hal tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mempersiapkan biaya tambahan, entah itu untuk biaya les tambahan, membeli peralatan sesuai hobi, atau berbagai macam hal lainnya. Persiapan sangat penting agar perkembangan anak bisa menjadi lancar.

Bagi kamu yang perlu uang cepat untuk membayar biaya masuk SMP anak, JULO menyediakan layanan pinjam dana online dengan limit hingga Rp15 juta dan tenor selama 9 bulan. Mengambil pinjaman bisa menjadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan mendesak seperti biaya pendidikan. 

Kamu tidak perlu khawatir karena bunga yang JULO berikan sangat kecil, hanya 0,1% per hari dan bisa menyesuaikan tanggal bayar dengan tanggal gajian.

Jangan lupa juga memanfaatkan promo siap melesat untuk mendapatkan cashback melimpah dan berbagai hadiah menarik lainnya. Tunggu apa lagi? Penuhi biaya masuk SMP anak dengan aplikasi JULO sekarang juga!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
cara-bayar-denda-bpjs-kesehatan
belanja
belanja online
belanja online di bulan ramadan
diskon belanja online
bulan ramadan
hampers ramadan
belanja online