Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Berapa Rincian Biaya Renovasi Kamar Tidur?
Apa Saja Faktor yang Dapat Memengaruhi Besaran Biaya Renovasi Kamar Tidur?
1. Pengecatan Ulang
2. Penggunaan Wallpaper Dinding
3. Perbaikan Lantai
4. Perbaikan Plafon
5. Furniture dan Dekorasi

Estimasi Biaya Renovasi Kamar Tidur Sederhana dan Beberapa Tipsnya

biaya renovasi kamar tidur

Berapa besar biaya renovasi kamar tidur yang perlu dipersiapkan? Seiring berjalannya waktu, kamar tidur bisa mengalami kerusakan, entah itu di bagian dinding, atap, atau cat yang mulai mengelupas, dan berbagai masalah lainnya. Baik untuk perbaikan maupun mengganti desain interior kamar, renovasi sangat diperlukan dan sebaiknya dilakukan rutin selama beberapa tahun sekali.

JULOvers tenang saja karena biaya renovasi kamar tidur bisa disesuaikan dengan keinginan dan bujet yang kamu miliki. Sebelum melakukannya, ada beberapa faktor dan tips yang harus JULOvers perhatikan, detailnya seperti berikut ini!

Berapa Rincian Biaya Renovasi Kamar Tidur?

Berapa Rincian Biaya Renovasi Kamar Tidur

Untuk mengetahui rincian biaya renovasi kamar tidur, JULOvers perlu terlebih dahulu mengetahui ukuran kamar yang akan diperbaiki karena ini akan sangat berpengaruh terhadap biaya yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Sumber Pinjaman untuk Renovasi Rumah dengan Mudah

Setelah mengetahui ukuran kamar, JULOvers juga perlu memeriksa bagian mana saja yang perlu direnovasi, mulai dari cat, keramik, dinding, hingga berbagai furniture di dalamnya.

Selanjutnya hitung perkiraan material yang dibutuhkan. Supaya tidak keliru, JULOvers bisa berdiskusi dengan tukang bangunan untuk menghitung keperluan cat tembok, keramik, furnitur, dan harga jasa tukang bangunan.

Jika dimisalkan ukuran kamar JULOvers adalah 3×4 meter, maka diperlukan cat sekitar 3 liter dengan harga rata-rata sebesar Rp30.000 per liter, lalu sekitar 134 lembar keramik ukuran 30×30 cm dengan harga rata-rata Rp37.000/dus isi 11 lembar. Sedangkan untuk keperluan furnitur bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Adapun harga ranjang kasur berada di kisaran harga Rp2.000.000, lalu meja belajar Rp700.000, dan lampu kamar aesthetic Rp100.000. Jangan lupa juga untuk menghitung harga jasa tukang bangunan, sekitar Rp100.000/hari.

Dari data tersebut, maka untuk merenovasi kamar tidur ukuran 3×4 meter, JULOvers memerlukan biaya sebesar Rp3.734.000 dengan ketentuan proses renovasi kamar rumah bisa diselesaikan dalam empat hari.

Rincian biaya renovasi kamar di atas masih sangat mentah, JULOvers perlu memperhatikan beberapa faktor biaya renovasi yang akan sangat berpengaruh. Yang terpenting, pastikan kalau perhitunganmu sudah sesuai agar tidak terjadi over budget.bayar tagihan online Julo

Apa Saja Faktor yang Dapat Memengaruhi Besaran Biaya Renovasi Kamar Tidur?

Apa Saja Faktor yang Dapat Memengaruhi Besaran Biaya Renovasi Kamar Tidur

Supaya estimasi biaya renovasi kamar tidur menjadi semakin akurat, ada beberapa faktor yang harus JULOvers perhatikan, detailnya adalah seperti berikut ini.

1. Pengecatan Ulang

Pengecatan Ulang

Kalau kamar yang ingin direnovasi mengalami kerusakan cat yang parah, maka mau tidak mau semua cat di dalam ruangan harus diganti. Dalam kondisi ini, prosesnya akan melalui beberapa tahap seperti pembersihan permukaan dinding, pengecatan cat dasar, lalu dicat lagi menggunakan cat lapisan kedua.

Semakin luas area yang perlu dicat, maka akan semakin besar juga biaya yang harus dikeluarkan karena berpengaruh terhadap jumlah cat yang diperlukan dan harga tukang yang harus dibayar.

2. Penggunaan Wallpaper Dinding

Penggunaan Wallpaper Dinding

JULOvers mungkin bosan dengan desain kamar yang warnanya itu-itu saja. Nah, penggunaan wallpaper dinding bisa menjadi solusi terbaik karena selain memberikan motif yang unik, wallpaper dinding juga sangat mudah dan cepat untuk dipasang. Tapi kamu juga harus memperhatikan biaya yang perlu dikeluarkan untuk memasang wallpaper dinding.

Biasanya, wallpaper dinding dijual dengan ukuran 70 × 70 cm, harganya juga beragam tergantung keunikan motif yang dipilih. Kamu perlu menghitung keperluan wallpaper dinding dengan cermat agar tidak berlebihan ketika membelinya.

3. Perbaikan Lantai

Perbaikan Lantai

Kalau dalam proses perbaikan kamar tidur ternyata lantai kamu perlu diganti, ini juga akan sangat mempengaruhi biaya renovasinya, lho. Ketika mengganti lantai, tukang bangunan perlu melepas keramik yang lama terlebih dahulu, membersihkan bekas semen, dan baru menempelkan keramik yang baru.

Proses ini tentu memakan waktu. Kamu juga harus bisa menyediakan keramik dengan jumlah yang sesuai agar proses pemasangan keramik tidak tersendat dan bujet renovasi tidak semakin bengkak.

4. Perbaikan Plafon

Perbaikan Plafon

Faktor lain yang akan sangat memengaruhi biaya renovasi kamar tidur adalah perbaikan plafon. Biasanya, plafon diperbaiki ketika sudah menguning, terdapat air yang merembes, berjamur, atau mulai lepas. Kondisi tersebut biasanya terjadi ketika musim hujan sehingga menyebabkan plafon lembap.

Proses perbaikan plafon juga memakan waktu yang cukup lama. Kalau perhitungan yang kamu lakukan tidak tepat, bisa-bisa kamu keluar banyak uang ketika proses ini.

5. Furniture dan Dekorasi

Furniture dan Dekorasi

Pemilihan furniture dan dekorasi juga akan memengaruhi biaya renovasi kamar tidur kamu. Usahakan untuk membeli barang-barang yang rusak dan diperlukan terlebih dahulu. Sedangkan, barang-barang yang sifatnya sebagai dekorasi bisa dibeli secara berkala. Hal ini penting untuk dilakukan agar biaya lain untuk renovasi kamar tidur tidak terganggu.

Usahakan juga agar mencari furniture dan dekorasi kamar tidur yang awet. Sering kali ditemukan furniture harus diganti bukan karena bosan, tetapi karena barangnya mudah rusak. Kalau sampai terjadi, artinya kamu akan keluar uang hingga beberapa kali untuk mengisi kamar tidurmu.

Buat kamu yang sedang kebingungan mencari sumber biaya renovasi kamar tidur, padahal renovasi harus segera dilakukan, layanan pinjaman online dari JULO bisa menjadi solusi. 

Selain aman dan diawasi oleh OJK, JULO juga memiliki limit pinjaman yang sangat besar hingga Rp15 juta. JULO juga menawarkan bunga yang ringan, hanya 0,1% dan tenor hingga 9 bulan. Tenang saja, tanggal pembayaran bisa diatur sesuai tanggal gajian kamu, kok.

Selain itu, ada juga promo siap melesat yang kasih kamu kesempatan untuk mendapatkan cashback dan berbagai hadiah menarik. Dengan begitu, kamu bisa segera merenovasi kamar tidurmu secepat mungkin!

Artikel Lainnya