Cara Membedakan Aplikasi Palsu dan Asli di Google Play Store

Cara Membedakan Aplikasi Palsu dan Asli di Google Play Store

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan jumlah penetrasi pengguna smartphone, semakin banyak juga bermunculan aplikasi. App Annie sebuah  perusahaan penyedia data terkait pasar aplikasi menyebutkan bahwa pada 31 Oktober 2017 saja, ditemukan terdapat sekitar 50.000 aplikasi baru di iOS App Store dan 150.000 pertambahan aplikasi di Google Play Store. Hal ini semakin membuktikan bahwa pertumbuhan aplikasi semakin pesat dari hari ke hari.

Google melalui Google Play menyediakan banyak aplikasi yang dapat Anda download secara gratis. Namun, seiring dengan pertumbuhannya ternyata semakin banyak pula aplikasi palsu. Aplikasi ini mencoba menyerupai aplikasi asli dan apabila pengguna lengah, kemungkinan akan mengakibatkan mengunduh aplikasi yang salah. 

Cara Membedakan Aplikasi Palsu dan Asli di Google Play Store

Cara Membedakan Aplikasi Asli & Palsu

Tentu kita menginginkan aplikasi asli, namun tidak jarang dikarenakan banyaknya pilihan aplikasi yang ditawarkan, kita menjadi bingung menentukan mana aplikasi asli dan mana aplikasi palsu. Nah, agar JULOvers tidak salah mengunduh aplikasi palsu atau aplikasi yang bukan sebenarnya kamu inginkan, perhatikan hal-hal berikut sebelum mengunduh sebuah aplikasi.

1. Pastikan Nama Aplikasi Sudah Benar

Sebelum mengunduh, pastikan Anda mengecek nama aplikasi dan memastikan nama aplikasi yang akan diunduh sudah sesuai dengan nama aplikasi asli yang dipublikasikan oleh perusahaan.

Sebagai contoh, kamu dapat mencari JULO dengan nama JULO Kredit Digital & Pinjaman

2. Mengecek Developer Aplikasi

Setelah memastikan nama aplikasi sudah sesuai, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengecek developer pembuat aplikasi tersebut. Biasanya terdapat banyak informasi di internet yang menyebutkan nama developer pembuat aplikasi asli yang ingin Anda unduh.

Baca Juga: Kredit Online, Yuk Kenal JULO Kredit Digital Lebih Jauh!

3. Mengecek Rating dan Review Aplikasi

Setelah memastikan developer sesuai, selanjutnya JULOvers perlu membaca review dan mengecek rating masing-masing aplikasi. Rating menunjukkan tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi tersebut, semakin tinggi rating suatu aplikasi berarti semakin puas penggunanya. Sementara itu, pada review biasanya kamu akan menemukan banyak komentar dari pengguna baik yang bersifat negatif maupun positif. Pastikan kamu membaca review sehingga memiliki gambaran terhadap aplikasi yang akan di-download. Aplikasi asli biasanya akan memiliki lebih banyak komentar bersifat positif dibanding aplikasi palsu.

4. Mengecek Jumlah Download Aplikasi

Setelah melakukan ketiga hal tersebut diatas, hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengecek jumlah user yang mengunduh aplikasi tersebut. Semakin besar jumlah download, semakin membuktikan bahwa aplikasi tersebut asli.

Hal ini juga dapat kamu gunakan saat akan mengunduh aplikasi kredit digital. Untuk JULO Kredit Digital, kamu dapat mengecek keempat kriteria di atas. Aplikasi JULO Kredit Digital memiliki nama JULO Kredit Digital & Pinjaman dan sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Yudhistira
A digital marketer 'in the making' with some experiences in copywriting and beverage craft as Barista. Loves to travel and write some tips & lifestyle updates on JULO blog.

Artikel Lainnya

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Temukan ide bisnis sederhana, seperti menjual kaos, paket data dan pulsa, hingga parcel atau hampers, untuk menambah…

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Makanan Online yang Laris di Pasaran

Temukan ide bisnis makanan online yang laris di pasaran, seperti seblak, makarani goreng, aneka keripik, dan salad buah…