Cara-Memilih-Motor-Matic-Bekas

Cara Memilih Motor Matic Bekas, Jangan Sampai Salah Pilih

Sepeda motor bekas merupakan sebuah pilihan yang terbaik untuk orang-orang yang tidak memiliki banyak uang. Sepeda motor biasanya dianggap lebih terjangkau daripada moda transportasi lain, dan mereka juga mampu menyusuri jalan-jalan perkotaan yang padat lebih baik daripada kendaraan lain. Cara terbaik untuk menjaga kondisi kendaraan adalah dengan merawatnya dengan melakukan perawatan secara rutin. Untuk mendapatkan kendaraan dengan kondisi optimal, pemilik kendaraan sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting agar tak menyesal di kemudian hari.

Ada banyak pilihan sepeda motor bekas yang bisa menjadi pilihan JULOvers sebagai sarana moda transportasi dalam berkegiatan sehari-hari, salah satunya adalah motor matic.Membeli motor matic bekas memang cukup menjanjikan. Dengan harga yang terjangkau anda sudah dapat memiliki kendaraan pribadi yang bisa mempermudah mobilitas sehari-hari.

 

Baca Juga: JULO Kembali Mengadakan Acara Bakti Sosial di Tahun 2019

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan membeli motor matic bekas. Berikut ini adalah tips membeli motor matic bekas yang yang dapat anda pertimbangkan. Yuk JULOvers simak disini!

Tips Memilih Motor Matic Bekas

Cara-Memilih-Motor-Matic-Bekas
Source: Pexels.com

Banyak hal yang bisa anda pertimbangkan sebelum mengeluarkan dana untuk membeli motor matic bekas. Membeli motor matic bekas bisa menjadi hal yang mudah dan juga sulit dilakukan. Pasalnya, anda harus tetap cermat dalam menentukan pilihan sesuai kebutuhan. Hal itu guna meminimalisir kerugian yang JULOvers akan hadapi pada saat membeli motor matic bekas. Anda harus memastikan banyak hal sebelum membeli motor bekas, mulai dari kelengkapan dokumen, keadaan fisik, hingga keamanan transaksi yang JULOvers akan lakukan. Berikut adalah tips memilih motor matic bekas yang sudah JULO rangkum dalam artikel ini.

1. Tentukan Jenis Motor Matic Bekas yang JULOvers Butuhkan

Cara-Memilih-Motor-Matic-Bekas
Source: Pexels.com

Membeli kendaraan umumnya merupakan kebutuhan yang bersifat pribadi. Sehubungan dengan hal itu, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengenali kebutuhan anda dan mencari tahu jenis motor apa yang ingin dimiliki. Membuat daftar kebutuhan dan tabel perbandingan jenis motor dapat membantu anda dalam menentukan motor yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh,jika anda ingin menggunakannya untuk perjalanan jarak jauh setiap hari, anda dapat membeli motor dengan cc besar. Namun apabila anda seringkali berpergian dalam jarak dekat dan hanya menggunakan sepeda motor tersebut di dalam kota, alangkah baiknya kalau hanya menggunakan sepeda motor matic dengan cc yang kecil. Anda juga dapat menyesuaikan motor yang akan dibeli dengan dana yang dimiliki. Menentukan motor sesuai kebutuhan, akan membantu anda terhindar dari rasa kebingungan saat mendatangi gerai penjualan motor.

Oh ya! Jangan lupa untuk memeriksa nomor plat kendaraan yang akan anda beli. Usahakan plat motor tersebut merupakan plat wilayah tempat tinggal anda sehingga anda tak perlu membayar untuk biaya cabut berkas saat hendak melakukan balik nama.

Cara-Memilih-Motor-Matic-Bekas

2. Kenali Pasaran Motor Matic Bekas Terkini

Cara-Memilih-Motor-Matic-Bekas
Source: Pexels.com

Mengenali harga pasaran terkini adalah poin penting yang harus anda perhatikan. Dengan mengetahui harga motor baru dan bekas, anda akan terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh para penjual nakal. Jika harga motor bekas yang ditawarkan tidak berbeda jauh dengan harga baru tentu anda akan rugi. Mengetahui harga juga menghindari anda agar tidak tergiur dengan tawaran motor harga murah.

3. Cermat Sebelum Membeli Motor Matic Bekas

Cara-Memilih-Motor-Matic-Bekas
Source: Pexels.com

Jangan terburu-buru membayar! Meskipun iklan motor yang ditawarkan sangat menggiurkan, hindari memberikan uang muka sebelum memeriksa motor secara langsung terlebih dahulu. Pastikan anda menghiraukan alasan apa pun yang ditawarkan oleh penjual untuk mempercepat proses jual-beli, misalnya agar motor tidak dibeli orang lain. Terlebih lagi jika transaksi dilakukan secara online dan mengharuskan anda membayar uang pangkal.

Baca juga: Resmi Naik Kelas, Fintech Lokal JULO Kini Kantongi Izin OJK

4. Periksa Kelengkapan Surat Motor Matic Bekas yang Ingin Dibeli

Cara-Memilih-Motor-Matic-Bekas
Source: Pexels.com

Surat-menyurat adalah kelengkapan penting yang harus anda perhatikan saat membeli motor bekas. Hal tersebut terkait dengan peraturan dan kepemilikan kendaran, Surat-surat yang harus anda perhatikan meliputi BPKB,STNK, dan Faktur. Penting untuk memeriksa BPKBnya, karena anda dapa mengecek kendaraan yang anda minati sudah diperjual belikan berapa kali sebelum jadi milik anda. Cocokan pula nomor rangka dan nomor mesin yang tertulis di surat motor dan yang ada pada motor yang dijual.

5. Pastikan Fisik Motor Matic Bekas Dalam Keadaan Baik

Cara-Memilih-Motor-Matic-Bekas
Source: Pexels.com

Tampilan fisik merupakan hal penting untuk diperiksa. Jadi saat membeli motor matic bekas, pastikan kondisi original fisik dalam keadaan baik. Sebagai rujukan anda dalam memeriksa detail seperti, goresan atau retakan pada badan motor, stang dan rangka motor, dan oli motor. Lebih baik untuk mengajak kerabat yang paham betul dengan motor sehingga mereka bisa mengenali kejujuran dari jawaban penjual dari kondisi motor.

6. Minta Waktu untuk Uji Jalan Motor Matic Bekas 

Cara-Memilih-Motor-Matic-Bekas
Source: Pexels.com

Selain memastikan kesehatan sebuah motor matic bekas, bisa dilakukan juga dengan meminta uji jalan. Agar tidak salah pilih dan yakin sebelum melakukan transaksi pembelian dengan si penjual, uji jalan sepeda motor patut dilakukan. Supaya kamu yakin dan mantap dalam pemilihan, memastikan kenyamanan dalam berkendara merupakan suatu faktor penentu dalam pembelian pula. Pastikan kendaraan yang digunakan aman dikendarai, dan alat kendali seperti setang motor dan bodi tak ada kendala juga.

Banyaknya pilihan dalam memilih motor matic bekas seringkali akhirnya membuat bingung, dan membuat ragu untuk mengeluarkan dana untuk membelinya. Sebagai contoh, kini jual beli motor bisa dilakukan secara offline dan juga online. Tidak hanya itu, pembayaran bisa dilakukan dengan cara tunai atau pun mencicil. Akan tetapi penting diketahui bahwa memilih motor matic bekas itu harus sesuai dengan kebutuhan dan juga kesiapan kantong kamu. 

Cara-Memilih-Motor-Matic-Bekas

Bisa terlihat di e-commerce yang JULOvers gunakan, pilihan untuk kamu dan keluarga pun beraneka ragam. Bahkan untuk harga motor matic bekas sendiri pun sangatlah variatif, dan memiliki rentang harga yang sangat luas. Dari yang mahal hingga yang harganya tergolong sangat murah pun ada, sehingga perlu untuk JULOvers pandai-pandai dalam memilih motor matic bekas.

 

Baca Juga: Simak 4 Kelebihan Cicil Belanja E-commerce di JULO!

Tentunya JULOvers tidak perlu khawatir, karena sekarang ada bisa JULO Kredit Digital untuk membayar segala keperluan kamu. JULO Kredit Digital menawarkan cicilan dengan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan. Jadi, JULOvers tidak perlu khawatir telat bayar karena anda bisa langsung bayar beberapa bulan sekaligus. Dengan limit kredit maksimal 15 juta rupiah dan bunga rendah dari 0,1% per hari, JULOvers tidak perlu lagi khawatir dengan kebutuhan kamu berkegiatan sehari-hari. Apalagi tanggal pembayaran bisa disesuaikan dengan tanggal gajian, pastinya membuat bayar cicilanmu jadi semakin mudah dan semakin praktis. Tidak hanya itu, JULO memiliki banyak fitur lain yang bisa kalian gunakan, seperti:

  • Tarik Dana
  • Bayar Kartu Pascabayar
  • Kirim Dana
  • Bayar Tagihan Listrik
  • Isi Dompet Digital
  • Bayar Pulsa
  • Bayar e-commerce

Lengkap sekali bukan? Jadi tunggu apalagi? Yuk segera pakai JULO untuk terus #SiapMelesat secepat kilat dengan motor matic bekas kamu yang baru!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…