Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Lima Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Boros 
1. Rencanakan Anggaran Bulanan
2. Identifikasi Prioritas Keuangan
3. Gunakan Metode Pembayaran yang Bijak
4. Buat Cadangan Keuangan
5. Pertimbangkan Investasi yang Tepat
6. Evaluasi dan Sesuaikan Rencana 
Kebutuhan Mendesak? Pinjam Dana Online Aja di JULO Kredit Digital

5 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros, Auto Bisa Nabung Banyak!

Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros

Bisa mengatur keuangan dengan baik adalah kunci untuk mencapai kondisi finansial yang stabil, dan menghindari perilaku boros yang dapat merugikan keuangan di masa depan. 

Bagi banyak orang, tantangan utama dalam mengatur keuangan adalah bagaimana mengelola pendapatan mereka dengan bijak, tanpa harus mengurangi kebutuhan sehari-hari. 

Seringkali, kebutuhan mendadak menggagalkan perencanaan keuangan yang sudah dikelola dengan baik. Nah, untuk kamu yang sedang mengalami kesulitan untuk mengatur keuangan, cara ini mulai bisa kamu terapkan demi keuangan yang lebih sehat. 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Lima Cara Mengatur Keuangan agar Tidak Boros 

Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros

Kira-kira, apa saja sih cara praktis untuk mengatur keuangan agar tidak boros dan mencapai kestabilan finansial? 

1. Rencanakan Anggaran Bulanan

Mengatur keuangan nggak jauh-jauh dari membuat anggaran bulanan. Kamu bisa mulai rencanakan pengeluaran untuk kebutuhan dasar seperti makanan, transportasi, dan tempat tinggal. 

Jangan lupa menyisihkan sebagian untuk tabungan dan keperluan mendesak. Dengan memiliki anggaran yang terstruktur, kamu dapat mengendalikan pengeluaran dan menghindari keputusan impulsif yang bisa menyebabkan perilaku boros.

2. Identifikasi Prioritas Keuangan

Cari tahu prioritas keuanganmu apa dan tentukan dengan jelas. Utamakan pembayaran tagihan dan cicilan utang sebelum mempertimbangkan pengeluaran lainnya. 

Ini membantu mencegah akumulasi utang yang dapat mengganggu stabilitas keuangan kamu di kemudian hari. Jika memungkinkan, alokasikan sebagian pendapatan untuk investasi atau tabungan jangka panjang.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengatur Keuangan Selama Bulan Puasa

3. Gunakan Metode Pembayaran yang Bijak

Nggak bisa dipungkiri, kartu kredit memang memudahkan untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu. Namun, hindari ketergantungan pada kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Sebaiknya, gunakan kartu kredit dengan bijak dan lunasi saldo setiap bulan untuk menghindari bunga yang tinggi. Pertimbangkan juga untuk menggunakan metode pembayaran tunai atau debit agar lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

4. Buat Cadangan Keuangan

Saat kamu sudah memutuskan untuk mengatur keuangan lebih bijak, penting sekali mempertimbangkan untuk memiliki dana darurat yang cukup untuk mengatasi keadaan darurat atau pengeluaran tak terduga. 

Simpan sebagian pendapatan kamu dalam rekening tabungan yang mudah diakses, sehingga kamu memiliki cadangan keuangan yang dapat diandalkan ketika dibutuhkan.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

5. Pertimbangkan Investasi yang Tepat

Menginvestasikan sebagian pendapatan dapat menjadi langkah cerdas untuk mengamankan masa depan keuangan. Pelajari opsi investasi yang sesuai dengan profil risikomu, seperti saham, obligasi, atau reksa dana. 

Dengan menginvestasikan uang yang kamu miliki, kamu dapat meningkatkan nilai kekayaanmu seiring waktu.

6. Evaluasi dan Sesuaikan Rencana 

Namanya juga hidup, selalu ada sesuatu hal yang tidak stabil, dan keadaan keuangan kamu dapat berubah seiring waktu. Selalu evaluasi dan sesuaikan rencana keuangan kamu sesuai kebutuhan dan perubahan yang terjadi.

Perubahan yang dimaksud seperti peningkatan pendapatan, atau perubahan gaya hidup yang sudah harus kamu persiapkan dalam rencana keuanganmu. 

Itulah beberapa tips mengatur keuangan dengan bijak dan menghindari kebiasaan boros. Meskipun awlanya sulit dilakukan, namun kedisiplinan dan kesadaran terhadap pengeluaran adalah kunci utama dalam mencapai keuangan yang sehat dan berkelanjutan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Hidup Hemat Tanpa Khawatir di Masa Depan

Kebutuhan Mendesak? Pinjam Dana Online Aja di JULO Kredit Digital

Pinjaman Online Bunga Rendah dari JULO

Kamu yang belum bisa mengatur keuangan dengan baik dan masih saja ada kebutuhan yang mendesak, tenang, semua bisa teratasi dengan baik di Aplikasi JULO. 

Ajukan pinjaman dana online dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Limit maksimal pinjaman dana online di JULO sampai Rp50 juta. Kamu juga bisa melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel 9 bulan, dan pembayarannya bisa disesuaikan dengan tanggal gajianmu. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, kamu bisa gunakan pinjaman dana online  di JULO untuk biaya umroh ataupun modal bisnis sampingan. 

Berbasis teknologi aplikasi, JULO sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Mengantongi sertifikasi ISO 27001 Full Scope membuat informasi data pribadi kamu semakin terjaga saat bertransaksi. 

Memanfaatkan aplikasi pinjaman online seperti JULO nggak akan membuat perencanaan keuangan kamu berantakan. Karena JULO Kredit Digital mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

 

Tarik Dana Makin Mudah dengan JULO!

Mulai dari tarik dana sampai bayar tagiham semua makin mudah dengan JULO! Limit s/d Rp50 juta, tenor fleksibel!

Artikel Lainnya