Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Menghemat Listrik yang Efektif?
1. Pastikan Penggunaan Alat Elektronik Sudah Sesuai 
2. Pilih AC Hemat Listrik dan Gunakan dengan Bijak
3. Perhatikan Penggunaan Mesin Cuci
4. Beralih ke Lampu Hemat Energi
5. Perhatikan Label pada Peralatan Elektronik
6. Jaga Suhu di Rumah dengan Isolasi yang Baik
7. Manfaatkan Cahaya Alami
8. Atur Jadwal Penggunaan Elektronik
9. Monitor Pemakaian Listrik Secara Berkala
10. Lakukan Pengecekan Rutin pada Alat Elektronik 
Bayar Tagihan Listrik Makin Mudah dengan JULO!

10 Cara Menghemat Listrik: Tagihan Makin Murah!

10 Cara Menghemat Listrik: Tagihan Makin Murah!

Ketika tagihan listrik terus naik, banyak dari kamu mungkin merasa terbebani oleh biaya pengeluaran bulanan yang semakin besar. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk menghemat listrik dan mengurangi tagihan listrik

Dalam artikel ini, kami akan berbagi 10 cara efektif untuk menghemat listrik di rumahmu, sehingga kamu dapat menjaga kenyamanan hidup sambil tetap mengurangi biaya energi.

Bagaimana Cara Menghemat Listrik yang Efektif?

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

1. Pastikan Penggunaan Alat Elektronik Sudah Sesuai 

Tiap alat elektronik memiliki tata cara penggunaannya sendiri yang harus dimengerti. Jika alat elektronik tidak digunakan tepat, mesin di dalam peralatan tersebut akan bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan boros energi dan cepat rusak.

Jangan terlalu sering membuka dan menutup kulkas dan freezer serta tutup dengan rapat untuk menjaga suhunya. Gunakan eco-mode pada AC dan mesin cuci. Cabut microwave, oven, dan rice cooker setelah selesai pemakaian. 

2. Pilih AC Hemat Listrik dan Gunakan dengan Bijak

Cara Menghemat Listrik - Pilih AC Hemat Listrik dan Gunakan dengan Bijak

AC adalah salah satu sumber konsumsi listrik terbesar di rumahmu. Namun, itu tidak berarti kamu harus berhenti menggunakannya. Pilihlah AC yang memiliki rating efisiensi energi tinggi dan fitur hemat energi seperti teknologi inverter sebagai cara menghemat listrik yang pertama. 

Kamu juga dapat mengatur suhu AC pada level yang nyaman antara 24 - 26 derajat Celsius dan pastikan untuk menutup pintu dan jendela saat AC menyala agar udara dingin tidak keluar. Dengan langkah ini, kamu bisa tetap nyaman tanpa meningkatkan tagihan listrik PLN secara signifikan.

3. Perhatikan Penggunaan Mesin Cuci

Mesin cuci adalah salah satu peralatan listrik yang sering digunakan dan cukup menyedot energi listrik. Gunakan mesin cuci untuk mencuci banyak baju sekaligus hingga beban penuh untuk mengoptimalkan penggunaan energi setiap penggunaan atau siklus cuci. 

Sebagai salah satu cara menghemat listrik, coba gunakan air dingin untuk mencuci pakaianmu jika memungkinkan, karena memanaskan air memerlukan energi yang signifikan. Perhatikan mode mesin cuci yang kamu gunakan, sesuaikan dengan bahan pakaian. Keringkan baju dengan menjemur secara manual dibandingkan dengan mode dryer atau pengering.

Baca Juga: 5 Cara Cek Tagihan Listrik PLN

4. Beralih ke Lampu Hemat Energi

Cara menghemat listrik yang efektif selanjutnya adalah mengganti jenis lampu yang digunakan di rumah. Lampu pijar konvensional mungkin tampak hemat, tetapi lampu LED adalah pilihan yang jauh lebih baik untuk menghemat energi. 

Lampu LED menggunakan lebih sedikit energi untuk menghasilkan cahaya yang sama terangnya dengan lampu pijar. Meskipun sedikit lebih mahal saat pembelian pertama, lampu LED memiliki umur yang lebih panjang, yang berarti kamu akan mengganti lampu lebih jarang dan menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang.

5. Perhatikan Label pada Peralatan Elektronik

Cara Menghemat Listrik - Perhatikan Label pada Peralatan Elektronik

Pastikan untuk membeli elektronik dengan rating efisiensi energi yang baik biasanya ditandai dengan Label Tanda Hemat Energi (LTHE) yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM. Semakin tinggi bintangnya, maka semakin hemat penggunaan listriknya.  

Melakukan seleksi dengan memperhatikan label saat membeli alat elektronik merupakan cara menghemat listrik di rumah yang baik. Kamu tidak perlu mengurangi pemakaian elektronik secara berlebihan karena dari alatnya sendiri sudah lebih hemat dan efektif dalam menggunakan energi listrik. 

Selesaikan Tagihan Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bayar tagihan PLN, BPJS dan PDAM tepat waktu hanya di JULO

6. Jaga Suhu di Rumah dengan Isolasi yang Baik

Isolasi termal yang baik di rumahmu dapat membantu menjaga suhu ruangan tetap stabil. Pastikan pintu dan jendela tertutup rapat, dan tambahkan isolasi pada dinding dan langit-langit rumah jika perlu. Dengan cara menghemat listrik yang berikut ini, kamu bisa mengurangi penggunaan AC atau pemanas karena suhu di dalam ruangan akan lebih terjaga.

7. Manfaatkan Cahaya Alami

Cahaya alami adalah sumber energi gratis yang bisa dimanfaatkan. Buka tirai dan gorden saat siang hari untuk membiarkan sinar matahari masuk. Ini tidak hanya akan menghemat energi, tetapi juga memberikan suasana yang lebih segar di dalam ruangan.

Cara menghemat listrik yang satu ini juga dapat kamu terapkan saat pembangunan atau renovasi rumah. Pastikan cahaya alami dapat masuk ke rumahmu saat mengatur tata letak rumah terutama pada ruang keluarga atau dapur. 

8. Atur Jadwal Penggunaan Elektronik

Cara Menghemat Listrik - Atur Jadwal Penggunaan Elektronik

Jika rumahmu memiliki banyak anggota keluarga dengan kebutuhan alat elektronik yang beragam, cara menghemat listrik yang efektif adalah dengan memiliki jadwal penggunaan listrik. Pastikan elektronik yang menggunakan beban listrik yang tinggi tidak digunakan setiap saat.

Jadwalkan penggunaan AC hanya pada malam hari atau saat hari sedang panas. Gunakan mesin cuci hanya sekali sehari. Matikan sebagian lampu pada siang hari. Matikan komputer dan TV apabila sudah selesai digunakan. Ajak anggota keluarga terutama anak dalam pembuatan jadwal penggunaan elektronik agar mereka mengerti pentingnya menghemat listrik.

9. Monitor Pemakaian Listrik Secara Berkala

Cara menghemat listrik di rumah yang selanjutnya adalah dengan memantau penggunaan listrik bulanan. Pengguna listrik token maupun bagi kamu yang harus bayar tagihan listrik di akhir bulan perlu mencatat pengeluaran listrik tiap bulan, maka kamu akan menemukan tren yang dapat menjadi acuan dalam berhemat.

Kamu dapat mengamati serta mencari penyebab kenaikan atau penurunan pengeluaran listrik dari bulan ke bulan sehingga kamu dapat lebih bijak dalam penggunaan listrik. Misalnya, di bulan Juni-Juli penggunaan listrik lebih tinggi dibanding bulan lainnya. 

Ternyata hal ini terjadi karena di bulan tersebut masuk ke dalam masa libur anak sekolah sehingga anggota keluarga yang menggunakan listrik di siang hari lebih banyak. Agar lebih hemat, kamu dapat memutuskan untuk memusatkan kegiatan seluruh anggota keluarga di ruang TV untuk mengurangi pemakaian listrik di kamar masing-masing. 

10. Lakukan Pengecekan Rutin pada Alat Elektronik 

Langkah terakhir dalam melakukan penghematan listrik di rumah adalah dengan melakukan pengecekan secara berkala apakah alat elektronik di rumah masih berfungsi secara baik. Apabila sudah rusak, kamu dapat sekaligus memperbarui alat elektronik dengan versi yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Baca Juga: Cara Input Token Listrik PLN Tanpa Ribet

Bayar Tagihan Listrik Makin Mudah dengan JULO!

Promo Merdeka Panjat dengan JULO!

Berikut jawaban dari bagaimana cara menghemat listrik yang dapat kami rangkum. Dengan mengadopsi langkah-langkah hemat listrik ini, kamu akan merasakan dampak positifnya pada tagihan listrikmu dan juga lingkungan. 

Kalau tagihan listrikmu sudah lebih hemat, waktunya bayar tagihan listrik bulanan bersama JULO Kredit Digital. Bisa pilih bayar tagihan atau isi token listrik, pakai limit kredit sekarang bisa cicil saat gajian.

Gimana caranya? Cukup dengan tiga langkah mudah! Berikut langkah-langkah membayar tagihan listrik online dengan JULO:

  1. Klik fitur ‘Listrik PLN’ di aplikasi JULO.
  2. Pilih ‘Tagihan’ dan masukkan nomor meter atau ID pelanggan.
  3. Pilih tenor jangka waktu. Konfirmasi pembayaran listrik online dengan PIN dan tanda tangan.

Seluruh kebutuhan pembayaran listrik bisa terselesaikan sekarang, bayarnya belakangan! Proses pembayaran di JULO juga secepat kilat dan bisa diakses di seluruh kota di Indonesia jadi siapapun bisa bayar listrik dengan mudah! 

Bunga pinjaman di JULO Kredit Digital rendah mulai dari 0,1%/hari sehingga pembayaran cicilan pun ringan dan transparan. Atur tanggal pembayaran bebas jadi kamu bisa bayar sesuai tanggal gajian. Membantu banget, kan? 

JULO sendiri sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan AFPI sehingga seluruh produk, fitur, dan prosedur pelaksanaan pada JULO sudah sesuai dengan peraturan lembaga pengawasan keuangan di Indonesia. 

Untuk keamanan data, JULO telah memiliki ISO/IEC 27001 yang mengatur Sistem Manajemen Keamanan Informasi sehingga dijamin aman! Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital!

Hidupkan Hidupmu dengan JULO Kredit Digital! 

Bayar Tagihan Listrik Makin Mudah dengan JULO!

Tak perlu ribet bayar listrik, pembayaran pasti lebih cepat dengan JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
cara-bayar-denda-bpjs-kesehatan
belanja
belanja online
belanja online di bulan ramadan
diskon belanja online
bulan ramadan
hampers ramadan
belanja online