Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Menjadi Pebisnis Muda yang Sukses?
1. Memulai Bisnis dari Hal yang Kamu Sukai
2. Fokus Terhadap 1 Bidang Bisnis Saja
4. Belajar dari Para Pebisnis Sukses
5. Membuat Tujuan
6. Berpikir Radikal
7. Mengikuti Aturan
8. Mengelola Waktu dengan Baik
9. Memanfaatkan Media Pemasaran dengan Efektif
10. Membuat Rencana Bisnis
11. Jangan Menyerah dan Terus Berusaha

11 Cara Menjadi Pebisnis Muda yang Sukses

cara menjadi pebisnis muda

JULOvers ingin tahu bagaimana cara menjadi pebisnis muda? Memangnya, bisnis apa yang ingin kamu jalankan saat ini? Apakah kamu sudah menentukan bisnis apa yang ingin dijalankan?

Saat ini, ada begitu banyak cara dan peluang yang dapat dengan mudah diambil bagi siapapun yang ingin menjalankan bisnis, termasuk kamu. Namun, menjalankan bisnis memerlukan tekad yang kuat serta wawasan yang luas untuk mendapatkan keuntungan besar.

Maka dari itu, JULO ingin membantu kamu untuk menjadi seorang pebisnis muda dengan memberikan tips-tips penting yang tentu sayang jika dilewatkan begitu saja. Yuk, langsung saja kita simak bersama-sama informasi di bawah ini.

Bagaimana Cara Menjadi Pebisnis Muda yang Sukses?

Untuk menjadi pengusaha muda, ada setidaknya 5 hal yang perlu kamu lakukan, yaitu:

1. Memulai Bisnis dari Hal yang Kamu Sukai

seorang wanita bekerja sambil tersenyum di depan laptop

Hal pertama yang perlu JULOvers lakukan ketika ingin memulai sebuah bisnis adalah cari tahu hal yang kamu sukai. Ketika memulai bisnis dari hal yang disukai, kamu akan memiliki semangat yang lebih tinggi dibandingkan dengan menjalankan bisnis di bidang yang tidak disukai.

Hal yang kamu sukai dapat berbentuk ke dalam berbagai macam hal seperti usaha kuliner, benda, tempat, atau bahkan hobi. Sebagai contoh, kamu memiliki hobi traveling ke luar negeri dan berbelanja di sana. Dari hal tersebut, kamu bisa menjalankan bisnis jasa titip.

2. Fokus Terhadap 1 Bidang Bisnis Saja

seorang wanita sedang fokus bekerja di depan laptop

Banyak pengusaha muda yang gampang terdistraksi ketika melihat orang lain lebih sukses di bidang bisnis yang lain. Akhirnya, mereka pun mulai tergiur untuk menjalankan bisnis tersebut.

Dalam menjalankan bisnis banyak untung, kamu harus fokus terhadap 1 bidang bisnis saja. Agar

 

sesuai dengan hal yang kamu minati, seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya. Kamu juga perlu memahami bahwa setiap bidang bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3. Lakukan Riset Secara Mendalam

sebuah kertas yang menampilkan berbagai jenis bagan

Riset merupakan hal yang penting untuk dilakukan ketika seseorang ingin menjalankan sebuah bisnis. Tanpa adanya riset yang mendalam, bisnis yang dijalankan bisa saja gagal di pertengahan jalan.

Mungkin JULOvers bingung mengenai informasi apa saja yang perlu digali secara lebih mendalam. Untuk melakukan riset, kamu bisa menggali informasi mulai dari kompetitor, pergerakan bidang bisnis tersebut saat ini dan prediksi ke depannya, lokasi yang strategis, seberapa tinggi permintaan pasar terhadap bidang bisnis tersebut, dan lainnya.

Baca Juga: Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Memulai Usaha Sampingan!

4. Belajar dari Para Pebisnis Sukses

seorang pria sedang menjelaskan materi di papan tulis

Para pengusaha yang sudah sukses sangat senang untuk membagikan pengalamannya dan membantu para pebisnis muda. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya bisnis baru yang tumbuh, maka pergerakan ekonomi akan semakin kuat.

Sebagai pebisnis muda dan pemula, maka JULOvers perlu untuk belajar dari mereka yang sudah terlebih dahulu sukses dan memiliki segudang pengalaman dalam menjalankan bisnis.Dengan demikian, kamu dapat lebih memahami hal apa yang perlu dilakukan dalam menjalankan bisnis.

5. Membuat Tujuan

ilustrasi panah yang mengenai targetnya

Untuk dapat menjadi pebisnis muda yang sukses di usia muda, JULOvers harus dapat menentukan tujuan dengan baik. Secara umum, ada tiga jenis tujuan yang harus kamu tentukan; jangka pendek, menengah, dan panjang.

Memiliki tujuan tidak semata-mata akan membuatmu sukses. Tapi dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu akan dapat mengukur kemajuan dan pencapaian yang telah kamu lalui dan miliki; tujuan dapat menjadi penanda tentang seberapa jauh kamu melangkah dan seberapa dekat kamu dengan kesuksesan.

kredit digital Julo

6. Berpikir Radikal

seorang pebisnis muda sedang tenggelam dalam pikirannya

Pengusaha muda kerap identik dengan energi serta kreativitas yang meledak-ledak. Kombinasi keduanya kerap menghasilkan ide-ide radikal yang tidak jarang berujung pada sebuah bisnis yang sukses.

Sebagai pengusaha muda, JULOvers tidak usah ragu untuk menghabiskan waktu dan tenaga serta modal untuk mengeksplor berbagai ide-ide yang muncul dikepala. Kamu tidak perlu langsung merealisasikan semuanya.

Untuk menghemat sumber daya, salah satu cara menjadi pebisnis muda yang kamu bisa lakukan yakni membuat semacam prototipe atau versi kecil dari ide radikal bisnis kamu. Jika ternyata pasar menyambut dengan baik, baru kamu bisa mulai berencana untuk mengembangkannya.

7. Mengikuti Aturan

seorang pebisnis muda berpakaian rapih

Berpikir radikal mungkin bertentangan dengan langkah satu ini. Tetapi dalam konteks ini, yang dimaksud mengikuti aturan adalah tentang strategi dan langkah yang sudah terbukti efektif.

Hal ini bisa kamu mulai dengan mempelajari model bisnis serta strategi pemasaran yang terbukti ampuh. Dengan menggunakan model dan strategi yang terbukti berhasil, kamu setidaknya akan memiliki pengaman ketika ingin mencoba ide-ide radikal kamu.

Lalu, kamu juga harus memperhatikan norma, khususnya dalam berpakaian. Untuk menjadi pebisnis muda yang sukses, kamu harus menampilkan citra yang terbaik sebagai pengusaha muda sukses. Dengan demikian, saat sedang bertemu dengan investor atau klien, kamu dapat meyakinkan mereka dengan lebih baik.

8. Mengelola Waktu dengan Baik

sebuah jam pasir dengan pasir berwarna merah

Pebisnis muda yang sukses adalah mereka yang tahu kalau waktu adalah sumber daya yang paling mahal; kamu tidak dapat mendapatkan waktumu kembali seberapa mahal pun kamu membayar.

Oleh karena itu, salah satu kunci untuk dapat menjadi pebisnis muda yang sukses di usia muda adalah pengelolaan waktu yang baik.

9. Memanfaatkan Media Pemasaran dengan Efektif

layar handphone yang menampilkan berbagai logo media sosial

Untuk dapat membangun bisnis yang sukses, JULOvers harus dapat memanfaatkan berbagai media pemasaran dengan efektif.

Sosial media merupakan salah satu media pemasaran yang harus kamu kuasai. Dengan biaya yang tidak seberapa, bahkan dapat gratis, kamu dapat menjangkau target audiens yang sangat luas. Hal ini juga merupakan salah satu cara menjadi pebisnis muda yang sukses dan dapat kamu terapkan.

10. Membuat Rencana Bisnis

seorang pria menatap dinding kertas berisikan rencana bisnis

Salah satu yang kerap diabaikan oleh pengusaha muda dalam rangka menjadi pebisnis muda yang sukses adalah rencana bisnis. Memiliki ide dan mulai membangun bisnis berdasarkan ide tersebut mungkin adalah sebuah langkah tampak bagus; setidaknya kamu benar-benar melakukan sesuatu.

Tetapi, memulai bisnis tanpa rencana yang jelas adalah sebuah langkah yang salah. Tanpa rencana, kamu akan dengan cepat kehilangan arah ketika menemukan sebuah masalah.

Rencana bisnis sendiri tidak hanya berperan sebagai cetak biru bisnis kamu. Dengan memiliki rencana, kamu juga dapat mendapatkan gambaran tentang kebutuhan modal yang bisnis kamu butuhkan.

Pengetahuan yang mendetail tentang bisnis yang kamu bangun tentu akan sangat membantu ketika kamu mulai mencari investor atau modal dari luar.

11. Jangan Menyerah dan Terus Berusaha

seorang wanita tertunduk lemas di atas laptop

Hal terakhir yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang pebisnis muda adalah jangan menyerah dan teruslah berusaha. Meskipun di pertengahan jalan nanti JULOvers menghadapi sebuah masalah, kamu tidak perlu takut dan cobalah untuk mencari jalan keluarnya.

Di dalam bisnis, pasti akan ada pasang surut yang harus dihadapi. Satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengantisipasi segala kemungkinan terburuk yang dapat terjadi di kemudian hari dengan membuat perencanaan bisnis yang matang. Jadi, jangan pernah menyerah dan terus konsisten agar kamu dapat menjadi seorang pebisnis muda yang sukses!

Sekian informasi yang dapat JULO berikan mengenai 11 cara menjadi pebisnis muda. Sebagai informasi tambahan, JULO menyediakan pinjaman paylater yang bisa JULOvers dapatkan melalui aplikasi kami.

Mulai punya usaha sekarang, bayarnya belakangan! Proses pinjaman di JULO juga secepat kilat dan bisa diakses di seluruh kota di Indonesia jadi siapapun bisa mulai jadi pengusaha!

Bunga pinjaman di JULO Kredit Digital rendah mulai dari 0,1%/hari sehingga pembayaran cicilan pun ringan dan transparan. Tanggal pembayaran juga bisa diatur sesuai tanggal gajian. Membantu banget, kan? 

JULO sendiri sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan AFPI sehingga seluruh produk, fitur, dan prosedur pelaksanaan pada JULO sudah sesuai dengan peraturan lembaga pengawasan keuangan di Indonesia. 

Untuk keamanan data, JULO telah memiliki ISO/IEC 27001 yang mengatur Sistem Manajemen Keamanan Informasi sehingga dijamin aman! Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital!

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo di JULO untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital. Semoga penjelasan tentang cara menjadi pebisnis muda ini bisa membantu JULOvers semua yah!

Hidupkan Hidupmu dengan JULO Kredit Digital! 

Artikel Lainnya