Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Bagaimana Cara Daftar IMEI?
1. Melalui Situs Resmi Bea Cukai
2. Cara Daftar IMEI Via Aplikasi Bea Cukai
3. Lewat Operator Seluler
4. Cara Daftar IMEI Via Website Kemenperin

4 Cara Daftar IMEI Terbaru 2023!

daftar-imei

Jaman sekarang, siapa sih yang tidak pakai handphone? Hampir semua orang dari berbagai latar belakang dan usia, pasti memiliki setidaknya satu handphone yang digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari. Termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini, tentunya! Nah, kamu pasti sudah pernah dengar istilah IMEI, kan?

Jika kamu belum familiar dengan istilah ini, yuk baca artikel ini lebih lanjut! IMEI di handphone kamu punya peranan yang penting, lho. Lalu, apa yang dimaksud dengan IMEI? IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan nomor internasional yang terdiri atas 15 digit yang berguna untuk mengindentifikasi unit alat maupun perangkat HKT (seperti handphone, komputer genggam, serta tablet) yang tersambung ke jaringan seluler. Secara singkat, IMEI bisa diartikan sebagai identitas atas nomor handphone yang kamu gunakan. IMEI pun menjadi acuan untuk melihat apakah handphone yang kamu gunakan adalah barang yang didistribusikan dengan resmi dan legal, serta bukan berasal dari black market yang ilegal. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami cara daftar IMEI atas handphone yang kamu pakai.

Setelah kamu berhasil daftar IMEI handphone kamu, kamu pun dapat terhubung langsung dengan layanan operator yang ada di Indonesia. Jika IMEI handphone kamu tidak terdaftar, maka gadget yang kamu gunakan beresiko memperoleh akses yang terbatas hingga diblokir oleh pihak pemerintah Indonesia.

Nah, agar kamu dapat dengan leluasa menggunakan handphone dan perangkat lainnya tanpa takut terkena blokir, kamu harus daftar IMEI agar gadget kamu bisa diakses dengan lancar. Bagaimana cara daftar IMEI? Yuk baca 4 cara daftar IMEI yang telah JULO rangkum di artikel berikut ini!

Bagaimana Cara Daftar IMEI?

daftar-imei

Jika kamu baru saja membeli gadget seperti handphone atau tablet, segera daftar IMEI terhadap gadget yang kamu miliki, ya! Kamu dapat mencoba 4 cara daftar IMEI di bawah ini:

1. Melalui Situs Resmi Bea Cukai

daftar-imei

Salah satu cara yang dapat kamu coba untuk daftar IMEI handphone yang kamu miliki adalah melalui website resmi Bea Cukai. Kamu cukup terapkan beberapa langkah berikut:

  • Pertama, kunjugi situs resmi Bea Cukai (https://www.beacukai.go.id/register-imei.html).
  • Lalu, isi data pribadimu serta data gadget yang kamu pakai.
  • Isi kode captcha. Jika sudah, klik ‘Send’. 
  • Kamu tinggal menunggu QR code atau registration ID milikmu muncul. 

Setelah kamu memperoleh QR code atau registration ID, kamu harus datang ke kantor bea cukai dan menunjukkannya kepada petugas yang ada disana . Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti proses pemeriksaan yang dijalankan oleh pihak petugas bea cukai. Jika kamu membeli gadget dari luar negeri, jangan lupa untuk siapkan boarding pass, paspor, dan invoice pembelian handphone saat kamu menemui petugas bea cukai yang ada di bandara demi mempermudah proses pemeriksaan. 

2. Cara Daftar IMEI Via Aplikasi Bea Cukai

daftar-imei

Selain melalui situs resmi bea cukai, kamu juga dapat daftar IMEI handphone kamu via aplikasi mobile Bea Cukai. Kamu cukup download aplikasi Bea Cukai, dan setelah itu kamu pun dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, pilih menu ‘IMEI’ yang ada di aplikasi Bea Cukai.
  • Lalu, lengkapi data pribadi dan juga detail gadget yang kamu punya.
  • Jika sudah, klik tombol ‘Complete’.
  • Tunggu QR code atau registration ID milikmu muncul.

Sama seperti cara pertama melalui situs bea cukai, jika kamu telah menerima QR code ataupun registration ID milikmu, maka tahapan selanjutnya adalah kamu perlu mendatangi kantor Bea Cukai dan mengikuti proses pemeriksaan yang akan dijalankan oleh pihak petugas di sana. Jika kamu baru saja membeli handphone milikmu dari luar negeri, siapkan boarding pass, paspor, serta invoice pembelian saat kamu hendak menemui petugas bea cukai di bandara, agar proses pemeriksaan dapat berjalan dengan lancar.

3. Lewat Operator Seluler

daftar-imei

Cara daftar IMEI yang selanjutnya adalah lewat operator seluler. Nah, cara ini diperuntukan untuk kamu yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) yang hadir di Indonesia tidak di atas 90 hari. Untuk daftar IMEI melalui operator seluler, kamu wajib mendatangi kantor resmi operator seluler yang akan kamu pakai. Jangan lupa untuk membawa semua dokumen pendukung yang diperlukan, seperti paspor serta pas foto. Ingat, seluruh layanan pendaftaran ini tidak kena pajak. 

4. Cara Daftar IMEI Via Website Kemenperin

daftar-imei

Terakhir, kamu juga dapat mencoba untuk daftar IMEI via website Kemenperin. Biaya daftar IMEI melalui website Kemenperin ini tidak dipungut biaya untuk handphone yang kamu beli di dalam negeri, lho! Kamu dapat mengecek IMEI melalui situs https://imei.kemenperin.go.id. Yuk, ikuti cara mudah daftar IMEI via situs Kemenperin di bawah ini:

  • Pertama, kunjungi website Kemenperin.
  • Lalu, masukan nomor IMEI yang sebelumnya sudah kamu cek.
  • Terakhir, klik ‘Enter’. 

Baca Juga: 5 Tips Kredit Laptop Online Yang Tepat Dan Cerdas

Itulah 4 cara yang bisa dicoba saat kamu hendak daftar IMEI handphone yang baru kamu beli. Selamat mencoba, ya! :)

Ingin penuhi beragam kebutuhan finansialmu? Yuk, pakai JULO Kredit Digital! Nikmati berbagai fitur yang bisa menjawab semua keperluan finansialmu, dari tarik dan kirim dana, hingga isi dompet digital dan bayar biaya pendidikan serta beli tiket kereta! Tunggu apa lagi? Buat #CeritaMelesat versi kamu dan penuhi berbagai keperluan bersama JULO Kredit Digital!

daftar-imei

Mau Isi Dompet Digital? Pakai JULO Aja!

Proses sat-set-sat-set, bayarnya belakangan aja!

Artikel Lainnya