Hindari Penipuan Berkedok Akun Media Sosial Palsu

Julovers, kejahatan di dunia digital semakin marak terjadi. Khususnya bagi pengguna layanan teknologi finansial yang berbasis aplikasi. Bentuk kejahatannya pun semakin beragam, mulai dari modus meminta pengembalian dana dan mengirimkan ke rekening tertentu hingga meminta kode OTP yang seharusnya tidak diberikan kepada siapapun.

Lantas bagaimana cara kita menghindari modus kejahatan digital yang semakin marak ini? Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan jika kamu menemukan atau mendapati modus tersebut.

1. Jangan Mengikuti Akun Media Sosial Palsu

Saat ini banyak sekali akun media sosial palsu yang mengatasnamakan JULO seperti di Instagram, Facebook, WhatsApp, TikTok. Khususnya group media sosial telegram, di mana banyak sekali penipu digital yang membuat group mengatasnamakan JULO dan menipu pengguna JULO untuk menggunakan layanan customer service palsu mereka yang akhirnya akan menipu kamu. Harus kamu ketahui bahwa JULO tidak memiliki akun telegram sama sekali dan jika kamu menemukannya maka bisa dipastikan itu adalah palsu atau penipu yang sedang berusaha menjebak kamu.

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2022-03-04-at-6.02.50-PM.jpeg

Akun Telegram Palsu

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2022-03-04-at-6.02.51-PM-1.jpeg

Customer Service Palsu

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2022-03-04-at-6.02.51-PM.jpeg

Akun Telegram Palsu

2. Laporkan Kepada JULO

Jika kamu menemukan modus seperti orang meminta kamu untuk mengembalikan dana karena alasan double pencairan, meminta kode OTP, atau meminta kamu membayar cicilan pada rekening selain Virtual Account JULO. Maka kamu harus segera melaporkan kejadian tersebut ke customer service JULO dan jangan melakukan instruksi apapun yang diminta oleh penipu tersebut. Harus kamu ketahui bahwa kode OTP adalah bersifat rahasia dan tidak bisa dibagikan kepada siapapun.

3. Akun Media Sosial JULO yang Resmi

Setelah kamu menemukan banyak sekali akun media sosial JULO, pasti akan sangat melelahkan untuk menentukan akun mana yang resmi dari JULO? Untuk membedakan akun media sosial JULO yang asli dan palsu, kamu bisa mencocokannya dengan informasi yang ditampilkan di website JULO di bagian akun sosial media. Jangan mudah terlena untuk mengikuti akun media sosial JULO yang menawarkan kenaikan limit kredit atau membantu pencairan lebih besar karena JULO tidak pernah melakukan itu sama sekali di media sosial mana pun.

Penipu bisa saja mengintai kamu dengan berbagai macam cara, namun kamu harus tetap waspada dan tetap mengikuti anjuran ketiga hal di atas. Dan yang paling penting kamu harus memastikan semua informasi yang kamu terima baik melalui email maupun telpon berasal dari JULO. Jangan pernah menghiraukan email jika pengirimnya bukan menggunakan domain julo.co.id.

Demikian kiat dan langkah yang bisa kamu lakukan, tetap jaga kerahasiaan data kamu, dan silahkan menghubungi customer service JULO jika kamu menemukan percobaan penipuan dari pihak manapun.

 

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-05-17   |   

Tenor Pinjaman, Apakah Itu?

Bagi JULOvers yang pernah mengajukan kredit ke bank maupun non-bank, kamu pasti pernah mendengar istilah tenor. Tenor…

2022-05-17   |   

Beli Sekarang Bayar Nanti, Yuk Belanja Murah di JULO SHOP!

JULO SHOP - Ada yang terbaru dari JULO Kredit Digital! Selain bisa belanja di e-commerce ternama pilihan kamu, sekarang…