Ingin Melunasi Hutang-Hutangmu? Coba Perhatikan Beberapa Tips Berikut Ini!

Ingin Melunasi Hutang-Hutangmu? Coba Perhatikan Beberapa Tips Berikut Ini!

JULOvers, apakah saat ini kamu sedang memiliki hutang? Jika ya, tentu sangat tidak menyenangkan ya jika kita masih memiliki hutang yang belum dilunasi. Memiliki hutang yang tidak terkontrol, tentu bisa memberikan dampak negatif kepada kita yang dapat berujung pada stres karena tidak mampu menyelesaikan hutang-hutang tersebut. Nah, kamu berniat untuk melunasi hutang yang kamu miliki? Yuk, coba simak langkah-langkah tepat serta tips cara melunasi hutang yang telah JULO rangkum berikut ini!

1. Cara Melunasi Hutang: Catat Seluruh Hutang yang Kamu Miliki

Cara pertama melunasi hutang yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencatat seluruh hutang yang kamu miliki. Ingat ya, seluruh hutangmu. Jangan sampai ada yang tertinggal atau tidak tercatat. Catat dengan nominalnya, serta bunga dan denda jika ada. Pilih tempat mencatat yang nyaman untukmu, serta bisa kamu simpan dengan baik. Misalnya, dengan membuat catatan hutang di notes handphone, atau membuat google spreadsheet agar tetap tersimpan di Google Drivemu. Bagi kamu yang suka menulis langsung seperti di buku catatan, nggak masalah juga, lho! Asal pastikan kamu bisa menyimpannya dengan baik dan benar, ya.

2. Tentukan Prioritas

Setelah hutang-hutangmu tercatat, waktunya menentukan prioritas hutang tersebut. Jika kamu hanya memiliki satu hutang, tentu kamu bisa melewatkan poin ini. Namun, jika kamu memiliki beberapa hutang yang perlu dilunasi, buat lagi catatan prioritas hutang mana yang perlu kamu selesaikan terlebih dahulu. Misalnya hutang A perlu diselesaikan paling awal, karena tanggal jatuh temponya sudah lewat 10 hari, lalu hutang B, karena jatuh tempo 3 hari lagi, dan seterusnya. 

3. Cari Penghasilan Tambahan

Mencari penghasilan memang tidaklah mudah dan instan. Kita harus berjuang dan berusaha untuk bekerja lebih keras, agar mendapatkan penghasilan yang mencukupi semua kebutuhan. Dalam kondisi dan situasi seperti ini, jika penghasilan kita berkurang namun tetap perlu mengeluarkan uang untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu, yuk mulai cari penghasilan tambahan! Bisa dimulai dari bisnis kecil-kecilan, misalnya usaha makanan ringan dengan modal kecil, jadi dropshipper atau reseller, berjualan baju yang tidak terpakai, atau menjual jasa online seperti jasa menulis, fotografi, membuat logo, dan sebagainya. Jika berusaha, pasti ada jalannya kok, JULOvers! Dari uang tambahan yang kamu dapatkan tersebut, kamu bisa mengalokasikannya untuk melunasi hutang-hutangmu. 

4. Batasi/Jangan Menambah Hutang Baru

Poin berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah dengan membatasi atau stop menambah hutang baru. Usahakan semaksimal mungkin agar kamu tidak membebani dirimu dengan hutang baru lagi. Lunasi hutang-hutang yang ada terlebih dahulu agar tidak menyulitkanmu kedepannya ya, JULOvers. Terutama dengan kondisi dan situasi seperti saat ini. 

5. Hindari Kebutuhan Konsumtif, Mulai Hidup Lebih Hemat

Setelah melakukan poin-poin di atas, jangan lupa untuk mulai hidup lebih hemat ya, JULOvers! Hindari kebutuhan konsumtif, mulai buat catatan pengeluaranmu agar tidak ada uang yang keluar untuk kebutuhan yang tidak penting. Tekan pengeluaran sebisa mungkin, agar sisa uang yang kamu miliki bisa dialokasikan untuk melunasi hutang atau kamu tabung!

Yuk saatnya #HidupkanHidupmu dengan hutang lunas!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-05-17   |   

Tenor Pinjaman, Apakah Itu?

Bagi JULOvers yang pernah mengajukan kredit ke bank maupun non-bank, kamu pasti pernah mendengar istilah tenor. Tenor…

2022-05-17   |   

Beli Sekarang Bayar Nanti, Yuk Belanja Murah di JULO SHOP!

JULO SHOP - Ada yang terbaru dari JULO Kredit Digital! Selain bisa belanja di e-commerce ternama pilihan kamu, sekarang…