Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Internet Lokal Adalah: Pengertian Internet Lokal
Cara Menggunakan Internet Lokal
Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Dapat Menggunakan Internet Lokal?
1. Coba Gunakan Kartu Perdana di Perangkat Lain
2. Tunggu Hingga Kuota Utama Habis
3. Periksa Syarat Penggunaan Internet Lokal
4. Aktifkan Mode Pesawat
5. Hubungi Layanan Pelanggan
Top Up Paket Internet Lokal Jadi Mudah dengan JULO Kredit Digital!

Internet Lokal Adalah: Solusi Terbaik untuk Meningkatkan Aksesibilitas Digital

internet-lokal

Halo JULOvers, apakah kamu pengguna smartphone? Penggunaan smartphone tak terlepas dari koneksi internet. Oleh karena itu, kamu perlu selalu siap dengan paket data yang telah kamu beli.

Di era milenial seperti sekarang ini, internet menjadi hal yang sangat penting. Tanpa akses internet, kamu akan ketinggalan informasi terpenting dan terbaru. Internet merupakan jaringan yang menghubungkan berbagai media elektronik. Jaringan komunikasi ini memungkinkan transmisi informasi secara cepat dan akurat melalui frekuensi tertentu. Penggunaan Internet Protocol atau Transmission Control Protocol (IP/TCP) merupakan standar global dalam mengakses internet.

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini!

Dalam kondisi seperti sekarang, kita sangat membutuhkan akses internet kapan pun dan di mana pun. Mulai dari bertukar pesan melalui WhatsApp, Line, dan aplikasi lainnya, hingga tetap terhubung dengan informasi melalui aplikasi navigasi, Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Terselip di antara beragam istilah dalam jagad internet, kita akan menemui istilah yang menarik, yaitu "Internet Lokal". Sudahkah kamu mendengar tentang istilah ini? Apa sih manfaat dari penggunaan Internet Lokal? Bagaimana sebenarnya cara memanfaatkan kuota Internet Lokal? Nah, untuk mendapatkan penjelasan yang lengkap, ayo baca artikel yang sudah ditulis oleh JULO Kredit Digtal ini sampai habis!

Internet Lokal Adalah: Pengertian Internet Lokal

internet-lokal

JULOvers, sekarang hampir semua provider seluler di Indonesia menyediakan produk internet lokal. Paket ini memiliki harga terjangkau dengan kapasitas yang besar. Contohnya adalah Telkomsel, Tri, Indosat, dan XL.

Apa sih internet lokal itu? Internet lokal adalah paket internet yang hanya bisa digunakan di daerah tempat paket tersebut diaktifkan atau sesuai wilayah kartu. Misalnya, jika kamu memiliki kartu dengan wilayah Bandung, kuota internet lokal yang kamu beli hanya bisa digunakan di Bandung. Perlu diingat, wilayahnya bisa berupa kota, provinsi, atau bagian tertentu dari provinsi.

transfer-pulsa

Contoh sederhananya begini: Kamu membeli internet lokal dari Provider A, untuk Zona 1. Zona 1 terdiri dari Kota X, Y, dan Z. Selama kamu berada di salah satu kota tersebut, kamu bisa menggunakan paket tersebut.

Nah, pertanyaannya, apakah paket tersebut bisa digunakan di luar kota? Ini sering ditanyakan oleh pengguna. Jadi, jika kamu berada di luar kota tempat paket internet lokal diaktifkan, kuota tersebut tidak bisa digunakan. Kamu baru bisa menggunakannya lagi saat kamu kembali ke kota tersebut. Ini adalah perbedaan mendasar antara internet lokal dan nasional yang penting kamu ketahui sebelum mengaktifkannya.

Cara Menggunakan Internet Lokal

internet-lokal

Saat ini, hampir semua operator seluler menawarkan sistem paket internet lokal dengan berbagai sub paket di dalamnya. Misalnya, ketika Kamu membeli Paket A, terdapat kuota internet lokal dan kuota internet nasional di dalamnya. Nah, bagaimana cara menggunakan internet lokal ini?

Biasanya, dalam skema paket internet lokal, kuota yang berlaku di daerah Kamu akan digunakan terlebih dahulu selama Kamu berada di dalam jangkauan zona atau kota di mana paket tersebut diaktifkan. Setelah kuota internet lokal Kamu habis, secara otomatis, Kamu akan menggunakan kuota nasional. Hal ini terjadi secara otomatis tanpa perlu Kamu melakukan pengaturan tambahan.

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

Namun, jika Kamu sedang berada di luar kota, paket yang digunakan untuk mengakses internet tetap menggunakan kuota nasional atau kuota utama. Meskipun Kamu masih memiliki paket internet lokal yang tersisa, karena Kamu tidak berada dalam jangkauan zona tersebut, paket internet lokal tidak dapat digunakan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Dapat Menggunakan Internet Lokal?

internet-lokal

Namun, jika internet lokal JULOvers tidak dapat digunakan, kamu bisa mencoba langkah-langkah berikut:

1. Coba Gunakan Kartu Perdana di Perangkat Lain

Apabila internet lokal tidak bisa digunakan, kamu bisa mencoba memasukkan kartu SIM ke perangkat lain untuk memeriksa apakah masalahnya terletak pada perangkat atau kartu itu sendiri.

2. Tunggu Hingga Kuota Utama Habis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada provider yang memungkinkan penggunaan internet lokal setelah kuota utama habis. Jadi, kamu bisa menunggu hingga kuota utama habis terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakan internet lokal.

3. Periksa Syarat Penggunaan Internet Lokal

Pastikan kamu memeriksa syarat dan ketentuan penggunaan internet lokal, misalnya apakah internet lokal hanya berlaku untuk jaringan 4G atau tidak. Karena internet lokal umumnya merupakan bonus, kamu perlu mematuhi ketentuan yang berlaku.

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

4. Aktifkan Mode Pesawat

Mengaktifkan mode pesawat dapat membantu menyegarkan koneksi internet kamu. Caranya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat untuk sementara waktu, kemudian tunggu beberapa saat sebelum mematikannya kembali dan mencoba menyambungkan kembali ke internet.

5. Hubungi Layanan Pelanggan

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, langkah terakhir adalah menghubungi layanan pelanggan. Sampaikan masalah yang kamu alami pada layanan pelanggan agar mereka dapat membantu menyelesaikan masalahmu.

Perlu dicatat bahwa masa berlaku internet lokal biasanya sama dengan kuota reguler. Misalnya, jika kuota reguler berlaku selama 30 hari, maka internet lokal juga akan berlaku selama periode yang sama.

Top Up Paket Internet Lokal Jadi Mudah dengan JULO Kredit Digital!

syarat pinjaman online

Isi Paket Internet Lokal jadi mudah dengan JULO Kredit Digital. Selain aman dan terpercaya JULO Kredit Digital juga memiliki limit tinggi sampai dengan 15 juta rupiah, JULOvers dapat melakukan cicilan ringan dengan tenor fleksibel 9 bulan. Tidak hanya itu, JULO Kredit Digital juga mengenakan tingkat bunga rendah serta transparan dari 0,1% per hari - sesuai dengan ketentuan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Sehingga kamu tidak perlu takut dengan tambahan biaya dadakan serta tidak jelas yang membengkak! Selain praktik penagihan yang manusiawi serta tersertifikasi, di JULO juga bisa menyesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian kamu. Dengan begitu, kamu bisa membayar cicilan dengan lebih mudah.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan cashback sebesar Rp 20.000 hanya dengan mendaftar di JULO Kredit Digital menggunakan kode promo HIDUPKAN ,lho! Jadi tunggu apalagi? Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital!

internet-lokal

Isi Pulsa & Data Kamu Pakai JULO!

Makin Praktis Isi Pulsa & Data Lewat JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya