Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Daftar Olahraga yang Aman untuk Puasa
1. Olahraga saat Puasa dengan Berjalan Kaki
2. Senam Ringan 
3. Yoga 
4. Peregangan dan Pernapasan
Cari Tahu 5 Manfaat Olahraga Ringan Selama Bulan Puasa
1. Olahraga saat Puasa Dapat Menjaga Kesehatan Jantung
2. Olahraga Ringan Dapat Meningkatkan Metabolisme
3. Menurunkan Tingkat Stress
4. Meningkatkan Kualitas Tidur
5. Menjaga Fleksibilitas dan Kebugaran
Lengkapi Kebutuhan Alat Olahragamu Sekarang Juga!

5 Manfaat Olahraga Saat Puasa, Tubuh Bugar Ibadah Lancar!

5 Manfaat Olahraga Saat Puasa

Olahraga saat puasa mungkin akan menjadi suatu kegiatan yang akan dikurangi untuk beberapa orang. Karena, banyaknya gerakan saat olahraga dikhawatirkan menimbulkan haus ataupun lapar. 

Bulan Ramadhan diidentikkan dengan ibadah, puasa, dan refleksi spiritual. Namun, meskipun berfokus pada aspek keagamaan, penting untuk tetap menjaga kesehatan fisik. Salah satu cara efektif untuk itu adalah melalui olahraga ringan saat puasa. 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Daftar Olahraga yang Aman untuk Puasa

Daftar Olahraga Saat Puasa

Beberapa olahraga ringan di bawah ini bisa dilakukan saat berpuasa tanpa harus mengeluarkan banyak energi. Di antaranya:

1. Olahraga saat Puasa dengan Berjalan Kaki

Olahraga saat puasa memang cukup menantang. Namun bisa diakali dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Olahraga ini dapat dilakukan di sekitar lingkungan tempat kamu tinggal atau di taman. 

Olahraga ringan seperti ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan kesegaran saat berpuasa. Jika menurut kamu olahraga ini masih terlalu berat, kamu bisa mengakalinya dengan mengurangi jaraknya.

2. Senam Ringan 

Selain tetap sehat saat berpuasa, melakukan senam ringan atau stretching juga membantu menjaga fleksibilitas tubuh dan mengurangi kekakuan otot yangdapat menjadi penghambat untuk aktivitas keseharian kamu. 

Kamu tidak perlu repot-repot untuk ke gym center, karena olahraga ini dapat dilakukan di rumah tanpa peralatan khusus. Karena saat ini, sudah banyak video senam ringan yang bisa kamu lihat di YouTube.

Baca Juga: 7 Tips Agar Tetap Produktif saat Puasa Ramadhan

3. Yoga 

Yoga merupakan olahraga ringan yang harus dicoba saat puasa. Yoga merupakan kombinasi gerakan dan meditasi yang baik untuk kesehatan fisik dan mental. Ada banyak jenis yoga yang bisa dilakukan untuk pemula dan bantuan instructur. Bahkan, bermodalkan video pun, kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. 

4. Peregangan dan Pernapasan

Olahraga Gerakan peregangan dan latihan pernapasan seperti taichi atau qigong dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan memberikan ketenangan batin. Sehingga, ibadah puasamu pun tetap terjaga. 

Sebelum kamu memulai olahraga baru selama bulan puasa, ada baiknya  untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau dokter terutama jika ada kondisi kesehatan khusus. 

Selalu diperlukan pendekatan yang hati-hati untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan selama puasa. Karena tidak hanya sekadar olahraga, kamu juga akan mendapatkan manfaat dari berolahraga saat puasa.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Cari Tahu 5 Manfaat Olahraga Ringan Selama Bulan Puasa

Manfaat Olahraga Saat Puasa

Kira-kira, apa saja sih manfaat berolahraga saat puasa? Yuk cari tahu bersama!

1. Olahraga saat Puasa Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga ringan saat puasa seperti berjalan atau bersepeda dapat membantu menjaga kesehatan jantung. 

Selama puasa, tubuh mengalami perubahan dan olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan stamina.

2. Olahraga Ringan Dapat Meningkatkan Metabolisme

Meskipun hanya aktivitas fisik dengan intensitas rendah saat berpuasa, seperti berjalan kaki atau senam ringan, namun ini dapat mempercepat laju metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih efisien.

Jadi, berpuasa bukan halangan untuk tetap melakukan olahraga ringan. Karena selain ibadah, kesehatan tubuh juga perlu dijaga selama bulan puasa. 

3. Menurunkan Tingkat Stress

Aktivitas fisik telah terbukti dapat meredakan stres. Selama Ramadhan, ketika fokus pada kehidupan spiritual meningkat, olahraga dapat menjadi kunci untuk menjaga keseimbangan emosional.

Olahraga merangsang pelepasan endorfin, hormon kebahagiaan dalam tubuh. Tingginya level endorfin dapat membantu mengurangi rasa stres dan meningkatkan suasana hati secara alami.

Baca Juga: 11 Tips Memulai Bisnis di Bulan Ramadhan, Dijamin Untung

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga ringan pada sore atau pagi hari saat berpuasa dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Kamu yang memiliki masalah pada jam tidur, bulan puasa menjadi kesempatan untuk melakukan olahraga ringan.

Ini penting karena tidur yang cukup dan berkualitas sangat mendukung kesehatan tubuh dan kejernihan pikiran selama ibadah.

5. Menjaga Fleksibilitas dan Kebugaran

Olahraga saat puasa seperti senam atau yoga membantu menjaga fleksibilitas tubuh. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga membantu mempertahankan konsentrasi selama ibadah.

Olahraga ringan selama bulan puasa bukan hanya tentang menjaga fisik, tetapi juga tentang merawat kesehatan secara keseluruhan. Dengan memasukkan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian, kamu dapat merasakan manfaat kesehatan yang signifikan tanpa mengganggu ibadah.

Lengkapi Kebutuhan Alat Olahragamu Sekarang Juga!

Belum punya alat olahraga yang mendukung? Tenang saja. Check out keranjang favoritmu dengan fitur Pinjaman Online Paylater dari JULO Kredit Digital. Caranya:

Cukup ikuti 3 langkah mudah di bawah ini:

  1. Klik fitur E-commerce’ di aplikasi JULO dan pilih logo E-commerce (contoh: Shopee)
  2. Tambah Virtual Account dengan pilih Bank dan masukkan kode nomor pembayaran Virtual Account dari Tokopedia
  3. Masukkan nominal, jangka waktu tenor. Terakhir, konfirmasi pembayaran dengan PIN dan tanda tangan.

JULO Paylater memberikanmu kesempatan untuk belanja kebutuhan olahragamu sekarang, bayar belakangan.

 

Puasa Makin Lancar dengan JULO!

Beli berbagai kebutuhan Ramadhan dan Lebaran dengan JULO, limitnya besar s/d Rp50 juta, bunganya ringan mulai dari 0,1%/hari!

Artikel Lainnya