Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
SIGAP Itu Apa, Sih?
SIGAP 3: Penipuan Menggunakan Data Pribadi yang Tertera di Ulasan Google Play
Detail Penipuan
Lalu, Apa yang Harus Kamu Lakukan?
1. Jangan Cantumkan Data Pribadi di Kolom Ulasan Google Play
2. Jangan Transfer di Luar Dari Aplikasi JULO
3. Cari Tahu Informasi dan Ajukan Pertanyaan ke CS JULO
4. Laporkan Modus Penipuan yang Kamu Temui ke Pihak JULO

SIAGA PENIPUAN 3: Penipuan Berkedok JULO Lewat Review di Google Play

siaga-penipuan-tiga

Halo JULOvers! Apa kabar?

Saat ini, semakin banyak modus penipuan yang dilakukan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada serta menggunakan nama fintech legal dan berizin OJK - salah satunya JULO Kredit Digital. Oleh sebab itu, JULO membuat rubrik SIAGA PENIPUAN (SIGAP) yang bisa dijadikan pedoman bagi para JULOvers dalam memahami modus penipuan yang sedang marak dilakukan oleh para penipu. Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai modus penipuan kali ini!

SIGAP Itu Apa, Sih?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rubrik SIAGA PENIPUAN (SIGAP) berisikan informasi lengkap mengenai modus penipuan berkedok JULO yang dilakukan oleh banyak oknum yang tidak bertanggung jawab. Melalui SIGAP, kamu dan JULOvers lainnya dapat mempelajari semua informasi terkait dengan modus penipuan yang terjadi, beserta kumpulan screenshot bukti penipuan dan cara menghadapinya. Rubrik ini akan dimuat setiap dua minggu sekali di blog resmi JULO - jadi, jangan sampai kelewatan ya!

Rubrik SIGAP dibuat sebagai bentuk kepedulian JULO Kredit Digital dalam mengatasi berbagai modus penipuan yang kerap kali menimpa industri fintech. Diharapkan dengan adanya rubrik ini, kamu dapat terhindar dari segala bentuk penipuan yang berpotensi merugikan kedepannya. Each one of you are indeed really special to JULO! :)

Kalau di rubrik SIGAP kedua kita sudah membahas penipuan berkedok JULO lewat rekening bank digital, sekarang kita akan membahas modus lain yang menggunakan review yang ada di Google Play sebagai sarana penipuannya. Yuk, kita langsung masuk ke pembahasan SIAGA PENIPUAN ketiga!

SIGAP 3: Penipuan Menggunakan Data Pribadi yang Tertera di Ulasan Google Play

Detail Penipuan

Banyak pengguna aplikasi JULO yang memberikan review terhadap produk dan layanan yang JULO berikan kepada mereka. Namun, ada beberapa JULOvers yang masih belum sepenuhnya paham dengan tata cara memberikan ulasan di Google Play yang benar. Alhasil, banyak dari JULOvers yang menuliskan pertanyaan di kolom ulasan, seperti bagaimana cara mengajukan kenaikan limit di JULO. Selain itu, mereka juga tak segan menyertakan data pribadi mereka pada ulasan tersebut, seperti nama lengkap, alamat email, nomor telepon, hingga nomor KTP. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi mereka, dan bisa dijadikan sasaran yang empuk bagi para oknum penipu, seperti contoh kasus berikut ini.

siaga-penipuan-tiga

Pada kasus penipuan ini, korban bertanya bagaimana cara mengajukan kenaikan limit di JULO melalui kolom ulasan di Google Play. Korban pun turut mencantumkan email pribadinya. Oknum penipu yang sedang mengecek halaman ulasan JULO di Google Play pun melihat review tersebut dan menghubungi korban via email dengan menggunakan alamat email yang mirip dengan email resmi JULO Kredit Digital. Oknum menggunakan username yang menjebak korban, seperti PT. JULO, CS JULO, ataupun PT. JULO FINANCE. 

Jika modus yang digunakan oknum adalah kenaikan limit, maka oknum pun akan menawarkan solusi untuk menaikkan limit kredit korban. Kemudian, oknum pun meminta nomor WhatsApp korban, dimana selanjutnya oknum akan meminta korban untuk menarik semua limit pinjaman yang ada di aplikasi JULO milik korban. Setelah korban melakukan penarikan dana, maka oknum pun meminta korban untuk melakukan transfer ke rekening bank digital milik oknum atas nama PT. JULO INDONESIA (82174162129 / 82180357515) sebagai salah satu syarat kenaikan limit. 

Jika kamu tertipu dengan modus berikut ini, maka kamu akan menyadari bahwa limit pinjaman kamu tidak naik-naik, dan kamu juga akan mendapatkan tagihan di aplikasi JULO walaupun kamu sudah mengikuti prosedur yang diminta oknum tersebut dengan melakukan transfer di luar aplikasi JULO.

Modus penipuan ini tentu saja dapat membuat kamu dan JULOvers lainnya merasa mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang kamu sampaikan, dan pada akhirnya kamu pun akan tergerak untuk segera mengirimkan dana sesuai yang oknum minta ke nomor rekening bank digital dengan harapan limit pinjaman kamu bisa segera naik.

Lalu, Apa yang Harus Kamu Lakukan?

1. Jangan Cantumkan Data Pribadi di Kolom Ulasan Google Play

siaga-penipuan-tiga

Jika kamu ingin memberikan ulasan terhadap aplikasi JULO Kredit Digital, jangan cantumkan data pribadi yang kamu miliki. Kamu tidak perlu menuliskan nama lengkap, alamat email pribadi, hingga nomor WhatsApp serta nomor KTP yang kamu miliki, karena hal ini tentu saja akan membahayakan keamanan datamu. Cukup berikan review yang singkat dan jelas, dan jangan lupa juga untuk menggunakan bahasa yang sopan. 

2. Jangan Transfer di Luar Dari Aplikasi JULO

siaga-penipuan-dua

Jika ada oknum penipu yang menghubungi kamu melalui email dan WhatsApp serta meminta kamu untuk transfer dana di luar aplikasi JULO, jangan dilakukan ya, JULOvers! Cermati terlebih dahulu nomor rekening bank digital yang dicantumkan oleh oknum penipu tersebut. Walaupun di nama rekeningnya tertera PT. JULO INDONESIA, namun biasanya nomor rekening virtual account oknum penipu menggunakan nomor handphone pribadi. Selalu lakukan seluruh transaksi di dalam aplikasi JULO Kredit Digital demi keamanan kamu, ya.

3. Cari Tahu Informasi dan Ajukan Pertanyaan ke CS JULO

siaga-penipuan-tiga

Jika kamu memiliki pertanyaan dan ingin mencari tahu informasi seputar produk dan layanan JULO, kamu dapat menghubungi nomor CS JULO yang resmi di call center 021 5091 9034 / 021 5091 9035 ataupun melalui e-mail cs@julo.co.id.

4. Laporkan Modus Penipuan yang Kamu Temui ke Pihak JULO

siaga-penipuan-tiga

Jika kamu merasa telah menjadi korban penipuan atau menemukan aktivitas mencurigakan yang mengatasnamakan JULO Kredit Digital, harap laporkan segala bentuk modus penipuan serta informasi mencurigakan yang kamu temui dengan menghubungi kontak CS JULO yang resmi. Pihak JULO akan terus menyelidiki setiap laporan dugaan penipuan secara menyeluruh dan sesegera mungkin. Cari tahu detail lebih lanjut terkait bentuk-bentuk penipuan yang menggunakan nama JULO disini: https://www.julo.co.id/fraud_awareness.

Nah, itulah detail modus penipuan yang menggunakan nama JULO dan memanfaatkan data pribadi korban yang tertera pada kolom ulasan Google Play yang sudah dijelaskan pada update SIGAP kali ini. Jangan sampai kelewatan update SIGAP berikutnya pada dua minggu mendatang, ya!

JULOvers, tetaplah teliti dan berhati-hati dalam melakukan segala bentuk transaksi atau pembayaran apapun, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Stay safe! :)

siaga-penipuan-tiga

Pinjam Dana Online Pasti Aman di JULO!

Semua proses transaksi dijamin terjaga dan terpercaya, deh!

Artikel Lainnya