Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Penyebab Token Listrik Gagal Terus Dimasukkan?
Token Listrik Gagal 3 Kali, Apakah Masih Bisa Digunakan?
Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus
1. Periksa Kembali Kode Token
2. Pastikan Software Meteran Terupdate
3. Cek Ulang Limit kWh
4. Pastikan Komponen Instalasi Meter Prabayar Aman
5. Kontak Layanan Pelanggan PLN
6. Reset Meteran Listrik
Cara Reset Meteran Listrik
Persiapan Sebelum Reset
Langkah Reset Meteran Listrik
Pentingnya Membeli Token Listrik di Tempat yang Terpercaya

Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus? Ini Penyebabnya!

Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus? Ini Penyebabnya!

Mengalami masalah token listrik yang gagal terus bisa menjadi hal yang frustrasi bagi banyak pengguna. Baik itu karena kode yang tidak terbaca atau kesalahan sistem, mengetahui cara mengatasi masalah ini penting untuk menghindari ketidaknyamanan. 

Dalam artikel ini, JULO akan membahas beberapa penyebab umum dari masalah token listrik gagal dan bagaimana mengatasinya, serta pentingnya membeli token di tempat yang terpercaya.

Beli Pulsa dan Data Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bebas internetan dengan fitur isi pulsa dan kuota hanya di JULO

Apa Penyebab Token Listrik Gagal Terus Dimasukkan?

Terdapat beberapa alasan mengapa token listrik Kamu mungkin gagal dimasukkan. 

  1. Pertama, periksa apakah kode token yang Kamu masukkan sudah benar. Kesalahan pengetikan adalah penyebab umum dan mudah diatasi. 
  2. Cek apakah ada masalah teknis pada meteran listrik seperti gangguan software atau hardware bisa juga menjadi penyebab. Kadang, jaringan provider yang sedang down atau gangguan sistem dari pihak PLN dapat mengakibatkan token tidak bisa dimasukkan. Masalah teknis pada instalasi terlihat ketika layar MPB menampilkan pesan “periksa”.
  3. Ada pemeliharaan atau pembaruan sistem pada Meter Prabayar yang sedang dilakukan oleh pusat. Tujuan dari pembaruan dan pemeliharaan ini adalah untuk memastikan kinerja kWh meter Meter Prabayar pelanggan tetap optimal.
  4. Pelanggan belum menuntaskan beberapa prosedur yang dibutuhkan, seperti permintaan perubahan kapasitas listrik. Hal ini mengindikasikan bahwa semua prosedur terkait harus diselesaikan sebelumnya.

Baca Juga: Begini Cara Cek Tagihan Listrik yang Mudah

Token Listrik Gagal 3 Kali, Apakah Masih Bisa Digunakan?

token listrik gagal 3 kali

Mengalami gagalnya memasukkan token listrik hingga 3 kali bisa menimbulkan kekhawatiran dan pertanyaan, apakah token tersebut masih bisa digunakan atau tidak. 

Lantas, berapa kali batas pengisian token listrik gagal? 

Kejadian seperti ini bukanlah sesuatu yang jarang terjadi dan memang bisa mengundang rasa frustrasi. 

Dalam kebanyakan kasus, token listrik yang gagal dimasukkan hingga 3 kali biasanya masih valid dan dapat digunakan. Kegagalan memasukkan token lebih sering disebabkan oleh masalah teknis atau kesalahan pada saat memasukkan nomor daripada masalah dengan token itu sendiri.

Memahami prosedur yang tepat dan kapan harus menghubungi layanan pelanggan PLN adalah kunci untuk mengatasi masalah ini dengan efektif.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Terus

Menghadapi masalah token listrik gagal terus bisa meresahkan, namun ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini:

1. Periksa Kembali Kode Token

Kesalahan manusia atau human error kadang terjadi saat proses pengisian token listrik yang melibatkan banyak angka. Jadi, Kamu bisa coba memastikan kembali bahwa kode token yang dimasukkan sudah benar. Kesalahan pengetikan sederhana dapat menyebabkan token gagal.

2. Pastikan Software Meteran Terupdate

Software meteran yang ketinggalan zaman bisa menyebabkan kesalahan dalam memasukkan token. Pastikan meteran listrik Kamu mendapat update terbaru.

3. Cek Ulang Limit kWh

Meteran listrik prabayar memiliki batas maksimum kWh yang dapat dimuat dalam satu waktu. Jika Kamu mencoba memasukkan token ketika sudah dekat atau mencapai limit ini, token mungkin tidak akan berhasil dimasukkan.

Cek kembali sisa saldo kWh Kamu dan pastikan tidak melebihi limit yang ditentukan oleh PLN. Pengurangan beban atau pemakaian secara bertahap mungkin diperlukan untuk menghindari kegagalan pengisian token.

4. Pastikan Komponen Instalasi Meter Prabayar Aman

Kesalahan atau kerusakan pada instalasi listrik dan Meter Prabayar bisa menyebabkan kegagalan pengisian token. Periksa kabel dan komponen terkait untuk memastikan tidak ada yang rusak, longgar, atau terpapar.

Dalam kasus kerusakan atau keraguan tentang keamanan instalasi Kamu, segera hubungi teknisi listrik profesional. Keamanan harus selalu menjadi prioritas utama.

5. Kontak Layanan Pelanggan PLN

Jika masalah berlanjut, menghubungi layanan pelanggan PLN bisa memberikan solusi. Mereka dapat membantu mengecek status meteran Kamu dan memberikan solusi teknis.

Berikut berbagai metode untuk berkomunikasi dengan staf PLN yang dapat Kamu pertimbangkan:

  • Hubungi via Call Center: Dapatkan layanan dari PLN dengan menghubungi nomor 123, yang tersedia untuk layanan call center.
  • Gunakan Media Sosial PLN: Manfaatkan platform media sosial untuk menghubungi PLN, termasuk Facebook di PLN 123, akun Twitter @pln_123, Instagram @pln_id dan @pln123_official, serta situs web mereka di pln.co.id untuk informasi dan penanganan keluhan.
  • Kirimkan Email: Untuk bantuan lebih lanjut, kirimkan email Kamu ke alamat pln123@pln.co.id dengan menyertakan detail keluhan.
  • Aplikasi PLN Mobile: Unduh aplikasi PLN Mobile dari Play Store atau App Store, lakukan pendaftaran, dan gunakan fitur “Pengaduan” untuk menyampaikan keluhan Kamu dengan memilih jenis masalah dan mengikuti petunjuk selanjutnya.
  • Kunjungi Kantor PLN: Sebagai alternatif, Kamu dapat langsung mendatangi kantor PLN yang berlokasi dekat dengan Kamu untuk menyampaikan masalah secara langsung kepada petugas yang bertugas.

Metode-metode ini dirancang untuk memberikan kemudahan akses bagi pelanggan dalam mendapatkan bantuan dan layanan dari PLN.

6. Reset Meteran Listrik

Terkadang, meteran listrik memerlukan reset untuk mengatasi masalah teknis. Kamu bisa mencoba mematikan meteran listrik untuk beberapa menit sebelum menghidupkannya kembali.

Baca Juga: Cara Input Token Listrik Anti Ribet

Cara Reset Meteran Listrik

Cara Reset Meteran Listrik

Salah satu solusi untuk mengatasi token listrik gagal terus adalah dengan melakukan reset pada meteran listrik Kamu.
Reset meteran dapat membantu mengatasi gangguan, kesalahan pembacaan, atau ketika Kamu ingin memulai ulang sistem untuk mengatasi token listrik yang gagal dimasukkan. 

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara reset meteran listrik yang dapat Kamu lakukan dengan mudah dan aman.

Persiapan Sebelum Reset

Sebelum memulai proses reset, ada beberapa hal yang perlu Kamu persiapkan dan perhatikan keamanan. Matikan semua peralatan listrik untuk menghindari lonjakan daya yang bisa merusak saat listrik kembali menyala.

Setiap model meteran listrik bisa memiliki cara reset yang berbeda. Maka, membaca buku panduan yang disertakan dengan meteran Kamu sangat disarankan.

Langkah Reset Meteran Listrik

1. Identifikasi Tombol Reset

Pada kebanyakan meteran listrik, akan ada tombol atau serangkaian tombol yang dapat digunakan untuk reset. Lokasi dan label tombol ini dapat berbeda-beda tergantung pada model meteran Kamu.

2. Tekan Tombol Reset

Dengan hati-hati, tekan tombol reset sesuai dengan petunjuk pada meteran listrik Kamu. Pada beberapa model, Kamu mungkin perlu menekan dan menahan tombol selama beberapa detik.

3. Tunggu Proses Reset

Setelah menekan tombol reset, meteran akan memulai proses reset. Ini bisa memakan waktu beberapa detik hingga beberapa menit. Selama ini, layar meteran mungkin akan mati atau menampilkan simbol khusus yang menunjukkan proses reset sedang berlangsung.

4. Periksa Meteran Pasca Reset

Setelah proses reset selesai, meteran listrik akan kembali menyala. Periksa layar untuk memastikan semua fungsi berjalan normal. Juga, cek apakah ada pesan kesalahan yang muncul.

5. Hidupkan Kembali Peralatan

Setelah memastikan meteran listrik telah berhasil direset dan berfungsi dengan baik, Kamu dapat mulai menghidupkan kembali peralatan listrik di rumah Kamu.

Pentingnya Membeli Token Listrik di Tempat yang Terpercaya

Cara Masukin Token Listrik PLN

Dalam era digital saat ini, keamanan dan kenyamanan dalam transaksi pembelian token listrik menjadi prioritas utama bagi banyak pelanggan. Membeli token listrik di tempat yang terpercaya tidak hanya memastikan keamanan transaksi Kamu, tetapi juga menjamin kelancaran pasokan listrik ke rumah atau tempat usaha Kamu. 

Salah satu cara terpercaya dan inovatif dalam membeli token listrik adalah melalui JULO, sebuah platform Kredit Digital yang menawarkan kemudahan dan fleksibilitas.

JULO Kredit Digital menawarkan solusi praktis bagi siapa saja yang membutuhkan token listrik dengan opsi pembayaran yang fleksibel. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk membeli token listrik melalui aplikasi JULO:

  1. Langkah pertama adalah download dan install aplikasi JULO dari Google Play Store.
  2. Setelah mengunduh aplikasi, langkah selanjutnya adalah menyelesaikan pendaftaran. Isi formulir pendaftaran yang disediakan dalam aplikasi untuk menjadi bagian dari komunitas JULO.
  3. Sukses mendaftar di JULO berarti Kamu akan mendapatkan limit kredit yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi dalam aplikasi, termasuk pembelian token listrik.
  4. Di halaman utama aplikasi, pilih menu "Listrik PLN". Menu ini akan membawa Kamu ke opsi pembelian token atau pembayaran tagihan listrik.
  5. Dalam menu Listrik PLN, pilih opsi untuk membeli token. Kemudian, isi data yang diperlukan seperti nomor meteran dan nominal token yang diinginkan.
  6. Setelah mengisi data dengan benar, lanjutkan ke proses pembayaran. JULO menawarkan opsi cicilan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan Kamu.
  7. Setelah pembayaran terverifikasi, Kamu akan segera menerima nomor token listrik berupa 20 digit yang bisa langsung Kamu gunakan.

Keamanan transaksi terjamin, dan prosesnya yang cepat memastikan Kamu tidak akan mengalami gangguan listrik karena kehabisan token. Selain itu, JULO Kredit Digital juga sudah berizin OJK dan kamu bisa mendapatkan limit hingga Rp15 juta.

Dengan memilih JULO sebagai tempat pembelian token listrik, Kamu juga menjadi bagian dari inovasi digital yang memudahkan kehidupan sehari-hari!

Mau beli token listrik cepat dan mudah?

Beli di JULO aja, udah pasti terpercaya!

Artikel Lainnya