Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Usaha Rumahan Apa yang Tidak ada Matinya?
1. Jualan Sembako
2. Laundry
3. Katering
4. Snack atau Camilan
5. Kafe atau Coffee Shop
6. Jual Pakaian
7. Jasa Top Up dan Jual Voucher Game
8. Jasa Jahit Pakaian
9. Jasa Desain Grafis
10. Jual Kuota Internet
Bagaimana Cara Memulai Bisnis Rumahan dengan Tepat Agar Sukses Bagi Pemula?
1. Memilih Bidang Usaha Sesuai Passion
2. Hitung Modal Usaha
3. Tentukan Keunikan Produk
4. Lakukan Promosi
Apa Saja Sumber Modal untuk Usaha Rumahan?
1. Tabungan Pribadi
2. Pinjam Teman atau Keluarga
3. Pesangon
4. Pinjaman Online
Mulai Usaha Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital!

10 Ide Usaha Rumahan yang Tidak ada Matinya Terlengkap 2022!

usaha rumahan yang tidak ada matinya

Banyak sekali jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya. Sebagai langkah awal, JULOvers bisa mencari tahu bidang usaha rumahan yang cocok untuk pemula.

Usaha rumahan yang cocok untuk pemula adalah jenis usaha yang mudah dijalani dan membutuhkan modal yang relatif lebih kecil dari jenis usaha lainnya. Produknya yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat membuat usaha rumahan ini tetap bisa survive dan terus berkembang.

Kamu penasaran dengan apa saja jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya tetapi cocok untuk pemula? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Usaha Rumahan Apa yang Tidak ada Matinya?

Usaha Rumahan Apa yang Tidak ada Matinya?

Jika kamu baru ingin memulai suatu bisnis, mencari jenis usaha rumahan yang cocok untuk pemula dan tidak ada matinya menjadi langkah awal yang tepat. Berikut ini adalah jenis-jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya yang bisa kamu pertimbangkannya saat ingin memulai sebuah usaha. 

1. Jualan Sembako

Jenis usaha pertama yang bisa kamu coba adalah berjualan sembako. Berjualan sembako bisa menjadi salah satu bisnis atau usaha rumahan yang tidak ada matinya. Alasannya, semua orang perlu sembako untuk dapat terus bertahan hidup.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Adapun jenis sembako yang bisa kamu jual adalah beras, tepung, minyak goreng, telur, bumbu dapur, gula, teh dan lain-lain. Berjualan sembako ini menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang cocok untuk pemula, karena lokasinya yang bisa berada di depan teras rumah.  

Cobalah untuk berjualan jenis sembako selengkap mungkin agar pembeli makin tertarik berbelanja di tempat kamu. Siapa tahu ini merupakan usaha rumahan yang tidak ada matinya yang bisa kamu kembangkan lebih lanjut.

2. Laundry

Bagi orang-orang yang memiliki aktivitas yang padat, mereka tidak akan punya waktu untuk mencuci pakaian sendiri. Nah, peluang inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha laundry. Usaha laundry ini cukup mudah, menjanjikan, dan merupakan usaha rumahan yang tidak ada matinya

Untuk memulai usaha laundry rumahan, kamu cukup menyediakan dua mesin cuci, satu mesin pengering, detergen, bahan pewangi, serta alat setrika baju. Dilihat dari kemudahannya, usaha laundry adalah salah satu usaha rumahan yang cocok untuk pemula.

Baca Juga: Ide Jualan Online Modal Kecil

3. Katering

Bagi kamu yang hobi memasak, usaha katering akan terasa menyenangkan. Katering bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan karena banyak dibutuhkan untuk berbagai acara. Dibutuhkan dalam beragam kondisi merupakan ciri-ciri usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Kamu bisa menyediakan berbagai menu katering mulai dari makanan utama, makanan ringan, dan penutup untuk meraup keuntungan yang maksimal dari bisnis ini. Katering bisa menjadi salah satu pilihan jenis usaha rumahan yang cocok untuk pemula, karena menjalankannya tidak terlalu sulit.

4. Snack atau Camilan

Sama halnya dengan katering, membuka usaha camilan juga akan sangat menguntungkan. Camilan banyak dibutuhkan untuk acara-acara tertentu seperti tasyakuran, pernikahan, arisan, hingga pengajian ibu-ibu.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Jenis camilan yang banyak dicari orang dan bisa kamu jual adalah makaroni, keripik, basreng, kue kering, dan sebagainya. Kamu juga bisa menyediakan berbagai varian rasa seperti manis, asin, gurih, dan pedas. Saatnya maksimalkan peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya ini.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

5. Kafe atau Coffee Shop

Jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya selanjutnya adalah coffee shop. Pada masa pandemi seperti ini, banyak sekali pekerja WFH (Work From Home) yang pergi ke coffee shop untuk melepas penat dan mencari suasana baru dalam bekerja. Ini menjadi peluang bagus bagi kamu yang ingin membuka usaha coffee shop.

Kamu bisa gunakan halaman depan rumah untuk memulai bisnis coffee shop minimalis ala rumahan. Untuk menambah kenyamanan, kamu bisa sediakan jaringan Wi-Fi untuk pelanggan.

6. Jual Pakaian

Jual Pakaian

Pakaian adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Usaha menjual pakaian tentu akan menjadi peluang yang sangat menguntungkan dan menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya. Bisnis ini juga cukup fleksibel karena bisa dijalankan secara online hanya dengan smartphone atau laptop.

Baca Juga: 9 Cara Berbisnis Pakaian Agar Tidak Kalah Saing

Kamu juga bisa memulai bisnis ini dengan memulainya sebagai reseller atau dropshiper agar lebih praktis. Cara ini membuat usaha jualan pakaian lebih mudah dijalankan, sehingga menjadi usaha rumahan yang cocok untuk pemula.

7. Jasa Top Up dan Jual Voucher Game

Di era teknologi yang semakin maju, bermain game sudah menjadi kebiasaan baru yang banyak dilakukan semua orang. Banyak game online yang memerlukan top up atau voucher untuk mendapatkan karakter, senjata ataupun item lainnya.

Melihat peluang tersebut, usaha jasa top up dan jualan voucher game tentu akan menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya dan sangat menjanjikan.

8. Jasa Jahit Pakaian

Karena pakaian adalah kebutuhan primer, usaha jasa menjahit ini bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang sangat menguntungkan. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan yang lebih, kamu juga bisa sekalian membuka usaha konveksi di rumah.

Kembangkan ide ini untuk menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya. Tawarkan beragam hal menarik sebagai poin tambahan yang membuat usaha kamu berbeda dari yang lainnya.

9. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis merupakan salah satu jasa yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Jasa desain grafis banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti membuat promosi iklan, poster event, branding logo, desain website, dan sebagainya. Buat kamu yang punya kemampuan mendesain, cobalah memulai usaha rumahan yang tidak ada matinya ini.

10. Jual Kuota Internet

Beli Pulsa dan Data Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Bebas internetan dengan fitur isi pulsa dan kuota hanya di JULO

Internet saat kini sudah menjadi kebutuhan penting untuk semua orang. Banyak kegiatan sehari-hari yang kita lakukan dengan menggunakan internet seperti bekerja, berkomunikasi, dan lain-lain. Hal ini bisa menjadi peluang menarik buat kamu yang ingin membuka usaha jual kuota internet. 

Selain sebagai usaha rumahan yang tidak ada matinya, menjual kuota internet juga menjadi salah satu usaha rumahan yang cocok untuk pemula karena cukup simpel dan praktis dalam menjalankannya.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Rumahan dengan Tepat Agar Sukses Bagi Pemula?

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Rumahan dengan Tepat Agar Sukses Bagi Pemula

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar sukses dalam memulai sebuah usaha rumahan yang tidak ada matinya dan cocok untuk pemula. Berikut ini ulasannya.

1. Memilih Bidang Usaha Sesuai Passion

Tentukan bidang usaha yang sesuai dengan passion kamu. Pilihan bidang usaha yang sesuai dengan passion akan membuat kamu lebih bersemangat dan enjoy dalam menjalani segala proses dan rintangan yang akan dihadapi hingga berhasil menjadikannya usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Baca Juga: Berbagai Sumber Peluang Usaha yang Bisa Didapatkan

Sebagai orang yang baru pertama kali berbisnis, usaha rumahan yang cocok untuk pemula bisa menjadi pilihan yang tepat agar kamu bisa lebih santai menjalaninya.

2. Hitung Modal Usaha

Selanjutnya, kamu perlu menghitung modal usaha yang akan digunakan dengan teliti. Hal ini sangat penting dilakukan karena akan berdampak pada keberlangsungan usaha kamu.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Modal Awal?

Sekalipun usaha yang kamu jalani adalah usaha rumahan yang tidak ada matinya, perhitungan modal yang kurang tepat bisa membuat kamu mengalami kerugian, bahkan kebangkrutan. 

3. Tentukan Keunikan Produk

Selain memilih jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya, kamu juga perlu menentukan keunikan produk agar bisa bersaing dengan kompetitor. Jika tidak bisa bersaing dengan kompetitor, kamu tinggal menunggu waktu saja hingga usahamu gulung tikar. Supaya bisa bersaing dan tetap survive, buatlah produk seunik mungkin. Produk yang memiliki keunikan biasanya akan lebih disukai oleh calon pelanggan.

Baca Juga: Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

4. Lakukan Promosi

Produk yang kamu tawarkan harus sering dipromosikan agar orang-orang tahu tentang usahamu. Cara promosi yang paling efektif untuk usaha rumahan yang cocok untuk pemula adalah dengan metode mulut ke mulut (mouth-to-mouth).

Baca Juga: Beragam Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Dipraktekkan

Namun, kamu juga bisa mempromosikan usahamu lewat media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Menjadikannya usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Apa Saja Sumber Modal untuk Usaha Rumahan?

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Sumber modal usaha bisa datang dari mana saja. Kamu bisa menggunakan tabungan pribadi, bisa pula menggunakan program pendanaan dari sumber lainnya. Berikut ini jenis-jenis sumber modal yang bisa digunakan untuk memulai usaha rumahan yang tidak ada matinya.

1. Tabungan Pribadi

Kamu bisa menggunakan uang pribadi dari gaji yang dikumpulkan untuk menjalani usaha rumahan. Sebagai pelaku usaha rumahan yang baru merintis, tentu akan sulit mendapatkan dana investor. Maka dari itu, tabungan pribadi menjadi sumber modal yang paling tepat di saat awal memulai usaha rumahan.

Baca Juga: Kenali 5 Sumber Modal Usaha Pilihan Pebisnis Ini

Jenis usaha rumahan yang cocok untuk pemula biasanya tidak memerlukan modal yang besar, sehingga kamu tidak perlu merogoh tabungan yang sangat besar. Kembangkan usaha tersebuh hingga menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya.

2. Pinjam Teman atau Keluarga

Kamu bisa coba meminjam uang ke teman dekat atau keluarga untuk modal memulai bisnis rumahan. Langkah ini tentu akan lebih fleksibel dalam menentukan jangka waktu dan skema pelunasannya. Keuntungan lainnya yaitu kamu tidak perlu membayar bunga saat pelunasan. Mempemudah kamu dalam mengembangkan usaha rumahan yang tidak ada matinya.

3. Pesangon

Di era pandemi sekarang ini, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya karena di-PHK. Karyawan yang terkena PHK biasanya akan mendapatkan pesangon. Uang pesangon ini bisa menjadi kamu jadikan sumber modal untuk membuka usaha rumahan.

4. Pinjaman Online

Kamu juga bisa mendapatkan modal untuk usaha rumahan melalui layanan pinjaman online yang ditawarkan perusahaan financial technology (fintech). Pengajuan pinjaman online aman lebih mudah disetujui. Namun, kamu harus berhati-hati saat ingin melakukan pinjaman online karena banyak sekali kasus penipuan.

Mulai Usaha Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital!

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Itulah dia informasi mengenai usaha rumahan yang tidak ada matinya yang bisa dicoba. Apa pun jenis usaha yang JULOvers pilih nantinya, pastikan semua kebutuhan usahanya dipersiapkan dengan matang, terutama soal modal.

Nah, bagi JULOvers yang membutuhkan modal usaha, bisa langsung ajukan pinjaman online di JULO Kredit Digital. Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di homepage aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Pengajuan pinjaman online di JULO sangat mudah dan cepat. Selain itu, JULO juga sudah terdaftar di OJK sehingga JULOvers tidak usah khawatir akan tertipu.

Tunggu apa lagi? Segera mulai usaha rumahan kamu dan manfaatkan promo siap melesat dari JULO Kredit Digital sekarang juga!

Jika kamu suka dengan artikel terkait usaha rumahan yang tidak ada matinya ini, jangan lupa sebarkan kepada kerabat, teman atau keluarga kamu, ya

Artikel Lainnya