Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Mengatur Keuangan Penting Dilakukan oleh Mahasiswa
1. Rutin Mencatat Pengeluaran
2. Cari Penghasilan Tambahan
3. Kumpulkan Dana Darurat
4. Manfaatkan Diskon dan Promo
5. Hindari Utang yang Nggak Perlu
6. Jaga Kesehatan dan Pola Makan
Atur Keuangan Mahasiswa dengan Beli Pulsa Online dengan Cicilan JULO Paylater!

Mahasiswa Susah Kelola Uang? Nih, 6 Tips Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa!

keuangan mahasiswa

Masa perkuliahan merupakan periode transisi penting bagi mahasiswa untuk belajar mandiri, termasuk dalam mengelola keuangan. Bagi banyak mahasiswa, mengatur keuangan bisa menjadi sebuah tantangan, mengingat keterbatasan pendapatan dan banyaknya kebutuhan.

Namun, dengan strategi dan kedisiplinan yang tepat, kamu - sebagai mahasiswa - dapat mencapai stabilitas keuangan, bahkan menabung untuk masa depan. 

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Mengatur Keuangan Penting Dilakukan oleh Mahasiswa

Berikut beberapa tips dari JULO Kredit Digital untuk membantu mengatur keuangan sebagai mahasiswa:

1. Rutin Mencatat Pengeluaran

Bagi mahasiswa, pengeluaran adalah rutinitas. Entah itu untuk makan sehari-hari, membayar keperluan kuliah, sampai ke kebutuhan tersier. 

Untuk mengatur semuanya agar cukup, coba catat semua pengeluaran selama sebulan! Silakan tulis kebutuhan primer, seperti makanan, tempat tinggal, dan biaya pendidikan di bagian atas. Lalu, kebutuhan yang tidak mendesak ditulis setelahnya.

Mencatat pengeluaran sebenarnya bagian dari praktik penganggaran keuangan. Untuk mempraktikkan cara mengatur keuangan mahasiswa dengan lebih matang, buat juga anggaran keuangan yang matang.

Anggaran keuangan yang baik harus dapat menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran. Jika jumlah pengeluaran lebih besar dibanding pemasukan, evaluasi arus kas atau mulai cari penghasilan tambahan.

Dengan mengetahui arus kas kamu, kamu bisa memprioritaskan pengeluaran dan mengalokasikan dana dengan lebih bijak. 

Terakhir, coba gunakan aplikasi pencatat keuangan atau spreadsheet untuk membantu membuat dan melacak pengeluaran kamu!

2. Cari Penghasilan Tambahan

Sebelum mencari penghasilan tambahan, kamu harus bisa mengukur terlebih dahulu sumber pendapatan kamu. Misal, uang dari orang tua.

Selanjutnya, tentukan sumber pemasukan. Selain uang saku bulanan, kamu bisa mencari sumber penghasilan tambahan, seperti menjadi penulis lepas, menjadi barista paruh waktu, dan sebagainya. 

Zaman sekarang, sudah banyak para penyedia layanan lowongan pekerjaan untuk mahasiswa, atau paruh waktu.

Saat memilih pekerjaan sampingan, silakan pertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Pastikan jam kerja tidak mengganggu waktu kuliah dan belajar.
  • Sebaiknya pilih pekerjaan yang sesuai kemampuan.
  • Pilih pekerjaan dengan potensi baik. Misal, menjadi editor video memungkinkan kamu memamerkan karya yang sudah dibuat sebagai portofolio.

Penghasilan tambahan ini dapat membantumu mencapai tujuan keuangan lebih cepat.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

3. Kumpulkan Dana Darurat

Cara mengatur keuangan mahasiswa akan bekerja maksimal, jika kamu punya dana darurat. Dana ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan yang tidak bisa diakomodasi oleh keuangan harian atau bulanan.

Misal, jika kehilangan laptop, kamu tidak perlu susah payah menurunkan kualitas hidup demi beli perangkat baru.

Jumlah dana darurat individu sama dengan 6 kali pengeluaran bulanan, pasangan menikah (tanpa anak) sebesar 9 kali pengeluaran bulanan, dan pasangan menikah (dengan anak) sebesar 12 kali pengeluaran. Begitu, rumusnya.

4. Manfaatkan Diskon dan Promo

Untuk mahasiswa, diskon dan promo menjadi hal yang membahagiakan. Untuk menghemat pengeluaran, kamu harus cari tahu diskon dan promo yang tersedia untuk kebutuhan kamu.

Kamu bisa manfaatkan program loyalitas atau gunakan kartu pelajar untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Saat ini, sekiranya sudah banyak toko yang menawarkan potongan harga khusus untuk mahasiswa. Kamu cukup memberikan kartu identitas mahasiswa untuk mendapatkan keuntungan ini, lho!

Nggak cuma soal makanan yang ada diskon dan promo. Kamu juga bisa mencari kebutuhan kuliah lainnya dengan promo. Misalnya, laptop. Banyak merek-merek laptop saat ini tengah menawarkan harga promo, dengan potongan yang menggiurkan.

5. Hindari Utang yang Nggak Perlu

Nah ini, kadang penyakit. Jangan membiasakan diri untuk membeli sesuatu dengan Paylater! Konsep beli sekarang bayar nanti akan membuatmu kecanduan, padahal hutang yang tidak terkontrol bisa menjadi masalah serius. 

Jangan biarkan diri kamu terjerumus ke dalam spiral hutang yang sulit untuk keluar. Hindari meminjam uang untuk hal-hal yang nggak penting. Pun terpaksa meminjam uang, pastikan kamu mampu membayar tagihannya tepat waktu dan pertimbangkan bunga dan biaya yang terkait.

Terkadang, memang utang diperlukan untuk mahasiswa. Program promo dan diskon untuk barang-barang kebutuhan, seringkali penawarannya melalui kartu kredit. Kamu bisa gunakan utang, dengan produktif seperti itu.

Intinya, utang boleh-boleh saja, asal kamu tahu kapasitas diri kamu. Lantas kamu punya kecenderungan untuk konsumtif, tapi malah terjebak dalam utang. 

6. Jaga Kesehatan dan Pola Makan

Jika kamu tinggal di kos, jagalah kesehatan dan pola makan. Hal ini penting, karena nggak ada keluarga yang merawat saat sakit.

Selain itu, tugas kuliah dan kegiatan kampus juga dapat terhambat. Ditambah lagi, biaya berobat ke dokter bisa membebani keuangan bulanan.

Untuk menjaga kesehatan, perhatikan pola makan yang bergizi seimbang. Hindari jajan sembarangan dan mulailah berolahraga minimal seminggu tiga kali! Olahraga dapat meningkatkan daya tahan dan kesehatan secara menyeluruh.

Baca juga: Dukung Akses Pembayaran Fasilitas Kesehatan Seluruh Indonesia, melalui Layanan Kredit Digital

Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu akan memiliki kendali lebih baik atas keuanganmu dan bisa merencanakan masa depan yang lebih stabil secara finansial.

Ingatlah bahwa mengelola keuangan dengan baik saat masih mahasiswa adalah investasi penting untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Atur Keuangan Mahasiswa dengan Beli Pulsa Online dengan Cicilan JULO Paylater!

Beli pulsa sekarang, bayarnya bisa nanti dengan JULO Kredit Digital! Cukup masukkan nomor HP dan nominal pulsa, nikmati proses isi pulsa dan paket data internet dengan mudah serta aman.

Bagaimana cara menggunakan layanan beli sekarang bayar nanti untuk isi pulsa dengan JULO? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Klik fitur ‘Pulsa dan Data’ di aplikasi JULO.
  2. Pilih ‘Pulsa’ dan masukkan nomor HP.
  3. Pilih nominal pulsa dan tenor jangka waktu. Terakhir, konfirmasi pembayaran pulsa dengan PIN dan tanda tangan.

Dengan standar bunga rendah dari 0,1% per hari, isi pulsa dan data sekarang bayarnya bisa nanti. 

Bayar Biaya Pendidikan dengan JULO Paylater!

Bayar SPP serta beragam biaya pendidikan lainnya pakai Paylater JULO jadi makin praktis dan ringan karena pilihan tenor yang fleksibel - hingga 9 bulan! 

Artikel Lainnya