Daftar Isi
5 Tips Ketika Motor Mogok
1. Motor Mogok Karena Overheat
2. Salah Bahan Bakar
3. Motor Mogok Karena Oli Mesin
4. Klep Tidak Pas
5. Filter Udara Kotor
Daftar Isi
5 Tips Ketika Motor Mogok
1. Motor Mogok Karena Overheat
2. Salah Bahan Bakar
3. Motor Mogok Karena Oli Mesin
4. Klep Tidak Pas
5. Filter Udara Kotor

Motor Mogok? Tenang, Ini Solusinya!

Motor-Mogok-Tenang-Ini-Solusinya

Penyebab mesin sepeda motor mogok atau mati mendadak biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Setidaknya ketika menghadapi situasi seperti ini JULOvers tidak perlu panik dan bisa langsung mencari jalan keluarnya. Karena semua masalah yang terkait dengan sepeda motor mogok mendadak ini, ada solusi yang dapat JULOvers atasi sendiri.

Biasanya penyebab mesin berhenti mendadak saat mengemudi adalah karena mesin kehabisan bahan bakar. Selain itu, penyebab lain bisa muncul karena ventilasi tabung tangki bensin yang terhambat ataupun tersumbat. Alasan besar mengapa mesin sering mati saat dijalankan bisa juga karena nozzle utama atau main jet di ruang bakar tersumbat, atau bisa juga karena busi motor kamu bermasalah.

Engine stop tiba-tiba juga dapat diduga karena mesin terlalu panas. Mungkin Anda tidak menyadari bahwa sepeda motor telah berjalan sangat jauh dan sudah memaksakan kinerja mesin. Hal ini dapat menyebabkan mesin sepeda motor berhenti tiba-tiba. Busi yang kotor juga dapat mempengaruhi kinerja mesin yang kurang optimal. Faktor tersebut tentunya bisa menjadi penyebab sepeda motor mogok tiba-tiba di jalan.

Baca Juga: Cari Dana Usaha? Simak 6 Cara Mudah Berikut Ini!

Faktor lainnya yang mungkin dapat menyebabkan mesin sepeda motor mogok di jalan adalah kemungkinan bahan bakar yang digunakan salah. Dalam hal ini, Anda menggunakan bahan bakar oktan rendah yang tidak sesuai dengan bahan bakar yang dibutuhkan sepeda motor kamu. Ketika mesin sering mati, hal ini mungkin juga  disebabkan oleh filter udara yang kotor. Sialnya dan yang seringkali terjadi hingga membuat mesin motor mogok, adalah ketika katup tidak terpasang dengan benarUntuk menunjang mesin sepeda motor agar selalu bekerja dengan baik. Anda perlu melakukan perawatan secara rutin, karena jika tidak pernah melakukan perawatan sepeda motor secara berkala, bisa dipastikan masalah mesin sepeda motor mogok bisa terjadi pada sepeda motor Anda.

Lalu bagaimana solusinya ketika kejadian motor mogok ini terjadi pada JULOvers semua? Tenang saja, JULO sudah merangkum solusi-solusi yang tepat agar dapat membantu JULOvers yang sedang terkana musibah motor mogok. Simak disini yuk!

Motor Mogok: Tenang, Ini Solusinya

5 Tips Ketika Motor Mogok

Motor-Mogok-Tenang-Ini-Solusinya

Source: Pexels.com

Pemilik kendaraan bermotor yang rajin melakukan pengecekan dan perawatan mesin kendaraan, bisa dipastikan tidak akan mengalami kondisi kendaraan mogok. Karena sebagian besar penyebab motor mogok adalah bersumber dari mesin kendaraan.Untuk bisa mengantisipasi bagaimana cara mengatasi apabila motor yang dikendarai tiba-tiba mogok di jalan, terlebih dahulu hendaknya diketahui apa yang menjadi penyebabnya. Disini, ada beberapa penyebab kendaraan bisa mengalami mogok serta cara mengatasinya, tentunya juga tergantung pada penyebabnya. Beberapa rincian penyebab tersebut ada di bawah ini.

Baca Juga: Simak 4 Kelebihan Cicil Belanja E-commerce di JULO!

1. Motor Mogok Karena Overheat

Motor-Mogok-Tenang-Ini-Solusinya

Source: Pexels.com

Alasan kegagalan mesin atau penyebab motor mogok yang pertama biasanya terjadi pada mesin. Akibatnya menyebabkan mesin mati secara tiba-tiba. Banyak orang pasti mengetahui bahwa mesin mengalami overheat atau kepanasan, pasti akan mengakibatkan mesin motor mogok.Apalagi jika Anda memaksa mesin tetap hidup,sehingga mesin motor akan terdengar rewel karena sistem pembakaran atau gesekan antara piston dan liner yang terlalu panas. Hal ini menyebabkan mesin mengalami kenaikan suhu secara tiba-tiba, menyebabkan piston dan liner menjadi menempel.

Tentu saja solusinya biarkan mesin dalam keadaan istirahat, jangan digunakan lebih dari satu jam jika hal ini terjadi berulang kali. Sebaiknya hubungi bengkel atau konsultasikan dengan mekanik mengenai kondisi mesin Anda. Apakah mesin Anda masih sehat atau perlu diganti?

2. Salah Bahan Bakar

Motor-Mogok-Tenang-Ini-Solusinya

Source: Pexels.com

Selanjutnya penyebab mogok yang paling sering terjadi yaitu salah memilih bahan bakar. Tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat indonesia, seringkali memaksakan untuk menggunakan bahan bakar. Dengan harga yang sangat murah. Walaupun sebenarnya motornya tidak bisa mengkonsumsi bahan bakar tersebut. Banyak orang yang belum tahu bahwa pemakaian bahan bakar bisa menyebabkan motor mogok. Terutama secara mendadak. Untuk mengatasi mogok yang terjadi akibat masalah ini.

Tentu saja anda harus menggunakan bbm dengan kadar oktan yang cukup tinggi. Misalnya saja pertamax atau pertalite pasalnya semakin tinggi nilai oktannya. Maka pembakarannya akan lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan menjadi lebih kecil. Sehingga tidak akan menyebabkan motor menjadi lebih mudah untuk mogok.

3. Motor Mogok Karena Oli Mesin

Motor-Mogok-Tenang-Ini-Solusinya

Source: Pexels.com

Hal ini yang seringkali menjadi penyebab utama dari sebuah motor yang mogok. Karena adanya oli mesin yang sudah lama tidak diganti solusi yang paling mudah. Tentu saja dengan mengganti oli mesin secara rutin, terutama 1 bulan sekali.

Oli mesin memiliki masa pakai sehingga anda harus menggantinya secara rutin. Apabila anda telah mengganti oli maka mengakibatkan komponen mesin mengalami kerusakan. Pada akhirnya masalah tersebut akan menjalar ke bagian lainnya. Fungsi oleh sendiri untuk membantu melepas setiap komponen, yang ada sehingga menjadi lebih mudah dalam menjalankannya.

4. Klep Tidak Pas

Motor-Mogok-Tenang-Ini-Solusinya

Source: Pexels.com

Kerusakan lainnya yang biasanya terjadi pada motor. Karena adanya setelan klep yang tidak tepat penyebab motor mogok ini sudah sering kali terjadi. Terutama bagi anda yang sering kali ke sebuah bengkel secara tidak resmi.

Biasanya klep yang terlalu rapat atau justru tidak tepat menjadikan motor mengalami mogok dan mesin mati terus menerus. Sehingga mesin akan menjadi cepat panas atau overheat cara yang paling mudah, yaitu dengan menyarankan untuk mengikuti setelan pada pabrikan, ataupun menyarankan menggunakan bengkel resmi dari motor yang anda gunakan.

Ketika menyetel mesin juga harus dalam keadaan dingin dan tidak sedang digunakan, atau baru saja mengalami perjalanan yang sangat panjang. Lebih baik anda membawa ke bengkel agar posisi klep bisa dipasang dengan tepat dan tentu saja tidak akan menimbulkan masalah lain.

Baca Juga: Berapa Biaya Operasi Caesar ? Simak Lengkapnya Disini

5. Filter Udara Kotor

Motor-Mogok-Tenang-Ini-Solusinya

Source: Pexels.com

Terakhir masalah motor mogok. Biasanya terjadi akibat adanya filter udara yang cukup kotor perlu diketahui bahwa fungsi filter udara sangatlah besar. Seperti menyaring dan juga membantu agar kotoran dan debu tidak bercampur.

Adanya saringan filter ini jelas saja membantu motor, agar bisa berjalan dengan baik namun komponen ini tidak akan bisa berjalan. Jika anda malas untuk membersihkannya, hal tersebut justru akan membuat motor makin mogok dan mesin tidak dapat bekerja dengan baik. Tarikan gas juga akan lebih berat. sehingga ada baiknya anda mengganti atau membersihkan filter tersebut.

Motor Mogok: Tenang, Ini Solusinya

Motor mogok di jalan memang bisa diatasi asalkan diketahui penyebabnya dengan tepat, sehingga cara yang diterapkan pun benar. Tetapi, keadaan ini bisa dihindari dan diantisipasi, dengan cara melakukan pengecekan dan perawatan teratur di bengkel resmi motor anda. Tagihannya pun beragam, tergantung dari tingkat kerusakan serta kebutuhan perbaikannya. 

Tapi kalau belum bisa membayar biaya perbaikan, sini JULO bantu pakai JULO Kredit Digital! Dengan limit hingga 15 juta rupiah serta tenor yang fleksibel sampai dengan 9 bulan, JULOvers tidak perlu khawatir lagi dengan tagihan pembayaran perbaikan sepeda motor kamu! Bunganya pun rendah banget, cuman dari 0,1% perharinya. Apalagi tanggal pengembaliannya bisa disesuaikan dengan tanggal gajian kamu, aman banget dong dari telat bayar. Fiturnya pun beragam, mulai dari:

  • Tarik Dana
  • Kirim Dana
  • Bayar BPJS
  • Isi Dompet Digital
  • Bayar e-commerce
  • Isi Pulsa dan Data
  • Bayar Tagihan Listrik
  • Bayar Kartu Pascabayar

Lengkap banget kan? Cukup dari satu aplikasi canggih dalam satu genggaman smartphone, JULOvers bisa menikmati semua itu! Jadi tunggu apalagi? Yuk #SiapMelesat bersama JULO Kredit Digital!

Butuh Dana Tunai untuk Beli Motor Baru?

Yuk Dapatkan Dana Tunai dari JULO

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan