Daftar Isi
6 Cara Mudah Mencari Dana Usaha
1. Dana Usaha dari Tabungan Pribadi
2. Pinjam ke Teman / Keluarga
3. Menjual Aset
4. Mencari Partner Usaha
5. Pinjam ke Bank
6. Pakai Jasa Kredit Digital Legal
Daftar Isi
6 Cara Mudah Mencari Dana Usaha
1. Dana Usaha dari Tabungan Pribadi
2. Pinjam ke Teman / Keluarga
3. Menjual Aset
4. Mencari Partner Usaha
5. Pinjam ke Bank
6. Pakai Jasa Kredit Digital Legal

Cari Dana Usaha? Simak 6 Cara Mudah Berikut Ini!

Cari Dana Usaha? Simak 6 Cara Mudah Berikut Ini!

Dana Usaha - Tanpa terasa pandemi sebentar lagi sudah berlalu, dalam waktu dekat kita akan hidup berdampingan dengan COVID-19. Hal ini sendiri ditandai dengan kian melandainya angka kasus COVID di Tanah Air. Mobilitas semakin meningkat, kegiatan sehari-hari seperti belajar dari sekolah atau bekerja dari kantor mulai kembali seperti semula. Tidak hanya itu, jam operasional usaha juga mulai kembali normal dan membuat peluang untung kembali maksimal.

Melihat hal demikian, banyak orang berlomba-lomba untuk membangun usaha. Kian meningginya arus orang-orang yang bepergian juga semakin membuka peluang usaha untuk berkembang lebih jauh. Segala macam persiapan untuk membuka bisnis kembali ditekuni - dari perancangan ide bisnis, operasional sampai modal usaha. Sayangnya, cukup banyak orang yang terkendala pada faktor dana usaha untuk membangun bisnis jangka panjang. Padahal sebenarnya ada banyak sumber yang bisa dimanfaatkan dengan mudah sekarang ini.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Siap Melesat Dana Usaha

6 Cara Mudah Mencari Dana Usaha

Siap Melesat Dana Usaha

(source: Pexels

Nah, jika kamu sedang kesulitan dalam mencari dana usaha untuk modal, tidak perlu khawatir. Cukup baca artikel di bawah, berikut 6 cara ampuh yang sudah JULO kumpulkan spesial untuk JULOvers!

1. Dana Usaha dari Tabungan Pribadi

Siap Melesat Dana Usaha

(source: Pexels

Cara paling mudah pertama yang bisa kamu manfaatkan adalah tabungan pribadi yang kamu miliki sebagai dana usaha. Selama kamu bekerja, pastinya ada tabungan dana beku yang kamu miliki untuk dipakai di kemudian hari. Melihat potensi usaha yang maksimal seusai pandemi, tidak ada salahnya bagi kamu untuk memakai tabungan dana. Namun dengan catatan bahwa kamu sudah memiliki perencanaan bisnis yang cukup matang. Jangan sampai hanya karena terbawa arus semata atau terjebak fenomena Fear of Missing Out (FOMO)

Selain itu, tentunya akan lebih baik jika kamu benar-benar hanya menggunakan tabungan dana beku dan bukan dana sehari-hari. Jangan memaksakan seluruh tabunganmu jadi ludes untuk dana usaha dan kamu tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan hidup pada akhirnya.

2. Pinjam ke Teman / Keluarga

Siap Melesat Dana Usaha

(source: Pexels

Cara mudah kedua yang bisa kamu coba adalah meminjam dana usaha ke teman yang sudah kamu kenal baik atau keluarga. Dengan meminjam kepada teman atau keluarga, tentunya kamu bisa lebih mudah untuk bernegosiasi mengenai waktu atau skema pelunasan yang disepakati. Selain itu, biasanya pinjaman yang kamu ajukan tidak akan dikenai bunga sehingga akan lebih mudah bagi kamu untuk melunasi di kemudian hari.

Namun sebelum kamu menggunakan cara ini, jangan lupa bahwa kamu tetap memiliki kewajiban untuk membayar kembali dan memiliki rencana pelunasan pinjaman ke depannya. Tentunya jangan sampai hubungan silahturahmi JULOvers menjadi putus karena perkara hutang piutang.

3. Menjual Aset

Siap Melesat Dana Usaha

(source: Pexels

Cara mudah selanjutnya untuk bisa mendapat dana usaha adalah dengan menjual aset yang kamu miliki. Jenis aset yang dapat kamu jual bisa berupa perhiasan, properti ataupun kendaraan bermotor untuk kemudian dimanfaatkan sebagai modal usaha. Namun, akan sangat penting bagi kamu untuk melihat untung rugi dalam menjual aset. Jangan sampai kamu malah jadi rugi karena hanya berorientasi untuk jual cepat.

Sama seperti tabungan pribadi, pastikan bahwa kamu hanya menjual aset yang tidak berpengaruh langsung ke dalam keseharian JULOvers. Contoh sederhananya, seperti rumah kedua atau motor yang sudah tidak terpakai. Tentunya akan menjadi tidak bijak jika kamu menjual rumah yang ditinggali untuk dana usaha ke depannya.

Siap Melesat Dana Usaha

4. Mencari Partner Usaha

Siap Melesat Dana Usaha

(source: Pexels

Jika kamu merasa tidak sanggup untuk membangun usaha sendiri dan memiliki networking yang luas, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencari dana usaha dari partner. Sekarang ini, banyak kalangan anak muda yang membangun bisnis franchise / waralaba bersama teman-teman sepermainan. Selain segi finansial, adanya partner usaha juga bisa mempermudah proses pengembangan usaha karena adanya tambahan ide yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga: Yuk, Kenali Kelebihan & Kekurangan Bisnis Waralaba!

Namun perlu diingat bahwa tidak semua teman sepermainan bisa menjadi partner usaha yang cocok. Akan lebih penting bagi JULOvers untuk mencari partner yang memiliki satu visi misi dalam mengembangkan bisnis. Jangan sampai usaha kamu bubar di tengah jalan dan tidak jadi berkembang sehingga tidak balik modal.

5. Pinjam ke Bank

Siap Melesat Dana Usaha

(source: Pexels

Selain menggunakan tabungan pribadi atau pinjam ke teman, kamu juga bisa mengajukan pinjaman ke bank terpercaya. Dengan mengajukan pinjaman ke bank, kamu bisa memiliki keleluasaan untuk memilih limit serta program tenor yang cocok untuk dana usaha ke depannya. Akan tetapi, wajib diingat bahwa JULOvers harus memiliki perencanaan bisnis yang matang serta rencana pelunasan yang konkrit. Jika sampai kamu lalai memenuhi kewajiban, BI Checking kamu bisa menjadi taruhannya dan akan sulit bagi kamu untuk mengakses layanan perbankan ke depannya.

Kelemahan dari metode satu ini adalah tidak semua orang memiliki riwayat kredit sehingga banyak orang yang tidak dapat mengajukan pinjaman atau kredit ke bank. Dengan demikian, tidak setiap orang memiliki kemudahan akses untuk menggunakan layanan kredit dari perbankan - baik pinjaman atau berupa kartu kredit.

6. Pakai Jasa Kredit Digital Legal

Siap Melesat Dana Usaha

Merasa tidak enak untuk pinjam ke teman atau sulit memiliki akses ke layanan perbankan? JULOvers bisa menggunakan layanan kredit digital legal yang sudah terdaftar dan berizin OJK - seperti JULO Kredit Digital. Tidak berdasarkan BI Checking, JULO Kredit Digital menggunakan sistem credit scoring berbasis AI (Artificial Intelligence) sehingga lebih banyak nasabah yang bisa mendapatkan limit kredit untuk berbagai keperluan seperti dana usaha.

Dengan limit maksimal 15 juta rupiah, layanan JULO Kredit Digital juga bisa dicicil sampai 9 bulan. Dengan bunga rendah dari 0,1% per hari sesuai standar AFPI, JULOvers juga bisa menentukan tanggal pembayaran sesuai dengan tanggal gajian. Selain itu, limit kredit JULO juga bisa digunakan untuk berbagai layanan berikut:

  • Tarik dan kirim dana
  • Isi Dompet Digital
  • Bayar E-commerce
  • Bayar tagihan listrik
  • Bayar tagihan BPJS
  • Bayar pulsa, data dan kartu pascabayar

Wah, pastinya praktis dan pas banget untuk dana usaha tambahan JULOvers!

Nah, berikut 6 cara mudah yang bisa JULOvers ikuti untuk mendapatkan dana usaha. Untuk kamu yang tertarik untuk menggunakan layanan JULO Kredit Digital sebagai dana tambahan, tidak perlu ragu karena JULO Kredit Digital memiliki sertifikasi ISO 27001 Full Scope mengenai manajemen keamanan informasi data.

Makanya, tunggu apalagi? Sudah #SiapMelesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital?

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan