ide bisnis makanan ringan

12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Pada masa yang serba digital ini, ide bisnis makanan ringan yang dapat dicoba pun sudah banyak berkembang. Makanan ringan tidak hanya dapat dijual melalui toko fisik saja sekarang, tetapi juga dapat dijual secara online kepada pelanggan yang ingin membelinya. Sudah ada banyak platform yang menyediakan jasa pemesanan makanan secara online.

Ide bisnis makanan ringan memang merupakan salah satu peluang usaha yang patut untuk dipertimbangkan karena dapat memberikan peluang keuntungan yang tinggi. Makanan ringan yang dapat JULOvers jual pun beragam, mulai dari camilan yang bisa dimakan kapan saja hingga frozen food yang siap digoreng kapan saja.

Jika JULOvers tertarik untuk membuka usaha makanan ringan, berikut ini adalah beberapa ide bisnis makanan ringan yang patut untuk dicoba. Yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Ide Bisnis Makanan Ringan Apa Yang Laris?

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang pula ide bisnis makanan ringan yang dapat JULOvers coba. Namun, di zaman yang seperti apapun, faktor rasa merupakan yang terpenting dari sebuah bisnis makanan. Maka dari itu, jenis makanan apapun yang ingin coba dijual, pastikan rasanya enak dan akan disukai oleh pelanggan.

Untuk membantu JULOvers yang ingin membuka usaha makanan, berikut ini adalah beberapa ide bisnis makanan ringan yang sedang viral dan layak untuk dicoba:

1. Dessert Box

aneka dessert dari coklat di dalam sebuah kotak berbentuk hati
Sumber: Pixabay

Jika JULOvers memiliki bakat untuk membuat aneka sajian kue penutup atau dessert seperti brownies, tiramisu, hingga tart, JULOvers bisa banget nih coba ide bisnis makanan ringan yang satu ini. Dessert box sendiri merupakan kumpulan aneka sajian kue penutup yang dikemas dalam kotak kaca atau plastik. Makanan ringan yang satu ini merupakan makanan kekinian yang sedang diminati oleh banyak orang.

Kemasan dari makanan ringan yang satu ini juga bisa JULOvers buat semenarik mungkin untuk menambah minat beli dari pelanggan. Selain itu, JULOvers juga dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan dengan melakukan promosi yang tepat. JULOvers dapat memanfaatkan platform media sosial hingga e-commerce untuk membantu pemasaran dan penjualan produk dessert box ini.

2. Salad Buah

salad buah dengan topping oats di dalam wadah
Sumber: Pixabay

Ide bisnis makanan ringan selanjutnya yang dapat JULOvers coba adalah salad buah. Kunci untuk memanfaatkan ide bisnis ini adalah pengemasan dan pengirimannya. Pastikan pengemasannya bagus dan tertutup rapat agar kualitas salad buah tidak menurun, pengiriman juga harus cepat dan hati-hati agar tidak merusak kemasan.

Baca Juga: 5 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Selain itu, pastikan juga bahwa JULOvers menggunakan buah-buahan yang masih segar serta mayonaise, keju parut, atau saus salad lainnya dibuat menggunakan bahan dengan kualitas terbaik. Percuma jika kemasan dan pengiriman sudah bagus tapi kualitas bahan dari salad buahnya sendiri kurang bagus.

Sudah banyak sekali orang yang ingin memulai pola makan sehat, jadi makanan seperti salad buah ini sudah bukan menjadi makanan ringan lagi tetapi juga biasa dijadikan sebagai menu utama makan siang. Maka dari itu, pastikan JULOvers menyediakan salad buah ini dengan berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar.

3. Makaroni, Basreng, dan Camilan Asin Lainnya

makaroni basreng siap santap
Sumber: Pixabay

Ide bisnis makanan ringan yang satu ini memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk menarik pelanggan. Tidak bisa dimungkiri bahwa camilan asin seperti makaroni dan bakso goreng merupakan teman nonton film favorit dari orang-orang Indonesia. Biasanya kita tidak bisa berhenti mengunyah sekali memakannya.

Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk membuka ide bisnis makanan ringan camilan asin ini juga relatif kecil. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak serta pengemasannya pun tidak harus mewah. Untuk menambah nilai jual, kreasikan rasa dari camilan asin ini dengan berbagai bahan seperti keju atau level kepedasan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah dan Cepat

Untuk memasarkannya, JULOvers dapat menggunakan platform media sosial saja karena pasti akan banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Selanjutnya JULOvers dapat memasukkan produknya ke dalam platform e-commerce agar pelanggan dapat mudah mengakses pilihan produk dan membelinya.

4. Seblak

seblak dengan sayur siap santap di sebuah piring kecil
Sumber: Pixabay

Seblak merupakan ide bisnis makanan ringan yang dalam beberapa tahun terakhir sedang hits di kalangan orang banyak. Makanan ringan yang satu ini dibuat menggunakan bahan dasar seperti kerupuk, telur, dan mie yang direbus dengan kuah yang biasanya memiliki rasa asin dan pedas.

Makanan ringan yang berasal dari Bandung ini sangat populer di kalangan anak muda seperti anak sekolahan. Biasanya mereka akan datang ke warung seblak dan memakannya di tempat sembari nongkrong. Namun belakangan ini seblak juga banyak diminati untuk dimakan di rumah sambil menjadi teman nonton.

Baca Juga: Usaha Kuliner, Usaha Menjanjikan yang Dapat Kamu Coba

Untuk menambah cita rasa dari seblak tersebut, JULOvers dapat menambahkan berbagai topping seperti ayam, sosis, bakso, siomay, dan masih banyak lagi. Sesuaikan saja dengan kreativitas dari JULOvers. Selain itu, pastikan juga pengemasannya bagus ya agar kuah seblak tidak tumpah.

5. Frozen Food

ayam goreng dengan saus dan mayones siap santap
Sumber: Pixabay

Ide bisnis makanan ringan selanjutnya adalah frozen food. Bisnis makanan ringan yang satu ini dapat membantu mempermudah pekerjaan memasak ibu atau bapak rumah tangga yang juga bekerja, atau kelompok orang yang memiliki ritme kerja yang sibuk, dan bahkan orang yang tidak bisa memasak tetapi tetap ingin mencicipi makanan rumahan.

Peluang bisnis ini dapat JULOvers manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Kunci kesuksesan dari ide bisnis makanan ringan ini adalah pemasaran dan jangkauan pengirimannya. Biasanya akan banyak pelanggan dari luar kota yang ingin membeli produk makanan ini, jadi pastikan kemasannya bagus dan dapat dikirim hingga luar kota.

Untuk jenis makanan rumahan yang disajikan bisa beragam, mulai makanan khas Indonesia hingga makanan luar negeri. Sebagai contoh, JULOvers dapat membuat frozen food ayam penyet sambal ijo, cumi asin, nasi goreng teri medan, hingga makanan khas luar negeri seperti dimsum, tteokbokki, karaage, maupun pizza dan spaghetti.

kredit digital Julo

6. Roti Bakar

roti bakar isi daging dan sayur
Sumber: Pexels

Roti bakar adalah salah satu makanan ringan kegemaran anak muda. Santapan satu ini dapat dinikmati kapan saja, khususnya pada malam hari.

Makanan ringan satu ini dapat JULOvers kreasikan dengan cukup mudah. Kamu bisa memulai dengan menggunakan aneka rasa selai. Lalu, kamu bisa berkreasi dari topping.

Selain mudah dikreasikan, ide usaha makanan ringan satu ini juga dapat JULOvers kombinasikan dengan menu lainnya, misalnya minuman. Kamu bisa menjualan minuman, seperti susu hingga kopi, untuk menemani pelanggan kamu saat menyantap roti bakar.

Dari sisi minumannya juga kamu dapat berkreasi dengan mudah; mulai dari rasa hingga ukuran.

kredit digital Julo

7. Aneka Keripik

keripik kentang di dalam wadah
Sumber: Pexels

Keripik adalah ide jualan makanan yang juga menguntungkan. Makanan ringan satu ini sangat cocok untuk dijadikan santapan ringan saat sedang bersantai atau menjamu tamu.

JULOvers juga dapat dengan mudah mengembangkan atau membuat inovasi dari produk makanan ringan satu ini. Kamu bisa mulai dengan membuat variasi dari bahan pembuatnya, misalnya keripik singkong, keripik pisang, dan lainnya.

Selain dari bahan pembuatnya, kamu juga bisa melakukan inovasi dari bumbu penyedapnya. Misalnya, kamu bisa menambahkan bumbu pemanis, balado, atau keju bada produk aneka keripik kamu.

Selain rasa dan bahan penyedap, kamu juga berkreasi dengan mengolah keripik bersama bahan lainnya. Salah satu contoh yang paling unik yang bisa kamu coba adalah keripik tahu.

8. Telur Gulung

seorang koki sedang memotong telur gulung
Sumber: Pexels

Makanan ringan satu ini merupakan salah satu makanan yang telah lama berada di Indonesia. Mungkin JULOvers pernah menemukan makanan ringan ini sewaktu kecil.

Makanan yang dahulu sempat populer di Indonesia ini kini telah menjadi salah satu makanan kegemaran anak muda. Selain untuk merasakan nostalgia masa kecil, orang-orang banyak menyukai telur gulung karena rasa dan juga variasinya.

Untuk mengkreasikan makanan ringan satu ini, kamu bisa mulai dari 'dalaman' makanan ini. Misalnya, kamu bisa menambahkan telur puyuh ke dalam produk telur gulung kamu. Selain telur puyuh, kamu juga bisa memasukkan sosis berbagai rasa.

Selain dari segi isi, kamu juga bisa mengkreasikan telur gulung dari saosnya. Kalau dulu orang-orang hanya menjual telur gulung dengan saos sambal atau tomat, kini kamu dapat mengkreasikannya dengan saos lain, misalnya bumbu sate, mayonais, dan bahkan bumbu rendang.

9. Dimsum

dimsum di dalam wadah plastik
Sumber: Pexels

Kepopuleran makanan ringan satu ini tidak perlu JULOvers ragukan lagi. Makanan beku ini sangat populer karena cara menyiapkannya yang mudah serta dapat bertahan lama.

Selain populer di Indonesia, makanan ringan satu ini juga relatif mudah untuk kamu kreasikan. Kamu bisa berinovasi dengan mengganti isi dari produk dimsum kamu.

Misalnya, kamu bisa menambahkan variasi udang sebagai isi dari dimsum kamu atau menggunakan varian daging lainnya. Selain dari isi, kamu juga bisa mengkreasikan produk dimsum kamu melalui topping atau sausnya.

Kamu, misalnya, bisa menambahkan lelehan keju pada dimsum kamu. Lalu, kamu juga bisa menambahkan saus mentai yang sedang menjadi tren akhir-akhir ini. Sebagai sentuhan akhir, JULOvers juga bisa membalut produk dimsum dengan nori untuk menambah cita rasa dari dimsum.

10. Kebab

kebab berisi daging dan keju serta krim
Sumber: Pexels

Kebab adalah salah satu ide usaha makanan ringan yang menguntungkan. Kamu bisa menjualnya secara berkeliling dengan gerobak atau mencari lokasi usaha strategis dan membuka gerai.

Makanan ringan satu ini juga dapat JULOvers kreasikan dengan relatif mudah. Salah satu cara yang paling umum adalah tentunya dengan menyediakan variasi isi dari produk kebab kamu sendiri. Misalnya, kamu bisa menjual kebab berisi coklat dan/atau pisang. Kornet dan sosis juga dapat kamu gunakan untuk mengkreasikan kebab.

Selain dari isi, kamu juga dapat melakukan inovasi dari sisi kulit kebab. JULOvers, misalnya, dapat membuat kulit kebab yang gluten free untuk menarget orang-orang yang ingin makan sehat. Lalu, kamu juga dapat bekreasi dengan membuat kulit kebab dari kulit tempe dan barbeque.

11. Pempek

pempek dan cuka di atas piring
Sumber: Pexels

Hidangan satu ini tentu sudah tidak perlu JULOvers ragukan lagi reputasinya. Pempek telah menjadi makanan kegemaran banyak orang karena rasa dan variasinya. Makanan ringan satu ini cocok untuk disantap di saat santai atau sebagai makanan utama.

Makanan ini juga dapat kamu kembangkan dengan cukup mudah. Kamu bisa mulai dengan menambahkan isi dari produk pempek kamu, misalnya dengan keju, sosis, udang, atau bahkan cabai untuk menambah sensasi pedas dari makanan.

Selain dari isi, kamu juga bisa mengembangkan produk pempek kamu dari sisi adonan. JULOvers bisa mencoba membuat mencampurkan sayuran pada adonan pempek kamu. Campuran sayuran ini tidak hanya akan dapat menambah rasa tapi juga mengubah warna; kamu dapat menjual pempek warna warni.

Kamu juga bisa membuat donat dari pempek. Tinggal tambahkan bolongan pada bagian tengah adonan pempek dan topping seperti topping donat pada umumnya.

Selain dari isi dan juga adonan, kamu juga bisa berinovasi dengan membuat pempek dalam berbagai ukuran. JULOvers bisa membuat pempek yang besar dan menjadikannya kue ulang tahun. Kamu juga bisa membuat ukuran yang sangat besar yang dapat disantap hingga puluhan orang. Makanan yang seperti ini tentunya akan memiliki nilai viral yang sangat tinggi.

12. Martabak

Martabak
Sumber: Pexels

Ide jualan makanan terakhir satu ini mungkin tidak membutuhkan perkenalan. Martabak telah menjadi pilihan utama banyak orang ketika mencari makanan ringan di malam hari. Makanan ini cocok untuk disantap bersama atau dijadikan hadiah untuk orang lain.

Untuk inovasinya sendiri, JULOvers sudah dapat menemukan berbagai jenis martabak yang dapat kamu tiru. Kamu bisa menggunakan berbagai macam topping untuk membuat martabak kamu semakin variatif.

Selain dari topping, kamu juga dapat berkreasi dengan kulitnya. Misalnya, kamu bisa menambahkan strawberry atau buah perasa lainnya untuk membuat adonan martabak kamu semakin special.

Selain kedua aspek yang sudah dibahas, kamu juga dapat berkreasi dengan ukuran. Bagi beberapa orang, martabak pada umumnya memiliki ukuran yang terlalu besar, apalagi jika untuk dimakan sendiri.

Maka dari itu, kamu bisa berkreasi dengan menciptakan berbagai ukuran martabak. Salah satu jenis ukuran martabak yang digemari adalah martabak mini. Ukurannya sangat pas untuk dijadikan kudapan sendiri atau dimakan bersama-sama dalam jumlah yang cukup banyak.

Itulah penjelasan tentang ide bisnis makanan ringan yang dapat JULOvers coba. Ada banyak ide bisnis makanan ringan yang dapat kamu coba. Untuk menemukan yang tepat, kamu bisa mulai dengan melihat barang-barang dan modal apa saja yang kamu miliki untuk memulai bisnis makanan ringan.

Jika tertarik untuk membuka salah satunya tetapi belum memiliki modal, JULOvers dapat melakukan pinjaman di JULO kredit digital. Peminjaman di JULO dapat dilakukan secara online, jadi JULOvers dapat melakukannya dengan mudah di mana saja. Selain itu, peminjaman yang dilakukan juga sudah pasti aman.

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha makanan ringan kamu bersama JULO dan manfaatkan promo #SiapMelesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital. Semoga penjelasan tentang ide bisnis makanan ringan yang ramah pemula ini bisa membantu JULOvers semua yah!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…