cara berbisnis makanan

5 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Masa pandemi COVID-19 membuka banyak peluang bagi masyarakat Indonesia untuk menjalankan bisnis kuliner. Namun, bagaimana cara berbisnis makanan di tengah pandemi seperti saat ini?

Bisnis F&B menjadi bidang usaha yang tidak akan pernah mati karena semua orang butuh makan di dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, JULOvers perlu melihat peluang ini untuk mendapatkan penghasilan yang lebih lagi melalui bisnis makanan.

Namun, menjalankan bisnis makanan di tengah pandemi seperti saat ini memang memiliki tantangan tersendiri. Oleh karena itu, melalui artikel ini, Julo akan memberikan berbagai tips yang dapat kamu ikuti dalam menjalankan bisnis kuliner di tengah pandemi.

Bagaimana Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan?

Berikut ini, ada 5 hal yang perlu JULOvers lakukan untuk dapat menjalankan bisnis makanan hingga sukses dan menguntungkan, yaitu:

1. Membuat Kreasi Makanan yang Kekinian

burger keju berisi sayuran dan daging

(Sumber: Pexels)

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menjalankan bisnis makanan yang sukses adalah dengan membuat kreasi menu yang kekinian. JULOvers bisa menyontek berbagai kreasi makanan yang kekinian saat ini seperti salted egg, martabak matcha, donat Indomie, banana nugget, cheese toast, dan masih banyak lagi.

2. Menentukan Target Pasar dengan Spesifik

sebuah panah menancap tepat di tengah papan panah

(Sumber: Pexels)

Hal yang penting dalam menjalankan bisnis di bidang apapun termasuk makanan adalah menentukan target pasar dengan spesifik. Masih banyak pebisnis, khususnya pebisnis pemula, yang tidak menentukan target pasar secara spesifik dan hal ini tentu memiliki berbagai dampak.

Ketika sebuah bisnis tidak memiliki target pasar yang spesifik, maka akan ada banyak waktu, tenaga, dan uang yang dikeluarkan ketika melakukan kegiatan promosi. Maka dari itu, JULOvers dapat menentukan target pasar dengan spesifik baik dari segi siapa yang akan dituju maupun lokasi mana yang ingin dijangkau.

kredit digital Julo

3. Menggunakan Packaging yang Unik dan Menarik

deretan makanan di rak dengan kemasan menarik

(Sumber: Pixabay)

Packaging atau kemasan menjadi komponen penting untuk meningkatkan harga jual makanan. Oleh karena itu, JULOvers dapat membuat packaging yang unik dan menarik agar orang tertarik untuk membeli makanan yang kamu jual.

Dengan packaging yang unik dan menarik, kamu bisa mendapatkan sarana promosi secara cuma-cuma, lho! Pembeli pasti ingin mendokumentasikan makanan yang mereka beli dan mengunggahnya melalui akun media sosial mereka.

4. Melakukan Promosi Secara Online

layar handphone yang menampilkan ikon berbagai sosial media

(Sumber: Pexels)

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, JULOvers dapat memanfaatkan internet untuk melakukan kegiatan promosi. Kamu dapat menggunakan media sosial untuk mengunggah foto-foto makanan yang dijual agar pengguna media sosial lainnya dapat mengetahui seperti apa bentuk makanan yang akan mereka terima.

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini!

Perlu kamu ketahui juga, kegiatan promosi secara online juga dapat menjangkau lebih banyak orang dan tidak memiliki batasan seperti kegiatan promosi secara offline. Selain itu, waktu, tenaga, dan uang yang dikeluarkan juga dapat digunakan secara efektif.

5. Menyediakan Layanan Pesan Antar

seorang wanita sedang menerima pesanannya yang dikirim

(Sumber: Pexels)

Hal terakhir yang dapat JULOvers lakukan untuk menjalankan bisnis makanan di tengah pandemi adalah dengan menyediakan layanan pesan antar. Era pandemi membuat berbagai gerai makan dan restoran harus membatasi jumlah pelanggan.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang ingin menikmati makanan tersebut dari rumah untuk menjaga diri dari paparan virus? Maka dari itu, layanan pesan antar dapat menjadi solusi terbaik untuk menjalankan bisnis makanan di era pandemi.

Kamu juga bisa bekerja sama dengan berbagai platform seperti GrabFood, Go-Food, ShopeeFood, dan lainnya. Melalui platform tersebut, kamu dapat meningkatkan penjualan makanan secara signifikan.

Jadi, tunggu apalagi? Ini saat yang tepat bagi JULOvers untuk memulai bisnis makanan di tengah pandemi. Apabila kamu membutuhkan pinjaman dana untuk memulai bisnis kuliner ini, silakan cek aplikasi kredit digital yang mudah dari JULO. Kami menyediakan pinjaman dana untuk memenuhi segala kebutuhan kamu. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…