cara mendapatkan modal usaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Mudah dan Cepat

Ada berbagai macam cara mendapatkan modal usaha yang bisa kamu lakukan. Tanpa adanya modal, maka mewujudkan sebuah ide usaha bisa menjadi tantangan berat. Jika ingin meringankan langkah kamu, maka mau tidak mau mencari modal menjadi salah satu kegiatan awal yang harus dilakukan dengan benar.

Banyak ide bisnis menarik serta menjanjikan gagal terwujud karena terhalang oleh modal. Bahkan beberapa pebisnis muda kebingungan bagaimana cara mendapatkan uang dalam membangun usaha mereka. Sebelum memutuskan menggunakan tabungan pribadi JULOvers saat ingin memulai bisnis, ada beberapa cara mendapatkan modal awal usaha yang patut dicoba. Yuk, perhatikan berbagai macam cara untuk mendapatkan dana usaha dengan mudah di sini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha Dengan Efektif?

seseorang memegang tiga lembar uang seratus ribu rupiah

(Sumber: Pexels)

Modal merupakan istilah untuk menggambarkan segala hal yang dapat memberikan nilai atau manfaat kepada pemiliknya. Contohnya seperti pabrik dan mesinnya, kekayaan intelektual, atau aset berbentuk uang. Pengetahuan serta skill bisa disebut sebagai modal karena berguna dalam menghasilkan keuntungan, terlebih lagi pada zaman modern ini.

Tetapi masyarakat luas lebih mengenal modal dalam bentuk uang yang digunakan pada bisnis serta investasi. Modal menjadi komponen penting saat menjalankan bisnis dari hari ke hari serta sumber dana dalam mendukung pertumbuhannya pada masa mendatang. Modal usaha dapat berasal dari berbagai macam sumber, umumnya didapatkan melalui pinjaman atau hasil pendapatan.

Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas, berikut ini beberapa cara mendapatkan modal usaha yang bisa JULOvers pelajari sehingga membantu ketika ingin memulai sebuah bisnis.

1. Inkubator dan Akselerator Bisnis

dua orang wanita sedang bekerja di depan laptop

(Sumber: Pexels)

Ketika memulai bisnis, modal berperan penting ketika membangun fondasi awal. Pada saat memulai inilah kamu dapat mempertimbangkan program Inkubator dan Akselerator sebagai opsi pendanaan ide usaha. Saat ini ada banyak jenis program untuk bisa kamu ikuti. Namun sebelum memilih opsi ini, JULOvers harus tahu perbedaan antara keduanya.

Terdapat perbedaan mendasar antara istilah inkubator dan akselerator bisnis. Inkubator dapat dianalogikan seperti orang tua yang memelihara anak alias sebuah bisnis dengan menyediakan peralatan dan pelatihan serta jaringan agar bisnis mampu berkembang. Sedangkan itu, Akselerator kurang lebih sama dengan inkubator. Tetapi, hal ini lebih berfokus pada tujuan membantu bisnis mengambil langkah besar untuk bertumbuh.

Baca Juga: 4 Tips Berbisnis dengan Modal Kecil

Program-program ini biasanya berjalan selama 4-8 bulan dan membutuhkan komitmen waktu dari pemilik bisnis. Kamu juga mendapatkan kesempatan menjalin hubungan baik dengan mentor, investor, dan sesama pemilik bisnis lainnya menggunakan platform ini.

2. Mendapatkan Modal Melalui Venture Capital

seorang wanita sedang menjelaskan ide bisnisnya dalam sebuah meeting

(Sumber: Pexels)

Venture capital adalah dana yang dikelola secara profesional dan digunakan berinvestasi di perusahaan dengan potensi untuk berkembang menjadi besar. VC menawarkan keahlian, bimbingan, serta berperan penting dalam mengevaluasi bisnis dari sudut pandang keberlanjutan dan skalabilitas.

Mendapatkan modal dari VC mungkin sesuai cocok bagi usaha kecil yang sudah berada di luar fase startup dan mulai menghasilkan pendapatan. Namun, kebanyakan VC ingin sebuah bisnis mampu mengembalikan investasi mereka dalam jangka waktu tiga sampai lima tahun. Jika bisnis membutuhkan waktu lebih lama dari itu untuk bisa menembus pasar, maka investor mungkin tidak terlalu tertarik pada kamu.

 

kredit digital Julo

3. Mencari Modal Dari Angel Investor

dua orang sedang memperhatikan grafik pada sebuah tablet

(Sumber: Pexels)

Angel investor merupakan individu yang berminat untuk berinvestasi pada bisnis. Tidak hanya bekerja sebagai individu, para investor ini juga memiliki kelompok jaringan yang menyaring proposal secara kolektif sebelum mulai berinvestasi. Mereka juga dapat menawarkan pendampingan atau saran guna membantu bisnis.

Angel investor telah membantu memulai banyak perusahaan terkemuka, termasuk Google, Yahoo dan Alibaba. Biasanya para angel investor akan masuk pada tahap awal pertumbuhan bisnis, mengharapkan ekuitas hingga 30%. Mereka lebih suka mengambil lebih banyak risiko dalam investasi demi mendapatkan pengembalian lebih tinggi.

4. Bootstrapping Bisnis Kamu

seseorang mengeluarkan berbagai nominal rupiah dari dompet

(Sumber: Pexels)

Bootstrapping merupakan istilah penyebutan dari modal yang didapatkan melalui kegiatan self-funding alias menggunakan dana pribadi. Pebisnis pemula sering mengalami kesulitan mendapatkan modal, menggunakan tabungan kamu sendiri atau meminta dana dari keluarga dan teman merupakan opsi yang patut dicoba. 

Baca Juga: Kenali 5 Sumber Modal Usaha Pilihan Pebisnis Ini

Pilihan ini bagus jika bisnis milikmu belum terlalu membutuhkan modal besar di awal. Lain cerita jika ide usaha JULOvers membutuhkan dana besar untuk bisa memulainya, sebisa mungkin hindari opsi satu ini.

5. Mendapatkan Modal Dari Pinjaman Bank Atau Lembaga Keuangan Lainnya

seseorang sedang menandatangani sebuah dokumen

(Sumber: Pexels)

Bank menyediakan kredit untuk kamu ambil ketika ingin digunakan dalam mengembangkan ide usaha. Namun ada syarat tertentu yang harus dipenuhi, seperti nilai skor kredit harus berada pada kondisi bagus serta harus memiliki rekening di bank tersebut. Jika berhasil memenuhi syarat tersebut, maka kamu bisa mendapatkan dana pinjaman yang dibutuhkan.

Baca Juga: Berniat Mengajukan Pinjaman di Bank? Pelajari Dulu Cara Menghitung Bunga Pinjamannya!

Itulah berbagai macam cara mendapatkan modal usaha. Pilihlah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu. Selain itu, ada juga perusahaan fintech yang menawarkan kredit digital untuk digunakan dalam memenuhi berbagai macam hal seperti modal usaha, salah satunya JULO. 

Ada banyak kelebihan dari kredit digital ini. Seperti proses pengajuan kredit begitu mudah serta cepat dan memiliki suku bunga rendah. Tidak heran jika pinjaman online populer untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat.

Jika tertarik, maka kamu bisa menggunakan pinjaman paylater dari JULO. Dapatkan modal pengembangan usaha kamu sekarang dan cicil secara perlahan dengan tenor yang fleksibel. Kamu tidak perlu takut karena JULO sudah mendapatkan izin dari OJK.

Jadi tunggu apalagi? Saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Temukan ide bisnis sederhana, seperti menjual kaos, paket data dan pulsa, hingga parcel atau hampers, untuk menambah…

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Makanan Online yang Laris di Pasaran

Temukan ide bisnis makanan online yang laris di pasaran, seperti seblak, makarani goreng, aneka keripik, dan salad buah…