pinjaman modal usaha

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

Kamu sedang bingung mencari cara mendapatkan pinjaman modal usaha? Kamu ada di artikel yang tepat! Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara mendapat pinjaman modal untuk usaha JULOvers. Memang benar bahwa banyak usaha yang tidak memerlukan modal besar. Namun dalam suatu waktu, kamu pasti perlu mengeluarkan modal yang cukup besar untuk menambah barang atau produksi, dan mungkin untuk mengembangkan sayap bisnis. Oleh karena itulah cara yang akan dijelaskan berikut ini akan membantu kamu mengatasi hal tersebut, simak sampai selesai ya. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha?

Adapun beberapa cara mendapatkan pinjaman modal usaha adalah sebagai berikut:

1. Menggadaikan Aset

tumpukan batangan emas

(Sumber: Pexels)

Apabila tidak ada tabungan dan dana sama sekali yang bisa digunakan, kamu bisa mencoba menggadaikan barang-barang yang ada di rumah. Bisa televisi, emas batangan, perhiasan, BPKB kendaraan, dan aset-aset lainnya. Saat memilih tempat pegadaian, perhatikan baik-baik apakah tempat tersebut legal dan bisa dipercaya. Kamu bisa mengecek tempat pegadaian tersebut pada daftar yang ada di OJK, untuk memastikan legalitas tempat tersebut.

Baca Juga: Pinjaman Cepat, Ini Dia 4 Sumber yang Bisa Kamu Coba! 

2. Meminjam dari Teman dan Keluarga

seseorang memberikan uang

(Sumber: Pexels)

Melakukan pinjaman dari teman atau keluarga juga bisa jadi alternatif saat dana tabungan dan dana hasil gadaian tidak cukup. Saat ingin melakukan pinjaman pada teman atau keluarga, kamu perlu menjelaskan dengan detail mengenai rencana usaha yang akan dijalankan. Pastikan bahwa teman atau keluarga kamu benar-benar mengerti semua rencana dan menyetujui pinjaman dengan sukarela. 

Apabila kamu ditemukan sebagai orang yang bisa dipercaya, maka teman atau keluarga pasti akan memberikan pinjaman. Supaya hubungan baik tetap terjalin, ada baiknya kamu membuat perjanjian di atas materai perihal pinjaman uang yang diberikan. Dengan begitu saat ada kejadian di hari depan, kedua pihak bisa mengacu pada perjanjian yang telah dibuat. 

3. Pinjaman Online

tumpukan uang dalam berbagai nominal

(Sumber: Pexels)

Pinjaman online juga bisa jadi alternatif untuk modal usaha kamu. Saat ini sangat banyak pilihan pinjaman online yang bisa kamu pilih dan gunakan jasanya untuk mengembangkan usaha. Prosesnya juga cepat dan mudah karena dilakukan secara online tanpa harus pergi ke tempatnya. 

Namun kamu perlu memperhatikan dan mewaspadai tindakan penipuan berkedok pinjaman online. Sebelum mengajukan pinjaman, JULOvers perlu mengecek pinjol tersebut di daftar AFTECH yang ada di OJK. 

kredit digital Julo

4. Pinjaman Koperasi

seseorang memegang uang di kedua tangan

(Sumber: Pexels)

Jika di sekitar rumah kamu terdapat koperasi, cobalah bertanya apakah koperasi tersebut menyediakan layanan pinjaman. Biasanya koperasi juga menyediakan layanan pinjaman bagi para anggota yang ada. Ini berarti salah satu syarat untuk dapat meminjam di koperasi adalah menjadi anggota koperasi tersebut. Setelah itu ada beberapa dokumen yang perlu kamu bawa sebagai syarat pengajuan pinjaman. 

5. Bantuan Pemerintah

seseorang memberikan uang di depan gedung pemerintahan

(Sumber: Pixabay)

Pemerintah memiliki program bantuan untuk para pelaku UMKM yang ada di Indonesia. Pemerintah mulai memberikan fokus kepada pelaku UMKM, supaya mereka dapat bertahan di keadaan yang tidak mudah seperti pandemi ini. Bantuan ini disebut bantuan langsung tunai (BLT) dan kamu bisa mendaftarkan usaha ke link oss.go.id/oss. 

Ada berbagai persyaratan umum dan dokumen yang harus kamu siapkan untuk mendapatkan bantuan ini. Bantuan yang disediakan oleh pemerintah untuk masing-masing UMKM berbeda setiap tahunnya, oleh karena itu kamu perlu selalu ter-update dengan berita yang ada.

6. Pinjaman Bank

dua orang sedang bertransaksi meminjam uang

(Sumber: Pexels)

Cara terakhir adalah dengan melakukan pinjaman di bank. Sebelum meminjam dari bank, pastikan juga bahwa semua perencanaan kamu sudah matang. Sebagai persiapan dan perencanaan, kamu bisa menghitung bunga cicilan per bulan yang perlu dibayar. Dengan mengetahui hal ini, kamu jadi bisa merencanakan semuanya dengan lebih baik. 

Demikian beberapa cara mendapatkan pinjaman modal usaha yang bisa kamu lakukan. JULOvers sedang mencari tempat pinjaman yang aman, tepercaya, dan sudah memiliki izin OJK? JULO adalah tempatnya! 

Kamu bisa memanfaatkan layanan kredit digital untuk melakukan beberapa pembayaran besar saat ini dan membayarnya di kemudian hari. JULO merupakan kredit digital yang sudah membantu banyak orang mencapai impian mereka mengenai usaha, rumah dan lainnya. Yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…