Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Inspirasi Usaha Modal Kecil Yang Menguntungkan?
1. Berjualan Makanan
2. Dropshipper
3. Usaha Jasa Titip
4. Usaha Baju Bekas
5. Usaha Franchise
6. Membuka Warung Kopi
7. Membuka Jasa Menjahit Pakaian
8. Memaksimalkan Kemampuan Kamu

8 Inspirasi Usaha Modal Kecil dari Rumah yang Bisa Kamu Coba!

inspirasi usaha modal kecil

Ada berbagai inspirasi modal usaha kecil dari rumah yang bisa JULOvers coba sendiri. Benar sekali, usaha pada saat ini sudah tidak perlu modal yang besar. Hanya dengan modal kecil saja, JULOvers sudah dapat membangun usaha sendiri. Apa saja usaha yang menarik dicoba di tengah masa pandemi seperti sekarang ini? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini hanya untuk JULOvers.

Apa Saja Inspirasi Usaha Modal Kecil Yang Menguntungkan?

Coba kamu memperhatikan orang-orang di sekitar. Pasti kamu melihat bahwa semakin banyak orang yang membangun usaha sendiri. Dari usaha pakaian, makanan, hingga layanan jasa. Jika kamu memang sedang ingin mencoba menjalankan usaha sendiri, ada cukup banyak peluang bisnis rumahan yang dapat dicoba. Inilah beberapa pilihan usaha modal kecil.

1. Berjualan Makanan

seorang pria berjualan makanan

(Sumber: Pexels)

Kamu pasti sadar bahwa usaha makanan semakin hari semakin banyak. Dari makanan sejenis camilan, makanan berat, hingga dessert, semuanya sudah ada di sekitar kita. Potensi keuntungan dari menjual makanan memang besar. Keuntungan ini didapatkan dari harga yang diberikan sehingga mampu menutup biaya produksi. 

Ada beberapa macam makanan yang dapat kamu coba, seperti aneka kue (donat, risoles, kue bolu) hingga makanan berat seperti ayam goreng, ikan bakar, dan ayam geprek. Kamu juga dapat memilih makanan yang sedang hype atau naik daun dalam beberapa waktu terakhir. Contohnya ada seblak dan pisang nugget.

Jangan lupa untuk memaksimalkan peran pemesanan via ojek online agar semakin banyak orang yang membeli produk kamu.

Baca Juga: 5 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

2. Dropshipper

seorang dropshipper mempersiapkan kiriman dropshipnya

(Sumber: Pexels)

Apakah kamu pernah mendengar tentang dropshipper? Bisnis dropshipper hanya perlu bermodalkan ponsel atau komputer dan jaringan internet saja. 

Sistem dropship ini memang cukup unik. Kamu dapat membuka toko online di marketplace untuk menjual berbagai jenis produk pilihan. Uniknya, kamu sebenarnya tidak memiliki stok barang tersebut di rumah, melainkan menjual produk milik bisnis lain.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Alasan Mengapa Kamu Harus Memulai Bisnis Online Di Sini!

Bisa dibilang kamu menjadi perpanjangan tangan dari bisnis lain tersebut. Jika ada yang memesan salah satu barang dari toko online kamu, maka langkah selanjutnya dapat membeli barang dari bisnis lain tersebut lalu dikirimkan langsung ke pemesan. Saat ini beberapa marketplace telah menyediakan sistem pengiriman khusus untuk dropshipper sehingga lebih memudahkan bisnis ini berjalan.kredit digital Julo

3. Usaha Jasa Titip

seorang wanita memegang beberapa tas belanja hasil jasa titip

(Sumber: Pexels)

Usaha jasa titip atau biasa dikenal juga dengan jastip dapat menjadi usaha tanpa perlu mengeluarkan modal besar. Saat kamu sedang bepergian, promosikan barang-barang yang dapat kamu beli di media sosial.

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini!

Beberapa barang yang biasanya dijadikan usaha jasa titip, seperti kosmetik, pakaian, aksesoris, hingga mainan yang tidak dijual di berbagai daerah di Indonesia.

4. Usaha Baju Bekas

seorang wanita sedang berbelanja baju bekas

(Sumber: Pexels)

Saat ini usaha baju bekas cukup banyak dilirik karena sedang menjadi tren. Banyak anak muda yang rela mengeluarkan uang lebih besar untuk membeli baju bekas karena membawa sisi keunikan tersendiri. 

Kamu dapat membeli baju bekas dengan kondisi yang cukup baik, ditambah nilai sejarahnya juga. Contohnya baju band, film, atau brand yang terhitung terkenal. Kamu bisa mempromosikan baju-baju tersebut di media sosial dan toko online.

5. Usaha Franchise

Free stock photo of acquaintance, adoption, adoption documents Stock Photo

Sumber: Pexels

Bisnis waralaba, atau franchise adalah salah satu usaha modal kecil yang digemari oleh banyak orang. Dengan membayar biaya franchise, JULOvers sudah bisa mendapatkan produk, materi pemasaran, hingga mendapat bantuan untuk menemukan lokasi serta promosi di media sosial.

Usaha franchise juga menawarkan fleksibilitas di mana kamu dapat memilih produk atau jenis usaha yang kamu sukai dan kuasai. Dengan begitu, kamu dapat memanfaatkan pengetahuan dan keahlian kamu untuk mengelola produk franchise dengan lebih baik.

6. Membuka Warung Kopi

kerja, kafe, kedai kopi, kopi, orang-orang, restoran, toko, bisnis, Desain, interior coffee shop, pemilik usaha kecil

Sumber: Pxhere

Apakah kamu sedang mencari usaha yang dapat kamu jadikan usaha sampingan? Jika iya, maka membuka warung kopi dapat kamu jadikan pilihan yang tepat.

Sebagai usaha sampingan, kamu dapat membuka warung kopi kamu ketika kamu telah selesai bekerja, misalnya setelah pukul 6 atau 7 malam. Walaupun tidak akan mendapatkan pelanggan sebanyak jika kamu membuka usaha ini seharian, kamu tetap akan mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang lumayan karena orang-orang biasanya akan mencari kopi ketika malam hari.

Lalu berapa modal yang kamu butuhkan untuk membuka warung kopi? Umumnya, modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha ini sekitar 5 juta rupiah. Biaya ini sudah termasuk biaya membeli peralatan dan furnitur. Namun, jika kamu harus menyewa tempat karena kamu tidak memiliki ruangan kosong di rumah, modal yang kamu butuhkan akan semakin besar.

kredit digital Julo

7. Membuka Jasa Menjahit Pakaian

jarum, wanita, roda, wanita, peralatan, mesin, mode, industri, mengukur, kerajinan, pakaian, kain, benang, bahan, kain, jahit, benang, menjahit, menyesuaikan, gelendong, tekstil, seni, Desain, buatan tangan, menjahit, penjahit, jahitan, sulaman, penjahit wanita

Sumber: Pxhere

Bagi kamu yang memiliki kemampuan menjahit, kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis untuk menjahit pakaian.

Apa yang membuat usaha ini menarik?

Bisnis menjahit pakaian mungkin tidak terdengar terlalu menguntungkan. Akan tetapi, jasa menjahit pakaian yang dipadukan dengan konsep yang menarik dapat membuat bisnis ini menguntungkan.

Misalnya, kamu bisa memberikan layanan untuk membuat desain custom di mana pelanggan dapat membuat pakaian sesuai dengan desain dan bahan yang mereka inginkan. Lalu, kamu juga bisa memadukan usaha ini dengan usaha pakaian lainnya, misalnya dengan usaha pakaian bekas. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

8. Memaksimalkan Kemampuan Kamu

dua wanita bekerja sama memaksimalkan kemampuan

(Sumber: Pexels)

Inspirasi usaha modal kecil yang dapat kamu lakukan di rumah bisa dimulai dari memaksimalkan kemampuan sendiri. Apakah kamu bisa menulis, fotografi, atau desain grafis? Beberapa kemampuan tersebut dapat kamu kembangkan sebagai bisnis sendiri.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Kamu dapat menjual jasa layanan penulisan artikel, fotografi, hingga desain sesuai dengan kemampuan kamu. Usaha ini lebih mudah untuk dijalankan karena kamu tidak perlu membuka lahan usaha baru. Semuanya dimulai dari diri sendiri.

Untuk membangun usaha sendiri di rumah memang tetap memerlukan modal. Sekarang JULOvers tidak perlu bingung mencari modal usaha. Dapatkan modal Rp1 juta melalui JULO kredit digital teraman di Indonesia. Download aplikasinya dan wujudkan bisnismu bersama JULO!

Artikel Lainnya