ide bisnis rumahan modal kecil

12 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Bisnis saat ini bisa dilakukan dari mana saja. Tidak perlu kantor yang besar, ruang tamu rumah sudah cukup ketika kamu ingin memulai bisnis kecil-kecilan. Dari sini kamu akan bisa meraih keuntungan yang besar tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Tetapi bukan berarti segala macam bentuk bisnis bisa kamu jalankan dari rumah. Berikut ini adalah berbagai macam ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa kamu coba untuk jalankan. Siapa tahu dari sini kamu akan bisa mengembangkannya menjadi bisnis yang lebih besar lagi.

Apa Saja Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Pemula?

Dengan beragam perkembangan teknologi yang terjadi, ada banyak kemudahan yang bisa kita rasakan. Salah satunya dalam menjalankan bisnis. Kini semuanya bisa diatur melalui perangkat yang bisa kamu bawa kemana-mana. Menjalankan bisnis dari rumah tanpa perlu menyediakan kantor menjadi sebuah tren yang mungkin bisa kamu coba. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis rumahan yang bisa dimulai dengan modal kecil.

1. Menjual Produk Buatan Sendiri

seorang pria sedang berjualan di stand
Sumber: Pexels

(Sumber: Pexel)

Memiliki keahlian untuk membuat kerajinan tidak boleh kamu biarkan begitu saja. Kamu harus mempertimbangkan untuk mengubah hobi itu menjadi bisnis. Kamu bisa menyimpan dan menjualnya dari rumah sendiri. Dari sini kamu bisa memiliki kontrol hampir setiap aspek produk yang dijual, berarti kamu bisa lebih hemat dari segi biaya serta mampu meningkatkan kualitasnya. Bahkan jika kamu tidak memiliki kemampuan ini namun mengenal orang yang bisa menghasilkan produk, maka jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Sarana untuk melakukan penjualan pun kini sudah banyak.

2. Dropshipping

seorang pria keluar dari layar untuk memberikan paket
Sumber: Pixabay

Tidak memiliki tempat yang luas untuk menyimpan inventaris mungkin menjadi salah satu kelemahan ketika menjalankan bisnis dari rumah. Namun saat ini hal tersebut tidak akan menjadi sebuah masalah. Kamu bisa coba bisnis Dropshipping, sebuah model bisnis dari rumah berbasis online. Kamu tidak perlu mengelola produk fisik, bangun kemitraan dengan pemasok yang siap menyimpan, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan. Buatlah toko online menarik dengan pemasaran yang mumpuni untuk menggaet pelanggan.

Baca Juga: Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Lakukan 6 Ide Mudah Ini!

3. Print on Demand

kumpulan foto hasil cetakan print on demand
Sumber: Pexels

Print on demand bisa menjadi salah satu ide bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa kamu coba. Kamu bisa menjual desain casing telepon, mug, dan kaos. Pada bisni ini, kamu tidak perlu mencetaknya sendiri.  Bangun kerja sama dengan pemasok yang dapat mencetak desain kamu pada produk. Mereka juga akan bisa membantu kamu untuk mengemas dan mengirimkan produk ke pelanggan. Meringankan beban pada bagian logistik. Kamu cukup membuat pemasaran menarik serta menyediakan toko online agar bisa terhubung dengan pelanggan.

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini!

4. Membuka Jasa Desain Grafis

seorang wanita sedang mendesain di laptop
Sumber: Pexels

Masih berhubungan dengan ide bisnis sebelumnya, kamu bisa memulai bisnis freelance designer. Merancang poster, logo, postingan media sosial, atau iklan online untuk perusahaan yang tidak memiliki waktu atau bakat untuk membuatnya adalah ide bisnis yang baik. Sebagai desainer, kamu bisa membangun reputasi secara perlahan hingga nantinya bisa mengambil proyek yang lebih besar.

5. Bakery Rumahan

seseorang sedang membuat adonan roti
Sumber: Pexels

Kamu bisa mengubah hobi memanggang kue dan roti menjadi sebuah bisnis kuliner rumahan yang menguntungkan. Cukup dengan oven sederhana, resep, dan keahlian memanggang, kamu akan bisa membangun bisnis rumahan yang siap untuk mendatangkan keuntungan. Gunakan media sosial untuk memasarkan produk kamu.

kredit digital Julo

6. Menjual Pulsa dan Paket Internet

seorang wanita sedang menjual pulsa dan paket internet dari handphone
Sumber: Rawpixel

Bisnis pulsa dan paket internet adalah salah satu jenis usaha yang tidak akan ada matinya. Setiap hari, orang-orang pasti akan membutuhkan pulsa dan koneksi internet di perangkatnya.

Walaupun memang sekarang orang-orang dapat dengan mudah mendapatkannya, tetapi masih ada beberapa orang yang belum mendapatkan akses untuk membeli keduanya dengan bebas. Belum lagi, ada juga orang-orang yang tidak ingin repot-repot untuk membelinya sendiri.

Untuk menambah variasi usaha ini, JULOvers juga bisa menjual pulsa listrik (token) serta menjadi terminal untuk membayar segala jenis tagihan. Dengan begitu, kamu dapat menyasar target pasar yang lebih luas.

Membuka usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Kamu bisa mulai dengan menggunakan handphone yang kamu miliki. Setelah itu, kamu tinggal mencari agen atau distributor di daerah kamu yang kemudian dapat kamu ajak bekerja sama.

7. Budidaya Ikan Hias

ikan hias sedang berenang di dalam akuarium
Sumber: Pxhere

Untuk JULOvers yang memiliki hobi memelihara ikan, kamu bisa mengubah hobi kamu menjadi mesin penghasil uang. Dari sisi penghasilan sendiri, usaha rumahan ini sangat berpotensi untuk kamu tekuni; harga satu ikan hias dapat mencapai ratusan juta.

Hal tersebut tentu hanya berlaku untuk jenis-jenis ikan hias tertentu dan ikan dengan kualitas terbaik. Oleh karena itu, usaha rumahan ini mungkin kurang cocok untuk dijadikan bisnis sampingan, karena ada banyak hal yang harus kamu lakukan untuk memastikan ikan hias yang kamu rawat untuk selalu dalam kondisi yang terbaik.

Baca Juga: 14 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil yang Patut Dicoba

Untuk JULOvers yang masih awam namun tertarik untuk mencoba bisnis ini, kamu bisa mulai dengan mempelajari jenis-jenis ikan hias yang umumnya dijual di pasaran. Dari sana kamu bisa mencari jenis-jenis ikan yang memiliki nilai jual tinggi. Setelah mendapatkan berbagai data, kamu bisa mulai memilih untuk mulai membudidayakan jenis ikan hias yang mana.

Kamu mungkin akan tertarik untuk langsung menguasai pasar segala jenis ikan. Namun, jika JULOvers membuka usaha ini dengan modal kecil, ada baiknya kamu mulai fokus pada satu pasar ikan terlebih dahulu sebelum merambah pada pasar lainnya.

8. Menjadi Penulis Lepas

seorang penulis lepas sedang bekerja di depan laptop
Sumber: Pxhere

Bagi JULOvers yang senang berbagi lewat tulisan, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan modal kecil sebagai penulis lepas. Jasa penulis sendiri sangat dibutuhkan oleh banyak orang, khususnya mereka yang memiliki blog atau perusahan yang membutuhkan konten setiap harinya.

Modal untuk membuka usaha rumahan ini juga relatif kecil. Kamu bisa mulai dengan sebuah laptop sederhana dan koneksi internet.

Lalu, apa yang perlu kamu tulis untuk mendapatkan uang? Jawabannya adalah apapun yang dibutuhkan oleh klien. Kamu bisa mulai dengan membaca artikel atau blog milik orang-orang yang menjual barang atau menawarkan jasa.

Setelah itu, JULOvers bisa mulai membuat portfolio tulisan yang nantinya akan kamu gunakan ketika menawarkan jasa pada klien. Portfolio tersebut bisa kamu isi dengan mengikuti bentuk artikel yang kamu temukan di blog atau sosial media mereka.

Dengan begitu, kamu setidaknya telah menunjukkan kalau kamu dapat menulis sesuai dengan format yang selama ini digunakan oleh klien kamu.

Untuk topiknya sendiri, kamu bisa mulai dari hal-hal yang kamu sukai. Misalnya, jika kamu memiliki ketertarikan terhadap makanan, kamu bisa mulai dengan menulis aneka resep, review makanan, atau fakta-fakta unik tentang sebuah makanan.

9. Membuka Usaha Kerajinan Tangan

seseorang sedang membuat kerajinan tangan berbentuk bunga
Sumber: Pxhere

Bagi JULOvers yang memiliki kreativitas serta waktu kosong yang cukup banyak, kamu bisa memanfaatkan waktumu dengan membuka usaha kerajinan tangan.

Kamu bisa mencoba membuat kerajinan tangan khas Indonesia, seperti topi jerami atau hiasan dari kayu. Kerajinan tangan khas Indonesia sendiri memang digemari oleh orang-orang luar negeri dan harga jualnya akan jauh lebih mahal jika kamu menjualnnya secara online.

Baca Juga: Beragam Tips Strategi Pemasaran Produk Kerajinan untuk Pemula

Untuk membantu pemasaran, kamu bisa membuka toko pada berbagai platform online yang tersedia. Kalau kamu bisa berbahasa Inggris, maka tidak ada salahnya kamu coba memasarkan produk kamu melalui website toko online luar negeri atau pada forum-forum online berbahasa Inggris.

10. Menjual Makanan Ringan

makanan ringan kentang goreng di dalam wadah
Sumber: Pxhere

Ide bisnis rumahan modal kecil ini sangat cocok bagi JULOvers yang memiliki hobi untuk memasak. Usaha makanan ringan, dan kuliner pada umumnya, adalah salah satu ide bisnis yang tidak akan ada matinya karena setiap hari orang pasti membutuhkan makanan.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Peluang usaha rumahan bisnis satu ini juga relatif lebih tinggi. Hal ini karena ada banyak sekali jenis makanan ringan yang dapat kamu coba untuk kreasikan.

Kamu, misalnya, bisa mencoba untuk berbisnis frozen food dengan menjual sosis atau nuget. Selain frozen food, JULOvers juga bisa mencoba berjualan aneka camilan, mulai dari kripik, hidangan roti, dan lain-lain.

11. Usaha Laundry

deretan mesin cuci di tempat laundry
Sumber: Rawpixel

Ide bisnis rumahan modal kecil berikutnya yang tidak ada matinya adalah usaha laundry. Kenapa tidak ada matinya? Karena tentu setiap hari orang-orang akan memiliki pakaian yang harus dibersihkan.

Modal yang diperlukan untuk membuka jasa laundry juga tidak sebesar yang JULOvers bayangkan. Kamu bisa mulai dengan menggunakan mesin cuci yang kamu miliki di rumah.

Kalau misalnya kamu tidak memiliki mesin cuci, kamu bisa mencoba untuk membeli paket usaha laundry murah yang dapat JULOvers temukan dengan mudah di internet. Paket usaha laundry ini umumnya berkisar di angka 5 hingga 8 juta untuk jenis yang paling murah.

Untuk memaksimalkan potensi dari bisnis ini, pastikan kamu membuka jasa laundry di tempat yang memang pada penduduk, khususnya mahasiswa atau pekerja kantoran. Hal ini karena kedua jenis orang tersebut yang umumnya sangat membutuhkan jasa laundry setiap harinya.

Kamu juga dapat melakukan inovasi dalam bisnis ini. Kamu, misalnya, dapat membuka jasa untuk membersihkan tas serta sepatu untuk menambah variasi pada jenis layanan kamu dan menjangkau target pasar yang lebih luas.

12. Jasa Cuci Kendaraan

seseorang sedang mencuci badan mobil
Sumber: Pxhere

Ide usaha rumahan modal kecil ini dapat JULOvers jadikan sebagai pekerjaan sampingan. Ide usaha rumahan satu ini juga cukup awet karena orang-orang tentu akan selalu butuh membersihkan kendaraannya walau tidak setiap hari.

Untuk menjalankan usaha ini, kamu membutuhkan sebuah lahan yang cukup luas. Kamu bisa mulai dengan garasi di rumah. Kamu bisa mulai usaha ini dengan modal kurang lebih 8 hingga 10 juta rupiah.

Itulah ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa menjadi pertimbangan kamu nantinya. Jika kamu membutuhkan dana tambahan untuk mengembangkan bisnis rumahan kamu, maka kamu bisa menggunakan kredit digital. JULO kredit digital adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan. Dapatkan pinjaman dengan bunga rendah dari 0,1% per harinya, serta tenor fleksibel sampai 9 bulan. 

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo #SiapMelesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital. Semoga penjelasan tentang ide bisnis rumahan modal kecil ini bisa menginspirasi kamu untuk memulai usaha di rumah serta sukses! Yuk gunakan JULO sekarang juga!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…