Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Pemula?
1. Menjual Produk Buatan Sendiri
2. Dropshipping
3. Print on Demand
4. Membuka Jasa Desain Grafis
5. Bakery Rumahan
6. Menjual Pulsa dan Paket Internet
7. Usaha Rumahan Budidaya Ikan Hias
8. Menjadi Penulis Lepas
9. Membuka Usaha Rumahan Kerajinan Tangan
10. Usaha Rumahan Menjual Makanan Ringan
11. Usaha Laundry
12. Jasa Cuci Kendaraan
13. Usaha Pakaian
14. Skin Care dan Produk Kecantikan
15. Membuka Jasa Pembuatan Website
Punya Bisnis Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital

15 Ide Usaha Rumahan Modal Kecil

ide bisnis rumahan modal kecil

Bisnis saat ini bisa dilakukan dari mana saja. Tidak perlu kantor yang besar, ruang tamu rumah sudah cukup ketika kamu ingin memulai bisnis kecil-kecilan. Dari sini kamu akan bisa meraih keuntungan yang besar tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar.

Tetapi bukan berarti segala macam bentuk bisnis bisa kamu jalankan dari rumah. Berikut ini adalah berbagai macam ide usaha rumahan modal kecil yang bisa kamu coba untuk jalankan. Siapa tahu dari sini kamu akan bisa mengembangkannya menjadi bisnis yang lebih besar lagi.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Apa Saja Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Pemula?

Dengan beragam perkembangan teknologi yang terjadi, ada banyak kemudahan yang bisa kita rasakan. Salah satunya dalam menjalankan bisnis. Kini semuanya bisa diatur melalui perangkat yang bisa kamu bawa kemana-mana. Menjalankan bisnis dari rumah tanpa perlu menyediakan kantor menjadi sebuah tren yang mungkin bisa kamu coba. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis rumahan yang bisa dimulai dengan modal kecil.

1. Menjual Produk Buatan Sendiri

seorang pria sedang berjualan di stand

Memiliki keahlian untuk membuat kerajinan tidak boleh kamu biarkan begitu saja. Kamu harus mempertimbangkan untuk mengubah hobi itu menjadi bisnis. Kamu bisa menyimpan dan menjualnya dari rumah sendiri.

Dari sini kamu bisa memiliki kontrol hampir setiap aspek produk yang dijual, berarti kamu bisa lebih hemat dari segi biaya serta mampu meningkatkan kualitasnya. Bahkan jika kamu tidak memiliki kemampuan ini namun mengenal orang yang bisa menghasilkan produk, maka jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Sarana untuk melakukan penjualan pun kini sudah banyak.

2. Dropshipping

Tidak memiliki tempat yang luas untuk menyimpan inventaris mungkin menjadi salah satu kelemahan ketika menjalankan bisnis dari rumah. Namun saat ini hal tersebut tidak akan menjadi sebuah masalah.

Kamu bisa coba bisnis Dropshipping, sebuah model bisnis dari rumah berbasis online. Kamu tidak perlu mengelola produk fisik, bangun kemitraan dengan pemasok yang siap menyimpan, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan. Buatlah toko online menarik dengan pemasaran yang mumpuni untuk menggaet pelanggan.

Baca Juga: Usaha Rumahan Modal 50 Ribu, Lakukan 6 Ide Mudah Ini!

3. Print on Demand

Print on demand bisa menjadi salah satu ide bisnis rumahan dengan modal kecil yang bisa kamu coba. Kamu bisa menjual desain casing telepon, mug, dan kaos. Pada bisnis ini, kamu tidak perlu mencetaknya sendiri.

Bangun kerja sama dengan pemasok yang dapat mencetak desain kamu pada produk. Mereka juga akan bisa membantu kamu untuk mengemas dan mengirimkan produk ke pelanggan. Meringankan beban pada bagian logistik. Kamu cukup membuat pemasaran menarik serta menyediakan toko online agar bisa terhubung dengan pelanggan.

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini!

4. Membuka Jasa Desain Grafis

Masih berhubungan dengan ide bisnis sebelumnya, kamu bisa memulai bisnis freelance designer. Merancang poster, logo, postingan media sosial, atau iklan online untuk perusahaan yang tidak memiliki waktu atau bakat untuk membuatnya adalah ide bisnis yang baik. Sebagai desainer, kamu bisa membangun reputasi secara perlahan hingga nantinya bisa mengambil proyek yang lebih besar.

5. Bakery Rumahan

Kamu bisa mengubah hobi memanggang kue dan roti menjadi sebuah bisnis kuliner rumahan yang menguntungkan. Cukup dengan oven sederhana, resep, dan keahlian memanggang, kamu akan bisa membangun bisnis rumahan yang siap untuk mendatangkan keuntungan. Gunakan media sosial untuk memasarkan produk kamu.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

6. Menjual Pulsa dan Paket Internet

seorang wanita sedang menjual pulsa dan paket internet dari handphone

Bisnis pulsa dan paket internet adalah salah satu jenis usaha yang tidak akan ada matinya. Setiap hari, orang-orang pasti akan membutuhkan pulsa dan koneksi internet di perangkatnya.

Walaupun memang sekarang orang-orang dapat dengan mudah mendapatkannya, tetapi masih ada beberapa orang yang belum mendapatkan akses untuk membeli keduanya dengan bebas. Belum lagi, ada juga orang-orang yang tidak ingin repot-repot untuk membelinya sendiri.

Untuk menambah variasi usaha ini, JULOvers juga bisa menjual pulsa listrik (token) serta menjadi terminal untuk membayar segala jenis tagihan. Dengan begitu, kamu dapat menyasar target pasar yang lebih luas.

Membuka usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Kamu bisa mulai dengan menggunakan handphone yang kamu miliki. Setelah itu, kamu tinggal mencari agen atau distributor di daerah kamu yang kemudian dapat kamu ajak bekerja sama.

7. Usaha Rumahan Budidaya Ikan Hias

Untuk JULOvers yang memiliki hobi memelihara ikan, kamu bisa mengubah hobi kamu menjadi mesin penghasil uang. Dari sisi penghasilan sendiri, usaha rumahan ini sangat berpotensi untuk kamu tekuni; harga satu ikan hias dapat mencapai ratusan juta.

Hal tersebut tentu hanya berlaku untuk jenis-jenis ikan hias tertentu dan ikan dengan kualitas terbaik. Oleh karena itu, usaha rumahan ini mungkin kurang cocok untuk dijadikan bisnis sampingan, karena ada banyak hal yang harus kamu lakukan untuk memastikan ikan hias yang kamu rawat untuk selalu dalam kondisi yang terbaik.

Baca Juga: 14 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil yang Patut Dicoba

Untuk JULOvers yang masih awam namun tertarik untuk mencoba bisnis ini, kamu bisa mulai dengan mempelajari jenis-jenis ikan hias yang umumnya dijual di pasaran. Dari sana kamu bisa mencari jenis-jenis ikan yang memiliki nilai jual tinggi. Setelah mendapatkan berbagai data, kamu bisa mulai memilih untuk mulai membudidayakan jenis ikan hias yang mana.

Kamu mungkin akan tertarik untuk langsung menguasai pasar segala jenis ikan. Namun, jika JULOvers membuka usaha ini dengan modal kecil, ada baiknya kamu mulai fokus pada satu pasar ikan terlebih dahulu sebelum merambah pada pasar lainnya.

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

8. Menjadi Penulis Lepas

Bagi JULOvers yang senang berbagi lewat tulisan, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan modal kecil sebagai penulis lepas. Jasa penulis sendiri sangat dibutuhkan oleh banyak orang, khususnya mereka yang memiliki blog atau perusahan yang membutuhkan konten setiap harinya.

Modal untuk membuka usaha rumahan ini juga relatif kecil. Kamu bisa mulai dengan sebuah laptop sederhana dan koneksi internet.

Lalu, apa yang perlu kamu tulis untuk mendapatkan uang? Jawabannya adalah apapun yang dibutuhkan oleh klien. Kamu bisa mulai dengan membaca artikel atau blog milik orang-orang yang menjual barang atau menawarkan jasa.

Setelah itu, JULOvers bisa mulai membuat portfolio tulisan yang nantinya akan kamu gunakan ketika menawarkan jasa pada klien. Portfolio tersebut bisa kamu isi dengan mengikuti bentuk artikel yang kamu temukan di blog atau sosial media mereka.

Dengan begitu, kamu setidaknya telah menunjukkan kalau kamu dapat menulis sesuai dengan format yang selama ini digunakan oleh klien kamu.

Untuk topiknya sendiri, kamu bisa mulai dari hal-hal yang kamu sukai. Misalnya, jika kamu memiliki ketertarikan terhadap makanan, kamu bisa mulai dengan menulis aneka resep, review makanan, atau fakta-fakta unik tentang sebuah makanan.

9. Membuka Usaha Rumahan Kerajinan Tangan

seseorang sedang membuat kerajinan tangan berbentuk bunga

Bagi JULOvers yang memiliki kreativitas serta waktu kosong yang cukup banyak, kamu bisa memanfaatkan waktumu dengan membuka usaha kerajinan tangan.

Kamu bisa mencoba membuat kerajinan tangan khas Indonesia, seperti topi jerami atau hiasan dari kayu. Kerajinan tangan khas Indonesia sendiri memang digemari oleh orang-orang luar negeri dan harga jualnya akan jauh lebih mahal jika kamu menjualnnya secara online.

Baca Juga: Beragam Tips Strategi Pemasaran Produk Kerajinan untuk Pemula

Untuk membantu pemasaran, kamu bisa membuka toko pada berbagai platform online yang tersedia. Kalau kamu bisa berbahasa Inggris, maka tidak ada salahnya kamu coba memasarkan produk kamu melalui website toko online luar negeri atau pada forum-forum online berbahasa Inggris.

10. Usaha Rumahan Menjual Makanan Ringan

Ide bisnis rumahan modal kecil ini sangat cocok bagi JULOvers yang memiliki hobi untuk memasak. Usaha makanan ringan, dan kuliner pada umumnya, adalah salah satu ide bisnis yang tidak akan ada matinya karena setiap hari orang pasti membutuhkan makanan.

Baca Juga: 12 Ide Bisnis Makanan Ringan yang Viral

Peluang usaha rumahan bisnis satu ini juga relatif lebih tinggi. Hal ini karena ada banyak sekali jenis makanan ringan yang dapat kamu coba untuk kreasikan.

Kamu, misalnya, bisa mencoba untuk berbisnis frozen food dengan menjual sosis atau nuget. Selain frozen food, JULOvers juga bisa mencoba berjualan aneka camilan, mulai dari kripik, hidangan roti, dan lain-lain.

11. Usaha Laundry

Ide bisnis rumahan modal kecil berikutnya yang tidak ada matinya adalah usaha laundry. Kenapa tidak ada matinya? Karena tentu setiap hari orang-orang akan memiliki pakaian yang harus dibersihkan.

Modal yang diperlukan untuk membuka jasa laundry juga tidak sebesar yang JULOvers bayangkan. Kamu bisa mulai dengan menggunakan mesin cuci yang kamu miliki di rumah.

Kalau misalnya kamu tidak memiliki mesin cuci, kamu bisa mencoba untuk membeli paket usaha laundry murah yang dapat JULOvers temukan dengan mudah di internet. Paket usaha laundry ini umumnya berkisar di angka 5 hingga 8 juta untuk jenis yang paling murah.

Untuk memaksimalkan potensi dari bisnis ini, pastikan kamu membuka jasa laundry di tempat yang memang pada penduduk, khususnya mahasiswa atau pekerja kantoran. Hal ini karena kedua jenis orang tersebut yang umumnya sangat membutuhkan jasa laundry setiap harinya.

Kamu juga dapat melakukan inovasi dalam bisnis ini. Kamu, misalnya, dapat membuka jasa untuk membersihkan tas serta sepatu untuk menambah variasi pada jenis layanan kamu dan menjangkau target pasar yang lebih luas.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

12. Jasa Cuci Kendaraan

Ide usaha rumahan modal kecil ini dapat JULOvers jadikan sebagai pekerjaan sampingan. Ide usaha rumahan satu ini juga cukup awet karena orang-orang tentu akan selalu butuh membersihkan kendaraannya walau tidak setiap hari.

Untuk menjalankan usaha ini, kamu membutuhkan sebuah lahan yang cukup luas. Kamu bisa mulai dengan garasi di rumah. Kamu bisa mulai usaha ini dengan modal kurang lebih 8 hingga 10 juta rupiah.

13. Usaha Pakaian

Ide jualan online modal kecil satu ini merupakan salah satu yang paling populer. Mengapa? Karena peluang bisnis online satu ini tidak ada matinya; semua orang akan selalu membutuhkan pakaian.

Bisnis ini juga memiliki banyak variasi yang dapat kamu kembangkan; kamu bisa menjual pakaian untuk orang dewasa, remaja, hingga anak-anak. JULOvers juga bisa memilih untuk menjual pakaian khusus pria, wanita, atau keduanya.

Kamu juga dapat mengembangkan usaha ini dengan menjual berbagai aksesoris. Dengan begitu, pelanggan kamu bisa memiliki banyak pilihan dan memperbesar mereka untuk belanja di tempat kamu.

Bisnis online ini juga relatif mudah kamu mulai. Dengan modal minimal sekitar Rp2 jutaan, untuk membeli stok barang dan lemari penyimpanan, kamu sudah bisa memulai bisnis online ini dari rumah.

14. Skin Care dan Produk Kecantikan

Skin Care dan Produk Kecantikan

Jenis bisnis online satu ini juga bisa kamu andalkan. Serupa dengan bisnis pakaian, jenis bisnis ini hampir tidak pernah sepi pesanan. Usaha skin care juga cukup mudah dikembangkan; kamu memiliki berbagai jenis serta merk skin care yang dapat kamu jual kembali.

JULOvers tidak perlu menjual berbagai jenis skin care pada saat memulai bisnis. Kamu bisa mulai dengan menjual satu atau dua jenis terlebih dahulu, misalnya pembersih muka dan pelembab, sambil terus perlahan-lahan memperbanyak jenis skin care yang akan kamu jual.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini akan tergantung pada merk dan jenis skin care yang akan kamu jual. Umumnya, kamu akan membutuhkan modal sekitar 1 jutaan untuk membeli stok barang dan tempat penyimpanan barang untuk memulai ide jualan online modal kecil satu ini.

15. Membuka Jasa Pembuatan Website

Ide bisnis online modal kecil terakhir yang dapat JULOvers coba adalah membuka jasa pembuatan website. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang ingin memanfaatkan strategi pemasaran digital, kebutuhan akan website akan semakin meningkat.

Jika kamu memiliki kemampuan desain dan sedikit pemrograman, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan website. Untuk memulai bisnis online satu ini, kamu tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak.

Kamu bisa mulai dengan membeli laptop yang termasuk jajaran mid-end atau low-end. Umumnya, laptop di jajaran tersebut memiliki harga 4 hingga 6 jutaan. Kamu juga bisa menggunakan laptop ini sebagai laptop kantor atau kerja jika kamu menjadikan jasa pembuatan website ini sebagai bisnis sampingan.

Baca Juga: Kenali Modal Pinjaman Serta Manfaat 

Punya Bisnis Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Itulah ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa menjadi pertimbangan kamu nantinya. Jika kamu membutuhkan dana tambahan untuk mengembangkan bisnis rumahan kamu, maka kamu bisa menggunakan kredit digital.

Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di homepage aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

JULO kredit digital adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan. Dapatkan pinjaman dengan bunga rendah dari 0,1% per harinya, serta tenor fleksibel sampai 9 bulan. 

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo #SiapMelesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital. Semoga penjelasan tentang ide bisnis rumahan modal kecil ini bisa menginspirasi kamu untuk memulai usaha di rumah serta sukses! Yuk gunakan JULO sekarang juga!

Artikel Lainnya

lebaran
lebaran 2024
lebaran 1445
menu lebaran
belanja lebaran
belanja lebaran
npwp
membuat npwp pribadi
npwp online
npwp pribadi online
npwp online
makanan khas
makanan khas ramadan
makanan timur tengah
makanan berbuka puasa
makanan khas ramadan