Daftar Isi
Apa Saja Tips Strategi Pemasaran Produk Kerajinan?
1. Bangun Brand Kamu
2. Tentukan Target Pasar
3. Cari Tahu Pesaing Kamu
4. Pilih Saluran Pemasaran yang Paling Cocok
5. Gabungkan Beragam Strategi
Daftar Isi
Apa Saja Tips Strategi Pemasaran Produk Kerajinan?
1. Bangun Brand Kamu
2. Tentukan Target Pasar
3. Cari Tahu Pesaing Kamu
4. Pilih Saluran Pemasaran yang Paling Cocok
5. Gabungkan Beragam Strategi

5 Tips Strategi Pemasaran Produk Kerajinan untuk Pemula

strategi pemasaran produk kerajinan

Kerajinan merupakan salah satu komoditas yang menjanjikan jika bisa dipasarkan secara baik, efektif, dan tepat sasaran. Banyak peminat hasil tangan ini di luar sana yang rela membayar dengan harga tinggi untuk bisa memilikinya. Bagi JULOvers yang berkutat di bidang ini, mempelajari strategi pemasaran produk kerajinan akan sangat membantu.

Pada kegiatan bisnis, kamu memerlukan strategi pemasaran untuk bisa mencapai target pasar yang tepat. Strategi ini juga harus efektif agar tidak membuang banyak sumber daya.

Simak berbagai tips untuk menciptakan strategi pemasaran efektif untuk usaha kerajinanmu. Terapkan beragam informasi yang ada di bawah ini untuk membantu bisnis meraih hasil yang diinginkan!

Apa Saja Tips Strategi Pemasaran Produk Kerajinan?

seorang wanita sedang tersenyum menatap tablet

Sumber: Pexels

Dunia kerajinan tangan dianggap sebagai salah satu produk yang menawarkan kualitas dan punya basis pelanggan tersendiri. Persaingan yang ada di dalam industri ini juga kerat karena tiap bisnis menawarkan produk berbeda dengan kualitas yang serupa, sama-sama bagus.

Untuk menghasilkan perbedaan dan menjadi unggul di antara bisnis lainnya, maka kamu perlu strategi pemasaran yang berkualitas. Menciptakan strategi pemasaran yang baik sering menjadi kesulitan bagi para pemula. 

Memiliki produk berkualitas saja tidak cukup jika target pasar yang merupakan pelanggan potensial tidak tahu mengenai keberadaan produkmu. 

Jika saat ini kamu masih bingung bagaimana caranya memasarkan produk agar sampai ke telinga para calon pelanggan, maka beberapa tips berikut ini bisa membantu kamu. Pelajari cara menghasilkan pemasaran efektif yang bisa diikuti bahkan oleh pemula seperti kamu!

1. Bangun Brand Kamu

seseorang sedang membuat kerajinan dari tanah liat

Sumber: Pexels

Bagaimana cara orang mengenal bisnismu jika kamu tidak membuatnya menjadi sesuatu yang bisa dikenal? Salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai solusi dari masalah ini adalah dengan melakukan branding

Branding merupakan sebuah cara untuk memberi tahu dunia siapa kamu dan apa bisnis kamu tawarkan. Logo, font, warna, tagline, hingga personalitas menjadi beberapa poin penting untuk membuat bisnis mudah dikenali orang banyak.

Oleh karena itu, bangun identitas brand terlebih dahulu dan secara perlahan komunikasikan dengan para calon pelanggan. Hal ini bisa dijalankan secara paralel bersamaan pelaksanaan kegiatan pemasaran.

2. Tentukan Target Pasar

seorang wanita menatap layar tablet sambil berpikir

Sumber: Pexels

Walaupun sebenarnya dunia kerajinan memiliki basis pelanggan yang cukup jelas, namun menentukan target pasar yang lebih rinci bisa membantu menghasilkan strategi pemasaran yang lebih baik.

Baca Juga: Tips dan Trik Dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui

Memiliki target pasar yang sesuai dengan kriteria kamu akan membantu proses penyampaian pesan menjadi lebih mudah. Kamu juga bisa memilih sarana atau saluran pemasaran yang lebih efektif untuk menyesuaikan target pasar.

Temukan target pasar kamu menggunakan demografi berikut ini:

  • Usia
  • Lokasi
  • Jenis kelamin
  • Tingkat pendapatan
  • Tingkat pendidikan
  • Status pernikahan atau keluarga
  • Pendudukan
  • Latar belakang etnis

Menggunakan hal di atas membantu bisnis menemukan siapa yang bisa menjadi pelanggan yang membutuhkan produk mereka.

 

kredit digital Julo

3. Cari Tahu Pesaing Kamu

dua orang sedang berdiskusi di depan tablet

Sumber: Pexels

Industri kerajinan dipenuhi oleh beragam bisnis yang juga menawarkan produk berkualitas dengan target pasar yang tidak jauh berbeda satu sama lain. Mengenali siapa yang akan menjadi pesaing kamu bisa bermanfaat untuk membuat bisnismu lebih unggul.

Baca Juga: Beragam Tips Jadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

Analisis strategi pemasaran yang digunakan. Jika ada yang berguna dan bisa diterapkan untuk bisnismu, maka adaptasi strategi tersebut. Hal ini juga berguna sebagai tolak ukur kesuksesan dari strategi yang kamu jalankan.

4. Pilih Saluran Pemasaran yang Paling Cocok

sekumpulan orang sedang berdiskusi di meja kerja

Sumber: Pexels

Menggunakan beragam data yang didapatkan dari poin-poin sebelumnya, kamu bisa memilih saluran pemasaran mana yang paling cocok digunakan serta saluran pendukungnya.

Jika target pasar kamu menyukai pemasaran yang dilakukan secara personal, maka gunakanlah pendekatan yang bisa membantu untuk memenuhi keinginan mereka.

Gunakan website, social media, dan digital marketing sebagai saluran pendukung. Ketiganya memiliki kemampuan untuk bisa menjangkau masyarakat secara lebih luas agar bisa mengenali produk dan bisnismu secara lebih baik.

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Social media juga berfungsi sebagai sarana interaksi dan komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan. Jika dimaksimalkan secara efektif dan baik, saluran ini bahkan bisa menjadi tempat pemasaran efektif untuk produk-produk seperti kerajinan.

5. Gabungkan Beragam Strategi

sekumpulan pekerja wanita sedang berdiskusi di meja kerja

Sumber: Pexels

Terdapat banyak strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk membantu seorang pemula memasarkan hasil produksinya. Seperti yang disebutkan di atas, menggunakan social media merupakan salah satunya. Apalagi jika dibantu dengan strategi social media marketing.

Namun apakah itu sudah cukup? Iya jika yang kamu incar hanyalah segelintir orang saja. Untuk bisa meraih hasil yang lebih maksimal, gunakan beragam strategi yang berkesinambungan untuk membantu bisnis.

Salah satu contoh strategi pemasaran yang cocok untuk produk kerajinan adalah menggunakan influencer. Banyak orang yang mungkin tertarik dengan produk kerajinan, namun masih bingung apakah harus membelinya atau tidak.

Namun ketika melihat influencer yang mereka ikuti membeli produk kerajinan kamu, kemungkinan besar mereka juga akan memutuskan untuk membeli apa yang bisnismu tawarkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk merencanakan strategi pemasaran produk kerajinan. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pemula ataupun yang sudah ahli.

Demi memastikan strategi pemasaran berjalan lebih baik, JULOvers tentu perlu dana sesuai dengan budget yang diperlukan. Gunakan layanan JULO untuk membantu kamu mendapatkan dana yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis.

JULO Kredit Digital sudah terbukti aman dan tepercaya karena memiliki izin OJK. Proses pengajuan pinjaman JULO juga sangat cepat dan mudah. Tidak ada lagi alasan untuk menunda kesempatan mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. 

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo siap melesat untuk hidupkan usahamu. #Siapmelesat bersama JULO!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
cara bisnis online
Keuangan & Bisnis
kriteria umkm