Daftar Isi
Apa Saja Tips Jadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil?
1. Melakukan Riset
2. Menyusun Rencana Bisnis
3. Siap dan Percaya Diri
4. Terlibat Dalam Setiap Aspek Bisnis
5. Membangun Tim yang Baik
6. Mengembangkan Diri
Daftar Isi
Apa Saja Tips Jadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil?
1. Melakukan Riset
2. Menyusun Rencana Bisnis
3. Siap dan Percaya Diri
4. Terlibat Dalam Setiap Aspek Bisnis
5. Membangun Tim yang Baik
6. Mengembangkan Diri

6 Tips Jadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil

tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil

Jika JULOvers tertarik untuk menjadi usaha tetapi hanya memiliki modal yang kecil, maka kamu harus mempelajari tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil. Jangan sampai modal yang kecil menghalangi mimpi kamu untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Modal memang dibutuhkan ketika hendak memulai sebuah usaha, tetapi modal bukan segalanya. Masih ada banyak faktor lainnya yang memengaruhi jalannya sebuah usaha, apakah usaha tersebut dapat berhasil atau tidak.

Lantas, bagaimana sih tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Tips Jadi Pengusaha Sukses dengan Modal Kecil?

seorang pebisnis mengulurkan tangannya

Sumber: Pexels

Untuk menjadi pengusaha sukses, dibutuhkan waktu, tenaga, serta kemampuan yang baik dalam mengeksekusi rencana bisnis yang telah dibuat. Tidak ada proses instan untuk mencapai sebuah kesuksesan, entah apapun itu yang kamu lakukan.

Berikut ini beberapa tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil yang dapat kamu ikuti:

1. Melakukan Riset

seseorang sedang melakukan riset di buku

Sumber: Pexels

Riset merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika hendak memulai sesuatu, apapun itu. Bisnis adalah salah satu hal yang wajib sekali melakukan riset terlebih dahulu ketika hendak memulainya. Jangan sampai kamu memulai sebuah bisnis tanpa melakukan riset terlebih dahulu.

Baca Juga: Tips dan Trik Dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui

Ketika kamu asal membuka bisnis baru tanpa melakukan riset, kamu tidak akan bisa berhasil karena tidak mengetahui bagaimana kondisi pasar yang ada. Selain itu, kamu juga sudah pasti akan kalah saing dengan kompetitor karena tidak mengetahui kelebihan dan kelemahan mereka, jadi kamu tidak bisa membuat strategi bisnis yang matang.

2. Menyusun Rencana Bisnis

seseorang sedang menyusun rencana bisnis di papan tulis

Sumber: Pexels

Untuk menjadi pengusaha sukses dengan modal kecil, menyusun rencana bisnis merupakan hal penting yang wajib sekali dilakukan. Sebuah rencana bisnis dapat membantu kamu mewujudkan visi dan misi perusahaan. Selain itu, rencana bisnis juga dapat membantu kamu sebagai pedoman ketika bisnis sudah berjalan.

Untuk menyusun rencana bisnis, kamu dapat menggunakan data-data yang kamu dapatkan dari riset sebelumnya. Rencana bisnis yang kamu buat setidaknya harus menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Produk seperti apa yang akan dijual?
  • Orang seperti apa yang akan tertarik membeli produk tersebut?
  • Mengapa orang-orang harus membeli produk tersebut?
  • Strategi apa yang akan digunakan ketika hendak menjual produk tersebut?
  • Berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk memulai hingga menjalankan bisnis ini?
  • Siapa saja kompetitor yang menjual produk serupa?
  • Bagaimana operasional bisnis akan dijalankan sehari-hari?

Pertanyaan-pertanyaan di atas hanya merupakan contoh kecil yang dapat kamu gunakan sebagai referensi ketika menyusun rencana bisnis. Makin banyak pertanyaan yang bisa kamu jawab, makin jelas arah bisnis yang akan dijalankan nantinya.

3. Siap dan Percaya Diri

seorang wanita tersenyum percaya diri menyerahkan tugasnya

Sumber: Pexels

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil yang selanjutnya adalah kamu harus selalu siap menghadapi segala tantangan yang akan ditemui. Seorang pengusaha sukses harus dapat mengantisipasi segala tantangan yang kemungkinan menghadang. Selain itu, seorang pengusaha sukses juga harus selalu siap ketika tantangan tersebut sudah tiba.

Baca Juga: 14 Tips Berbisnis dengan Modal Kecil

Demi menjadi pengusaha yang sukses kamu juga harus berani mengambil risiko agar bisa mendapatkan pengalaman baru. Jika kamu tidak berani mengambil risiko, akan ada banyak sekali kesempatan untuk lebih sukses dan berkembang yang bisa dilewatkan. Walaupun begitu, pastikan kamu sudah memperhitungkan segalanya sebelum mengambil risiko.

Kesiapan dalam menghadapi tantangan dan mengambil risiko ini tidak jauh dari rasa percaya diri pengusaha tersebut. Rasa percaya diri seorang pengusaha dapat meningkatkan keputusan pengambilan keputusan. Percaya pada kemampuan sendiri akan menghilangkan kebingungan yang sering menjadi ketakutan para pengusaha ketika pertama kali memulai sebuah usaha.

kredit digital Julo

4. Terlibat Dalam Setiap Aspek Bisnis

dua orang kontraktor sedang mendiskusikan pekerjaan

Sumber: Pexels

Penting bagi seorang pengusaha untuk berperan aktif dalam bisnis yang sedang dijalankannya. Jangan sampai kamu tidak tahu bagaimana proses operasional sehari-hari dari perusahaan. Terlibat langsung dalam berbagai aspek bisnis juga dapat membuat sumber daya manusia yang ada lebih termotivasi.

Walaupun begitu, kamu tetap harus memahami wilayah kerja dari sumber daya manusia yang didelegasikan agar bisa memberikan arahan yang tepat demi kemajuan perusahaan. Jangan sampai kamu malah melakukan manajemen mikro terhadap setiap aspeknya, hal tersebut hanya akan membuat perusahaan sulit untuk berkembang.

5. Membangun Tim yang Baik

satu tim sedang melakukan kegiatan bersama

Sumber: Pexels

Setiap pengusaha yang sukses pasti memiliki jajaran tim yang andal dan kompeten. Jika sebuah tim di dalam struktur organisasi dalam perusahaan ada yang bekerja dengan tidak baik, maka sudah pasti operasional perusahaan tersebut akan terganggu. Sebagai pengusaha, kamu harus memastikan setiap tim dapat bekerja dengan baik dan efisien.

Tim yang baik jelas terjadi akibat adanya pemimpin yang baik. Maka dari itu, pastikan kamu mempelajari bagaimana cara memimpin tim dengan baik terlebih dahulu sebelum memulai usaha. Pastikan roda gigi penggerak perusahaan, yaitu sumber daya manusianya, dapat bergerak dengan semestinya.

6. Mengembangkan Diri

seorang wanita sedang mengembangkan diri melalui belajar

Sumber: Pexels

Seorang pengusaha yang sukses pasti tidak akan pernah berhenti belajar demi mengembangkan dirinya. Seseorang yang malas dan tidak ingin belajar sudah pasti tidak akan sukses. Akan selalu ada hal baru yang dapat dipelajari demi mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.

Dalam dunia bisnis, kondisi pasar akan selalu berubah. Artinya, kamu harus bisa beradaptasi sebaik mungkin dalam kondisi pasar yang seperti apa pun. Dengan selalu belajar untuk mengembangkan diri, kamu dapat mengantisipasi berbagai perubahan dan dapat beradaptasi dengan baik nantinya.

Demikian adalah tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil yang dapat kami sampaikan. Jika kamu ingin mengembangkan sebuah usaha tetapi membutuhkan modal, kamu bisa melakukan pinjaman modal bisnis di JULO. Jika tertarik, kamu dapat mengecek berbagai layanan pinjaman JULO terlebih dahulu.

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo #SiapMelesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan