modal pinjaman adalah

Mengenal Modal Pinjaman serta Manfaat dan Jenisnya

Modal pinjaman adalah suatu dana yang didapatkan secara eksternal untuk mengembangkan bisnis. Modal pinjaman ini bisa dikatakan sebagai layanan yang disediakan oleh berbagai lembaga keuangan seperti koperasi dan bank, termasuk fintech

Secara sederhana JULOvers bisa menyebutnya sebagai uang yang harus dikembalikan pada waktu yang telah ditentukan bersama. Apakah JULOvers sedang memikirkan untuk mengajukan modal pinjaman? 

Ada baiknya JULOvers membaca informasi di artikel ini agar tidak melakukan kesalahan fatal saat mengajukan pinjaman. Kalau begitu langsung simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa Itu Modal Pinjaman?

Apa Itu Modal Pinjaman?
Sumber: Pexels

Modal pinjaman adalah salah suatu dana yang dipinjam untuk keperluan usaha. Modal pinjaman sendiri merupakan istilah yang identik dengan dunia koperasi. 

Dalam dunia koperasi, modal pinjaman adalah modal yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber seperti bank, lembaga keuangan, anggota, dan koperasi lainnya. Pilihan tenor yang disediakan terbagi menjadi tiga yaitu 1 tahun, 10 tahun, dan lebih dari 10 tahun.  

Di koperasi, tujuan keberadaan modal pinjaman adalah untuk membantu masyarakat membangun dan mengembangkan bisnis mereka.

kredit digital Julo

Apa Manfaat Modal Pinjaman Usaha?

Apa Manfaat Modal Pinjaman Usaha?
Sumber: Pixabay

Mengajukan modal pinjaman tentu memberikan manfaat yang besar. Ada banyak pebisnis yang bisnisnya berkembang karena mengajukan modal pinjaman. Para pebisnis jadi punya modal untuk melakukan perubahan demi meningkatkan kualitas produk serta layanan yang baik bagi pelanggan. 

Apakah kamu masih ragu mengajukan modal pinjaman? Coba perhatikan beberapa manfaatnya berikut ini. 

1. Mengembangkan Bisnis

Mengembangkan Bisnis
Sumber: Unsplash

Para pebisnis sering kali tidak bisa bertahan karena modal yang terbatas. Modal pinjaman adalah “tiang penopang” yang membuat pebisnis dapat menambahkan jumlah produk agar penjualan meningkat. 

Pebisnis juga dapat melebarkan sayap mereka dengan membuka cabang di tempat-tempat strategis. Modal yang dipinjamkan bahkan membuat pebisnis dapat berinovasi dengan menambahkan berbagai produk baru untuk menarik minat pelanggan. 

Baca Juga: Tips dan Trik Dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui

Makin banyak produk yang ditawarkan, makin banyak juga pelanggan yang bisa dijangkau. Jika bisnis kamu sudah dikenal memiliki kualitas yang bagus maka pelanggan tidak akan segan untuk mencoba berbagai produk baru yang ditawarkan. Pembelian ulang oleh para pelanggan juga makin meningkat. 

2. Operasional Bisnis Berjalan Lancar

Operasional Bisnis Berjalan Lancar
Sumber: Unsplash

Tahukah kamu bahwa operasional bisnis dapat tersendat karena kurangnya modal? Benar! Hal ini dapat terjadi dan mengganggu berbagai aspek operasional bisnis. Keterbatasan modal membuat proses produksi dan penjualan menurun. 

Akhirnya bisnis akan gulung tikar jika keadaan ini dibiarkan terlalu lama. Tetapi dengan adanya modal tambahan yang masuk, semua aktivitas operasional bisa berjalan lancar. Proses produksi tetap berjalan seperti biasanya bahkan dapat meningkat.

4. Arus Kas Lancar

Arus Kas Lancar
Sumber: Unsplash

Arus kas juga bisa tersendat karena kurangnya modal. Setiap bulannya para pebisnis pasti mengeluarkan biaya pokok yang harus dibayarkan.

Baca Juga: Memahami Manajemen Risiko Keuangan

Bayangkan jika pengeluaran tersebut terus ditagih setiap bulan tetapi dengan keadaan dana yang berkurang. Bisnis yang dijalankan pasti menjadi tidak stabil. Itu sebabnya modal pinjaman adalah aspek penting yang sangat diperlukan supaya arus kas menjadi lancar kembali. 

4. Produktivitas Produksi Meningkat

Produktivitas Produksi Meningkat
Sumber: Pexels

Adanya tambahan dana dapat membuat produktivitas produksi meningkat. Apabila awalnya proses produksi berada di level tengah alias biasa saja, maka adanya tambahan dana dapat membuat produksi meningkat ke level atas. Jika jumlah produksi awal hanya menghasilkan 30 barang, maka jumlahnya bisa meningkat menjadi 50 atau 60 barang.

5. Pemasaran Lebih Maksimal

Pemasaran Lebih Maksimal
Sumber: Unsplash

Adanya penambahan modal juga dapat membuat pemasaran lebih maksimal. Dana yang kamu pinjam bisa digunakan untuk membayar jasa SEO, iklan, atau endorsement.

Apa Saja Jenis Pinjaman Modal?

Apa Saja Jenis Pinjaman Modal?
Sumber: Pexels

Pinjaman modal yang bisa kamu ambil ada beberapa jenis. Sebelum akhirnya memilih satu yang akan kamu gunakan, ada baiknya untuk membandingkan berbagai jenis pinjaman modal. Berikut beberapa jenis pinjaman modal yang bisa kamu pilih.  

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Sumber: Pexels

Kredit tanpa agunan merupakan layanan yang disediakan oleh bank tanpa meminta jaminan. KTA ditujukan bagi masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana cepat dan mendesak. Syarat pengajuannya juga lebih mudah dari kredit biasanya. Umumnya yang menjadi syarat modal pinjaman adalah KTP, NPWP, dan slip gaji. 

2. Ventura

Ventura
Sumber: Pexels

Pinjaman modal ventura berbicara tentang dana yang diberikan dari hasil perjanjian dengan berbagai perusahaan dalam waktu yang sudah ditentukan. Namun perlu diingat bahwa risiko pinjaman modal ventura lebih tinggi dari yang lainnya. Jadi sebelum mengajukan pinjaman kamu sudah harus yakin dengan semua perhitungan yang telah dilakukan. 

3. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR)
Sumber: Pexels

Pinjaman modal satu ini seharusnya sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Kredit usaha rakyat termasuk salah satu layanan yang disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat yang membutuhkan modal bisnis.

Baca Juga: Tips Mendapatkan Modal Usaha UMKM Tanpa Agunan

Pinjaman modal ini khusus diberikan hanya kepada pebisnis di bidang pertanian, perikanan, industri, kelautan, dan kehutanan. 

4. Kredit Multiguna

Kredit Multiguna
Sumber: Pexels

Kredit multiguna hampir sama seperti pinjaman dengan agunan alias membutuhkan jaminan. Kredit ini bisa kamu ajukan ke bank dengan memberikan jaminan. Uniknya, pinjaman modal yang didapatkan bukan berdasarkan permintaan melainkan seberapa berharganya barang yang kamu jaminkan. 

5. Pinjaman Modal dari Koperasi

Pinjaman Modal dari Koperasi
Sumber: Pexels

Pinjaman modal dari koperasi diberikan dengan jumlah dana yang tidak terlalu besar. Namun ada syarat penting yang harus dipenuhi yaitu kamu perlu menjadi anggota dalam koperasi tersebut. 

6. Pinjaman Online

Pinjaman Online
Sumber: Pexels

Ada juga pinjaman modal secara online alias dari fintech (financial technology). Mengajukan pinjaman modal melalui fintech memberikan kamu potensi yang lebih besar untuk disetujui. 

Persyaratan dan proses pengajuannya sangat mudah serta memakan waktu yang singkat. Namun kamu harus berhati-hati dalam memilih fintech karena ada banyak kasus penipuan terkait pinjaman online

Itu dia informasi mengenai modal pinjaman. Memang benar bahwa modal pinjaman adalah uang yang dibutuhkan dalam berbisnis. Tidak peduli bisnis besar atau kecil, semua membutuhkan tambahan dana untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Apakah JULOvers salah satunya yang ingin mengembangkan bisnis? Kamu bisa memilih JULO sebagai tempat mengajukan pinjaman yang aman dan tepercaya. JULO sudah memiliki izin operasional dari OJK sehingga kamu tidak perlu khawatir akan tertipu. 

JULO merupakan aplikasi kredit digital yang mudah digunakan dari mana saja dan kapan saja. Limit yang disediakan JULO cukup besar yakni mencapai Rp15.000.000. JULOvers tidak perlu khawatir soal tenor karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan. 

Tunggu apalagi? Sudah #siapMelesat bersama JULO? Download aplikasi JULO dan manfaatkan semua promo siap melesat untuk bisnis kamu sekarang!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…