cara dapat modal usaha

Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Menjalankan Bisnis

Bisnis tanpa modal usaha sama seperti mobil tanpa bensin. Analogi tersebut menggambarkan bahwa bisnis tidak bisa beroperasi tanpa adanya modal yang memadai. JULOvers harus melakukan berbagai cara mendapatkan modal usaha jika ingin mengeksekusi ide bisnis yang sudah dirancang.

Keterbatasan modal menjadi penghalang bagi seorang wiraswasta dalam membangun bisnisnya. Akibatnya, banyak bisnis yang gugur di tengah jalan karena tidak mampu mendapatkan modal yang dibutuhkan. Ada juga bisnis yang hanya menggunakan satu sumber dana tanpa mengusahakan cara lainnya, sehingga usahanya tidak mengalami kemajuan pesat.

Pencarian modal usaha memang gampang-gampang susah. Kamu dapat menemukan banyak sumber pendanaan sekarang ini, tapi tidak semuanya memiliki persyaratan yang mudah untuk dipenuhi. Penolakan pengajuan pinjaman dari sebuah lembaga keuangan membuat antusias pengusaha surut. Kamu tidak boleh langsung patah semangat, karena masih ada cara lain untuk meraih modal bisnismu.

Bagaimana Cara Mendapatkan Modal Usaha yang Bisa Dicoba?

seseorang menggunakan kalkulator di depan laptop

(Sumber: Pxhere)

Kamu pernah mendengar peribahasa ‘banyak jalan menuju Roma’? Peribahasa tersebut berlaku pula di dunia bisnis, terutama saat mencari modal usaha. Ya, cara mendapatkan modal bisnis tidak sedikit. Kamu bisa memanfaatkan aset pribadi, menggunakan pinjaman, atau mencari investor untuk memulai bisnis.

Apa saja cara yang bisa ditempuh dalam mendapatkan modal bisnis? Simak jawabannya dalam poin-poin berikut ini.

1. Simpanan Pribadi

beberapa lembar uang di atas celengan

(Sumber: Piqsels)

Kamu bisa mulai mengumpulkan modal usaha dari tabungan pribadi. Cara ini tidak mudah, tapi harus dilakukan kalau kamu tidak mau bergantung pada pinjaman. Langkah ini tidak mustahil apabila kamu disiplin menerapkannya, seperti menabung sampai target waktu yang ditentukan. Sayangnya, metode ini cenderung menghambat perkembangan usaha karena keterbatasan dana, apalagi kalau pemasukan perusahaan belum memadai.

2. Dana Keluarga atau Teman

dua orang wanita sedang berbincang di meja

(Sumber: Piqsels)

Orang terdekat bisa menjadi sumber pinjaman modal usaha yang cukup diandalkan. Kamu harus meyakinkan mereka dengan cara menceritakan ide, rencana, dan prospek keberhasilan bisnismu. Jelaskan juga rencana waktu serta langkah mengembalikan dana yang dipinjamkan. Kamu bisa membuat surat perjanjian sebagai bentuk komitmen serius untuk mengembalikan dana mereka sekaligus menghindari prahara yang merusak hubungan.

3. Pegadaian Aset

seseorang menukarkan rumahnya dengan sejumlah uang

(Sumber: Maxpixel)

Kamu tidak perlu menjual aset untuk memperoleh uang tunai sebagai modal usaha, cukup menggadaikannya di lembaga pegadaian. Aset apapun bisa dijadikan agunan, seperti surat berharga kendaraan, properti, bahkan emas batangan. Ada pula pegadaian syariah yang tidak membebankan bunga dalam pembayaran cicilannya, tapi kamu harus membayar biaya pemeliharaan aset yang digadai.

4. Sistem Pre-Order

seorang penjual kue sedang melayani pelanggan

(Sumber: Pxhere)

Cara ini lebih sering dilakukan oleh pebisnis katering, sablon, desain, atau jasa titip barang. Begini cara kerjanya: kamu membuka sistem pre-order (PO) untuk produkmu, kemudian mendapatkan sejumlah pelanggan yang membayar di awal. Uang yang diterima digunakan untuk memproduksi atau membeli barang pesanan pelanggan. Keuntungan dari penjualan produk PO juga menjadi modal kegiatan operasional bisnismu.

kredit digital Julo

 

5. Pinjaman Koperasi

dua orang berjabat tangan sambil memberikan uang

(Sumber: Pxhere)

Koperasi merupakan lembaga simpan pinjam berazaskan kekeluargaan dan gotong royong. Kamu harus menjadi anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dahulu karena dana di lembaga ini digunakan untuk keperluan anggotanya. Registrasi keanggotaannya mudah, cukup mengajukan pinjaman dan kamu sudah menjadi calon anggota koperasi. Pajak dan bunga pinjaman yang rendah merupakan salah satu kelebihan lembaga ini.

Baca Juga: Pinjaman Cepat, Ini Dia 4 Sumber yang Bisa Kamu Coba!

6. Kredit Tanpa Agunan

seseorang menandatangani kontrak untuk menggadaikan rumahnya

(Sumber: Maxpixel)

Bisnis baru yang belum memiliki aset dapat mencoba kredit tanpa agunan (KTA) untuk memperoleh modal usaha. Meskipun tidak ada jaminan yang diberikan kepada lembaga keuangan, suku bunga pinjamannya tidak rendah. Kamu harus membuat perkiraan mengenai suku bunga dari segi periode dan sistemnya. Periksa juga kemampuan pembayaran cicilannya menggunakan rasio leverage sebelum mengajukan kredit KTA.

7. Bantuan Pemerintah

tulisan fund di atas tumpukan uang

(Sumber: Pix4free)

Pemerintah menyediakan subsidi berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan melalui beberapa bank negeri. Kalau kamu mendirikan UMKM, sumber modal usaha ini boleh dicoba. Setiap bank menawarkan jenis KUR yang berbeda, jadi kamu bisa memilih program yang sesuai kebutuhan bisnismu. Usahamu harus dinilai dahulu secara ketat karena banyak pengusaha yang mengajukan pinjaman dengan metode ini.

Baca Juga: 5 Cara Mengajukan Pinjaman UMKM Online yang Mudah

8. Investor

dua orang pebisnis berjabat tangan

(Sumber: Piqsels)

Kamu bisa mendatangi seminar investasi atau menggunakan kekuatan networking untuk mencari investor bisnismu. Perusahaan start-up dapat mengajukan permintaan investasi ke venture capital. Apapun caranya, kamu harus membuat investor tertarik untuk memodali usahamu, seperti mempresentasikan business plan dan prospek keuntungan bisnismu. Jangan lupa untuk memberikan return hasil investasi mereka secara berkala sesuai kesepakatan.

9. Pinjaman Online

seseorang mentransfer uang secara digital dari satu handphone ke handphone lainnya

(Sumber: Maxpixel)

Solusi terakhir bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan modal bisnis. Banyak sekali aplikasi pinjaman online di Indonesia saat ini, tapi kamu harus memilih penyelenggara yang terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perhatikan jumlah plafon, tenor, suku bunga, serta syarat dan ketentuan yang berlaku selama masa pinjaman. Pinjaman online tidak merugikan asal kamu teliti memilihnya serta melakukan kewajibanmu sebagai debitur.

Baca Juga: Pinjaman Online Resmi, Catat List Terbaru dari OJK!

Banyak sekali pilihan sumber modal usaha untuk mengembangkan bisnismu, bukan? Apapun pilihannya, JULOvers harus siap dengan kemungkinan risiko yang terjadi. Pilihlah cara yang tepat dan sesuai kebutuhan bisnismu serta lakukan manajemen keuangan yang baik agar kamu mendapatkan keuntungan besar dari dana yang diinvestasikan.

Kamu bisa menggunakan JULO Kredit Digital jika memilih cara mendapatkan modal usaha yang terakhir dari daftar di atas. JULO menyediakan pinjaman online dengan suku bunga mulai dari 0.1% per hari serta tenor yang panjang. Limit plafon yang ditawarkan bisa mencapai Rp15.000.000, cocok untuk mengembangkan bisnismu. Tunggu apalagi? Download aplikasi JULO di PlayStore atau AppStore dan rasakan kemudahan pengajuan kreditnya sekarang juga.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Temukan ide bisnis sederhana, seperti menjual kaos, paket data dan pulsa, hingga parcel atau hampers, untuk menambah…

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Makanan Online yang Laris di Pasaran

Temukan ide bisnis makanan online yang laris di pasaran, seperti seblak, makarani goreng, aneka keripik, dan salad buah…