Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Langkah-langkah Strategi Pemasaran?
1. Memahami Kondisi dan Kebutuhan Pasar
2. Merencanakan Strategi
3. Buat Buyer Persona/Persona Pembeli
4. Menentukan Goals/Tujuan Akhir
5. Pilih Tools
6. Perhatikan Sumber Daya Kamu
7. Analisis Kompetitor
8. Jalankan Strategi
9. Terapkan Strategi Bauran Pemasaran
10. Menjalin dan Menjaga Hubungan dengan Pelanggan
Apa Pentingnya Strategi Pemasaran?

10 Langkah-langkah Strategi Pemasaran yang Harus Dilakukan

langkah langkah strategi pemasaran

Terdapat langkah-langkah strategi pemasaran yang perlu JULOvers lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Strategi pemasaran juga selalu berubah mengikuti tren dan perkembangan yang baru.

Salah satu perubahan yang terjadi adalah penggunaan video durasi singkat di media sosial yang mampu menghasilkan engagement tinggi. Agar dapat bertahan dengan perubahan yang datang dengan cepat ini, kamu perlu beradaptasi.

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Demi memudahkan kamu menghadapi ketidakpastian yang dapat terjadi, maka beberapa informasi mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat strategi pemasaran yang efektif berikut ini bisa berguna untuk kamu.

Simak informasinya untuk menghasilkan strategi pemasaran terbaik dan efektif bagi bisnis kamu!.

Apa Saja Langkah-langkah Strategi Pemasaran?

sekumpulan orang sedang merayakan sesuatu di meja kerja

Produk dan jasa yang sudah dirancang dengan baik membutuhkan pemasaran. Ini diperlukan agar bisnis bisa dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu bisnis juga bisa menyampaikan pesannya melalui pemasaran yang dirancang dengan baik.

Pemasaran yang baik harus dibuat berdasarkan perancangan yang baik juga. Untuk bisa melakukan hal tersebut, diperlukan langkah-langkah penting. Menghasilkan pemasaran efektif tidak semudah membalik telapak tangan.

Ada tujuh langkah kunci untuk menyusun strategi pemasaran yang sukses. Dimulai dari membangun rencana pemasaran, membuat persona pembeli, identifikasi tujuan bisnis, pilih alat yang diperlukan, tinjau sumber daya yang ada, analisis kompetitor, dan terakhir  jalankan strateginya.

Jika dilakukan dengan benar, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk bisnis. Agar pemahamanmu lebih jelas mengenai langkah-langkah di atas, simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Memahami Kondisi dan Kebutuhan Pasar

Memahami Kondisi dan Kebutuhan Pasar

Tujuan utama dari strategi marketing adalah untuk membuat produk kamu dikenali serta digunakan oleh banyak orang. Maka, langkah utama yang paling masuk akal adalah mengenali kondisi dan kebutuhan pasar.

Untuk memahami keduanya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan baik dari segi produk serta konsumen.

Dari segi produk atau jasa yang akan kamu jual, kamu harus memperhatikan harga, tren, serta kompetitor bisnismu. Dari segi konsumen, kamu harus mencari tahu apa yang dicari oleh konsumen ketika menggunakan jasa atau produk terkait. Kamu juga bisa menggali lebih dalam tentang fitur atau hal-hal apa saja yang dicari konsumen namun masih belum ada pada produk atau jasa kompetitor yang telah kamu identifikasi sebelumnya.

Bagaimana cara kamu dapat melakukannya?

Kamu dapat memahami kondisi serta kebutuhan pasar dengan melakukan pencarian di internet. Untuk mempelajari perilaku konsumen, kamu juga dapat melakukan wawancara dengan beberapa konsumen dari target pasar kamu.

2. Merencanakan Strategi

sekumpulan orang sedang merencanakan strategi di meja kerja

Dasar dari pemasaran yang baik adalah strategi. Hal ini secara garis besar berisi mengenai alasan mengapa kamu memerlukan langkah tertentu, sumber daya yang dibutuhkan, serta tujuan untuk dicapai melalui strategi ini.

Memulai sesuatu tanpa tahu tujuan akhir dan langkah apa yang diperlukan agar dapat mencapainya sangat tidak efektif. Waktu kamu terbuang begitu saja dan sumber daya akan habis tanpa memberikan hasil memuaskan.

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Buat rencana pemasaran berdasarkan data dan analisis yang tepat. Sehingga nantinya kamu bisa mencapai tujuan akhir sesuai keinginan bahkan melebihinya.

3. Buat Buyer Persona/Persona Pembeli

seorang wanita tersenyum sambil menenteng banyak tas belanja

Menentukan siapa yang yang nantinya akan membeli atau menggunakan jasa bisnis kamu menjadi langkah penting selanjutnya. Buyer persona menjadi sebuah cara bagi kamu menemukan pelanggan ideal.

Persona dari pembeli ini memiliki informasi demografis dan psikografis yang penting. Contohnya seperti usia, jabatan, pendapatan, lokasi, minat, dan tantangan. Gunakan hal tersebut untuk menentukan apakah calon pelanggan memiliki semua atribut tersebut. Sehingga bisa mengenali apakah mereka merupakan pelanggan ideal yang kamu inginkan.

4. Menentukan Goals/Tujuan Akhir

sebuah kertas bertuliskan goals di mesin ketik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kehadiran goals atau tujuan akhir membantu bisnis dalam merencanakan pemasaran. Hal ini menjadi pemandu bagi bisnis agar bisa melakukan langkah yang tepat untuk mencapainya.

Baca Juga: Tips dan Trik Dalam Berbisnis yang Wajib Diketahui

Contohnya ketika bisnis kamu ingin meningkatkan brand awareness maka pemasaran yang dilakukan harus bisa membantumu mencapai goals tersebut. Salah satu cara terbaik menciptakan tujuan akhir untuk pemasaran bisnis yaitu menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time oriented.)

Tujuan akhirmu harus spesifik serta jelas, bisa diukur menggunakan variabelnya, bisa dicapai, realistis, dan memiliki tenggat waktu.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

5. Pilih Tools

layar handphone menunjukkan tulisan online marketing

Gunakan beragam alat/tools untuk bisa mewujudkan rencana pemasaran yang sudah dirumuskan. Ada banyak tersedia tools di luar sana. Dari yang gratis hingga berbayar bisa kamu gunakan.

Kehadiran tools ini bisa semakin mempermudah kamu dalam mengeksekusi, menganalisis, mengukur, dan mengevaluasi beragam tindakan pemasaran yang sudah direncanakan.

6. Perhatikan Sumber Daya Kamu

seorang wanita sedang menulis di papan tulis

Kegiatan pemasaran tentu memerlukan sumber daya. Baik dalam bentuk budget hingga personel yang melaksanakannya. Untuk bisa melaksanakan pemasaran dengan lancar tentu hal ini harus bisa terpenuhi.

Baca Juga: 14 Tips Berbisnis dengan Modal Kecil

Hitung berapa budget yang diperlukan dan sumber daya seperti apa saja yang dibutuhkan. Perhatikan juga apakah saat ini ada beberapa aset yang kamu miliki bisa digunakan untuk membantu kegiatan pemasaran.

7. Analisis Kompetitor

seseorang menunjuk grafik di kertas dengan pulpen

Belajar dari pesaing merupakan cara terbaik untuk bisa menemukan strategi pemasaran yang bagus untuk bisnis kamu. Adaptasi apa yang membuat rencana mereka berhasil. Kemudian pelajari apa yang membuat kegiatan pemasaran mereka tidak maksimal.

Sempurnakan dengan analisis dan perencanaanmu sehingga bisa menghasilkan strategi pemasaran terbaik bagi bisnismu. Gunakan SWOT untuk mempermudah proses ini.

8. Jalankan Strategi

seseorang melihat grafik di layar laptop

Agar bisa melihat hasil nyata dari rencana pemasaran yang sudah disusun, maka kamu harus mengeksekusinya. Jalankan rencanamu dan lihat bagaimana dampak yang dihasilkan. Jika sudah, lakukan evaluasi dari tindakan pemasaran yang sudah dilakukan.

Lihat apakah rencana tersebut mampu mendatangkan hasil yang diinginkan. Temukan titik di mana hal tersebut bisa ditingkatkan selanjutnya untuk merealisasikan goals dengan lebih baik lagi.

 

9. Terapkan Strategi Bauran Pemasaran

Terapkan Strategi Bauran Pemasaran

Setelah menjalankan strategi pemasaran, JULOvers pasti akan mendapatkan berbagai data yang dapat dijadikan bahan evaluasi. Data-data tersebut dapat kamu gunakan untuk melakukan strategi bauran pemasaran.

Dalam penerapan strategi pemasaran satu ini, ada beberapa hal yang harus JULOvers perhatikan lebih detil yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.

Tujuan utama dari strategi pemasaran satu ini adalah untuk memasarkan produk dengan harga yang tepat di tempat yang tepat melalui metode promosi yang tepat juga. Dengan seluruh data yang kamu punya dalam melakukan strategi pemasaran sebelumnya, kamu tentunya bisa merancang strategi bauran pemasaran dengan baik.

10. Menjalin dan Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Menjalin dan Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Dalam melakukan pemasaran, kamu harus tahu bahwa memelihara pelanggan lama akan lebih udah dibanding mencari pelanggan baru. Hal ini karena mencari pelanggan baru tidak jarang akan memakan biaya yang besar.

Pelanggan yang lama juga biasanya tidak akan sungkan untuk memberikan review secara organik tentang produk atau jasa kamu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan testimoni positif secara natural yang tentunya akan memiliki kekuatan lebih kuat dibandingkan review dari influencer atau sumber berbayar lainnya.

Apa Pentingnya Strategi Pemasaran?

dua orang sedang membahas strategi pemasaran

Memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk bisnismu akan memberikan beberapa keuntungan, antara lain:

  • Memberi bisnis keunggulan dalam persaingan.
  • Membantu dalam pengembangan barang dan jasa dengan potensi keuntungan yang tinggi.
  • Membantu bisnis dalam memanfaatkan sumber daya yang ada sebaik mungkin untuk menyampaikan pesan penjualan ke target audiens yang tepat.
  • Mengakomodasi dan membantu pertumbuhan bisnis kamu.
  • Menjadi studi kasus dan statistik yang bisa digunakan pada masa mendatang.

Itulah beberapa langkah-langkah strategi pemasaran yang bisa JULOvers gunakan untuk membantu bisnis memasarkan produk dan jasanya. Bila hal tersebut terlaksana, maka kamu bisa mencapai tujuan akhir yang diinginkan.

Salah satu halangan untuk bisa mewujudkan rencana pemasaran yang baik adalah budget. Apabila kamu membutuhkan dana tambahan untuk kegiatan ini, gunakan aplikasi pinjaman online yang mudah JULO Kredit Digital yang sudah terbukti aman dan tepercaya karena memiliki izin OJK. 

Proses pengajuan pinjaman JULO juga sangat cepat dan mudah. Tidak ada lagi alasan untuk menunda kesempatan mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Lalu, tunggu apalagi? Jangan lupa gunakan promo #SiapMelesat untuk mengembangkan usahamu bersama JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya