usaha yang masih jarang tapi menguntungkan

8 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing serta Menguntungkan

JULOvers dapat mencoba ide usaha yang masih jarang kompetitor tapi menguntungkan jika ingin mencari inovasi dalam berbisnis. Kebutuhan target pasar yang bervariasi melahirkan banyaknya peluang usaha baru. Kesempatan bisnis tersebut harus dicoba karena berpotensi menghasilkan keuntungan besar bagi usahamu.

Sayangnya, masih banyak yang belum berani mengeksekusi ide usaha tersebut karena berbagai alasan. Salah satunya, mereka tidak yakin bahwa pelanggan menyukai produk yang dijual. Hal tersebut memang menantang, tapi mudah diatasi kalau kamu melakukan riset pasar dahulu sebelum mengeksekusi bisnisnya. Riset pasar ini bertujuan supaya produkmu bisa masuk dan diterima oleh target pasar.

Usaha Apa Yang Belum Banyak Pesaing Tapi Menguntungkan?

seorang wanita sedang mengangkat lobster sambil tersenyum

(Sumber: Pixabay)

Bisnis jarang pesaing bukan berarti sepi peminat. Masyarakat justru mewanti-wanti kehadiran usaha tersebut untuk memenuhi kebutuhan yang beragam. Contoh sederhananya, bisnis penyewaan kamera hadir karena banyak konsumen yang ingin mengabadikan momennya selama liburan, meski usaha tersebut hampir minim pesaing di suatu kota atau daerah.

JULOvers harus berani mengaplikasikan peluang usaha seperti ini karena bisa mendatangkan banyak pelanggan. Tidak hanya itu, bisnis kamu dinilai inovatif lantaran produknya belum tersedia di daerah sekitarmu.

Apa saja ide usaha minim pesaing yang layak dicoba? Simaklah delapan rekomendasi usaha dari JULO ini.

1. Produk Daur Ulang

tumpukan botol bekas siap didaur ulang

(Sumber: Pexels)

Ide bisnis ini cocok dieksekusi bagi pengusaha yang peduli lingkungan dan kreatif dalam membuat produk daur ulang. Prospek bisnis ini cukup besar karena banyak konsumen yang ingin membeli barang daur ulang demi menyelamatkan lingkungan.

Kamu dapat membuat berbagai barang dari plastik tidak terpakai, seperti keranjang sampah, tas belanja, tatakan gelas, dan lain-lain. Kamu dapat menerima donasi atau membeli sampah plastik bekas dari pelanggan agar biaya produksinya bisa ditekan.

2. Makanan atau Minuman Sehat

sebuah piring berisikan telur, daging, dan sayur-sayuran

(Sumber: Pixnio)

Bisnis kuliner makin menjamur, tapi masih sedikit usaha yang menjual makanan atau minuman sehat. Banyak pula konsumen yang ingin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, apalagi sejak pandemi Covid-19 melanda.

Baca Juga: 5 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Kamu dapat mengambil peluang usaha ini dengan menyediakan menu makanan dan minuman sehat. Promosikan juga bisnismu di aplikasi pengantar makanan supaya makin banyak calon pelanggan yang membeli produkmu.

3. Salon Hewan Peliharaan

seekor anjing sedang mendapat perawatan

(Sumber: Maxpixel)

Bisnis salon hewan peliharaan dapat dieksekusi di area perumahan atau perkotaan. Rata-rata penduduk di area perkotaan mempunyai hewan peliharaan di rumahnya. Namun, mereka sulit menemukan salon khusus hewan atau layanan pet grooming di sekitar tempat tinggal mereka.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha Modal Kecil Paling Menjanjikan

Peluang usaha ini cukup menarik untuk dicoba, apalagi kamu bisa mendapatkan keuntungan besar. Sediakan tempat higienis dan pegawai yang cukup kompeten dalam pet grooming agar bisnismu mendapat kepercayaan lebih.

4. Penyewaan Pakaian Bermerek

deretan gantungan baju warna putih

(Sumber: Pixabay)

Bisnis pakaian ini cukup menarik untuk dicoba apabila kamu memiliki koleksi branded outfit yang jarang dipakai. Pakaian branded pun menjadi kebutuhan sebagian orang, terutama saat menghadiri acara. Kamu cukup mengandalkan media sosial atau marketplace penyewaan barang untuk mempromosikan usaha ini. Modal yang tersedia bisa digunakan untuk menyewa jasa foto produk agar galeri koleksi pakaian branded-mu lebih menarik. 

 

kredit digital Julo

5. Penyewaan Perlengkapan Bayi

troli bayi berwarna gelap

Stroller, walker, car seat, high chair, dan perlengkapan lainnya hanya digunakan sampai bayi berusia tiga tahun. Orang tua cenderung khawatir mengenai biaya perlengkapan bayi yang mahal, tapi tidak terlalu lama digunakan. Bisnis perlengkapan bayimu bisa menjadi jawaban atas kekhawatiran mereka tersebut. Kamu bisa mencari perlengkapan bekas tapi masih berkualitas untuk menghemat biaya produknya. Gunakan sistem sewa bulanan atau mingguan supaya harga sewanya lebih terjangkau.

6. Penyewaan Perlengkapan Pesta

kumpulan alat perlengkapan pesta

(Sumber: Pxhere)

Satu lagi bisnis rental yang sepi kompetitor tapi ramai peminat adalah perlengkapan pesta. Beberapa orang terpaksa mencari jasa sewa perlengkapan pesta sampai ke luar daerah tempat tinggalnya karena bisnis ini jarang ditemukan.

Kamu dapat mencoba usaha ini untuk menyediakan perlengkapan pesta di rumah, seperti kursi, meja, sound system, panggung, dan lain-lain. Peluang usaha ini lebih besar kalau kamu bekerja sama dengan event organizer sebagai salah satu vendor mereka.

7. Jasa Teknisi Kendaraan Panggilan

seorang montir sedang membetulkan kendaraan

(Sumber: Pxhere)

Kalau kamu memiliki keahlian di bidang otomotif, gunakanlah untuk menghasilkan keuntungan. Banyak pemilik kendaraan berharap bisa menemukan montir atau teknisi yang bisa dipanggil ke rumah, terutama jika lokasi bengkelnya terlalu jauh.

Mereka juga masih awam mengenai kendaraannya, jadi kamu dapat memanfaatkan peluang ini. Layanan bengkel home service ini sangat membantu menyelesaikan masalah mereka. Pelanggan akan mempromosikan bisnismu sehingga makin banyak orang yang menggunakan keahlianmu untuk memperbaiki kendaraan mereka.

8. Desain Eksterior Rumah

rumah putih tingkat dua di lingkungan yang asri

(Sumber: Pexels)

Desainer interior memang menjamur, tetapi masih sedikit bisnis yang menyediakan jasa desain eksterior. Pemilik rumah juga menginginkan tampilan rumah yang cantik demi membangun kesan menarik di mata tetangganya. Peluang ini dapat diambil kalau kamu memiliki keahlian merancang halaman atau taman di rumah. Kamu cukup mengunggah desain halaman rumah atau taman yang indah di portofolio media sosialmu sebagai strategi promosinya. 

Masih banyak ide usaha minim kompetitor nan menguntungkan yang bisa kamu coba. Kunci keberhasilannya terletak pada pangsa pasar yang sesuai. Artinya, sesuaikan ide bisnismu dengan kebutuhan pasar di sekitarmu. Bisnis berjalan lancar dan tidak mandek di tengah jalan apabila banyak orang tertarik menggunakan produkmu.

Meskipun peluang usaha tersebut masih jarang kompetitor dan berpotensi menguntungkan, JULOvers tetap memerlukan modal untuk membangun bisnis. Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan layanan JULO Kredit Digital. Kamu dapat mengajukan kredit sampai Rp15.000.000 dengan tenor dan suku bunga bersahabat. Plafon tersebut sudah cukup untuk memulai bisnis pertamamu. Tunggu apalagi? Download aplikasi kredit digital di Google Play Store atau App Store dan mulailah perjalanan bisnismu bersama JULO.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital

Artikel Lainnya

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Temukan ide bisnis sederhana, seperti menjual kaos, paket data dan pulsa, hingga parcel atau hampers, untuk menambah…

2022-05-18   |   

4 Ide Bisnis Makanan Online yang Laris di Pasaran

Temukan ide bisnis makanan online yang laris di pasaran, seperti seblak, makarani goreng, aneka keripik, dan salad buah…