peluang usaha modal kecil

8 Peluang Usaha Modal Kecil Paling Menjanjikan

Kebutuhan masyarakat yang semakin rumit tiap harinya melahirkan berbagai peluang usaha modal kecil. Peluang usaha ini harus diambil demi mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Meski bermodal kecil, bisnis ini dapat menjadi langkah awal bagi JULOvers yang ingin berkarier sebagai pengusaha. 

Salah satu kunci keberhasilan menjalankan bisnis adalah produk atau jasanya dibutuhkan oleh target pasar atau masyarakat sekitar. Kamu boleh memiliki ide produk untuk berjualan, tapi apakah produk tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat? Itulah alasan pengusaha harus jeli melihat kebutuhan di sekitarnya. Mereka berusaha mencari peluang usaha dan menyediakan produk yang bernilai jual tinggi kepada masyarakat.

Apa Saja Peluang Usaha Modal Kecil Yang Bagus Untuk Pemula?

Peluang usaha yang tersedia di lapangan tidak selalu membutuhkan modal besar. Kamu hanya perlu modal kecil tetapi mampu memanfaatkan sumber daya di sekitar untuk menjalankan bisnismu. Kalau bisnisnya berhasil, kamu akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis ini.

Apa saja peluang usaha yang mampu menghasilkan keuntungan meski bermodal kecil? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Katering Sehat

dua orang pria sedang menyiapkan makanan katering

(Sumber: Pexel)

Bisnis kuliner erat kaitannya dengan usaha modal kecil yang ramah pemula, contohnya katering sehat. Mengapa demikian? Karena setiap manusia tentunya membutuhkan makanan yang bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan mereka. Sehat tidak harus mahal, artinya kamu dapat menyediakan katering 4 sehat 5 sempurna dengan kearifan lokal. Tawarkan menu yang bervariasi agar pelangganmu tidak bosan dengan menu kateringmu.

2. Minuman Sehat

deretan minuman sehat dari buah

(Sumber: Pexels)

Daripada membuka usaha minuman manis yang trendy, mengapa kamu tidak berjualan minuman sehat saja? Minuman sehat ini bisa berupa jamu, jus, empon-empon, dan lain-lain. Modal yang dibutuhkan memang sedikit, yakni Rp1-2 juta, tapi kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis minuman sehat ini.

Baca Juga: Pinjol Resmi atau Ilegal, Ini Dia Cara Cek dengan OJK

3. Jasa Cleaning Service

seseorang sedang membersihkan kaca dengan spons

(Sumber: Pexels)

Kesibukan manusia yang semakin meningkat membuat mereka terpaksa mengabaikan kebersihan rumahnya. Tawarkan jasa cleaning service untuk memenuhi kebutuhan mereka akan lingkungan yang higienis. Berikan jaminan kalau kamu akan membersihkan rumahnya sesuai protokol kesehatan yang berlaku sehingga pelanggan percaya kepada bisnismu.

kredit digital Julo

4. Financial Planner

seorang pria sedang mencatat pengeluaran di buku keuangan

(Sumber: Pexels)

Masyarakat Indonesia kini sadar akan pentingnya melek keuangan. Lewat jasa financial planner ini, kamu akan memandu klien dalam pengelolaan keuangan dan investasi agar tujuan finansialnya tercapai. Modal yang dikeluarkan pun tidak banyak, cukup tambah pengetahuanmu di bidang finansial dan investasi.

5. Bisnis Reseller

seseorang sedang membungkus barang

(Sumber: Pexels)

Kamu tidak perlu memikirkan modal untuk produksi, cukup melakukan pengadaan produk, pengiriman, dan promosinya. Barang yang dijual bisa beragam, tapi sesuaikan pula dengan kebutuhan target pasar. Kamu akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis reseller, asalkan tahu strategi yang tepat untuk menjalankannya.

6. Penitipan Hewan

seekor anjing hitam di penitipan hewan

(Sumber: Pexels)

Kini, semakin banyak orang yang memelihara hewan di rumahnya, terutama anjing dan kucing. Kamu bisa menawarkan jasa penitipan hewan kepada pemiliknya apabila mereka hendak keluar kota. Sediakan tempat yang nyaman bagi hewan dan berikan fasilitas yang cukup, terutama pakan hewan yang higienis.

7. Kerajinan Tangan

seorang wanita sedang merajut

(Sumber: Pexels)

Kalau JULOvers punya keahlian di bidang ini, tidak ada salahnya untuk dijadikan sebagai bisnis. Kerajinan tangan ini bentuknya macam-macam, misalnya perangkai buket bunga di hari pernikahan. Modal yang dikeluarkan pun cukup ringan, tapi keuntungan yang dihasilkan tidak kalah besar untuk pebisnis pemula.

8. Jasa Desain

seorang wanita sedang mendesain di macbook

(Sumber: Pexels)

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan kemampuan desain sebagai sumber penghasilanmu. Apalagi jika kamu memiliki keahlian di bidang digital drawing, peluang bisnisnya semakin besar. Ajak orang lain untuk berkolaborasi, misalnya toko suvenir, sehingga pangsa pasar semakin luas dan keuntungan yang diterima semakin besar.

Baca Juga: Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Memulai Usaha Sampingan!

Banyak sekali kan, peluang usaha modal kecil yang memberikan keuntungan besar bagi pemula? Jangan ragu untuk memulai usaha, JULOvers bisa mendapatkan pinjaman dana lewat aplikasi kredit digital yang mudah bernama JULO Kredit Digital. Dapatkan modal hingga Rp15 juta dan tenor yang cukup fleksibel hanya lewat aplikasi ini.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…