Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Apa Saja Peluang Usaha Modal Kecil Yang Bagus Untuk Pemula?
1. Katering Sehat
2. Minuman Sehat
3. Membuka Jasa Cleaning Service
4. Financial Planner
5. Bisnis Reseller
6. Penitipan Hewan
7. Kerajinan Tangan
8. Jasa Desain Grafis
9. Affiliate Marketing
10. Usaha Makanan Ringan
11. Jasa Titip
12. Usaha Jual Pulsa Listrik dan Paket Internet
13. Bisnis Laundry Kiloan
14. Bisnis Waralaba (Franchise)
15. Membuka Warung
16. Budidaya Tanaman
17. Cuci Kendaraan
18. Les Privat
Punya Usaha Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital

18 Peluang Usaha Modal Kecil Paling Menjanjikan

peluang usaha modal kecil

Kebutuhan masyarakat yang semakin rumit tiap harinya melahirkan berbagai peluang usaha modal kecil. Peluang usaha ini harus diambil demi mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Meski bermodal kecil, bisnis ini dapat menjadi langkah awal bagi JULOvers yang ingin berkarier sebagai pengusaha. 

Salah satu kunci keberhasilan menjalankan bisnis adalah produk atau jasanya dibutuhkan oleh target pasar atau masyarakat sekitar. Kamu boleh memiliki ide produk untuk berjualan, tapi apakah produk tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat? Itulah alasan pengusaha harus jeli melihat kebutuhan di sekitarnya. Mereka berusaha mencari peluang usaha dan menyediakan produk yang bernilai jual tinggi kepada masyarakat.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Apa Saja Peluang Usaha Modal Kecil Yang Bagus Untuk Pemula?

Peluang usaha yang tersedia di lapangan tidak selalu membutuhkan modal besar. Kamu hanya perlu modal kecil tetapi mampu memanfaatkan sumber daya di sekitar untuk menjalankan bisnismu. Kalau bisnisnya berhasil, kamu akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis ini.

Apa saja peluang usaha yang mampu menghasilkan keuntungan meski bermodal kecil? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Katering Sehat

dua orang pria sedang menyiapkan makanan katering

Bisnis kuliner erat kaitannya dengan usaha modal kecil yang ramah pemula, contohnya katering sehat. Mengapa demikian? Karena setiap manusia tentunya membutuhkan makanan yang bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan mereka. Sehat tidak harus mahal, artinya kamu dapat menyediakan katering 4 sehat 5 sempurna dengan kearifan lokal. Tawarkan menu yang bervariasi agar pelangganmu tidak bosan dengan menu kateringmu.

Estimasi modal katering sehat: Rp1.500.000 - Rp7.000.000

2. Minuman Sehat

Daripada membuka usaha minuman manis yang trendy, mengapa kamu tidak berjualan minuman sehat saja? Minuman sehat ini bisa berupa jamu, jus, empon-empon, dan lain-lain. Modal yang dibutuhkan memang sedikit, yakni Rp1-2 juta, tapi kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dari bisnis minuman sehat ini.

Estimasi modal minuman sehat: Rp500.000 - Rp1.000.000

Baca Juga: 18 Peluang Usaha Modal Kecil

Tertarik buka usaha modal kecil? Tenang, ada pinjaman modal usaha dari JULO Kredit Digital. Jangan sampai mimpi punya usahamu tak jadi kenyataan!

3. Membuka Jasa Cleaning Service

Kesibukan manusia yang semakin meningkat membuat mereka terpaksa mengabaikan kebersihan rumahnya. Tawarkan jasa cleaning service untuk memenuhi kebutuhan mereka akan lingkungan yang higienis. Berikan jaminan kalau kamu akan membersihkan rumahnya sesuai protokol kesehatan yang berlaku sehingga pelanggan percaya kepada bisnismu. 

Estimasi modal jasa kuliner: Rp250.000 - Rp800.000

4. Financial Planner

seorang pria sedang mencatat pengeluaran di buku keuangan

Masyarakat Indonesia kini sadar akan pentingnya melek keuangan. Lewat jasa financial planner ini, kamu akan memandu klien dalam pengelolaan keuangan dan investasi agar tujuan finansialnya tercapai. Modal yang dikeluarkan pun tidak banyak, cukup tambah pengetahuanmu di bidang finansial dan investasi.

Estimasi modal financial planner: Rp250.000 - Rp800.000

5. Bisnis Reseller

Kamu tidak perlu memikirkan modal untuk produksi, cukup melakukan pengadaan produk, pengiriman, dan promosinya. Barang yang dijual bisa beragam, tapi sesuaikan pula dengan kebutuhan target pasar. Kamu akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis reseller, asalkan tahu strategi yang tepat untuk menjalankannya.

Estimasi modal bisnis reseller: Rp0 - Rp500.000

6. Penitipan Hewan

Kini, semakin banyak orang yang memelihara hewan di rumahnya, terutama anjing dan kucing. Kamu bisa menawarkan jasa penitipan hewan kepada pemiliknya apabila mereka hendak keluar kota. Sediakan tempat yang nyaman bagi hewan dan berikan fasilitas yang cukup, terutama pakan hewan yang higienis.

Estimasi modal penitipan hewan: Rp2.500.000 - Rp10.000.000

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

7. Kerajinan Tangan

Kalau JULOvers punya keahlian di bidang ini, tidak ada salahnya untuk dijadikan sebagai bisnis. Kerajinan tangan ini bentuknya macam-macam, misalnya perangkai buket bunga di hari pernikahan. Modal yang dikeluarkan pun cukup ringan, tapi keuntungan yang dihasilkan tidak kalah besar untuk pebisnis pemula.

Estimasi modal kerajinan tangan: Rp1.000.000 - Rp5.000.000

8. Jasa Desain Grafis

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan kemampuan desain sebagai sumber penghasilanmu. Apalagi jika kamu memiliki keahlian di bidang digital drawing, peluang bisnisnya semakin besar. Ajak orang lain untuk berkolaborasi, misalnya toko suvenir, sehingga pangsa pasar semakin luas dan keuntungan yang diterima semakin besar.

Baca Juga: Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Memulai Usaha Sampingan!

Estimasi modal jasa desain grafis: Rp500.000 - Rp10.000.000

9. Affiliate Marketing

seseorang sedang menulis blog

Jenis bisnis online ini adalah salah satu usaha modal kecil untung besar yang dapat JULOvers coba. Simpelnya, affiliate marketing adalah sebuah usaha di mana kamu bekerja sama atau berafiliasi dengan perusahaan atau orang untuk mempromosikan produk mereka.

Bentuk promosinya ini dapat bermacam-macam. Misalnya, kamu bisa membuat promosi dalam bentuk video atau artikel pada blog. Karena kamu tidak perlu membeli produk mereka, dan dalam beberapa kasus kamu bahkan akan mendapatkan barang secara gratis untuk dicoba, ide usaha ini termasuk usaha modal kecil.

Walaupun tujuan kamu nantinya adalah mempromosikan barang, kamu tidak akan dibayar hanya karena sekedar mempromosikan. Kamu akan mendapatkan uang ketika seseorang membeli atau menggunakan produk atau jasa yang kamu rekomendasikan melalui link atau tautan yang kamu berikan.

Untuk program afiliasinya sendiri, kamu bisa menemukannya dengan cukup mudah pada platform toko online. Selain dari toko online, ada juga perusahaan jasa yang membuka program afiliasi yang dapat kamu coba.

Estimasi modal affiliate marketing: Rp0 - Rp500.000

10. Usaha Makanan Ringan

makanan ringan kentang goreng dan saus di atas wadah

Usaha kuliner adalah usaha yang tidak pernah ada matinya karena orang setiap hari tentu membutuhkan makanan. Kalau misalnya JULOvers tidak memiliki cukup modal untuk membuka usaha makanan yang besar, kamu bisa mulai dengan membuka usaha makanan ringan.

Selain kebutuhan modal yang relatif lebih kecil, usaha makanan ringan juga memiliki variasi serta pangsa pasar yang luas. Dari segi variasi, kamu dapat menemukan pilihan seperti aneka kripik, gorengan, frozen food, dan lain-lain.

Peluang usaha ini juga dapat kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan karena umumnya usaha ini tidak banyak menyita waktu. Untuk proses menjualnya sendiri, kamu bisa membuka gerai offline atau melalui toko online.

Estimasi modal usaha makanan ringan: Rp250.000 - Rp2.000.000

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

11. Jasa Titip

seorang wanita sedang mengambil swafoto hasil jasa titip

Bagi JULOvers yang gemar untuk jalan-jalan, ide usaha satu ini tentunya sangat cocok untuk dicoba. Cara kerja dari jasa titip ini juga relatif simpel. Kamu tinggal mengambil gambar dari sebuah produk yang kamu temukan dan bagikan pada orang-orang melalui sosial media.

Saat membagikan gambar produk tersebut, tanyakan apakah ada dari mereka yang ingin membeli produk tersebut. Orang-orang yang ingin membeli barang tersebut nantinya akan mengirimkan sejumlah uang yang sudah termasuk biaya jasa untuk kamu yang akan kamu gunakan untuk membeli barang tersebut.

Selain dengan cara tersebut, kamu juga bisa mencari kenalan atau koneksi orang yang tinggal di daerah tertentu. Lalu, kamu tinggal menaruh gambar-gambar produk yang dijual di daerah dekat kenalan atau koneksi kamu. Orang-orang yang tertarik untuk membeli produk tersebut nantinya bisa meminta tolong kenalan atau koneksi kamu melewati kamu.

Estimasi modal jasa titip: Rp500.000 - Rp5.000.000

12. Usaha Jual Pulsa Listrik dan Paket Internet

seseorang memegang beberapa lembar uang dan smartphone

Kalau JULOvers mencari ide usaha rumahan modal kecil yang dapat dijadikan sampingan, maka usaha menjualan pulsa listrik dan paket internet adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga: 20+ Ide Bisnis Franchise, Punya Usaha Lebih Gampang!

Keduanya adalah hal yang akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang. Walaupun memang sudah terdapat banyak kemudahan untuk mendapatkan keduanya, kamu tetap bisa mendapatkan pelanggan dari orang-orang yang tidak ingin ribet membelinya.

Usaha rumahan ini juga tidak membutuhkan banyak modal; kamu hanya memerlukan handphone dan pulsa serta kuota internet. Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa langsung menghubungi agen distributor yang dapat menjadi tempat kamu untuk membeli pulsa listrik dan paket internet.

Estimasi modal usaha jual pulsa listrik dan paket internet: Rp100.000 - Rp800.000

13. Bisnis Laundry Kiloan

Serupa dengan bisnis kuliner, bisnis laundry adalah salah satu jenis bisnis yang tidak akan ada matinya. Setiap hari, orang pasti memiliki pakaian kotor yang harus dicuci.

Usaha laundry mungkin memang terdengar membutuhkan modal besar. Tetapi, hal itu sebenarnya jika kamu berencana untuk langsung membuka usaha cucian yang besar.

Usaha laundry sebenarnya tidak membutuhkan modal yang begitu besar. JULOvers bisa mulai dengan menggunakan mesin cuci yang telah ada di rumah. Kalaupun ingin menambah mesin, kamu bisa mulai dengan membeli satu atau dua mesin cuci sambil berusaha terlebih dahulu mencari pelanggan.

Untuk mengembangkannya, kamu juga bisa membuka jasa lain selain mencuci pakaian. JULOvers juga bisa membuka jasa untuk membersihkan tas atau sepatu untuk menambah variasi bisnis laundry kiloan.

Estimasi modal bisnis laundry kiloan: Rp1.000.000 - Rp10.000.000​​​​

14. Bisnis Waralaba (Franchise)

Kalau kamu ingin membuka usaha tanpa perlu memusingkan material pemasaran, logo, produk, dan lain-lain, maka bisnis waralaba dapat menjadi pilihan yang tepat.

Simpelnya, dalam bisnis waralaba kamu akan membeli hak untuk menggunakan produk, logo, serta mendapatkan material pemasaran dari orang yang memiliki sebuah waralaba atau franchise.

Baca Juga: Yuk, Kenali Kelebihan & Kekurangan Bisnis Waralaba!

Setelah membeli hak-hak tersebut, kamu biasanya akan mendapatkan pelatihan tentang bagaimana mengoperasikan alat-alat mereka. Setelah itu, kamu bisa langsung mulai berbisnis.

Waralaba sendiri memiliki banyak jenisnya. Salah satu contoh yang paling umum adalah waralaba makanan, khususnya makanan ringan. JULOvers bisa mencari waralaba makanan ringan seperti crepes, takoyaki, dan lain-lain untuk memulai bisnis dengan modal yang relatif kecil.

Karena waralaba sendiri memiliki brand, maka jika kamu memilih waralaba yang terkenal, kamu tidak usah pusing-pusing lagi berpikir soal pemasaran karena orang-orang sudah mengetahui barang yang kamu jual.

Untuk memaksimalkan potensi bisnis ini, usahakan untuk membuka jasa laundry pada area kos-kosan atau area perkantoran di mana banyak pegawai yang tidak sempat untuk membersihkan pakaian mereka sendiri.

Estimasi modal bisnis franchise/waralaba: Mulai dari Rp5.000.000

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

15. Membuka Warung

Usaha rumahan modal kecil yang berikutnya adalah membuka warung. Opsi ini tentunya tidak membutuhkan banyak penjelasan.

Baca Juga: 14 Tips Berbisnis dengan Modal Kecil

Usaha rumahan ini dapat JULOvers jadikan sampingan, apalagi bagi kamu yang dapat bekerja dari rumah atau work from home. Kalaupun tidak bekerja dari rumah, kamu dapat menjalankan usaha ini selepas kamu pulang dari kantor.

Usaha modal kecil ini juga dapat kamu kombinasikan dengan berbagai jenis bisnis lainnya. Misalnya, kamu juga bisa berusaha menjualan makanan ringan sekaligus menjalankan warung. Atau, JULOvers juga bisa menjual minuman sehat di warung sendiri.

Estimasi modal membuka warung: Rp1.000.000 - Rp5.000.000

16. Budidaya Tanaman

anggur hasil bisnis budidaya tanaman

Bagi JULOvers yang memiliki lahan lebih, kamu bisa menggunakan lahan tersebut untuk melakukan usaha budidaya tanaman. Jenis bisnis ini sangat fleksibel karena ada banyak sekali jenis tanaman yang dapat kamu tanam.

Selain untuk keperluan bisnis, kamu juga bisa menjadikan budidaya tanaman ini sebagai sumber makanan kamu. Misalnya, kamu bisa menanam buah-buahan yang hasilnya nanti sebagian kamu jual sementara sebagian lainnya kamu jadikan makanan sendiri.

Estimasi modal budidaya tanaman: Rp2.750.000 - Rp7.000.000

Baca Juga: Berapa Modal Usaha Kosmetik 

17. Cuci Kendaraan

Cuci Kendaraan

Cuci kendaraan dapat menjadi ide usaha modal kecil yang sangat menguntungkan. Bagaimana tidak? Hampir setiap hari, atau setidaknya setiap minggu, pasti ada saja orang-orang yang membutuhkan kendaraan mereka untuk dicuci.

Usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Kamu setidaknya akan membutuhkan 4 hingga 5 juta untuk membeli peralatan yang dibutuhkan seperti pompa air, kompresor, kain lap dan lain-lain.

Jika kamu memiliki garasi yang luas atau lahan yang tidak terpakai di rumah, kamu dapat menghemat pengeluaran lebih jauh dengan membuka jasa cuci kendaraan ini di depan rumah daripada menyewa tempat lagi.

Estimasi modal cuci kendaraan: Rp500.000 - Rp15.000.000

18. Les Privat

Les Privat

Bagi JULOvers yang senang mengajar atau berbagi ilmu, khususnya terkait mata pelajaran anak sekolah, kamu bisa mencoba ide usaha modal kecil satu ini. Ide usaha ini sangat fleksibel dan membuatnya dapat kamu jadikan bisnis sampingan.

Membuka les privat juga tidak membutuhkan banyak modal. Kamu bisa mencari buku-buku sekolah yang kini sudah tersedia di internet dalam bentuk digital sebagai bahan ajar. Lalu, jika kamu harus berkunjung langsung ke rumah murid, kamu akan membutuhkan sepeda motor.

Estimasi modal les privat: Rp1.000.000 - Rp15.000.000

Banyak sekali kan, peluang usaha modal kecil yang memberikan keuntungan besar bagi pemula? Jangan ragu untuk memulai usaha, JULOvers bisa mendapatkan pinjaman dana lewat aplikasi pinjaman online cepat cair bernama JULO Kredit Digital. Dapatkan modal hingga Rp15 juta dan tenor yang cukup fleksibel hanya lewat aplikasi ini.

Punya Usaha Makin Mudah dengan JULO Kredit Digital

Pinjaman Modal Usaha dari JULO Kredit Digital!

Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu wujudkan mimpimu punya bisnis. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Jadi, tunggu apa lagi JULOvers? Siapkan dana usaha kamu bersama JULO dan manfaatkan promo #SiapMelesat untuk hidupkan usaha bareng JULO Kredit Digital. Semoga penjelasan tentang peluang usaha modal kecil ini bisa menginspirasi kamu untuk memulai usaha!

Mulai Usaha Makin Mudah dengan JULO!

Wujudkan mimpi punya bisnis dengan JULO Kredit Digital! Pinjaman modal usaha yang anti ribet dan cepat cair!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
10 Tips Sehat Selama Berpuasa, Jangan sampai Dehidrasi!
Keuangan & Bisnis
7 Cara Efektif Mengatur Keuangan Selama Bulan Puasa