berapa modal usaha kosmetik

Biaya Modal Usaha Kosmetik dan Tips Membukanya

Apakah JULOvers tertarik untuk membuka usaha kosmetik? Kamu harus mengetahui berapa modal usaha kosmetik yang harus dikeluarkan terlebih dahulu. Perkembangan zaman yang sudah memengaruhi berbagai aspek, termasuk kosmetik, membuat usaha kosmetik ini belakangan sangat laris. Banyak orang yang membutuhkan kosmetik untuk keperluan sehari-hari mereka.

Lantas, berapa modal usaha kosmetik? Bagaimana cara membukanya? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Berapa Modal Usaha Kosmetik?

Secara kasar, modal yang kamu butuhkan untuk membuka usaha kosmetik adalah sekitar 10 juta rupiah. Modal tersebut nantinya akan digunakan untuk memenuhi modal investasi dan modal operasional usaha kosmetik yang ingin dijalani.

Di bawah ini adalah penjelasan rinci mengenai berapa modal usaha kosmetik yang dibutuhkan.

1. Modal Investasi

Modal Investasi
Sumber: Pxhere

Modal investasi adalah biaya yang dikeluarkan untuk membeli peralatan atau barang yang akan digunakan secara jangka panjang untuk usaha kosmetik yang akan kamu jalani. Contoh peralatan atau barang yang termasuk ke dalam modal investasi adalah etalase, kursi, rak kaca, cermin, hingga papan iklan toko.

Baca Juga: Berbagai Jenis-Jenis Modal Kerja untuk Bisnis dan Usaha Kamu

Untuk kisaran modal yang dibutuhkan, setidaknya kamu harus mengeluarkan kurang lebih 4 juta rupiah. Pengeluaran tersebut bisa lebih atau kurang, tergantung dari di mana kamu membeli peralatan atau barang tersebut.

2. Modal Operasional

Modal Operasional
Sumber: Pexels

Hal pertama yang harus kamu perhatikan untuk menjawab “berapa modal usaha kosmetik” adalah mengetahui modal untuk operasional. Modal operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk membeli peralatan atau barang yang digunakan sehari-hari atau untuk jangka waktu pendek (< 1 bulan). 

Selain pada awal membuka usaha, modal operasional ini juga harus dikeluarkan setidaknya 1 bulan sekali. Artinya, kamu harus menyisihkan keuntungan setiap bulannya untuk keperluan operasional ini.

Seperti namanya, modal operasional ini berfungsi agar usaha kosmetik kamu dapat jalankan dapat beroperasi secara terus menerus. Biasanya, modal operasional ini digunakan untuk menyetok berbagai jenis kosmetik, membayar upah karyawan, hingga membayar biaya sewa ruko, listrik, air, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Modal Usaha Yang Wajib Diketahui

Kisaran modal operasional yang harus kamu keluarkan kurang lebih adalah 6 juta rupiah. Walaupun begitu, modal operasional ini tidak menentu, jadi terkadang kamu harus mengeluarkan lebih ketika usaha kamu berjalan dengan lancar karena harus menyetok lebih banyak produk kosmetik dan alasan lainnya.kredit digital Julo

Bagaimana Cara Membuka Usaha Kosmetik?

Setelah mengetahui berapa modal usaha kosmetik, selanjutnya Anda sudah bisa membuka usaha kosmetik. Ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk membuka usaha kosmetik, mulai dari membuat rencana bisnis hingga menentukan tempat usaha. Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Membuat Rencana Bisnis

Membuat Rencana Bisnis
Sumber: Pexels

Sebelum memulai usaha apa pun, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat rencana bisnis. Pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai pasar, target pasar, hingga kompetitor. Pelajari apa yang sedang terjadi di bidang usaha kosmetik ini, lalu sesuaikan rencana bisnis yang kamu buat dengan apa yang sedang terjadi sekarang.

Memiliki target pasar yang jelas juga akan sangat membantu ketika menjalankan usaha kosmetik ini. Tentukan apakah target pasar usaha kosmetik kamu adalah wanita karir, ibu rumah tangga, atau bahkan remaja. Jadi, kamu bisa menyesuaikan produk yang dijual serta bisa menentukan strategi promosi yang tepat.

Pelajari apa yang kompetitor lakukan sehingga usaha kosmetik mereka bisa berjalan dengan lancar. Lakukan semua hal positif yang mereka lakukan, selanjutnya beri sedikit keunikan agar usaha kosmetik yang kamu jalankan bisa berbeda dari yang lain. Jika usaha kosmetik kamu memiliki keunikan, pelanggan pasti akan melirik dan akhirnya membeli produk kosmetik yang dijual.

Baca Juga: Beragam Strategi Pemasaran Produk yang Bisa Dipraktekkan

Jangan lupa juga untuk menyiapkan modal, masukkan bagaimana cara yang akan kamu gunakan untuk mendapatkan modal ke dalam rencana bisnis ini. Selanjutnya, rencana bisnis ini juga bisa kamu gunakan sebagai proposal ketika ingin meminjam modal kepada investor atau pihak lainnya.

2. Menentukan Tempat Usaha

Menentukan Tempat Usaha
Sumber: Pixabay

Setelah membuat rencana bisnis, selanjutnya kamu dapat mulai memikirkan ingin memulai usaha kosmetik ini di mana. Belakangan ini, usaha kosmetik yang dilakukan secara online sudah mulai marak dilakukan karena memang ada banyak pelanggan yang lebih menyukai belanja online.

Baca Juga: Tips dan Cara Bisnis Online Minim Modal

Walaupun membuka usaha kosmetik secara online terkesan mudah, tetapi pasti ada kesulitannya tersendiri juga. Seringkali pelanggan menerima produk yang salah karena penjual salah mengirimkan barang, alhasil nilai toko kosmetik kamu pun menurun dan berdampak buruk bagi penjualan.

Membuka usaha kosmetik secara offline dengan menyewa ruko juga biasanya membutuhkan biaya yang lebih. Maka dari itu, sesuaikan saja tempat usaha kosmetik dengan modal yang dimiliki. Idealnya, usaha kosmetik kamu harus memiliki toko offline dan juga toko online, tetapi sebaiknya mulai dari toko online dulu saja jika belum memiliki modal yang besar.

3. Mencari Pemasok

Mencari Pemasok
Sumber: Pexels

Untuk menjual sebuah barang, kamu harus menemukan pemasok barang tersebut terlebih dahulu. Pastikan kamu menemukan pemasok yang menjual produknya dengan harga yang murah, jadi kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Pastikan memilih produk yang sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan.

Selain itu, pastikan juga produk yang kamu jual memiliki kualitas yang baik. Jangan sampai kamu menjual produk kosmetik dengan kualitas yang buruk dan tidak jelas asal usulnya. Kosmetik ini akan digunakan di tubuh pelanggan kamu, jika barangnya jelek kemungkinan akan memiliki efek samping kepada pelanggan yang menggunakannya.

4. Mulai Penjualan dan Promosi

Mulai Penjualan dan Promosi
Sumber: Pexels

Setelah semua sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mulai membuka toko dan melakukan promosi. Pastikan promosi yang kamu lakukan sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Memahami Strategi Pemasaran Digital yang Populer saat Ini

Kamu bisa melakukan promosi melalui berbagai media, mulai dari media sosial hingga website.

Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan Usaha Kosmetik Kamu?

Setelah mengetahui berapa modal usaha kosmetik dan membuka usahanya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualannya. Mari simak beberapa cara meningkatkan penjualan usaha kosmetik di bawah ini.

1. Tampilkan Foto Produk yang Menarik

Tampilkan Foto Produk yang Menarik
Sumber: Pexels

Cara pertama yang wajib kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan usaha kosmetik adalah dengan menampilkan foto produk yang menarik. Dalam usaha kosmetik, terutama yang online, penampilan foto produk adalah hal yang sangat penting. Pelanggan akan tertarik untuk mengecek produk yang dijual ketika ditampilkan dan dikemas dengan cara yang unik dan indah.

2. Memberikan Hadiah Kepada Pelanggan Setia

Memberikan Hadiah Kepada Pelanggan Setia
Sumber: Pexels

Salah satu cara yang efektif untuk meningatkan penjualan usaha kosmetik adalah dengan memberikan hadiah kepada pelanggan setia. Hadiah tersebut bisa berupa berbagai macam hal, mulai dari barang hingga potongan harga. Ketika pelanggan mendapatkan hadiah, mereka akan merasa dihargai atas kesetiaannya dan akan terus membeli produk kosmetik di toko kamu.

Selain itu, pelanggan setia juga dapat melakukan pemasaran dari mulut ke mulut, di mana mereka merekomendasikan toko kosmetik kamu kepada teman, keluarga, atau kenalannya karena mereka selalu membeli di sana dan tidak pernah kecewa. Maka dari itu, pastikan kamu membuat pelanggan setia merasa dihargai.

3. Memaksimalkan Media Sosial

Memaksimalkan Media Sosial
Sumber: Pexels

Perkembangan media sosial yang sangat pesat membuatnya menjadi tempat yang sangat baik untuk melakukan pemasaran dan promosi. Ditambah, masyarakat Indonesia ini sangat aktif di media sosial, mereka bisa menghabiskan berjam-jam dalam seharinya untuk berada di media sosial.

Baca Juga: Manfaatkan Media Sosial Instagram Untuk Memasarkan Usahamu dengan Cara Berikut Ini!

Demikian penjelasan mengenai berapa modal usaha kosmetik yang dibutuhkan. Jika JULOvers ingin membuka usaha kosmetik tetapi masih membutuhkan modal, kamu bisa melakukan pinjaman melalui berbagai produk pinjaman JULO. Prosesnya mudah dan pencairannya cepat, jadi JULOvers bisa segera memulai usaha kosmetiknya. Semoga artikel ini membantu!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…