Daftar Isi
Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai
Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai Berdasarkan Tipe Rumah
Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai Per Ruangan
Daftar Isi
Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai
Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai Berdasarkan Tipe Rumah
Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai Per Ruangan

Seberapa Mahal Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai ? Simak Disini

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Renovasi rumah bagi sebagian orang mungkin adalah hal yang paling menjengkelkan karena ribet dan menguras dompet. Belum lagi prosesnya yang memakan waktu berhari-hari bahkan sampai hitungan bulan jika kerusakannya berat. Hunian yang nyaman adalah hal gak bisa ditawar-tawar lagi. Apalagi ketika musim hujan datang, biasanya bakal banyak masalah yang menghantam entah itu kebocoran atap maupun bagian rumah tertentu. 

Meskipun renovasi rumah bisa jadi alternatif dalam menekan biaya pengeluaran dalam menghadirkan rumah impian, kegiatan menata rumah kembali juga bukan hal yang terbilang murah untuk dilakukan. Oleh karena itu, perencanaan yang matang perlu dilakukan, terutama soal budget atau anggaran dana yang dibutuhkan agar hasil renovasi rumah bisa sesuai dengan apa yang telah Anda idamkan selama ini.

Secara umum, renovasi rumah bisa diartikan sebagai sebuah proses atau kegiatan memperbaiki, meremajakan, merombak, atau menyempurnakan struktur atau bentuk rumah. Hal tersebut biasanya terealisasi melalui konsep desain yang telah dibuat agar sesuai dengan kebutuhan proses renovasi rumah. Renovasi rumah juga bisa diartikan sebagai kegiatan menambah ruangan dari bangunan atau lahan yang sudah ada, seperti penambahan garasi atau taman belakang, serta kolam renang.

Baca juga: Resmi Naik Kelas, Fintech Lokal JULO Kini Kantongi Izin OJK

Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Source: Pexels.com

Biaya renovasi rumah 2 lantai biasanya nyaris menguras habis dana yang tersimpan dalam tabungan anda. Pada akhirnya, mendapatkan dana renovasi dengan mengajukan kredit ke bank pun sering kali menjadi solusinya. Meskipun demikian, penting bagi anda untuk memastikan kembali rincian biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah sebelum proses pembangunan dilakukan.

Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) merupakan hal yang disarankan saat anda berencana melakukan renovasi rumah. Tentunya pembuatan RAB harus mencakup seluruh aspek, bahkan bisa perlu hingga terperinci ke pembiayaan lampu dan kabel listrik. Hal tersebut sangat membantu anda dalam mengetahui dan menentukan jenis material yang berkualitas untuk digunakan. Tidak hanya itu, anda juga harus mencermati biaya renovasi rumah berdasarkan tipe rumah yang anda inginkan atau per ruangan yang terdapat pada bangunan. Berikut ini adalah anjuran yang dapat JULOvers pertimbangkan sebagai tips dalam mengatur biaya renovasi rumah dua lantai agar tidak membuat jebol kantong yang sudah diulas oleh JULO.

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai Berdasarkan Tipe Rumah

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Source: Pexels.com

Merenovasi rumah 2 lantai memberikan keuntungan tersendiri bagi penghuninya karena memberikan spesifikasi ruang yang lebih luas dan banyak. Sebagai contoh sederhana, anda bisa mendapatkan luas rumah dua kali lebih besar dari ukuran tanah dengan adanya tambahan lantai, misalnya anda dapat memiliki rumah yang memiliki 144 meter persegi dengan membuat bangunan rumah dengan luas 72 meter persegi menjadi bertingkat. Menarik, bukan?

1. Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai Tipe 36

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Source: Pexels.com

Umumnya, rumah tipe 36 membutuhkan lahan seluas 60 meter persegi. Jika ingin melakukan renovasi rumah tipe ini menjadi dua lantai, maka diperkirakan luas bangunan menjadi 72 meter persegi.

Pada rumah tipe 36, biasanya terdiri dari beberapa ruangan meliputi, satu kamar mandi, dua kamar tidur, ruang makan dan dapur. Jika dilakukan perhitungan berdasarkan luasnya, mka estimasi, biaya renovasi rumah tipe ini berkisar antara Rp2.500.000 hingga Rp4.000.000 per meter tergantung material yang digunakan. Itu artinya, estimasi biaya renovasi rumah ini mencapai Rp120 juta hingga Rp144 juta per meter.

2. Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai Tipe 45

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Source: Pexels.com

Estimasi biaya untuk melakukan renovasi rumah tipe ini berkisar Rp3.500.000 per meter untuk satu lantai. Jadi, untuk melakukan renovasi rumah menjadi dua lantai biaya yang anda butuhkan mencapai Rp157.500.000. Tentu saja, pemilihan dan penggunaan material rumah standar maupun dengan kualitas terbaik akan sangat mempengaruhi jumlah biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah 2 lantai anda. Penting bagi anda untuk menentukan skala prioritas agar renovasi rumah sesuai dana yang anda miliki dan memenuhi kebutuhan anda. Untuk menghemat biaya, anda dapat mengerjakan hal sederhana secara mandiri.

3. Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai Tipe 72

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Source: Pexels.com

Pada tipe 72, umumnya bangunan berdiri di atas lahan yang memiliki luas antara 78-100m2. Dengan luas bangunan yang lebih besar dibandingan dua tipe sebelumnya, maka rumah tipe ini bisa memuat tiga kamar tidur, dua kamar mandi, ruang keluarga, ruang makan, dapur cukup luas, bahkan taman di area belakang. Jika anda melakukan renovasi rumah tipe 72 menjadi rumah dua lantai, total luas bangunan yang anda miliki bisa menjadi 144m2.

Estimasi biaya renovasi rumah 2 lantai pada tipe ini umumnya berkisar mencapai Rp252 juta – Rp288 juta. Tentu saja, estimasi disesuaikan dengan spesifikasi material standar. Sebagai contoh, pondasi standar menggunakan batu kali dan dinding bata dengan kualitas yang lebih baik. Saat merenovasi rumah dengan spesifikasi standar, umumnya akan menggunakan satu bagian semen pada lima bagian pasir supaya dinding lebih kuat sebagai pengikat.

 

Baca Juga: JULO Kembali Mengadakan Acara Bakti Sosial di Tahun 2019

Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai Per Ruangan

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Source: Pexels.com

Berapa biaya renovasi rumah per m2? Rata-rata biaya renovasi rumah setara dengan membangun rumah yakni antara Rp2.500.000 – Rp4.000.000 per meter persegi, bergantung pada kualitas dan merek material yang digunakan. Berikut rincian biaya renovasi rumah 2 lantai per ruangan yang bisa dijadikan patokan.

1. Biaya Renovasi Dapur

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Source: Pexels.com

Selain ruang keluarga, dapur biasanya menjadi ruang kesayangan. Bagi yang gemar memasak, dapur serupa ruang eksperimen, tempat mencurahkan berbagai kreativitas. Dapur yang diinginkan pastilah yang leluasa untuk berkarya, dengan fungsi-fungsi yang sempurna dari masing-masing perangkatnya. Ketika dirasa tak lagi memadai, kebutuhan renovasi dapur pun tak bisa ditunda.

Jika dibuat perkiraannya, maka cara renovasi dapur biaya murah memiliki rincian: Cat tembok dan kabinet Rp 400 ribu ; Keramik dinding Rp 200 ribu ; Rak dinding atau rak gantung Rp 300 ribu ; Pembatas ruang non permanen Rp 400 ribu ; Bingkai jendela dan biaya pasang: Rp 1,2 juta. Jadi total keseluruhannya menjadi 2.5 juta rupiah.

2. Biaya Renovasi Kamar Mandi

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Source: Pexels.com

Renovasi bisa saja dilakukan dalam bentuk mengganti keran, toilet, shower, ubin, ataupun bak mandi. Biayanya bisa kita perhitungkan secara satu persatu tergantung dari barang yang diganti.

Bila kita mengambil asumsi waktu yang dibutuhkan adalah 10 hari serta gaji perhari dari para pekerja adalah 100 ribu rupiah, maka estimasi biayanya adalah: 2 x 100 ribu x 10 hari = Rp2 juta. Agar aman, maka kita asumsikan keramik yang dibutuhkan adalah 8 dus. Harga pasaran untuk 1 dus adalah pada angka Rp60.000-an dengan luas 25 x 40 cm. Maka estimasi biayanya adalah: 8 dus keramik dinding x Rp60.000 = Rp480.000. Jika Anda ingin mengganti atau mengupgrade kamar mandi dengan kloset duduk, maka ada banyak pilihan di pasar yang bisa Anda gunakan. Harganya mulai dari Rp850.000 hingga jutaan. Bisa disesuaikan dengan budget milik Anda. Masih dengan harga perkiraan Rp60.000 per dus, kita akan membutuhkan 5 dus keramik. Maka estimasi untuk biayanya adalah: 5 dus x Rp60.000 = Rp300.000.  Maka total biaya renovasi yang akan kita butuhkan sekitar Rp 3.630.000.

3. Biaya Renovasi Kamar Tidur

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Source: Pexels.com

Pada kamar tidur seluas 3x4 m2, maka rincian biaya bisa berbeda terkait letak kamar itu berada. Jika membuat kamar di lantai dua seperti membangun dari awal, diperlukan pondasi, plat lantai beton, dinding, plafon, atap dan bukaan pintu jendela. Sehingga perkiraan biayanya mulai dari Rp5 juta per meter persegi di area Jabodetabek. Sedangkan untuk kamar di area sudut ruang keluarga atau area yang sudah ada lantai, plafon dan atap, maka untuk renovasi kamar diperlukan dinding dan bukaan pintu jendela. Estimasi biaya renovasi kamar tidur pun mulai dari Rp2,5 juta per meter persegi di area Jabodetabek. Lain halnya jika ingin merenovasi kamar pada area void lantai dua. Sebab sudah ada plafon dan atap, maka untuk membentuk kamar diperlukan lantai, dinding dan bukaan pintu jendela. Untuk renovasi kamar tidur ini, diperkirakan biayanya mulai dari Rp3,5 juta per meter persegi di area Jabodetabek.

Biaya-Renovasi-Rumah-2-Lantai

Itulah beberapa perincian harga renovasi rumah 2 lantai menurut kami. Jadi JULOvers tidak perlu terlalu takut dengan biaya renovasi rumah yang bisa membuat tagihan renovasi yang membengkak, apalagi sampai kena tipu dari kontraktor mengenai harga. Semoga ulasan kami dari JULO dapat membantu JULOvers mendapatkan wawasan mengenai biaya renovasi rumah 2 lantai. Bahkan sekarang JULOvers bisa cek sendiri harga perintilan barang  barang di e-commerce kesayangan JULOvers secara detail. JULOvers jadi bisa memilih barang kebutuhan JULOvers dengan rentang harga yang berbeda beda sesuai dengan kebutuhan JULOvers.

Baca Juga : Begini Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Aman

Tapi JULOvers tidak perlu khawatir lagi untuk membeli barang barang untuk renovasi, karena sekarang ada JULO Kredit Digital. Pembayaran barang untuk renovasi rumah 2 lantai pun menjadi cepat dan hemat. Tanpa embel embel langkah yang rumit , cukup dari satu aplikasi dalam smartphone. JULOvers bisa menikmati  beragam fungsi kredit digital dalam kemudahan satu genggaman mulai dari:

  • Tarik Dana
  • Kirim Dana
  • Bayar BPJS
  • Isi Dompet Digital
  • Bayar e-commerce
  • Isi Pulsa dan Data
  • Bayar Tagihan Listrik
  • Bayar Kartu Pascabayar

Lengkap banget kan? Tentunya JULOvers tidak perlu merasa khawatir jika memilih JULO Kredit Digital. Selain berizin OJK, JULOvers bisa mendapatkan limit sampai dengan 15 juta rupiah dengan bunga rendah dari 0,1% per harinya. Tidak hanya tenor cicilan yang fleksibel sampai 9 bulan, tanggal pengembalian dapat disesuaikan dengan tanggal gajian sehingga mempermudah JULOvers dapat mengatur arus keuangan dan dapat terhindar dari risiko telat bayar. Praktis banget ya, JULOvers!

Kalau gitu, JULOvers tunggu apalagi? Sudah #SiapMelesat bareng JULO belum?

Butuh Dana Tunai untuk Renovasi Rumah?

Yuk Pakai Dana Tunai JULO

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan