aplikasi pinjaman online bunga rendah

Mengenal Apa Itu Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah dan Jenisnya

Saat ini aplikasi pinjaman online bunga rendah semakin banyak dicari oleh masyarakat. Apakah JULOvers salah satunya? Alasan banyak orang mencarinya sederhana yaitu karena prosesnya yang bisa dilakukan secara online dari rumah masing-masing. Berbeda pada zaman dahulu di mana setiap orang perlu datang ke bank atau koperasi untuk melakukan pinjaman. 

Selain itu proses pengajuan pinjaman online sangat mudah dan cepat. Proses pengajuan hanya tinggal menunggu beberapa hari kemudian dana akan langsung cair. Tetapi apakah JULOvers sudah memahami apa itu pinjaman online? Sebelum melakukan pinjaman tentu kamu harus memahami dengan baik apa itu pinjaman online

Tidak hanya memahami pengertian, kamu juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis pinjaman online yang ada. Kalau begitu mari simak informasinya berikut ini supaya JULOvers bisa memahami pinjaman online bunga rendah secara menyeluruh. 

Apa Itu Pinjaman Online Bunga Rendah?

kalkulator di atas beberapa lembar uang
Sumber: Pexels

Pinjaman online merupakan suatu sistem pinjaman yang diajukan dan diterima secara online. Pinjaman online ini biasanya dikenal dengan sebutan financial technology atau fintech. Pada era digital saat ini pinjaman secara online bukan lagi sesuatu yang mustahil. Biasanya pinjaman online diberikan melalui pengajuan dalam aplikasi atau website resmi dari pihak yang memberikan pinjaman. 

Pengajuan pinjaman online melalui aplikasi membuat orang berbondong-bondong beralih dari pinjaman bank ke pinjaman online. Hal ini berlaku khususnya bagi mereka yang membutuhkan pinjaman dalam waktu cepat. Persyaratan untuk mengajukan pinjaman juga sangat mudah. Peminjam hanya perlu menyertakan foto selfie, foto KTP, dan bukti mutasi rekening selama beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Pinjaman Cepat, Ini Dia 4 Sumber yang Bisa Kamu Coba!

Jika dirasa bahwa semua data peminjam sudah sesuai maka pihak yang memberi pinjaman akan langsung mengirim dana ke rekening peminjam. Meskipun masih terbilang baru, nyatanya platform-platform pinjaman online semakin berkembang dan terus bermunculan. Data dari laman resmi Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) mencatat bahwa hingga April 2022 sudah ada 352 perusahaan fintech yang tergabung dan beroperasi melayani kebutuhan masyarakat. 

Hal ini membuktikan bahwa kehadiran perusahaan-perusahaan fintech sungguh membantu masyarakat termasuk para pelaku UMKM. Lalu apa itu pinjaman online bunga rendah? Pinjaman online bunga rendah merupakan strategi yang digunakan oleh para perusahaan fintech untuk menarik perhatian masyarakat.

Baca Juga: Pinjaman Online Bunga Rendah, Gimana Peraturan dari OJK?

Kita tahu bahwa setiap peminjam yang melakukan pinjaman pasti akan dikenakan bunga dengan persentase berbeda-beda. Dari sini semua perusahaan fintech bersaing menawarkan bunga serendah mungkin kepada orang-orang yang ingin meminjam. Persentase bunga memang menjadi salah satu bahan pertimbangan yang dilihat peminjam sebelum akhirnya memutuskan melakukan pengajuan pinjaman. 

Jika mereka mendapati perusahaan sudah legal dan aman tetapi bunga yang diberikan cukup tinggi, maka peminjam akan mencari perusahaan fintech lainnya. Oleh karena itulah saat ini semakin banyak perusahaan fintech yang berlomba-lomba untuk memberikan benefit terbaik bagi para peminjam. 

kredit digital Julo

Apa Saja Jenis-jenis Pinjaman Online?

Sampai hari ini setidaknya ada tiga jenis pinjaman online yang bisa kamu pilih dan gunakan:

1. Dana Tunai

seseorang memberikan uang pinjaman dana tunai
Sumber: Pexels

Dana tunai adalah jenis pinjaman online yang sering dipilih oleh masyarakat karena dana pinjaman akan langsung cair ke rekening peminjam. Langsung di sini bukan berarti dikirim pada detik atau menit itu juga tetapi akan dikirim setelah proses pengajuan diterima oleh perusahaan fintech.

Baca Juga: Pinjaman Online Langsung Cair, Lengkapi 3 Data Berikut!

Proses pinjaman mulai dari pengajuan hingga akhirnya dana dikirim ke rekening terbilang cukup cepat. Namun tentu saja proses peminjaman setiap perusahaan fintech memakan waktu yang berbeda-beda. Ada fintech yang hanya membutuhkan waktu 24 jam namun ada juga yang membutuhkan waktu tiga sampai lima hari. Perlu diingat bahwa dana yang bisa dipinjam terbatas. 

Kisaran dana yang bisa dipinjam biasanya sebesar Rp500.000 sampai Rp3.000.000. Hal ini juga menandakan bahwa jatuh tempo seseorang untuk mengembalikan pinjaman sangat cepat. Pinjaman online jenis satu ini bahkan telah menyesuaikan tanggal jatuh tempo dengan tanggal gajian (payday loan). 

2. P2P atau Peer-to-Peer Lending

seseorang mengajukan pinjaman peer to peer lending dari handphone
Sumber: Pexels

Peer-to-peer lending merupakan jenis pinjaman online yang menghubungkan pihak pemberi pinjaman dengan pihak peminjam. Bisa dibilang perusahaan fintech seperti ini hanya bertugas sebagai penghubung atau pihak ketiga yang menghubungkan kedua pihak supaya kesepakatan terjadi. 

Jenis pinjaman online yang satu ini sebenarnya menguntungkan kedua belah pihak, baik untuk pihak pemberi pinjaman maupun pihak peminjam. Pihak pemberi pinjaman akan mendapat bunga yang bisa menggandakan dana investasi mereka. Di sisi lain pihak peminjam bisa mendapatkan pinjaman yang mereka butuhkan. 

Namun kamu memang perlu berhati-hati dalam memilih perusahaan fintech jenis ini. Pasalnya banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan P2P lending untuk menipu masyarakat. 

3. Pinjaman Usaha

seseorang menghitung pinjaman usaha menggunakan handphone
Sumber: Pexels

Platform pinjaman untuk usaha sebenarnya sudah banyak. Namun proses pengajuannya tergolong cukup rumit. Contohnya kamu perlu melampirkan banyak dokumen. Belum lagi proses pencairan dana yang membutuhkan waktu cukup lama. Hal ini berlaku ketika kamu melakukan pinjaman di bank. 

Adanya platform pinjaman online seperti ini tentu sangat memudahkan para pelaku usaha untuk mengajukan pinjaman yang mereka butuhkan. Pinjaman online untuk usaha ini terbagi lagi menjadi tiga, yaitu: 

  • Invoice financing.
  • Usaha online.
  • Kredit modal kerja.

Demikian informasi mengenai apa itu pinjaman online bunga rendah dan jenis-jenisnya. Semoga informasi di atas memudahkan JULOvers untuk memilih perusahaan fintech sesuai kebutuhan. JULOvers butuh rekomendasi pinjaman online yang aman dan bisa dipercaya? JULO adalah salah satunya. JULO Kredit Digital merupakan layanan pinjaman yang bisa digunakan secara fleksibel. 

Kamu bisa membayar semua kebutuhan pembayaran seperti listrik dan air termasuk biaya belanja dari marketplace kesayangan. JULO juga sudah tergabung dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (APFI) serta sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Informasi yang lebih lengkap terkait pinjaman bisa langsung kamu akses melalui aplikasi dan website JULO.

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…