Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Tapi, Apakah Pinjaman Online Bunga Rendah Itu Benar-Benar Ada?
Bunga Rendahnya Itu Berapa Persen?
Kalau Gitu, Kok Masih Banyak Kasus Negatif Soal Bunga Pinjol?
Kesimpulannya?

Pinjaman Online Bunga Rendah: Berapa Persen Per Harinya, Ya?

Pinjaman-Online-Bunga-Rendah-Gimana-Peraturan-dari-OJK?

Sebelum baca artikelnya, tahukah kamu? Bahwa kamu bisa mendapatkan cashback sebesar Rp 20.000 hanya dengan mendaftar di JULO Kredit Digital menggunakan kode promo HIDUPKAN ,lho! Jadi tunggu apalagi? Ayo jadi bagian dari #CeritaMelesat JULO Kredit Digital

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Membicarakan perkembangan era digital, banyak layanan yang mulai beralih dari konvensional / offline menjadi online. Mulai dari layanan ojek antar jemput, delivery makanan, agen perjalanan sampai tidak terkecuali layanan pinjaman dan kredit online. Di masa pandemi seperti sekarang ini, layanan pinjaman online seketika menjadi primadona karena proses secara online yang dinilai sangat memudahkan. Terutama untuk istilah pinjaman online bunga rendah.

Tapi, Apakah Pinjaman Online Bunga Rendah Itu Benar-Benar Ada?

blog

Jika ditanya demikian, jawabannya ada. Pinjaman online bunga rendah disepakati dalam bagian kode etik yang disusun oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa seluruh penyelenggara fintech legal berizin OJK menganut prinsip bunga rendah.

Yang penting, suku bunga tidak boleh terlalu mahal. Ini semua dituangkan dalam kode etik yang disepakati oleh penyedia platform. Jika ada yang melanggar, bisa dilaporkan ke OJK.

Ketua Dewan Komisioner OJK – Wimboh Santoso (dilansir dari CNN Indonesia)

Baca Juga: Resmi Naik Kelas, Fintech Lokal JULO Kini Kantongi Izin OJK

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Bunga Rendahnya Itu Berapa Persen?

Julo

Sesuai dengan kesepakatan dalam bagian kode etik bersama AFPI, pinjaman dan layanan kredit online dari perusahaan teknologi berbasis finansial (fintech) tidak boleh lebih besar dari 0,4% per hari. Dengan demikian, bunga yang ditanggung tidak mencekik nasabah dan layanan serupa dapat dijadikan sarana alternatif untuk peningkatan kualitas hidup.

Peraturan yang dibuat sedemikian rupa harus dipatuhi oleh seluruh badan fintech legal di bawah naungan OJK – seperti layanan JULO Kredit Digital dengan bunga mulai dari 0,1% per hari. Selain itu, besaran bunga atau denda yang dikenakan juga wajib diberitahukan secara transparan kepada nasabah bersangkutan.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Kalau Gitu, Kok Masih Banyak Kasus Negatif Soal Bunga Pinjol?

Julo

Dengan banyak bermunculannya layanan pinjaman online, masih banyak orang yang kebingungan untuk membedakan antara layanan pinjaman online ilegal dengan fintech legal. Kerap dianggap sama, terdapat perbedaan yang sangat signifikan di antara kedua hal tersebut.

Berbeda dengan fintech legal dan pinjaman online bunga rendah yang dinaungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), pinjol ilegal tidak dinaungi oleh badan apapun. Dengan begitu, banyak dari mereka yang menerapkan sistem bunga tinggi yang tidak masuk akal. Bahkan beberapa oknum dapat memberikan bunga sampai 60% per bulan yang tentunya amat mencekik nasabah.

Selain masalah tingginya bunga pinjaman, pinjol ilegal juga kerap menagih para nasabah dengan cara tidak etis. Penagihan kerap diwarnai dengan ujaran kasar, ancaman nyawa sampai penyebaran data pribadi nasabah yang dapat memberikan trauma mendalam. Tentunya sangat berbeda dengan fintech legal yang menagih dengan cara etis dan melewati sertifikasi yang dilakukan oleh AFPI.

Baca Juga: 3 Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Kesimpulannya?

Dari perbedaan tersebut, dapat dikatakan kalau kasus negatif tentang bunga pinjol yang mencekik disebabkan oleh oknum pinjaman online ilegal. Mereka juga membawa nama pinjaman online sehingga fintech legal dan pinjaman online bunga rendah yang memberikan layanan secara etis juga terkena imbasnya. Padahal secara praktik di lapangan sangat jauh berbeda.

Nah, sekarang JULOvers sudah tahu lebih jauh kan mengenai pinjaman online bunga rendah. Sebelum menggunakan layanan pinjaman online, akan lebih bijak bagi JULOvers untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai layanan yang akan digunakan. Pastikan bahwa platform yang akan digunakan aman, terpercaya dan praktis – seperti JULO yang hadir dengan segala fitur lengkap kredit digital. Dari bayar QRIS sampai bayar tagihan listrik, semua bisa dilakukan lewat genggaman tangan dari aplikasi JULO Kredit Digital.

Penasaran dengan lengkapnya fitur JULO Kredit Digital? Buruan download JULO di Google Play Store dan rasakan sendiri cara baru transaksi dengan kredit digital.

Pinjaman-Online-Bunga-Rendah-Gimana-Peraturan-dari-OJK?

Yuk Dapatkan Pinjaman di JULO

Pelajari Produknya Lebih Lanjut!

Artikel Lainnya

Gaya Hidup
Menjelajahi Keindahan 20 Tempat Wisata Terkenal di Indonesia
28 Desember 2023
Raka Maharsi Setiabudi Riza
Gaya Hidup
Cara Pengiriman Anti Telat dan Pelacakan Terkendali dengan Shopee Express