Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Cara Meningkatkan Skor Kredit
1. Cek & Perbaiki Kesalahan Data/Informasi agar Dapat Meningkatkan Skor Kredit dengan Lancar
2. Jangan Terlambat Membayar Tagihan/Cicilan yang Kamu Miliki agar Tetap Bisa Meningkatkan Skor Kredit dengan Mudah
3. Jangan Memiliki Hutang Lebih dari 30%
4. Hindari Pembuatan Kartu Kredit Baru

4 Cara Meningkatkan Skor Kredit Paling Jitu!

Cara-Meningkatkan-Skor-Kredit

JULOvers, pernah mengalami pengajuan kredit atau pinjaman ditolak padahal sedang butuh-butuhnya? Penolakan pengajuan tersebut biasanya terjadi karena history kredit serta skor kredit yang kamu miliki rendah atau buruk. Kamu mungkin tidak asing lagi dengan istilah skor kredit. Sederhananya, skor kredit merupakan nilai yang diberikan oleh lembaga pemberi pinjaman kepada calon peminjam. Indikator tersebut juga digunakan untuk menentukan kemampuan calon peminjam, serta menentukan jumlah nominal atau limit kredit yang akan diajukan. Kamu harus paham cara meningkatkan skor kredit yang dimiliki agar proses pengajuan pinjaman danamu bisa berjalan dengan lancar.

Namun, seringkali timbul pertanyaan seperti: kenapa sih skor kredit bisa jadi buruk? Kenapa tidak bisa mendapatkan skor kredit yang tinggi? Kenapa pengajuan ditolak karena skor kredit yang buruk? Dan masih banyak lagi. Dalam artikel kali ini, yuk sama-sama kita bahas cara meningkatkan skor kredit!

Nggak Usah Pusing, Ini 4 Cara Mudah Tingkatkan Skor Kreditmu!

Cara Meningkatkan Skor Kredit

Banyak juga orang yang tidak sadar bahwa dirinya memiliki skor kredit. Padahal, tiap orang yang memiliki rekening bank, kartu kredit, atau pernah mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) secara otomatis memiliki skor kredit yang aktif dan berjalan. Skor kredit memang penting dan kadang menjadi kendala seseorang untuk melakukan pinjaman.

Dengan skor kredit yang bagus, kamu akan lebih mudah disetujui untuk mengajukan kredit atau pinjaman. Sebaliknya jika saat ini JULOvers memiliki skor kredit yang buruk, segera lakukan beberapa cara untuk memperbaikinya. Pihak bank tentu tidak akan sembarangan dalam memberi dan menentukan nominal pinjaman atau kredit. Oleh karena itu, yuk simak beberapa cara untuk meningkatkan skor kredit yang telah JULO rangkum untuk JULOvers!

Baca Juga: Begini Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online yang Aman

1. Cek & Perbaiki Kesalahan Data/Informasi agar Dapat Meningkatkan Skor Kredit dengan Lancar

Nggak Usah Pusing, Ini 4 Cara Mudah Tingkatkan Skor Kreditmu!

Cara meningkatkan skor kredit yang pertama bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek dan memperhatikan informasi laporan kredit milikmu. Cek semua data yang ada, mulai dari penulisan data pribadi, alamat, nomor rekening, dan data-data penting lainnya. Jika kamu menemukan kesalahan, jangan menunda dan segera laporkan agar diperbaiki oleh pihak kreditur ya, JULOvers. Pengecekkan ini bisa kamu lakukan berkala agar terhindar dari masalah yang berkepanjangan dan meminimalisir penolakan pinjaman.

2. Jangan Terlambat Membayar Tagihan/Cicilan yang Kamu Miliki agar Tetap Bisa Meningkatkan Skor Kredit dengan Mudah

Nggak Usah Pusing, Ini 4 Cara Mudah Tingkatkan Skor Kreditmu!

Cara meningkatkan skor kredit yang kedua adalah dengan membayar cicilan/tagihan tepat waktu. Jangan sampai kamu terlambat membayar ya, JULOvers. Jika hal tersebut terjadi, sudah pasti skor kreditmu akan turun atau bahkan masuk ke daftar hitam Bank Indonesia. Tentunya akan menjadi sulit bagi kamu untuk mengajukan pinjaman serta kredit ke depannya

Kalau kamu merupakan seseorang yang mudah lupa, kamu bisa mengakali poin ini dengan beberapa cara, lho. Misalnya, kamu bisa menggunakan fitur pembayaran tagihan secara otomatis yang disediakan oleh banyak bank. Kamu bisa membuat settingan pembayaran berulang dengan nominal sama pada tanggal yang ditentukan tiap bulannya. Atau, cara lebih simpelnya, kamu bisa membuat alarm dan catatan pengingat (reminder) di handphonemu pada tanggal yang sama saat gajimu turun atau pendapatanmu terkumpul.

Nggak Usah Pusing, Ini 4 Cara Mudah Tingkatkan Skor Kreditmu!

3. Jangan Memiliki Hutang Lebih dari 30%

Nggak Usah Pusing, Ini 4 Cara Mudah Tingkatkan Skor Kreditmu!

Cara meningkatkan skor kredit yang ketiga adalah dengan membenahi keuangan personalmu. Bisa dimulai dari dengan tidak memiliki hutang lebih dari 30% dari penghasilanmu tiap bulannya. Selain itu, jika kamu masih memiliki hutang yang sedang berjalan, sebisa mungkin usahakan untuk tidak menambah hutang baru, apalagi sampai melebihi 30% dari penghasilanmu. Jangan lupa untuk mengajukan kredit atau pinjaman sesuai kebutuhanmu ya, JULOvers!

4. Hindari Pembuatan Kartu Kredit Baru

Nggak Usah Pusing, Ini 4 Cara Mudah Tingkatkan Skor Kreditmu!

Cara meningkatkan skor kredit terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari pembuatan kartu kredit baru. Duh, rasanya memang pasti sulit ya, menolak pembuatan kartu kredit untuk kemudahan berbelanja. Namun yang perlu digaris bawahi, jumlah kartu kredit yang masih dikategorikan “sehat” adalah maksimal 4 kartu kredit. Jangan termakan promo, manfaat dan penawaran-penawaran menarik yang dibuat oleh pihak bank untuk menarik perhatianmu. Penggunaan kartu kredit juga lebih baik jika memiliki batasan penggunaan.

Jangan sampai kamu terbiasa menggunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga keinginan-keinginanmu yang sebenarnya masih bisa dikontrol. Sebisa mungkin, hindari penggunaan kartu kredit dengan presentase lebih dari 30% dari limit kreditmu. Akan lebih bijak jika kamu menggunakan kartu kredit dengan bijak dan untuk hal-hal mendesak maupun darurat saja.

Baca Juga: Kartu Kredit Konvensional vs. Digital. Pilih yang Mana?

Nah itu dia 4 cara meningkatkan skor kredit yang bisa kamu lakukan. Walaupun tidak dalam waktu yang instan, kamu masih berkesempatan dan berpeluang untuk meningkatkan skor kreditmu.

Jika kamu sedang mencari dana tambahan dengan proses praktis, JULO Kredit Digital bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan bunga rendah dari 0,1% per harinya, JULOvers dapat menikmati limit kredit sampai dengan 15 juta rupiah. Ditambah dengan tenor fleksibel sampai dengan 9 bulan, tentunya pembayaran cicilan akan menjadi lebih mudah dengan tanggal pembayaran yang disesuaikan dengan tanggal gajian.

Selain itu, JULOvers juga dapat memanfaatkan limit kredit untuk berbagai kemudahan fitur dari JULO Kredit Digital – seperti:

  • Tarik Dana
  • Bayar Kartu Pascabayar
  • Kirim Dana
  • Bayar BPJS
  • Bayar Tagihan Listrik
  • Isi Dompet Digital
  • Bayar Pulsa
  • Bayar e-commerce

Makanya, tunggu apalagi? Yuk saatnya untuk #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital!

Paylater JULO

Yuk Cari Tahu Paylater JULO Lebih Lanjut!

Cicil E-commerce makin leluasa pakai limit max. JULO s/d 15 juta!

Artikel Lainnya