Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Berapa Estimasi Biaya Renovasi Dapur?
Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Biaya Renovasi Dapur?
1. Layout Dapur
2. Meja Dapur atau Top Table
3. Bingkai Lemari
4. Pintu Lemari
5. Keramik Dinding atau Backsplash
Apa Saja Tips untuk Memenuhi Kebutuhan Biaya Renovasi Dapur?
1. Menabung untuk Bisa Merenovasi Dapur
2. Lakukan Renovasi Secara Perlahan
3. Mengajukan Pinjaman Online

Rincian Biaya Renovasi Dapur dan Tips Mengumpulkan Uangnya

biaya renovasi dapur

Memiliki dapur indah nan estetik tentu menjadi idaman banyak orang. Apalagi jika bisa mewujudkan dapur dengan tatanan dan dekorasi sesuai keinginan, tentu kegiatan masak memasak pun menjadi lebih menyenangkan dan penuh semangat. Nah, tapi, banyak orang menemui kendala saat hendak renovasi dapur, terutama dari segi biaya yang memang butuh modal besar.

Baca Juga: Biaya Renovasi Rumah dan Tipsnya Agar Lancar

Memang, untuk merenovasi dapur, kamu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, ada banyak hal bisa dilakukan untuk meminimalisirnya. Alhasil, kamu tetap bisa mendapatkan dapur impian namun dengan bujet yang tidak membengkak. Nah sebelum memutuskan untuk merenovasi dapur, simak beberapa hal di bawah ini, yuk!

Berapa Estimasi Biaya Renovasi Dapur?

Berapa Estimasi Biaya Renovasi Dapur

Untuk merenovasi dapur, kamu harus menyiapkan dana pembelian beberapa bagian yang direnovasi. Mulai dari bagian kabinet atas maupun bawah, keramik dinding, wastafel, hingga cat dinding. Nah, agar memudahkanmu memperkirakan estimasi biaya renovasi dapur ini, berikut kisaran harga bagian yang direnovasi beserta tipe bahannya.

  • Kabinet atas berbahan HPR, Cat Duco, plywood, dibanderol dengan harga sekitar Rp2.800.000 per meter.
  • Kabinet bawah berbahan HPL, Cat Duco, plywood, dibanderol dengan harga sekitar Rp2.800.000 per meter.
  • Backsplash (keramik dinding) berbahan ubin mozaik, dibanderol dengan harga sekitar Rp300.000 per meter
  • Top table berbahan marmer dan granit dibanderol dengan harga sekitar Rp1.500.000 per meter.
  • Ganti wastafel untuk bak cuci piring dengan bahan stainless steel, dibanderol dengan harga sekitar Rp350.000 per meter.
  • Cat dinding berbahan lateks, dibanderol dengan harga sekitar Rp300.000 per meter.

bayar tagihan online Julo

Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Biaya Renovasi Dapur?

Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Biaya Renovasi Dapur

Di atas adalah kisaran biaya renovasi dapur yang bisa kamu jadikan acuan. Namun, ada beberapa hal yang bisa memengaruhi biaya renovasi dapur, lho, JULOvers. Misalnya, karena memilih bahan tertentu, biaya renovasi dapur jadi lebih tinggi. Apa saja faktor-faktor penentu ini?

1. Layout Dapur

Layout Dapur

Salah satu faktor yang memengaruhi besarnya biaya renovasi adalah bentuk tata letak dapur atau layout-nya. Ada yang memilih linear satu sisi atau dua sisi. Ada juga yang memilih tipe U atau tipe L. Pemilihan layout dapur ini akan memengaruhi besarnya pengeluaran karena luas yang direnovasi pun berbeda. Nah, perlu diingat juga sebelum memutuskan renovasi, pertimbangkan luas dapurmu, ya, karena ini akan berpengaruh pada pilihan tipe layout dapur.

2. Meja Dapur atau Top Table

Meja Dapur atau Top Table

Pilihan meja dapur atau top table akan memengaruhi biaya renovasi yang dikeluarkan, terutama jika mempertimbangkan bahan atau material dari meja dapur sendiri. Agar meja dapur hasil renovasi awet dan menarik, kamu bisa memilih meja dengan permukaan padat yang memiliki pola cantik seperti marmer, granit, atau batu kuarsa.

3. Bingkai Lemari

Bingkai Lemari

Dalam renovasi rumah, bingkai lemari biasanya akan menjadi pengeluaran yang paling banyak. Nah, agar bingkai lemari ini awet dan tentu saja bagus, kamu bisa memilih bahan melamin, plywood dengan laminasi, atau bisa juga plywood dengan lapisan veneer

4. Pintu Lemari

Pintu Lemari

Pilihan materi atau bahan untuk pintu lemari ini juga berpengaruh pada besaran biaya renovasi. Jika JULOVers memilih bahan yang lebih baik seperti akrilik atau kaca, tentu biaya yang dikeluarkan pun lebih besar.

5. Keramik Dinding atau Backsplash

Keramik Dinding atau Backsplash

Karena kondisi dapur yang sering lembap dan panas, kamu bisa melapisi dinding di sekitar dapur dengan keramik untuk melindunginya. Bahan yang biasa dipakai adalah ubin reflektif. Nah, penambahan keramik dinding ini tentu juga akan berpengaruh pada biaya renovasi.

Apa Saja Tips untuk Memenuhi Kebutuhan Biaya Renovasi Dapur?

Apa Saja Tips untuk Memenuhi Kebutuhan Biaya Renovasi Dapur

Di atas adalah beberapa pertimbangan jika kamu ingin merenovasi dapur. Namun, sebelum melakukannya, hal penting yang harus disiapkan tentu saja soal pendanaan. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa JULOvers terapkan untuk memenuhi kebutuhan biaya renovasi dapur. Apa saja?

1. Menabung untuk Bisa Merenovasi Dapur

Menabung untuk Bisa Merenovasi Dapur

Tips pertama yang bisa kamu terapkan adalah dengan menabung. Jika uangmu belum memadai untuk merenovasi dapur impian, kamu bisa menabung khusus untuk biaya renovasi. Tetapkan target biaya dengan estimasi di atas, kemudian mulailah untuk menyisihkan uang agar bisa merenovasi dapur menjadi dapur impian.

Jangan lupa untuk merancang estimasi biaya sejak awal hendak merenovasi dapur. Saat merancang estimasi ini, kamu bisa juga melakukan survei untuk tahu mana toko yang memberikan harga lebih miring. Dengan begitu, kamu akan tahu berapa kebutuhan dana yang diperlukan dan bisa menabung sesuai target. 

2. Lakukan Renovasi Secara Perlahan

Lakukan Renovasi Secara Perlahan

Tips kedua yang juga bisa dicoba adalah dengan merenovasi secara perlahan atau tidak perlu langsung merombak total. Memang, hasil yang terlihat tidak bisa langsung sekaligus, namun cara ini akan memudahkanmu dari segi pendanaan. Kamu bisa memulainya dari satu bagian ke bagian yang lain sesuai dana yang dimiliki terlebih dahulu. 

Misalnya, bulan ini mengganti kabinet, bulan depan memasang ubin dinding, dan seterusnya. Saat menggunakan tips ini, pastikan juga untuk mengubah bagian terpenting terlebih dahulu agar dapur tetap bisa berfungsi.

3. Mengajukan Pinjaman Online

Mengajukan Pinjaman Online

Terakhir, jika memang renovasi dapur sudah mendesak, kamu bisa pinjam dana online ke penyedia layanan yang sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti JULO Kredit Digital. Ada banyak kemudahan yang bakal kamu rasakan, mulai dari proses mudah hingga pencairan dana yang relatif cepat. 

Bahkan tak hanya itu, kamu juga berkesempatan mendapatkan promo siap melesat sehingga bisa lebih untung saat renovasi dapur! Makanya, yuk, buruan download aplikasi JULO!

Kini, kamu sudah tahu berapa estimasi biaya renovasi dapur dan dari mana kamu bisa mendapatkan dananya. Dengan penjelasan di atas, semoga kamu bisa segera melakukan renovasi dapur dan mendapatkan dapur impian, ya. Kalau butuh dana tambahan, langsung saja manfaatkan JULO Kredit Digital!

Artikel Lainnya