Daftar Isi chevron down
Biaya Renovasi Kamar Mandi Apa Saja yang Harus Diperhitungkan?
1. Tukang Bangunan
2. Keramik Dinding Kamar Mandi
3. Keramik Lantai Kamar Mandi
4. Cat Dinding Kamar Mandi
5. Shower Kamar Mandi
6. Wastafel
Daftar Isi
Biaya Renovasi Kamar Mandi Apa Saja yang Harus Diperhitungkan?
1. Tukang Bangunan
2. Keramik Dinding Kamar Mandi
3. Keramik Lantai Kamar Mandi
4. Cat Dinding Kamar Mandi
5. Shower Kamar Mandi
6. Wastafel

Rincian Biaya Renovasi Kamar Mandi Sederhana dan Minimalis

biaya renovasi kamar mandi

Kamar mandi merupakan salah satu area rumah yang paling penting untuk diperhatikan, JULOvers. Selain karena kondisi mendesak, misalnya atap kamar mandi bocor, kamu juga bisa melakukan renovasi karena ingin mengubah kamar mandi jadi lebih sederhana dan minimalis. Kira-kira bagaimana perhitungan biaya renovasi kamar mandi sederhana dan minimalis?

Biaya Renovasi Kamar Mandi Apa Saja yang Harus Diperhitungkan?

Biaya Renovasi Kamar Mandi Apa Saja yang Harus Diperhitungkan

Jika ingin merenovasi kamar mandi, kamu perlu dengan matang melakukan perencanaan dan persiapan. Memperhitungkan apa saja biaya renovasi kamar mandi yang perlu kamu keluarkan akan membuat proses renovasi jadi lebih lancar.

Baca Juga: Biaya Renovasi Rumah dan Tipsnya Agar Lancar

Berikut penjelasan tentang apa saja yang harus diperhitungkan dalam biaya renovasi kamar mandi.

1. Tukang Bangunan

Tukang Bangunan

Idealnya, kamu butuh dua tukang bangunan untuk renovasi kamar mandi. Jika kamu mempekerjakan dua orang tukang bangunan harian yang dibayar Rp150.000 per hari, total biaya tukang bangunan bisa kamu hitung berdasarkan lama waktu pengerjaan. 

Misalnya, jika renovasi kamar mandi ditargetkan selesai dalam 10 hari, maka biaya tukang yang dibutuhkan adalah: Rp150.000 x 10 = Rp1.500.000. Berhubung kamu mempekerjakan dua orang tukang bangunan, maka total biaya tukang bangunan yang perlu kamu siapkan adalah: Rp1.500.000 x 2 = Rp3.000.000. 

2. Keramik Dinding Kamar Mandi

Keramik Dinding Kamar Mandi

Banyaknya keramik dinding kamar mandi yang dibutuhkan untuk renovasi akan bergantung pada luas kamar mandi. Biasanya, tukang bangunan lebih paham untuk menentukan jumlah keramik dinding kamar mandi yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, jika kamu membutuhkan 8 dus keramik dinding kamar mandi seharga Rp68.000 per dus, maka biaya keramik dinding yang perlu kamu siapkan adalah 8 x Rp68.000 = Rp544.000. 

3. Keramik Lantai Kamar Mandi

Keramik Lantai Kamar Mandi

 

Sama seperti untuk biaya renovasi kamar mandi keramik dinding, biaya keramik lantai kamar mandi akan disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, jika kebutuhan keramik lantai kamar mandi adalah 10 dus dan kamu membeli yang seharga Rp55.000 per dus, maka biaya keramik dinding yang perlu kamu siapkan adalah: 10 x Rp55.000 = Rp550.000.bayar tagihan online Julo

4. Cat Dinding Kamar Mandi

Cat Dinding Kamar Mandi

Kamu bisa dengan bebas berkreasi dengan warna cat saat merenovasi kamar mandi. Berbeda dengan warna cat dinding di bagian rumah lainnya, kamar mandi lebih private sehingga bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

Agar cat dinding kamar mandi tahan lama, sebaiknya gunakan cat yang tahan terhadap uap air dan cipratan. Kisaran harganya adalah sekitar Rp145.000 untuk berat 5 kg.

Berdasarkan warna cat dinding yang kamu pilih, tone keseluruhan desain kamar mandi akan terbentuk. Sebagai inspirasi, berikut beberapa pilihan cat dinding kamar mandi yang sederhana dan minimalis:

  • Putih Cerah Klasik - Warna cat dinding ini dapat menciptakan look yang clean dan segar. Pantulan cahaya terhadap cat dinding putih cerah bisa membuat kamar mandi kecil terasa agak lebih besar. 
  • Baby pink - Daripada hot pink, kamu bisa memilih warna baby pink yang lebih kalem. Kesan feminin dari warna baby pink dapat memberikan nuansa yang hangat.
  • Hitam - Kontras yang diberikan oleh warna hitam memberikan kesan yang berani. Kamu bisa memadukan warna gelap dengan warna putih untuk tampilan grafis yang masih cukup cerah. 

5. Shower Kamar Mandi

Shower Kamar Mandi

Kalau kamu belum memasang shower di kamar mandi, ini harus masuk dalam perhitungan biaya renovasi kamar mandi sederhana dan minimalis. Mandi bisa lebih bersih menggunakan shower karena shower mendistribusikan air secara merata ke seluruh tubuh dan membuang air yang terkontaminasi.

Kabar baiknya, kamu bisa mendapatkan produk shower dengan harga murah di berbagai marketplace. Namun, sebaiknya kamu berinvestasi untuk membeli shower dengan harga di atas Rp1.000.000 untuk mendapatkan kualitas yang lebih oke dan tahan lama.

6. Wastafel

Wastafel

Wastafel merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang penting untuk berbagai keperluan seperti mencuci tangan, mencuci muka, dan membersihkan make up. Dengan memiliki wastafel, bagian tubuh juga akan terlindungi dari cipratan air saat mencuci muka. 

Memiliki peran yang penting membuat pemilihan wastafel kamar mandi harus dilakukan dengan pertimbangan matang. Kamu harus mempertimbangkan ukuran dan desain yang serasi dengan interior kamar mandi. Fungsinya juga harus sesuai dengan kebutuhan para penghuni. Ada beberapa inspirasi desain wastafel yang bisa jadi pilihan, seperti minimalis, futuristik, klasik, atau nuansa alam.

Pilihan desain wastafel bisa kamu sesuaikan dengan konsep renovasi kamar mandi di awal. Mengingat kamu akan renovasi kamar mandi sederhana dan minimalis, kamu bisa memilih desain wastafel bertema monokrom. 

Misalnya, gunakan meja berwarna hitam dan wastafel berwarna putih, sehingga menciptakan desain kontras yang terlihat rapi. Sementara biayanya sendiri cukup bervariasi, biasanya mulai dari Rp1 jutaan untuk renovasi wastafel.

Nah, demikian penjelasan mengenai perhitungan biaya renovasi kamar mandi sederhana dan minimalis, JULOvers. Dari beberapa biaya yang disebutkan di atas, jumlah biaya yang perlu kamu siapkan adalah sekitar Rp6.239.000. Ini baru biaya estimasi, total biaya akan lebih besar jika kamu perlu menambah item dan keperluan tambahan lainnya. Berapa pun totalnya, jika kamu membutuhkan modal untuk renovasi kamar mandi, kamu bisa melakukan pinjaman melalui berbagai produk pinjaman JULO

JULO adalah platform kredit digital di Indonesia yang telah mendapatkan izin dan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga pasti aman. Dengan JULO Kredit Digital, JULOvers bisa pinjam dana online yang cepat cair untuk keperluan renovasi kamar mandi sederhana dan minimalis. Kamu juga bisa manfaatkan promo siap melesat dalam bentuk cashback biar makin cuan.  Semoga bermanfaat, JULOvers!

Artikel Lainnya