Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Berapa Besaran Biaya Steril Kucing yang Terbaru?
Cara Ikutan Sterilisasi Kucing Subsidi
1. Mengikuti program sterilisasi gratis dari Dinas KPKP DKI Jakarta
2. Mengikuti program sterilisasi bersubsidi dari Rumah Singgah Clow
3. Mengikuti program sterilisasi bersubsidi dari Natha Satwa Nusantara 
Mengapa Kamu Harus Mensterilkan Kucing Kesayanganmu?
1. Kucing Jadi Lebih Sehat
2. Menghindari Perkelahian
3. Kucing Lebih Betah di Rumah
4. Meminimalisir Populasi Kucing
5. Perilaku Kucing Jadi Lebih Baik
6. Menghindarkan Stres pada Kucing
Bayar Biaya Steril Kucing Makin Mudah dengan JULO!

Anggaran Biaya Steril Kucing untuk Jantan dan Betina di Tahun 2024

biaya steril kucing

Sterilisasi kucing merupakan tindakan pengangkatan organ reproduksi agar kucing tersebut tidak bisa menghasilkan keturunan. Tindakan ini biasanya dilakukan pada kucing minimal berusia 6 bulan. Biaya steril kucing beragam, mulai dari Rp300.000 hingga Rp1.000.000, tergantung dengan jenis kucingnya. 

Selain itu ada juga steril gratis yang disediakan oleh pemerintah. Namun untuk lebih jelasnya mengenai biaya steril ini, simak uraian lengkap di bawah ini ya! Agar JULOvers tidak perlu bingung lagi. 

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Berapa Besaran Biaya Steril Kucing yang Terbaru?

Berapa Besaran Biaya Steril Kucing yang Terbaru

Besaran biaya steril ini bervariasi, tergantung dari jenis ras kucing tersebut dan tempat dilakukannya sterilisasi. Maksimal biaya yang bisa JULOvers keluarkan yaitu Rp1.000.000. Sebagai gambaran, berikut ini biaya estimasi steril kucing yang paling terbaru. 

  • Biaya steril kucing jantan lokal: Rp215.000.
  • Biaya steril kucing betina lokal: Rp295.000.
  • Untuk kucing betina lokal yang sedang hamil, biaya sterilisasinya: Rp395.000.
  • Biaya steril kucing jantan ras: Rp315.000.
  • Biaya kucing betina ras: Rp395.000.
  • Untuk kucing betina ras yang sedang hamil, biaya sterilisasi yang perlu dikeluarkan: Rp495.000.
  • Biaya tambahan untuk band aid kucing betina: Rp50.000.
  • Biaya tambahan pain killer: Rp50.000.

Besaran biaya steril ini hanya gambaran awal saja. Pasalnya, total biaya yang dikeluarkan akan bergantung pada tempat sterilisasi dilakukan. Bahkan beberapa tempat mematok harga steril ini cukup tinggi hingga jutaan rupiah.

Jangan ragu melakukan steril kucing jantan dan betina!

Cara Ikutan Sterilisasi Kucing Subsidi

 

Untuk mendapatkan sterilisasi gratis dengan subsidi, kamu dapat mengikuti program yang diselenggarakan oleh beberapa pihak, seperti Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KPKP) DKI Jakarta, Rumah Singgah Clow, atau Natha Satwa Nusantara. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan sterilisasi gratis dengan subsidi:

1. Mengikuti program sterilisasi gratis dari Dinas KPKP DKI Jakarta

Program ini ditujukan bagi pemilik kucing yang ber-KTP DKI Jakarta. Pemilik dapat mendaftarkan maksimal dua ekor kucing lokal, baik jantan maupun betina, dengan syarat kucing sehat, tidak bunting atau menyusui, dan berusia minimal enam bulan. Pemilik juga harus membawa kandang individu dan hadir di lokasi sterilisasi pukul 07.30 WIB. Program ini dilaksanakan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Ragunan dan di beberapa wilayah di Jakarta, dengan jadwal dan kuota yang berbeda-beda.

2. Mengikuti program sterilisasi bersubsidi dari Rumah Singgah Clow

Program ini bekerja sama dengan Dinas KPKP Jakarta, Amore Animal Clinic, dan Natha Satwa Nusantara. Program ini tidak membatasi domisili pemilik, tetapi hanya menerima kucing jantan dengan biaya Rp 100.000 per ekor. Syaratnya adalah kucing sehat, berusia minimal enam bulan, dan memiliki berat badan di atas 1 kg. Program ini dilaksanakan di Amore Animal Clinic, Jl. Raya Pasar Minggu No. 10, Jakarta Selatan.

3. Mengikuti program sterilisasi bersubsidi dari Natha Satwa Nusantara 

Program ini menawarkan sterilisasi kucing dengan biaya Rp 150.000 per ekor, baik jantan maupun betina. Syaratnya adalah kucing sehat, berusia minimal enam bulan, dan memiliki berat badan di atas 1 kg. Program ini dilaksanakan di Natha Satwa Nusantara, Jl. Raya Bogor Km. 29, Cimanggis, Depok.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan kucing kesayangan Anda. 😊

Simulasi Kredit

Tentukan jumlah dan tenor pinjaman

Jumlah Pinjaman

Rp300.000

Rp50.000.000

Tenor Kredit
Tenor bervariasi untuk setiap pengguna.

*Beberapa nominal pinjaman hanya dapat memilih tenor tertentu

Tagihan per bulan

Tagihan sudah termasuk biaya admin

Bunga 0%

Biaya per hari mungkin berbeda tergantung kredit skor setiap pengguna

Dana Cair

Jumlah dana yang akan masuk ke rekening kamu setelah biaya admin. Biaya admin bisa bervariasi.

*Biaya admin, bunga, dan tenor bervariasi untuk setiap pengguna
Ajukan Pinjaman JULO *kamu akan diarahkan ke Google PlayStore untuk download JULO

Mengapa Kamu Harus Mensterilkan Kucing Kesayanganmu?

Mengapa Kamu Mensterilkan Kucing Kesayanganmu

Bagi sebagian orang, melakukan sterilisasi pada kucing dianggap sebagai tindakan yang jahat, lantaran menghilangkan kemampuan kucing untuk berkembang biak. Padahal, tindakan ini memberi banyak manfaat, terutama bagi kesehatan kucing. Lantas, apa saja manfaatnya? Untuk mengetahuinya, mari simak uraian lengkap di bawah ini.

1. Kucing Jadi Lebih Sehat

Kucing betina yang disterilisasi akan terhindari dari berbagai penyakit, seperti tumor ganas pada ovarium, rahim, dan kelenjar susu. Begitu pun sterilisasi pada kucing jantan akan menghilangkan timbulnya kanker testis dan penyakit prostat. Selain itu, hormon reproduksi pada kucing akan berubah menjadi hormon tumbuh kembang. Alhasil, kucing kesayanganmu akan menjadi kucing yang lebih lincah dan berat badannya bertambah.

2. Menghindari Perkelahian

Kucing jantan biasanya akan berkelahi untuk berebut pasangan. Tindakan sterilisasi nyatanya bisa membuat kucing jantan menjadi lebih tenang dan birahinya lebih stabil. Tidak itu saja, kebiasaan kucing jantan menandai wilayah dengan air kencing juga akan berkurang. Jadi, tidak ada lagi perebutan daerah kekuasaan antar kucing jantan.

3. Kucing Lebih Betah di Rumah

Kucing Lebih Betah di Rumah

Sterilisasi terbukti mampu meminimalisir tingkat agresivitas kucing. Biasanya kucing akan lebih jinak dan lebih tenang. Apabila kucing JULOvers berjenis kelamin jantan, kucing tersebut tidak akan lagi keluar rumah untuk mencari pasangan, lantaran tidak lagi terdorong oleh hormon reproduksi. Pada akhirnya, kucing yang sudah disterilisasi akan lebih betah diam di rumah. Jadi, kamu bisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan kucing kesayanganmu.

4. Meminimalisir Populasi Kucing

Sekali melahirkan, kucing bisa menghasilkan 2 sampai 7 keturunan. Hal ini tentunya memicu over population yang menyebabkan tingginya kasus penelantaran kucing di jalanan. Tindakan sterilisasi ini bisa membantu meminimalisir populasi kucing dengan menekan hormon reproduksi mereka. Jadi, jumlah kucing telantar di jalanan bisa berkurang.

5. Perilaku Kucing Jadi Lebih Baik

Biaya steril kucing memang tidak murah, tetapi jika dilakukan akan membantu mengurangi beberapa kebiasaan kucing yang cukup mengganggu. Sebagai contoh, kucing jantan memiliki kebiasaan menandai wilayah dengan air kencing dan berkelahi di malam hari. Setelah disterilisasi, kebiasaan tersebut akan berkurang bahkan hilang, karena hormon reproduksinya lebih stabil. 

6. Menghindarkan Stres pada Kucing

Saat musim kawin, kucing akan mengeong terus-menerus dan keluar rumah berhari-hari untuk mencari pasangan. Apabila tidak mendapatkannya, kucing akan mengalami stres hingga sakit. Nyatanya, sterilisasi bisa mengurangi stres pada kucing. JULOvers pun tidak akan terganggu dengan suara kucing yang berisik itu.

Tarik Dana Sekarang, Bayarnya Belakangan!
Nikmati kredit bunga ringan dengan limit hingga Rp50 juta hanya di JULO

Bayar Biaya Steril Kucing Makin Mudah dengan JULO!

Tarik Dana Online dengan JULO

Bagaimana, apakah JULOvers sudah mendapat gambaran mengapa perlu melakukan sterilisasi pada kucing kesayanganmu? Perlu dipahami bahwa sterilisasi kucing bukan merupakan tindakan kejahatan, bahkan memberikan banyak manfaat, baik itu untuk kucingnya sendiri maupun pemiliknya.

Biaya steril kucing untuk jantan dan betina bisa dikatakan cukup terjangkau. Untuk membayar biayanya, JULOvers bisa menggunakan fitur pinjaman online dari JULO Kredit Digital apabila sedang dalam keadaan mendesak dan darurat.

Fitur pinjaman online dari JULO bisa bantu kebutuhan finansialmu. Cara tarik dana online mudah di JULO sebagai berikut:

  1. Klik fitur ‘Tarik Dana’ di homepage aplikasi JULO.
  2. Masukkan jumlah dana online, jangka waktu tenor dan tujuan pinjaman dana online.
  3. Konfirmasi tarik dana online dengan PIN dan tanda tangan.

Di aplikasi JULO, bahkan kamu bisa mengajukan pinjaman maksimal Rp15 juta dalam satu kali pengajuan. Bayar cicilannya pun makin mudah dan ringan karena bisa dicicil sampai 9 bulan.

Bahkan JULOvers bisa menyesuaikan tanggal bayar saat gajian. Unduh aplikasi JULO sekarang juga untuk solusi darurat keuangan kamu. Masukkan kode promo siap melesat untuk mendapatkan penawaran terbaik dari JULO.

Sayangi Anabul dengan JULO!

Tarik dana untuk biaya perawatan kucing dan anjingmu, limit s/d Rp50 juta dengan bunga ringan mulai dari 0,1%.

Artikel Lainnya