Daftar Isi
Biaya Tunangan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?
1. Biaya Hantaran atau Seserahan
2. Biaya Cincin Tunangan
3. Biaya Sumbangan kepada Pihak Keluarga Perempuan
4. Biaya Transportasi
5. Biaya Sewa Tempat
6. Biaya Pakaian
7. Biaya Dekorasi
8. Biaya Dokumentasi
9. Biaya Catering 
10. Pembawa Acara atau MC
Daftar Isi
Biaya Tunangan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?
1. Biaya Hantaran atau Seserahan
2. Biaya Cincin Tunangan
3. Biaya Sumbangan kepada Pihak Keluarga Perempuan
4. Biaya Transportasi
5. Biaya Sewa Tempat
6. Biaya Pakaian
7. Biaya Dekorasi
8. Biaya Dokumentasi
9. Biaya Catering 
10. Pembawa Acara atau MC

Rincian Biaya Tunangan di 2022 dan Apa yang Harus Dipersiapkan

biaya tunangan

Saat memasuki usia 20-an, biasanya banyak orang yang sudah mulai serius dengan kehidupan berumah tangga. Apakah JULOvers salah satunya? Nah, untuk menuju proses pernikahan, beberapa orang menyelenggarakan acara tunangan dan lamaran. Supaya kegiatannya berjalan lancar, JULOvers perlu mengetahui rincian biaya tunangan.

Apalagi kalau kamu menginginkan rangkaian acara yang menghadirkan pengajian, syukuran, rangkaian adat, hingga resepsi pernikahan nanti. Dalam hal ini, JULOvers wajib merencanakan berapa persentase batas biaya yang hendak dikeluarkan. Untuk menghitungnya, kamu perlu mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan untuk tunangan. 

Biaya Tunangan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Biaya Tunangan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan
Sumber: Pexels

Untuk persiapan tunangan biasanya dibagi dua antara laki-laki dan perempuan. Pihak laki-laki membawa hantaran atau seserahan, membeli cincin tunangan, dan biaya sumbangan. Sementara itu, pihak wanita yang mempersiapkan biaya pakaian, gedung, dekorasi, catering, dan lain sebagainya. Berikut ini masing-masing penjelasan mengenai biaya yang diperlukan tersebut. 

1. Biaya Hantaran atau Seserahan

Biaya Hantaran atau Seserahan
Sumber: Pinimg

Pada budaya Indonesia, umumnya laki-laki harus membawa seserahan atau hantaran ketika mendatangi rumah perempuan. Hantaran ini biasanya berupa barang-barang yang akan digunakan pihak wanita sehari-hari, seperti seperangkat alat salat, alat make up, pakaian, dan sepatu. Biaya yang diperlukan untuk membeli hantaran ini berkisar antara Rp2.000.000 - Rp3.000.0000. Biaya ini tergantung juga dengan adat yang digunakan selama acara.

2. Biaya Cincin Tunangan

Biaya Cincin Tunangan
Sumber: Freepik

Dalam rangkaian acara tunangan nanti, salah satunya akan ada proses tukar cincin sebagai simbol bahwa pasangan tersebut saling terikat dengan komitmen. Untuk memilih cincin tunangan, biasanya pihak laki-laki mengajak wanita secara langsung ke toko perhiasan. Bagi pasangan yang ingin menghemat, bisa memilih cincin dengan biaya terjangkau.

Untuk cincin tunangan dengan jenis logam perak, emas, dan palladium biasanya dibanderol dengan harga Rp200.000 - Rp500.000. Harga tersebut tergantung dengan model dan berapa karat cincin tersebut. Pastikan cincin yang JULOvers beli terhindar dari cacat, goresan, dan bekas noda.

3. Biaya Sumbangan kepada Pihak Keluarga Perempuan

Biaya Sumbangan kepada Pihak Keluarga Perempuan
Sumber: Pixabay

Acara tunangan umumnya diselenggarakan di rumah perempuan. Meski menyewa tempat, biasanya pihak perempuan yang akan mempersiapkannya. Oleh sebab itu, keluarga pihak perempuan membutuhkan biaya dan tenaga yang cukup besar. 

Di sini, pihak laki-laki harus memberikan biaya sumbangan. Berapa biayanya? Sebenarnya tergantung dengan kesepakatan. Apabila acara yang diselenggarakan memiliki konsep yang  sederhana, JULOvers bisa memberikan sumbangan minimal Rp1.000.000.

4. Biaya Transportasi

Biaya Transportasi
Sumber: Pexels

 

Untuk menuju ke rumah pihak keluarga perempuan, JULOvers memerlukan transportasi untuk membawa rombongan keluarga. Rata-rata biaya yang diperlukan untuk biaya transportasi berkisar antara Rp300.000 - Rp500.000. Biaya ini digunakan untuk membeli bahan bakar dan jika rumah yang ditempuh berada dalam satu kota yang sama.bayar tagihan online Julo

5. Biaya Sewa Tempat

Biaya Sewa Tempat
Sumber: Pexels

Apabila acara tunangan dilaksanakan di gedung atau cafe, kamu perlu menentukan jumlah tamu undangan terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa mempersiapkan kursi dan tenda untuk menyambut mereka.

Baca Juga: Intimate Wedding, Apa Itu dan Kenali 5 Kelebihannya

Total biaya yang diperlukan untuk sewa tempat kurang lebih Rp10.000.000 sudah termasuk dengan sewa tenda, kursi, dan sound system. Lebih simpel kalau kamu menyewa tempat yang sudah include dengan biaya wedding organizer. 

6. Biaya Pakaian

Biaya Pakaian
Sumber: Pexels

Pakaian perempuan saat tunangan identik dengan batik, sedangkan pria mengenakan jas. Supaya terlihat seragam, pihak perempuan bisa mencari kain batik dan dijahit sendiri. Harga kain batik standar yaitu Rp650.000 untuk ukuran 250 cm x 140 cm. Sementara itu, ongkos jahitnya Rp250.000. Jadi, total biaya untuk menjahit pakaian batik perempuan yaitu Rp900.000.

7. Biaya Dekorasi

Biaya Dekorasi
Sumber: Pexels

Acara tunangan zaman sekarang memang erat kaitannya dengan dekorasi. Baik itu acara tunangan yang diselenggarakan di rumah maupun venue lain. Untuk harga paket dekorasi rumahan berkisar antara Rp800.000 hingga yang termahal Rp6.000.000. Namun, apabila JULOvers ingin berhemat, bisa membuat dekorasi sendiri bersama pasangan.

Sebenarnya, dekorasi menjadi elemen penting dalam acara tunangan, supaya momen berharga ini jadi lebih spesial. Kamu dan pasangan bisa menentukan konsep sendiri pada acara tunangan tersebut. Konsepnya bisa tropical atau mengikuti konsep adat dan budaya yang hendak diikuti. 

8. Biaya Dokumentasi

Biaya Dokumentasi
Sumber: Pixabay

Acara tunangan juga memerlukan dokumentasi untuk kenang-kenangan. Namun, JULOvers tidak perlu menyewa jasa fotografi profesional, nanti saja saat pernikahan. JULOvers bisa meminta bantuan kerabat atau teman yang memiliki kemampuan fotografi. 

Bisa juga meminta bantuan mahasiswa fotografi untuk mendokumentasikan momen berharga ini. Maka biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Mungkin Rp1.000.000 juga sudah cukup.

9. Biaya Catering 

Biaya Catering 
Sumber: Pexels

Biaya catering termasuk biaya tunangan yang paling besar di antara biaya lainnya. Hal ini wajar terjadi, karena biaya ini harus dihitung perseorangan berdasarkan jumlah yang datang. Untuk berjaga-jaga supaya tidak kehabisan, kamu bisa mengalikan jumlah tamu di kali dua. 

Misalnya, kamu mengundang 50 tamu, maka sediakan 100 pax makanan. Apabila harga per pax dari catering adalah Rp100.000, maka total biaya catering yang diperlukan adalah Rp10.000.000. Jika JULOvers ingin menghemat biaya ini, maka kamu bisa mengurangi jumlah tamu undangan dan fokus hanya kepada keluarga inti saja. 

10. Pembawa Acara atau MC

Pembawa Acara atau MC
Sumber: Pixabay

Supaya acara tunangan berjalan dengan lancar, maka harus ada yang mengatur jalannya acara yaitu MC atau pembawa acara. Jika kamu menyewa wedding organizer, biasanya sudah sepaket dengan biaya MC. Biaya yang diperlukan untuk sewa wedding organizer maksimal Rp10.000.000. Namun, jika kamu ingin menekan biaya, JULOvers bisa meminta bantuan teman atau kerabat untuk menjadi pembawa acara.

Setelah melihat perkiraan biaya di atas, maka kurang lebih biaya tunangan yang perlu JULOvers persiapkan yaitu Rp26.000.000 jika diselenggarakan di rumah dan Rp 57.000.000 apabila menyewa tempat. Untuk menghemat biaya, JULOvers bisa mengurangi jumlah tamu undangan dan dekorasi bisa dibuat sendiri. 

Pertunangan menjadi momen berharga bagi kamu dan pasangan, maka persiapan yang matang termasuk persoalan keuangan penting sekali diperhatikan. Setelah menghitung keseluruhan biaya dan dana yang kamu miliki masih kurang, tidak perlu khawatir karena ada JULO, aplikasi pinjaman online aman dan tepercaya.

JULOvers bisa mendapatkan dana tunai yang langsung cair ke rekening setelah melakukan pengajuan pinjaman. JULOvers akan mendapat limit pinjaman maksimal sebesar Rp15.000.000 dalam sekali pengajuan. Cukup isi form dan lengkapi data diri, semua langsung beres. 

Untuk proses pembayaran cicilannya pun makin mudah dengan tenor panjang sampai 9 bulan. Selain itu, tanggal bayarnya juga fleksibel dan bisa disesuaikan dengan tanggal gajian. Proses pinjaman dana online ini bisa kamu lakukan lewat satu aplikasi JULO Kredit Digital. 

Unduh aplikasi JULO sekarang juga untuk solusi mudah penyelenggaraan momen berharga kamu bersama pasangan. Masukkan kode promo siap melesat untuk mendapatkan penawaran menarik dari JULO.

Artikel Lainnya

Keuangan & Bisnis
peluang usaha modal kecil
Keuangan & Bisnis
tips hemat belanja bulanan