Intimate Wedding, Apa Itu dan Kenali 5 Kelebihannya

Intimate Wedding, Apa Itu dan Kenali 5 Kelebihannya

Gaya Hidup Trends

Intimate Wedding – Kegiatan pernikahan sudah menjadi suatu kegiatan yang mengakar kuat dalam budaya manusia. Bahkan kerap kali pernikahan dianggap tanda kedewasaan – di mana seseorang baru dianggap dewasa ketika sudah menikah. Konsep pernikahan pun pada akhirnya ikut berkembang mengikuti perkembangan zaman, layaknya layanan kredit yang ikut berkembang menjadi kredit digital – seperti JULO Kredit Digital

Seiring dengan perkembangan waktu dan kondisi pandemi, konsep pernikahan baru akhirnya muncul dan dikenal dengan nama intimate wedding. Lewat artikel ini, JULO akan menjelaskan secara langsung konsep intimate wedding dan juga kelebihannya jika dibandingkan dengan konsep konvensional.

Daftar BPJS Kesehatan, 6 Alasan Utama Harus Punya BPJS!

Apa Itu Intimate Wedding?

Julo
Intimate Wedding (source: Pexels)

Jika membicarakan resepsi pernikahan, banyak orang yang langsung terbayang dengan acara megah di tengah ballroom dengan tamu undangan yang mencapai ratusan sampai ribuan orang. Kerap kali, bahkan pengantinnya sendiri tidak mengenal mayoritas tamu yang hadir di acara mereka – sehingga beberapa orang justru menganggap acara pernikahan sebagai acara yang cukup melelahkan dan penuh dengan formalitas.

Hal-hal seperti ini yang pada akhirnya membuat banyak orang lebih memilih untuk beralih ke intimate wedding. Konsep ini sendiri mengusung acara pernikahan dengan skala yang lebih kecil dibandingkan pernikahan konvensional. Pernikahan ini biasanya dihadiri oleh orang-orang terdekat dan keluarga inti dengan daftar tamu kurang dari 100 orang. Suasana yang dihadirkan pun jauh lebih intim dan khusyuk sehingga konsep ini cukup menggoda, terutama dengan adanya faktor pandemi seperti sekarang ini.

Baca Juga: Kado Valentine, Ini Dia 10 Ide Kado Harga di Bawah 50K!

Cukup tertarik dengan konsep ini? Nah, berikut beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh pernikahan dengan konsep intimate wedding!

1. Intimate Wedding Lebih Hemat Biaya

Julo x Grab Modal
Intimate Wedding (source: Pexels)

Marriage is just the beginning. Banyak orang yang berpendapat demikian karena banyaknya biaya hidup yang perlu dipikirkan setelah acara pernikahan selesai dilangsungkan. Dari biaya honeymoon, biaya tinggal sampai biaya kehidupan sehari-hari – ditambah lagi jika pasangan memutuskan untuk memiliki momongan. Terlepas dari JULOvers dapat mengajukan limit kredit sampai dengan 15 juta untuk keperluan produktif ke depannya, tentunya semakin panjang daftar biaya yang wajib dipersiapkan.

Pemikiran tersebut yang kemudian menjadi alasan utama banyak orang melangsungkan intimate wedding. Ketimbang menghabiskan banyak uang ketika resepsi, banyak orang yang memilih untuk menghemat dan mengalokasikan dana pernikahan untuk kebutuhan rumah tangga berikutnya. Tentunya pilihan tersebut cukup menggiurkan karena kamu dapat menghemat anggaran lebih dari 50% jika dibandingkan dengan pernikahan konvensional.

2. Suasana Lebih Intim dan Berkesan

Intimate Wedding (source: Pexels)
Intimate Wedding (source: Pexels)

Jika menyebut resepsi pernikahan, banyak yang langsung membayangkan rasa lelah dan canggung ketika harus beramah tamah dengan ratusan tamu yang tidak dikenal sama sekali. Alih-alih perasaan senang, banyak pasangan yang berharap agar acara cepat berakhir dan bisa beristirahat dengan tenang. Hal ini tentunya sedikit memudarkan esensi dari acara resepsi itu sendiri.

Alasan berikutnya yang membuat banyak pasangan tertarik untuk melakukan intimate wedding adalah suasana intim ketika acara berlangsung. Hanya dihadiri oleh keluarga dan orang-orang terdekat, pengantin akan merasa lebih lepas dan tidak perlu terlalu menjaga formalitas. Rasa ketika kamu hanya dikelilingi oleh orang-orang terdekat di hari bahagiamu pastinya bisa menjadi moodbooster sepanjang acara berlangsung.

Baca Juga: JULO Menyalurkan Lebih Dari 70% Dana Untuk Pinjaman Produktif Nasabah

3. Lebih Minim Stress Kala Persiapan

Intimate Wedding (source: Pexels)
Intimate Wedding (source: Pexels)

“Bagaimana dekorasi venue?
Berapa kapasitas venue yang sesuai? Kira-kira berapa tamu yang datang?”
“List tamu siapa saja yang harus diundang?”
“Berapa banyak orang yang harus menjaga kotak dan buku tamu?”
“Berapa banyak porsi makanan lebih yang harus disiapkan?”
“Bagaimana dengan makanan pondokan?

Bagaimana susunan rundown acara?”
Harus pakai WO yang mana?”

Daftar pertanyaan di atas tentunya sangat lekat di benak ketika kamu memutuskan untuk melakukan pernikahan konvensional. Banyak hal yang harus dipersiapkan menjelang hari H sehingga memakan waktu bulanan. Tentunya hal seperti ini cukup membuat stress, apalagi jika ditambah dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Dengan mengadakan intimate wedding, tentunya lebih sedikit hal yang harus JULOvers persiapkan. Jumlah tamu yang lebih sedikit dan pasti akan jauh lebih memudahkan proses persiapan. Ditambah lagi, banyak vendor pernikahan yang juga langsung menyediakan dekorasi serta susunan acara singkat sehingga pasangan tidak perlu menyewa jasa Wedding Organizer. Tentunya sangat menarik, bukan?

Daftar BPJS Kesehatan, 6 Alasan Utama Harus Punya BPJS!

4. Lebih Mudah Digelar Kala Situasi Sulit

Intimate Wedding (source: Shutterstock)
Intimate Wedding (source: Shutterstock)

Pernikahan konvensional yang mengundang ratusan sampai ribuan orang sebenarnya agak sulit digelar kala situasi khusus – seperti di tengah masa pembatasan sosial seperti sekarang ini. Kondisi pandemi yang sulit diprediksi tentunya menambah keruwetan persiapan acara. Salah-salah, bisa-bisa acara pernikahan JULOvers harus diundur karena terkena pembatasan. Belum lagi, kamu harus mengabari kembali sekian banyak tamu undangan satu per satu jika ada perubahan.

Jika JULOvers mengadakan intimate wedding, pastinya kerumitan tersebut dapat dihindari atau diminimalisir. Selain izin pengadaan acara yang lebih pasti, JULOvers tidak perlu khawatir jika ada perubahan mendadak. Mengabari perubahan acara tentu tidak sulit karena jumlah tamu yang sedikit dan semuanya kamu kenal dengan baik.

5. Pengantin Lebih Bisa Bersantai dan Menikmati Acara

Intimate Wedding (source: Pexels)
Intimate Wedding (source: Pexels)

Bagi beberapa orang, pernikahan konvensional bisa dirasa sangat kaku dan melelahkan. Dihadiri oleh tamu yang sedemikian banyaknya, sering kali pengantin harus menjaga formalitas dan tidak dapat terlalu mengekspresikan diri. Kalaupun ada acara, pengantin hanya bisa bergerak sesuai arahan MC dan mengikuti rundown yang telah disiapkan. Ketimbang menikmati acara, banyak pengantin yang merasa lelah karena seperti performer yang harus menyuguhi para tamu.

Dengan memilih intimate wedding, pengantin lebih memiliki kebebasan untuk menentukan sendiri acara mereka. Hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat, pengantin tidak perlu terpaku dengan formalitas dan dapat ikut aktif dalam acara tanpa bayang-bayang judgement dari para tamu. Tentunya tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menjadi diri sendiri sepenuhnya di hari bahagia.

Daftar BPJS Kesehatan, 6 Alasan Utama Harus Punya BPJS!

Itu dia 5 kelebihan yang telah JULO jabarkan khusus untuk JULOvers. Intimate wedding ataupun pernikahan konvensional – konsep manapun yang dipilih sebenarnya tidak masalah asalkan tidak memberatkan atau memaksa pihak manapun. Jika JULOvers membutuhkan dana tambahan untuk melaksanakan acara pernikahan, kamu juga dapat mengajukan limit kredit praktis ala JULO Kredit Digital.

Dengan limit maksimal sampai dengan 15 juta rupiah dan bunga rendah dari 0,1% per harinya, JULOvers dapat memanfaatkan tenor fleksibel JULO sampai dengan 9 bulan. Selain tanggal pengembalian yang disesuaikan dengan tanggal gajian, kamu juga tetap bisa menggunakan sisa limit tanpa harus menunggu pelunasan sebelumnya. Wah, tentunya praktis banget ya JULOvers!

Selain itu, JULOvers juga bisa menikmati beragam kemudahan fitur JULO Kredit Digital dalam satu aplikasi:

  • Tarik Dana
  • Bayar Kartu Pascabayar
  • Kirim Dana
  • Bayar Tagihan Listrik
  • Isi Dompet Digital
  • Bayar Pulsa
  • Bayar e-commerce

Bebaskan hidupmu dari batasan finansial, yuk saatnya #HidupkanHidupmu bersama JULO Kredit Digital dan perencanaan intimate wedding!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Yudhistira
A digital marketer 'in the making' with some experiences in copywriting and beverage craft as Barista. Loves to travel and write some tips & lifestyle updates on JULO blog.

Artikel Lainnya

2022-05-17   |   

Tenor Pinjaman, Apakah Itu?

Bagi JULOvers yang pernah mengajukan kredit ke bank maupun non-bank, kamu pasti pernah mendengar istilah tenor. Tenor…

2022-05-17   |   

Beli Sekarang Bayar Nanti, Yuk Belanja Murah di JULO SHOP!

JULO SHOP - Ada yang terbaru dari JULO Kredit Digital! Selain bisa belanja di e-commerce ternama pilihan kamu, sekarang…