ide bisnis sederhana

4 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

Ada banyak ide bisnis sederhana yang dapat JULOvers jalankan tanpa memerlukan modal yang besar. Bisnis-bisnis yang sederhana ini walaupun memerlukan modal yang kecil tetapi dapat tetap menghasilkan keuntungan yang cukup besar jika dikelola dengan baik.

Definisi dari bisnis sederhana di sini sendiri maksudnya adalah bisnis yang tidak akan memberatkan JULOvers ketika hendak menjalankannya. Baik itu dalam hal modal, strategi bisnis, hingga strategi pemasarannya.

Lantas, apa saja sih ide bisnis sederhana yang layak untuk dicoba? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Saja Ide Bisnis Sederhana Yang Cocok Untuk Pemula?

Jika JULOvers sedang berencana untuk memulai bisnis sederhana yang baru, berikut ini adalah beberapa ide bisnis sederhana yang patut untuk dijalankan:

1. Menjual Kaos

tumpukan kaos aneka warna di rak baju
Sumber: Pixabay

Bisnis pakaian satu ini merupakan salah satu bisnis sederhana yang dapat kamu coba. Kaos sendiri merupakan jenis pakaian yang memang banyak disukai karena dianggap lebih nyaman dan santai.

Tidak seperti kebanyakan jenis pakaian lainnya, kaos sendiri biasanya bersifat unisex sehingga bisa dipakai baik oleh pria maupun wanita. Selain itu, kaos juga memiliki segmen pasar yang luas, jadi JULOvers akan lebih mudah ketika hendak menjualnya.

Jenis kaos yang cukup diminati adalah kaos polos dan kaos sablon. Untuk kaos polos biasanya bisa didapatkan di konveksi atau supplier secara langsung. Sedangkan untuk kaos sablon, JULOvers bisa memesan dan mencetaknya di penyedia jasa sablon kaos. Pastikan saja JULOvers membuat desain gambar sendiri agar kaos yang dijual unik dan tidak pasaran.

Sebagai tips, pilih tempat sablon kaos yang bisa menerima sablon secara individu. Dengan begitu, JULOvers tidak perlu mencetak dalam jumlah banyak. Selain itu, usahakan agar pembeli melakukan pre-order terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar JULOvers tidak perlu mengeluarkan modal di awal.

2. Menjual Barang Preloved

koleksi kaset gim dan konsol retro
Sumber: Pixabay

Ketika sedang melakukan pembersihan rumah atau ketika hendak pindah rumah, pasti JULOvers akan menemukan barang atau perlengkapan lain yang sudah lama tak terpakai. Biasanya, di antara barang dan perlengkapan tersebut, tentunya ada yang masih terlihat bagus dan masih layak untuk digunakan.

Sebagai contoh, jika JULOvers adalah seorang penggemar klub sepak bola tertentu, pasti memiliki atau mengumpulkan berbagai jersey dan poster klub favorit tersebut. Namun, karena ukuran jersey sudah tidak muat lagi, maka JULOvers tidak bisa lagi memakainya. Daripada tidak terpakai dan menumpuk di gudang, JULOvers bisa menjualnya sebagai barang preloved lho.

Ada banyak sekali barang preloved yang harganya terus naik seiring berjalannya waktu ditambah juga dengan kelangkaannya, seperti jersey klub lama yang sudah tidak diproduksi lagi. Jersey tersebut biasanya bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi juga. Selain itu, karena kamu menjual barang yang sudah kamu punya sebelumnya, kamu tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai ide bisnis ini.

Walaupun begitu, sebenarnya tidak hanya pakaian seperti jersey saja, masih ada perlengkapan atau pernak-pernik lainnya yang bisa JULOvers jual  sebagai barang preloved dan harganya bisa tinggi. Barang seperti action figure dan konsol gim juga biasanya memiliki kalangan pecintanya tersendiri. Jadi, pastikan jangan asal membuang barang yang sudah tidak terpakai, ya!

 

kredit digital Julo

3. Menjual Pulsa dan Paket Data

tumpukan handphone dan tablet di atas laptop
Sumber: Pixabay

Salah satu ide bisnis sederhana yang terbilang mudah adalah berjualan pulsa dan paket data. Meskipun ide bisnis sederhana ini dapat dibilang cukup umum dan telah dilakukan oleh banyak orang, tetapi potensi kesuksesannya masih dapat dibilang cukup besar. Selain mudah dan sederhana, kamu juga dapat menjalankan usaha dari rumah atau menjadikannya usaha sampingan.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Peluang bisnis ini akan sangat menguntungkan jika JULOvers berada di lingkungan yang tidak semua orang memiliki akses ke mobile banking atau aplikasi sejenis. Artinya, sebagian besar dari orang-orang tersebut akan membeli pulsa maupun paket data secara langsung.

Untuk memanfaatkan ide bisnis sederhana ini, JULOvers bisa memulainya dengan menawarkannya ke lingkungan terdekat terlebih dahulu, misalnya ke teman kantor atau teman nongkrong. Selain itu, tidak hanya pulsa dan paket data saja, JULOvers juga bisa menawarkan voucher dan top up game serta token listrik jika ingin menambah lebih banyak produk.

4. Menjual Parcel atau Hampers

kotak parcel dengan kartu ucapan bertuliskan just for you
Sumber: Pixabay

Saat hari raya besar seperti Idul Fitri atau Natal, biasanya banyak orang yang mengirimkan parcel atau hampers kepada sanak saudara dan kerabatnya. Hadiah ini diberikan sebagai bentuk ucapan selamat bagi yang merayakan hari raya tersebut.

Sebenarnya tidak hanya di hari raya saja, parcel dan hampers juga bisa diberikan sebagai tanpa ucapan simpati atau ucapan selamat pada momen-momen tertentu lho. Sebagai contoh, ketika JULOvers hendak menjenguk saudara yang sakit atau memberikan ucapan selamat kepada teman yang baru saja melahirkan.

Barang yang ada di dalam parcel atau hampers juga dapat bervariasi. Barang-barang tersebut biasanya akan disesuaikan dengan tujuan dan kondisi orang yang menerimanya. Misalnya baju bayi dan perlengkapan untuk orang yang baru melahirkan, atau buah segar ketika hendak menjenguk orang yang sedang sakit.

Bagi JULOvers yang memiliki kreativitas dalam menyusun dan membuat parcel atau hampers, tentunya kemampuan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ide bisnis sederhana yang patut untuk dicoba. JULOvers bisa membuat parcel atau hampers dengan desain yang unik dan berbeda dari kebanyakan. Selain itu, pastikan terdapat banyak varian dan isinya untuk berbagai tujuan.

Demikian adalah inspirasi ide bisnis sederhana yang dapat dicoba. Jika JULOvers merasa memiliki kemampuan untuk menjalankan salah satu ide bisnis sederhana di atas tetapi belum memiliki modal, maka JULOvers dapat melakukan pinjaman dengan mudah di JULO kredit digital.

Untuk melakukan peminjaman di JULO bisa dilakukan secara online lho, jadi prosesnya akan sangat mudah dan cepat. Selain itu, pinjaman yang JULOvers lakukan juga sudah pasti terjamin keamanannya. Semoga ide bisnis sederhana di atas dapat membantu, ya

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-06-30   |   Tentang Julo, Gaya Hidup

Sudah Daftar JULO Charity Run? Simak Informasi dan Langkah-langkah Berikut!

Wah, tanpa terasa sebentar lagi kita sudah memasuki bulan Juli, yang berarti... JULO Charity Run sudah tinggal…

2022-06-30   |   Gaya Hidup

Jalan Cepat Beri Segudang Manfaat. Yuk, Simak dengan Cermat!

Jalan cepat sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak orang. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak…