bisnis di masa pandemi

Berbagai Ide Bisnis Di Masa Pandemi yang Bisa Kamu Lakukan

Menjalankan bisnis di masa pandemi bisa dibilang susah-susah gampang. Peluang keberhasilannya pun lebih kecil dari biasanya karena keadaan ekonomi masyarakat yang menurun. Namun JULOvers tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada masa depan. 

Bisa saja bisnis yang JULOvers bangun dengan keraguan ini menghasilkan “buah manis”. Jika JULOvers berniat membuka bisnis, inilah saatnya untuk mencoba. Berikut berbagai ide bisnis yang bisa kamu coba

Apa Saja Bisnis di Masa Pandemi yang Menguntungkan?

Apa Saja Bisnis di Masa Pandemi yang Menguntungkan
Sumber: Pexels

Di dunia ini ada berbagai bisnis yang bisa kamu coba. Mulai dari makanan, pakaian, hingga barang-barang kebutuhan rumah tangga. Keberadaan pandemi memang membuat semua orang kesulitan, tetapi kamu dapat memanfaatkannya sebagai peluang yang menguntungkan. 

Gunakan situasi ini untuk membuat bisnis yang menjawab kebutuhan masyarakat. Jika kamu melakukan hal tersebut maka peluang keberhasilan bisnis pasti akan jauh lebih besar. Tanpa berpanjang lebar lagi, ini dia beberapa ide bisnis di masa pandemi. 

1. Makanan Ringan

Makanan Ringan
Sumber: Pexels

Keadaan pandemi yang membuat masyarakat harus beraktivitas dari rumah pasti merindukan makanan ringan pinggir jalan. Kamu bisa mengisi kekosongan tersebut dengan menjual makanan ringan yang menjadi kegemaran masyarakat. Contohnya seperti keripik buah dan sayur. 

2. Makanan Beku (Frozen Food)

Makanan Beku (Frozen Food)
Sumber: Pexels

Menjual makanan beku juga menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak berani pergi keluar rumah. Seperti halnya pembelian baju dan barang elektronik di e-commerce, frozen food juga bisa dijual dengan cara yang sama.

Baca Juga: 11 Cara Berbisnis Makanan Yang Menguntungkan

Masyarakat hanya perlu memesan dari ponsel lalu makanan akan dikirimkan ke rumah. Tentu ide bisnis di masa pandemi yang satu ini perlu kamu manfaatkan dengan baik.

3. Penerjemah 

Penerjemah
Sumber: Pexels

Memiliki kemampuan berbicara dan menulis dalam berbagai bahasa asing? Kamu bisa menggunakannya untuk menerjemahkan dokumen-dokumen penting dari pemerintahan atau perusahaan. 

Pasalnya berbagai pemerintah di seluruh negara tidak bisa berkunjung untuk melakukan penandatanganan atau pengajuan proposal yang biasanya dilakukan. Otomatis mereka membutuhkan jasa penerjemah supaya pesan tersampaikan dengan baik.

4. Content Creator

Content Creator
Sumber: Pexels

Suka membagikan informasi seputar politik, kehidupan, atau edukasi? Ide bisnis di masa pandemi ini berarti cocok untuk dilakukan, yakni kamu bisa mencoba menjadi content creator. Content creator berarti menciptakan konten dalam berbagai media. Bisa berupa foto-foto, tulisan, audio, dan video. 

Sebagai awal, kamu tidak perlu membeli perangkat yang mahal untuk menjadikan konten berkualitas. Manfaatkan secara maksimal perangkat yang kamu punya di rumah. Gunakan ponsel, laptop, headphone, dan lain sebagainya. 

5. Influencer

Influencer
Sumber: Pexels

Kamu juga bisa mencoba menjadi influencer. Ada banyak topik yang bisa dipilih seperti membahas produk kecantikan, kesehatan, olahraga, fesyen, dance, musik, dan masih banyak lagi. Keberhasilan kamu menjadi seorang influencer akan mendatangkan keuntungan yang besar. Kuncinya ialah menjadi diri sendiri dan autentik. 

6. Kerajinan Tangan (DIY)

Kerajinan Tangan (DIY)
Sumber: Pexels

Kerajinan tangan yang biasanya kamu buat untuk kerabat dan teman-teman bisa dijadikan sumber penghasilan baru loh. Apa yang biasanya kamu buat? Rajutan? Atau lilin aromaterapi? Kamu bisa mulai memasarkan barang-barang tersebut ke media sosial.

Baca Juga: Beragam Tips Strategi Pemasaran Produk Kerajinan untuk Pemula

Tidak perlu langsung membuatnya dalam jumlah yang banyak. Kamu bahkan bisa menggunakan foto dari barang yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Buat saja dengan cara pre-order sehingga kamu bisa melihat ketertarikan pasar mengenai kerajinan tangan yang dibuat. 

7. Reseller atau Dropshipper

Reseller atau Dropshipper
Sumber: Pexels

Tidak mau pusing dengan produksi barang? Kamu bisa memilih ide bisnis di masa pandemi yang satu ini, yaitu reseller atau dropshipper. Keduanya tidak membutuhkan modal besar. Kamu hanya perlu mencari supplier yang memiliki produk dengan kualitas bagus dan bisa dipercaya. Selanjutnya tinggal pasarkan produk yang kamu beli dari supplier ke berbagai media online.

kredit digital Julo

8. Tutor Online

Tutor Online
Sumber: Pexels

Pandemi membuat orang tua tidak bisa mengirimkan anak mereka ke tempat belajar seperti biasanya. Kamu bisa memanfaatkan keadaan ini untuk membuka tutor online

Jika kamu percaya diri dengan nilai akademik maka membuka tutor online untuk mata pelajaran SD sampai SMP cocok dilakukan. Jika kamu pandai berbahasa asing maka membuka tutor bahasa bisa dicoba. 

9. Freelancer

Freelancer
Sumber: Pexels

Semua kemampuan yang telah kamu asah bisa dijadikan penghasilan. Desain, tulisan, fotografi, editor video, dan skill lainnya bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai freelancer.

Baca Juga: Ingin Jadi Seorang Freelance? Pahami Dulu Kekurangan dan Kelebihannya di Sini!

Langsung saja kunjungi berbagai website gratis di internet yang khusus menyediakan tempat untuk menampilkan berbagai hasil pekerjaan. 

10. Produk Kesehatan

Produk Kesehatan
Sumber: Pexels

Keberadaan pandemi membuat masyarakat lebih waspada dan memperhatikan kesehatan mereka. Ini bisa menjadi peluang yang menguntungkan untuk menjual berbagai produk kesehatan. Kamu bisa menjual masker, obat-obatan, vitamin, dan lain sebagainya.

11. Hamper atau Parsel

Hamper atau Parsel
Sumber: Unsplash

Pandemi juga membuat masyarakat tidak bisa merayakan hari spesial bersama-sama. Semua harus dilakukan dari rumah secara online. Keadaan ini membuka peluang baru bagi kamu untuk membuat bisnis hamper atau parsel. 

Tidak bisa keluar rumah membuat masyarakat berpikir bagaimana tetap bisa “hadir” merayakan hari spesial. Salah satunya dengan mengirimkan paket cantik dan estetik ini. Buat hamper yang terdiri dari berbagai pilihan produk serta memiliki harga yang sesuai target pelanggan. 

12. Agen Pengiriman

Agen Pengiriman
Sumber: Pexels

Menjadi agen pengiriman juga sangat menguntungkan. Masyarakat mulai beralih banyak melakukan pengiriman barang untuk memberikan hadiah atau mengirimkan paket jualan mereka. Jika di lingkungan tempat tinggal belum ada agen pengiriman maka kamu bisa menjadi yang pertama membuka layanan tersebut. 

13. Laundry

Laundry
Sumber: Pexels

Jasa laundry sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Keberadaan asisten rumah tangga yang makin sulit dicari membuat masyarakat memerlukan jasa cuci dan setrika baju. 

Akan lebih bagus lagi jika kamu menyediakan layanan antar jemput baju. Memang benar bahwa modal yang dikeluarkan di awal cukup besar tetapi kamu bisa menikmati keuntungannya untuk jangka waktu panjang. 

14. Kue Ulang Tahun

Kue Ulang Tahun
Sumber: Pexels

Saat ini sedang tren kue ulang tahun yang bisa dibuat sesuai keinginan pelanggan. Mulai dari desain sederhana yang estetik, hingga gambar animasi seseorang. Ada juga kue ulang tahun yang bergaya mewah dengan nuansa warna emas. Kamu bisa belajar membuat kue seperti ini dari internet dan memasarkannya di media sosial. 

15. Florist

Florist
Sumber: Pexels

Membuka bisnis bouquet bunga juga memberikan keuntungan. Apalagi dalam 1 tahun selalu ada hari spesial yang dirayakan di dalam setiap keluarga. Baik itu ulang tahun, anniversary, kelulusan, dan lain sebagainya. Bouquet bunga banyak dicari oleh masyarakat untuk merayakan hari spesial tersebut sehingga bisnis florist kamu pasti akan untung. 

Apa Saja Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi?

Apa Saja Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi
Sumber: Pexels

Tidak ada yang mudah dalam memulai bisnis. Apalagi untuk kamu yang memulai bisnis di masa pandemi. Tetapi bukan berarti membangun bisnis mustahil dilakukan. 

Asalkan kamu memiliki tekad dan kemauan yang kuat, kesuksesan pasti bisa didapatkan. Supaya kamu makin yakin, berikut beberapa tip praktis untuk memulai bisnis. 

1. Buat Perencanaan dan Siapkan Modal

Buat Perencanaan dan Siapkan Modal
Sumber: Pexels

Perencanaan perlu dibuat supaya kamu tidak bingung apa saja yang harus dilakukan. Membuat perencanaan juga membantu kamu memvisualisasikan eksekusi bisnis pada waktu mendatang.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Modal Awal?

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan modal dengan baik. Buat perhitungan mendetail mengenai berbagai pengeluaran sehingga kamu dapat memperkirakan jumlah uang yang harus disiapkan. 

2. Riset Produk dan Pasar

Riset Produk dan Pasar
Sumber: Pexels

Jangan lupa riset! Riset produk dan pasar membantu kamu melihat jangka panjang dari bisnis yang dijalankan. Pastikan kamu mendapatkan semua informasi penting untuk memastikan keberhasilan bisnis. 

3. Berkomitmen dan Disiplin

Berkomitmen dan Disiplin
Sumber: Pexels

Membangun bisnis di masa pandemi sampai berhasil membutuhkan komitmen dan disiplin. Ada banyak orang yang berhenti di tengah jalan karena tidak melihat hasil dalam jangka waktu tertentu. Padahal hasil bisa dirasakan ketika mereka menunggu sebentar lagi. 

Jangan menyerah meskipun kamu belum melihat hasil yang besar. Keberhasilan membutuhkan kesabaran dan proses yang terkadang tidak sebentar. Terus fokus pada tujuan bisnis dan konsisten melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan. 

4. Memaksimalkan Penggunaan Media Online

Memaksimalkan Penggunaan Media Online
Sumber: Pexels

Dalam membangun bisnis di masa pandemi kamu perlu menggunakan semua media online yang tersedia secara gratis.

Baca Juga: Langkah-Langkah Strategi Pemasaran Online untuk Bisnis Baru

Jika semua media tersebut membuat penjualan kamu meningkat maka sudah seharusnya digunakan. Menggunakan berbagai media juga akan membantu kamu menjangkau lebih banyak pelanggan.

5. Selalu Berinovasi 

Selalu Berinovasi 
Sumber: Pexels

Berbisnis tidak lepas dari inovasi baru. Masyarakat akan bosan jika selama 1 tahun kamu hanya menjual produk yang sama. Melakukan inovasi baru bukan hanya untuk menarik perhatian pelanggan tetapi juga untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis. 

Itu dia berbagai ide bisnis di masa pandemi yang bisa JULOvers coba. Bisnis apa yang JULOvers pilih? Pastikan JULOvers memilih bisnis di masa pandemi yang tepat dan sesuai dengan ketertarikan. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua kebutuhan bisnis sebaik mungkin supaya lancar saat dieksekusi. 

Jika semua persiapan sudah selesai namun JULOvers memiliki keterbatasan modal untuk mengembangkannya maka JULO bisa dijadikan tempat untuk mengajukan pinjaman. JULO Kredit Digital merupakan platform kredit yang aman dan tepercaya karena sudah mengantongi izin dari OJK. 

Berbagai kemudahan dan manfaat juga bisa didapatkan saat kamu menggunakan JULO. Terdapat beberapa Produk Pinjaman JULO yang bisa kamu gunakan yaitu dana tunai, paylater, dan tagihan online

Melakukan transaksi untuk kebutuhan bisnis menjadi lebih mudah bersama JULO. Sudah #siapMelesat bersama JULO? Yuk manfaatkan semua promo siap melesat untuk bisnis kamu sekarang!

Klik untuk Download JULO Kredit Digital
Darwin
He love eat, shop, and travel. He writes about finance, business, technology, & lifestyle on JULO Blog to help many people aware about finance and how to deal with it wisely.

Artikel Lainnya

2022-07-28   |   

Berbagai Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan dan Ramah Pemula

Sedang mencari inspirasi bisnis kuliner yang menjanjikan? Berbicara soal bisnis…

2022-07-28   |   Gaya Hidup

Wisata Indonesia: 10 Destinasi Unik dan Anti Mainstream

Potensi wisata Indonesia tak akan ada habisnya untuk dijelajahi. Indonesia dikaruniai ragam bentang alam yang…