Daftar Isi chevron down
Daftar Isi
Kegiatan Baik di Bulan Puasa 2023 yang Bisa Dilakukan Sendiri atau Bersama Keluarga
1. Berolahraga
2. Belajar Hal Baru
3. Berbagi Kebaikan
4. Berkarya dan Berkreasi Sesuai Hobi
5. Bersilaturahmi 
Menangkan Hadiah Umroh Gratis Sekaligus Berdonasi di JULO BUKA BERKAH

5 Kegiatan Baik di Bulan Puasa 2023 Biar Makin Berkah

5 Kegiatan Baik di Bulan Puasa 2023 Biar Makin Berkah

Bulan puasa 2023 dapat menjadi momen yang tepat untuk melakukan banyak kegiatan baik bersama keluarga. Selain beribadah, sepanjang bulan puasa 2023 ini kamu dapat melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain di sekitar. 

Contoh kegiatan baik yang dapat kamu dilakukan antara lain, berbagi dengan sesama hingga berinovasi. Apa saja ya kira-kira kegiatan baik yang dapat kamu lakukan sepanjang bulan puasa 2023 ini? Untuk informasi lebih lengkap, kamu dapat menyimak tulisan berikut ini yang sudah dirangkum oleh JULO Kredit Digital.

Kegiatan Baik di Bulan Puasa 2023 yang Bisa Dilakukan Sendiri atau Bersama Keluarga

bulan-puasa-2023

Sebagai umat Muslim, bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan dari Tuhan YME. Selain itu, bulan Ramadan juga merupakan kesempatan untuk melakukan kegiatan baik yang dapat meningkatkan kebaikan diri sendiri serta lingkungan sekitar. Banyak kegiatan baik yang bisa dilakukan sendiri atau bersama keluarga selama bulan Ramadan tahun ini. Berikut adalah beberapa ide kegiatan yang bisa kamu coba:

1. Berolahraga

bulan-puasa-2023

Berolahraga adalah salah satu hal baik yang dapat kamu lakukan saat selama  bulan puasa 2023. Selain menjaga kesehatan, olahraga yang tepat membuatmu tetap segar dan bugar meski seharian berpuasa. Meskipun demikian, kamu juga harus tetap mempertimbangkan jenis olahraga selama bulan puasa. Jangan sampai niatnya bugar, malah bikin kamu terkapar karena olahraga yang ngasal.

 

Perlu diingat, sembarang melakukan kegiatan olahraga bisa berakibat fatal, baik bagi tubuh maupun puasa itu sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya mempertimbangkan beberapa rekomendasi waktu dan jenis olahraga yang cocok sepanjang bulan puasa 2023 ini.

Untuk membantu kegiatan olahragamu sepanjang bulan puasa 2023 ini berjalan lancar, ada beberapa tips yang bisa kamu coba loh di rumah. Kamu bisa mencoba tip-tip olahraga di bulan puasa 2023 ini sendiri atau bersama anggota keluarga. Apa saja sih? Yuk simak di bawah ini!

  • Olahraga di Waktu yang Tepat

Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah pada saat setelah berbuka.Seperti yang kamu ketahui, setelah berbuka puasa tubuh kembali mendapatkan energi dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Tentu saja kamu harus memberi jarak antara waktu berbuka dan waktu olahraga untuk memastikan tubuhmu nyaman saat melakukan aktivitas olahraga.

Pilihan waktu lainnya adalah 30 – 60 menit menjelang waktu berbuka puasa. Waktu ini mendekati waktu makan, sehingga tubuh segera mendapat asupan energi kembali saat berbuka. Tentunya, pilihan waktu ini dapat disesuaikan dengan kondisi tubuhmu. Listen to your body!

  • Pilih jenis olahraga yang sesuai

Sepanjang bulan puasa 2023 ini, sebaiknya kamu melakukan jnis olahraga intensitas ringan sampai sedang. Jenis olahraga saat puasa yang aman dilakukan meliputi Agar ibadahmu di bulan puasa 2023 ini maksimal, hindari olahraga berat seperti HIIT (high intensity interval training) jika waktu berbuka Anda masih lama. Jangan memaksakan jika kamu merasa tubuh sudah tidak mampu melakukannya.

  • Jaga asupan makanan

Selama berpuasa, kamu hanya berkesempatan untuk makan dan minum di antara waktu berbuka puasa hingga sahur. Untuk dapat beraktivitas dengan baik sekaligus olahraga di bulan puasa 2023 ini, kamu perlu menjaga asupan makanan bergizi seimbang pada kedua waktu makan tersebut. Makanlah makanan tinggi serat dan perbanyakasupan protein agar kamu tidak cepat lapar. 

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

  • Banyak minum

Seperti yan kita ketahui cuasa di sepanjang bulan puasa 2023 tampak tidak terprediksi. Nah, jika kamu melakukan olahraga saat cuaca panas dalam keadaan berpuasa, kamu kemungkinan bisa dehidrasi. Untuk mencegah hal ini terjadi, asupan cairan ke dalam tubuh harus diperhatikan. Asupan cairan harian yang disarankan adalah 1,5 – 2 liter per hari.

  • Cukup tidur

Tips terakhir agar tetap bisa olahraga sepanjang bulan puasa 2023 ini terlaksana adalah memperhatikan waktu tidur. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7 – 9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi metabolisme dan kinerja tubuh. Selain itu, tidur cukup juga dapat memulihkan dan meningkatkan kebugaran tubuh untuk beraktivitas keesokan harinya.

Oleh karena itu, tidur siang selama 30 menit sampai 1 jam kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat sepanjang berpuasa.Hindari bergadang hingga larut malam dan hentikan kebiasaan ngemil di malam hari agar Anda bisa tidur lebih awal.

2. Belajar Hal Baru

bulan-puasa-2023

Selain berolahrga, kegiatan baik yang dapat kamu lakukan sepanjang bulan puasa 2023 adalah belajar hal baru. Kamu bisa mempelajari hal baru dengan berbagai cara dan media. Sebagai contoh, membaca buku terbaru, mendengarkan ceramah/siraman rohani, menambah keterampilan baru dengan mengikuti kelas-kelas pendek, hingga mengikuti seminar sambil ngabuburit.

Sama halnya seperti olahraga, kamu juga dapat melakukan berbagai strategi untuk mmebuatmu semangat belajar hal baru di sepanjang bulan puasa 2023 ini. Berikut ini adalah trik belajar di bulan puasa 2023 anti-loyo yang bisa kamu coba.

  • Cukup minum
  • Sahur dengan makanan yang bernutrisi
  • Beraktivitas setelah sahur
  • Tidur Siang
  • Hindari Begadang

Dengan melakukan trik-trik di atas, kamu pun dijamin bersemangat untuk belajar hal baru. Selain berhasil menambah wawasan, pengalaman, dan keterampilan, kamu juga akan meningkatkan kualitas dirimu sepanjang bulan puasa 2023. Pahala bertambah, ilmu juga bertambah! Sudah menambah ilmu apa saja nih kamu di bulan puasa 2023 kali ini?

3. Berbagi Kebaikan

bulan-puasa-2023

Saat bulan puasa 2023 ini, biasanya orang-orang berlomba-lomba untuk berbagi kebaikan kepada sesama, mulai dari berbagi makanan, hingga berbagi barang-barang tertentu yang dibutuhkan oleh sesama. Jika kamu mengamati jalan-jalan di bulan puasa 2023 ini, banyak sekali orang mengadakan acara bagi-bagi takjil dengan memberikan camilan atau makanan untuk berbuka.

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

Tidak hanya itu, sebagian orang juga ada yang memiliki buka puasa bersama anak yatim piatu. Tentu saja kamu juga bisa melakukan hal serupa. Kamu bisa memulai berbagi kebaikan dari lingkungan terdekat, misalnya menyiapkan makanan sahur dan berbuka untuk keluarga atau membagikan makanan untuk tukang sampah atau petugas keamanan di perumahan. Apa kegiatan berbagi yang sudah kamu lakukan sejauh ini? Jadikan bulan puasa 2023 kamu ini penuh manfaat dengan berbagi dan memberikan banyak manfaat untuk orang lain.

4. Berkarya dan Berkreasi Sesuai Hobi

bulan-puasa-2023

Seanjang bulan puasa 2023, kegiatan baik yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah berkarya dan berkreasi. Dengan kata lain, kamu juga dapat memanfaatkan bulan puasa 2023 ini untuk  melakukan hobi. Kamu bisa berkarya dan berkreasi sesuai dengan hobi, seperti membuat kerajinan tangan, mencoba menu baru, bahkan mungkin membuat pakain lebaranmu sendiri.

Untuk membantumu nyaman berkarya dan berkreasi selama bulan puasa 2023 ini, kamu dapat memilih kegiatan yang tidak terlalu menguras energi sehingga mengganggu kenyamanan saat puasa. Misalnya jika kamu punya hobi membaca buku, maka bisa mencari buku-buku favorit seperti buku novel fiksi dan nonfiksi, pelajaran hingga buku yang berisi ilmu agama. Jika kamu memiliki hobi memasak, maka sangat tepat. kamu bisa sekalian belajar masak sambil mempersiapkan menu buka puasa atau menu sahur.

7-rekomendasi-aplikasi-pinjaman-online-cepat-cair-terdaftar-ojk

5. Bersilaturahmi 

bulan-puasa-2023

Bersilaturahmi bisa jadi pilihan kegiatan baik yang dapat kamu lakukan sepanjang bulan puasa 2023 ini. Kamu dapat melakukan kegiatan silaturahmi dengan berbagai cara. Sebagai contoh, kamu dapat mengadakan reuni sambil berbuka puasa bersama Melalui kegiatan tersebut, kamu mungkin dapat kembali bercengkrama dan mempererat silaturahmi dengan teman lama yang sudah jarang bertemu karena sibuk bekerja.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat melakukan kegiatan silaturahmi sederhana dengan sekedar berkunjung ke rumah teman, saudara atau tetangga untuk sekedar bertegur sama.  Semoga di bulan puasa 2023 ini kamu bisa mendekatkan kembali orang-orang-orang terkasih dengan bersilaturahmi.

Menangkan Hadiah Umroh Gratis Sekaligus Berdonasi di JULO BUKA BERKAH

berbuka-puasa

Sambil checkout outfit bukber lucu buat ramadhan, tentunya di bulan Ramadhan kamu juga dapat memaksimalkan ibadah dengan berbagi kepada sesama. Yuk maksimalkan ibadahmu berbelanja sambil turut berbagi, dengan program JULO Buka Berkah. Kamu dapat melakukan transaksi sambil turut berdonasi untuk pendidikan anak Indonesia. Tak hanya itu, di program JULO BUKA BERKAH kamu berkesempatan memenangkan hadiah umroh gratis dari JULO biar ibadah puasa kamu makin afdol! Kamu cukup bertransaksi minimal 300 ribu rupiah dengan fitur JULO apa saja, kamu berkesempatan menang 2 Tiket Umroh Gratis untuk 2 orang, Emas 10 gramSamsung Galaxy S23E-Money JULO sebesar jutaan Rupian. Tidak hanya itu kamu juga bisa memenangkan THR E-Money 500 ribu rupiah setiap 2 minggunya.

Jadi tunggu apalagi? Ayo perbanyak transaksimu dan menangkan hadiah Umroh gratis dari JULO Kredit Digital!

Ajukan layanan kredit digital yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Download JULO Sekarang!

Ajukan layanan kredit digital yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Artikel Lainnya